Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 07, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Bristol, Inggris

Salam Traveling!

Masih di Inggris, setelah London, Liverpool, Manchester, dan Birmingham, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Bristol.

Bristol adalah sebuah kota dan county yang terletak di region South West England. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang aliran Sungai Avon, wilayah barat-daya Inggris. Sebagian wilayah Bristol merupakan pegunungan kapur (limestone) yang membentang mulai dari Mendip Hills di sebelah selatan hingga ke Cotswolds di sebelah timur-laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 449 ribu jiwa pada tahun 2016. Di Bristol terdapat 2 perguruan tinggi utama UK yaitu University of Bristol dan University of West England. Bandara utama di kota ini adalah Bristol Airport, serta stasiun kereta utamanya adalah Bristol Temple Meads dan Bristol Parkway.

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Bristol? Berikut 8 di antaranya:

1. Bristol Harbour

Bristol Harbour
Bristol Harbour
Bristol Harbour merupakan pelabuhan utama di kota Bristol yang terletak di tepi Sungai Avon. Pelabuhan ini memiliki luas sekitar 28 hektar dan telah ada sejak abad ke-13. Pelabuhan ini juga sering dijuluki sebagai Floating Harbour ketinggian air di tempat ini relatif konstan dan tidak dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Dahulu pelabuhan ini bernama Port of Bristol karena digunakan sebagai pelabuhan cargo serta bongkar-muat kapal. Tetapi saat ini, pelabuhan cargo tersebut telah dipindahkan ke Avonmouth dan Portbury, dan Bristol Harbour dijadikan sebagai objek wisata. Di area ini terdapat museum, galeri seni, café, restoran, hotel, lapangan terbuka, serta gudang-gudang cargo yang tetapi dilestarikan. Pada bulan Juli setiap tahun, di pelabuhan ini diadakan Bristol Harbour Festival.


2. Ashton Court

Ashton Court, Bristol
Ashton Court - foto oleh Sharon Loxton
Ashton Court adalah bangunan istana yang terletak di Long Ashton, wilayah barat kota Bristol, di perbatasan Bristol – North Somerset. Bangunan ini terletak di dalam kompleks Ashton Court Estate yang sebagian besar areanya terletak di North Somerset. Kompleks istana ini telah menjadi kediaman keluarga bangsawan Inggris sejak abad ke-11. Meski demikian, bangunan utama Asthon Court baru dibangun sekitar tahun 1633 oleh Keluarga Smith. Pada saat Perang Dunia I, bangunan ini sempat digunakan sebagai rumah sakit militer dan pada Perang Dunia II digunakan sebagai camp militer. Pada tahun 1946, saat keturunan terakhir Keluarga Smith wafat, kompleks istana ini kemudian dibeli oleh pemerintah kota Bristol dan dijadikan sebagai objek wisata. Istana ini dibangun dengan perpaduan berbagai arsitektur, mulai dari Gothic, Italian Renaissance, Victorian, Tudor, dan English Renaissance.


3. SS Great Britain

SS Great Britain, Bristol
SS Great Britain - foto oleh mattbuck
SS Great Britain adalah museum kapal museum yang terletak di dermaga Great Western Dockyard, Gas Ferry Road, Bristol. Kapal ini merupakan kapal penumpang terpanjang di dunia antara tahun 1845 hingga 1854. SS Great Britain pertama kali dibuat pada tahun 1839 oleh perusahaan Great Western Steamship Company dengan jalur pelayaran Bristol – New York. Kapal ini memiliki ukuran panjang 98 meter, lebar maksimal 15 meter, dan tinggi maksimal 5 meter. SS Great Britain merupakan kapal dengan mesin uap pertama yang menyeberangi Samudra Atlantik. Kapal ini mulai beroperasi pada tahun 1845 hingga tahun 1886. Setelah itu, kapal ini diletakkan di Falkland Islands, sebuah kepulauan di Samudra Atlantik Selatan. Pada tahun 1970, SS Great Britain kemudian dikembalikan ke Bristol dan dijadikan sebagi museum. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


4. Clifton Suspension Bridge

Clifton Suspension Bridge, Bristol
Clifton Suspension Bridge - foto oleh Gothick
Sepert namanya, Clifton Suspension Bridge adalah jembatan tipe suspensi yang terletak di Bridge Road, Bristol. Jembatan ini membentang di atas Sungai Avon dan lembah Avon Gorge serta menghubungkan Clifton di Bristol dan Leigh Woods di North Somerset. Clifton Bridge pertama kali dibuka pada tahun 1864 sebagai jembatan tol (toll bridge). Jembatan ini memiliki panjang 412 meter, lebar 9 meter, dan tinggi tower 26 meter. Jembatan ini termasuk dalam jalur jalan B3129 dan bisa dilalui oleh kendaraan bermotor, sepeda, maupun pejalan kaki.


5. Brandon Hill

Brandon Hill, Bristol
Brandon Hill - foto oleh Linda Bailey
Brandon Hill adalah sebuah bukit yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bristol, tepatnya di antara distrik Clifton dan Hotwell, South West England. Di puncak bukit ini terdapat Cabot Tower, yang merupakan salah satu landmark utama di Bristol. Tower tersebut pertama kali dibuka pada tahun 1897 untuk memperingati ulang tahun yang ke-400 pelayaran John Cabot dari Bristol ke Newfoundland. Brandon Hill pertama kali diberikan oleh Pangeran (Earl) Gloucester kepada dewan kota Bristol pada tahun 1174. Pada tahun 1625, bukit ini kemudian dijadikan sebagai area terbuka dan taman kota. Di bukit ini terdapat cagar alam seluas 2 hektar yang dikelola oleh Avon Wildlife Trust. Di cagar alam tersebut terdapat padang bunga liar, kolam, dan taman kupu-kupu.


6. Queen Square, Bristol

Queen Square, Bristol
Queen Square, Bristol - foto oleh NotFromUtrecht
Queen Square adalah taman kota dan lapangan yang terletak di pusat kota Bristol. Taman kota seluas 2,4 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1699 dengan nama Town Marsh. Pada tahun 1727, taman kota diresmikan dan namanya diganti menjadi Queen Square untuk menghormati Queen Anne. Di taman ini terdapat banyak bangunan dan monument bersejarah. Di bagian tengah taman terdapat patung William III; di bagian utara terdapat Custom House; di bagian timur terdapat Port Authority Office, Sailors Refuge, dan bangunan-bangunan abad ke-20; di bagian selatan terdapat bangunan-bangunan abad ke-18; dan bagian barat didominasi oleh tempat tinggal dan perkantoran.


7. Bristol Zoo

Bristol Zoo
Pintu masuk Bristol Zoo
Bristol Zoo adalah kebun binatang yang terletak di Bristol, tidak jauh dari Clifton Suspension Bridge. Kebun binatang seluas 5 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1836 oleh Bristol, Clifton, and West of England Zoological Society. Jumlah hewan yang ada di kebun binatang ini sekitar 7155 yang terdiri dari 419 spesies. Area kebun binatang dibagi menjadi beberapa di antaranya: Seal and Penguin Coast; Explorer’s Creek yang merupakan area burung tropis dan lorikeet; Gorilla Island; The Terrace yang merupakan area singa, panda merah, dan flamingo; Reptile House; Aquarium; Bug World yang merupakan area serangga; Zona Brazil; Monkey Jungle and Monkey Island; dan Butterfly House.


8. Blaise Hamlet

Blaise Hamlet, Bristol
Blaise Hamlet, Bristol
Blaise Hamlet adalah sebuah pemukiman (hamlet) yang terletak di Hallen Road, wilayah barat-laut Bristol. Pemukiman tersebut terdiri dari 9 pondok kecil yang dikelilingi oleh taman hijau. Kompleks pondok tersebut dilengkapi dengan sebuah sundial, yaitu alat penunjuk waktu berdasarkan bayangan matahari. Blaise Hamlet pertama kali dibangun pada tahun 1811 oleh John Scandret Harford, yang juga pemilik Blaise Castle. Pondok-pondok tersebut memiliki bentuk yang unik dan dilengkapi dengan cerobong asap, beberapa di antaranya masih menggunakan atap jerami. Semua pondok tersebut juga memiliki nama masing-masing yaitu Circular Cottage, Dial Cottage, Diamond Cottage, Double Cottage, Dutch Cottage, Oak Cottage, Rose Cottage, Sweetbriar Cottage, dan Vine Cottage. Dari 9 pondok tersebut, semuanya merupakan milik perseorangan, dan hanya Rose Cottage yang bisa disewa oleh publik.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Bristol, Inggris, United Kingdom. Semoga bermaanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar