Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 03, 2016

Wisata Birmingham, kota metropolitan di region West Midlands, Inggris

Salam Traveling!

Masih di Inggris, setelah London, Liverpool, dan Manchester, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Birmingham.

Birmingham adalah sebuah kota metropolitan yang terletak di region West Midlands, Inggris. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah Dataran Tinggi Birmingham, wilayah tengah Inggris. Birmingham merupakan kota terbesar di Inggris dan UK, di luar London. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,1 juta jiwa pada tahun 2015. Sejak abad pertengahan, Birmingham telah menjadi salah satu kota pusat perdagangan. Pada abad ke-18, saat Revolusi Industri terjadi, kota ini semakin berkembang menjadi pusat ekonomi, industri, sains dan teknologi di dunia. Salah satu perguruan terbaik dunia, University of Birmingham, terletak di kota ini. Bandara internasional utama di kota ini adalah Birmingam Airport (BHX), dan stasiun kereta utamanya adalah Birmingham New Street.

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Birmingham? Berikut 8 di antaranya:

1. Birmingham Museum and Art Gallery

Birmingham Museum and Art Gallery
Birmingham Museum and Art Gallery
Birmingham Museum and Art Gallery (BM&AG) merupakan museum dan galeri seni yang terletak Chamberlain Square, Birmingham. Museum ini dikelola oleh Birmingham Museum Trust, sebuah badan amal independen terbesar di UK. Bangunan utama museum pertama kali dibangun pada tahun 1881 dengan arsitektur perpaduan Victorian Baroque dan Edwardian Renaissance. Kompleks museu ini juga dilengkapi dengan sebuah menara jam (clock tower) setinggi 50 meter yang disebut Big Brum. Koleksi yang ada di Birmingham Museum meliputi bidang sejarah alam, arkeologi, etnografi, sejarah lokal, dan sejarh industry. Sedangkan koleksi yang ada di bagian galeri meliputi karya seni (fine art), keramik, perhiasan, dan karya seni logam (metalwork). Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


2. Thinktank, Birmingham Science Museum

Thinktank Birmingham Science Museum
Thinktank Birmingham Science Museum - foto oleh Amandachan1106
Thinktank Birmingham Science Museum, sebelumnya hanya dikenal dengan nama Thinktank, merupakan museum sains yang terletak di kompleks Millenium Point, Curzon Street, Birmingham. Museum ini juga dikelola oleh Birmingham Museum Trust. Thinktank pertama kali dibuka pada tahun 2001. Tetapi Birmingham Science Museum sendiri telah dibangun sejak abad ke-19, dan pada saat itu masih merupakan bagian dari Birmingham Museum. Koleksi yang ada di museum ini dibagi menjadi beberapa bidang yaitu: aircraft, lokomotif, tram, mobil, mesin uap, dan mesin-mesin lainnya. Galeri museum ini juga dibagi menjadi 4 bagian: The Past, The Balcony, The Present, dan The Future. Museum ini juga dilengkapi dengan sebuah planetarium dan science garden yang terletak di halaman depan. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


3. Jewellery Quarter

Jewellery Quarter, Birmingham
Jewellery Quarter - foto oleh Brian Clift
Jewellery Quarter adalah sebuah area yang terletak di sebelah selatan wilayah Hockley, pusat kota Birmingham. Disebut dengan Jewellery Quarter karena sejak abad ke-18 hingga saat ini, area ini telah menjadi pusat produksi dan perdagangan perhiasan. Sekitar 40 persen dari seluruh perhiasan yang ada di wilayah UK, berasal dari area ini. Di area ini seluas sekitar 100 hektar ini terdapat Museum Jewellery Quater, yang menyimpan berbagai koleksi tentang perkembangan industri perhiasan di United Kingdom. Museum tersebut pertama kal dibuka pada tahun 1992, dan juga dikelola oleh Birmingham Museum Trust. Landmark dan bangunan utama lain yang juga ada di Jewellery Quarter antara lain Chamberlain Clock, Rose Villa Tavern, St Paul’s Church, Big Peg, Argent Centre, dan Assay Office.


4. Pen Museum

Pen Museum, Birmingham
Pen Museum
Sesuai dengan namanya, Pen Museum merupakan museum pena yang terletak di Frederick Street, Jewellery Square, Birmingham. Museum ini menempati unit 3 bangunan Argent Centre. Pen Museum pertama kali dibuka pada tahun 2001. Setahun kemudian, galeri Philp Poole Room bergabung dengan museum ini. Pen Museum didirikan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi publik mengenai sejarah perkembangan, industri, dan perdagangan pena di dunia, mulai dari fountain pen hingga ballpoint pen. Museum pena seperti ini merupakan satu-satunya di seluruh wilayah UK. Setiap hari Sabtu, di tempat ini diadakan pelajaran menulis berbagai macam huruf kaligrafi. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Sabtu, mulai pukul 11 pagi hingga 4 sore.


5. Aston Hall

Aston Hall, Birmingham
Aston Hall - foto oleh Tony Hisgett
Aston Hall adalah sebuah bangunan rumah yang terletak di wilayah Aston, Birmingham. Bangunan klasik berarsitektur Jacobean ini pertama kali dibangun pada tahun 1618 hingga 1635, dan digunakan sebagai tempat tinggal oleh Sir Thomas Holte. Pada tahun 1864, rumah ini kemudian dibeli oleh pemerintah kota Birmingham, dan saat ini merupakan museum yang dikelola oleh Birmingham Museum Trust. Di sekeliling bangunan utama Aston Hall, terdapat taman-taman bunga yang disebut dengan Aston Hall Gardens. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 11 pagi hingga 4 sore.


6. Birmingham Botanical Gardens

Birmingham Botanical Gardens
Birmingham Botanical Gardens - foto oleh Annette Randle
Birmingham Botanical Gardens adalah taman dan kebun botani yang terletak di wilayah Edgbaston, Birmingham. Dari pusat kota Birmingham, taman ini hanya berjarak sekitar 2 km. Birmingham Botanical Gardens pertama kali dibangun pada tahun 1829 oleh J.C. Loudon, seorang perencana taman dan jurnalis agrikultur di Birmingham. Taman ini memiliki luas sekitar 6 hektar dan dibangun dengan gaya arsitektur Victorian. Koleksi tanaman yang ada di sini berjumlah sekitar 7.000 spesies. Di taman ini juga terdapat 4 rumah kaca yang disesuaikan dengan jenis-jenis tanaman yaitu tropis, subtropis, mediteran, dan arid (kering). Taman ini juga memiliki koleksi beberapa spesies burung eksotis yang berasal dari berbagai belahan bumi. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.


7. Winterbourne Botanic Garden

Winterbourne Botanic Garden, Birmingham
Winterbourne Botanic Garden - foto oleh Phil Champion
Selanjutnya ada Winterbourne Botanic Garden, yang terletak di Edgbaston Park Road, Birmingham. Taman ini teletak di kompleks Universitas Birmingham, bersebelahan dengan Edgbaston Pool. Winterbourne pertama kali dibangun pada tahun 1903. Taman ini memiliki luas 2,8 hektar dengan model "villa garden" yang terinspirasi oleh gaya arsitektur Edwardian. Di taman ini terdapat berbagai jenis tanaman dari berbagai daerah di dunia. Area taman dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Orchid Garden, Alpine Garden, Arid House, Hazel Tunnel, dan lain sebagainya. Di area taman ini juga terdapat sebuah rumah bergaya klasik yang disebut Winterbourne House. Rumah tersebut memiliki dinding luar berwarna coklat, dlengkapi dengan beberapa cerobong asap dan banyak jendela yang berukuran besar. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5.30 sore.


8. Cadbury World

Cadbury World
Cadbury World - photo by Rept0n1x
Bagi penggemar coklat, ada baiknya mencoba berkunjung ke tempat wisata ini. Cadbury World adalah objek wisata bertema Chocolate Factory yang terletak di Linden Road, Bournville, Birmingham. Objek wisata ini pertama kali dibuka pada tahun 1990 oleh perusahaan coklat terkenal di dunia, Cadbury. Meski namanya Chocolate Factory tetapi Cadbury World bukanlah sebuah pabrik coklat. Di Cadbury World, pengunjung akan mendapat pengetahuan tentang sejarah perkembangan coklat, serta asal mula bisnis perusahaan coklat Cadbury. Objek wisata ini menyediakan 14 zona yang menggunakan berbagai media seperti gambar, animasi, video, multi-sensory cinema, tampilan dan aktivitas interaktif, dan demonstrasi. Pada tahun 2003, Cadbury World juga membangun objek wisata yang sama di Dunedin, Selandia Baru. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4.30 sore.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Birmingham, kota metropolitan di region West Midlands, Inggris, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar