Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 10, 2016

Wisata San Francisco, Kota Metropolitan di Pantai Barat California, Amerika Serikat

Salam Traveling!

Masih di Amerika Serikat, setelah New York City, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu San Francisco.

San Francisco adalah sebuah kota metropolitan yang terletak di pantai barat California, wilayah barat Amerika Serikat. Kota ini terletak di tepi Teluk San Francisco dan terkenal dengan kabut sepanjang tahun. San Francisco merupakan kota modern dengan luas wilayah yang relatif kecil, hanya 121 km persegi. Jumlah penduduk kota ini sekitar 864 ribu jiwa pada tahun 2015. Nama San Francisco berasal dari Bahasa Spanyol yang berarti “Saint Francis”, untuk menghormati jasa St. Francis Asisi. Kota ini memiliki berbagai julukan seperti “The City by the Bay”, “Fog City”, dan “The Paris of the West”. San Francisco terkenal dengan area industri IT, Silicon Valley. Di area ini terdapat kantor pusat berbagai perusahaan teknologi informasi ternama seperti Google, Facebook, Yahoo, dan Apple Inc. Karena letak geografisnya yang unik, dari wilayah California lainnya, San Francisco hanya bisa diakses melalui 2 jembatan utama yaitu Bay Bridge yang terhubung dengan East Bay dan Golden Gate Bridge yang terhubung dengan North Bay. Di kota ini juga terdapat 2 bandar udara yaitu San Francisco International Airport (SFO) dan Oakland International Airport.

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di San Francisco? Berikut 8 di antaranya:

1. Golden Gate Bridge

Golden Gate Bridge, San Francisco
Golden Gate Bridge - foto oleh Dirk Beyer
Golden Gate Bridge adalah jembatan tip suspense yang membentang di atas Selat Golden Gate, selat yang mengubungkan Teluk San Francisco dan Samudra Pasifik. Jembatan ini merupakan 1 dari 2 jembatan yang menghubungkan Francisco dengan wilayah California lainnya, tepatnya dari ujung utara San Francisco Peninsula dengan Marin County. Golden Gate Bridge pertama kali dibangun pada tahun 1933 dan resmi dibuka pada tahun 1937. Jembatan ini memiliki panjang total 2,7 km, meskipun yang tepat berada di atas perairan hanya sekitar 1,3 km. Jembatan ini juga ditopang oleh 2 tower yang masing-masing memiliki tinggi 230 meter. Majalah travel Frommer’s mendefiniskan Golden Gate Bridge sebagai salah satu jembatan terindah di dunia.

2. Alcatraz Island

Alcatraz Island, San Francisco
Alcatraz Island
Alcatraz Island adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Teluk San Francisco. Dari tepi pantai San Francisco, pulau ini hanya berjarak sekitar 2 km. Di pulau seluas 9 hektar ini terdapat sebuah mercusuar, sebuah benteng, sebuah penjara militer (digunakan pada tahun 1868), dan sebuah penjara negara (digunakan mulai tahun 1933 hingga 1963). Pada tahun 1972, Alcatraz Island kemudian dijadikan sebagai area rekreasi dan pada tahun 1986 dimasukkan ke dalam daftar National Historic Landmark. Mercusuar yang ada di pulau ini tetap beroperasi hingga saat ini, dan merupakan mercusuar tertua di wilayah West Coast, Amerika Serikat. Di pulau ini juga terdapat koloni beberapa spesies burung laut seperti western gull, cormorant, dan egret. Pengunjung yang ingin berkunjung ke Alcatraz Island bisa menggunakan jasa ferry penyeberangan yang tersedia di Pier 33, di dekat Fisherman’s Wharf.


3. Fisherman’s Wharf

Fisherman's Wharf , San Francisco
Fisherman's Wharf - foto oleh John O'Neill
Fisherman’s Wharf merupakan kompleks dermaga yang terletak di wilayah utara San Francisco. Area ini membentang mulai dari Ghirardelli Square (Van Ness Avenue) hingga ke Pier 35 (Kearny Street). Area ini dilalui oleh jalur streetcar F Market, serta jalur cable car Powell-Hide dan Powell-Mason. Fisherman’s Wharf pertama kali dikenal pada pertengahan tahun 1800-an. Pada saat itu, banyak imigran Italia yang menjadi nelayan dan pedagang ikan sukses di tempat ini, salah satunya adalah Achille Paladini yang selanjutnya dikenal sebagai Fish King. Saat ini, Fisherman’s Wharf merupakan dermaga, pasar ikan, sekaligus objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di area ini terdapat berbagai restoran yang menyediakan aneka macam seafood. Selain ikan, makanan laut yang juga terkenal di tempat ini adalah kepiting Dugeness atau Dugeness crab.

4. Pier 39

Pier 39, San Francisco
Pier 39 - foto oleh John O'Neill
Pier 39 adalah dermaga sekaligus pusat perbelanjaan yang terletak di area Fisherman’s Wharf, wilayah utara San Francisco. Dermaga ini pertama kali dibuka pada tahun 1978. Selain sebagai pusat shopping, Pier 39 juga merupakan tempat berkumpulnya hewan singa laut yang merupakan atraksi wisata utama bagi para wisatawan. Singa laut-singa laut tersebut mulai berimigrasi dan berkumpul di Teluk San Francisco, termasuk dermaga ini, sejak tahun 1989, meskipun tidak diketahui penyebab asalnya. Dari Pier 39, pengunjung juga bisa melihat dengan jelas Angel Island, Alcatraz Island, Golden Gate Bridge, dan Bay Bridge. Kapal pesiar Blue & Gold Fleet juga berlabuh di dermaga ini. Untuk mencapai dermaga ini, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan streetcar jalur F Market.


5. Union Square

Union Square, San Francisco
Union Square - foto oleh Aude
Union Square adalah sebuah lapangan dan area wisata yang terletak di pusat kota San Francisco. Lapangan seluas 1,1 hektar ini dibatasi oleh Geary Street, Powell Street, Post Street, dan Stockton Street. Lapangan ini pada awalnya merupakan sebuah bukit pasir yang terletak di tepi pantai San Francisco. Nama Union Square digunakan karena pada saat berlangsungnya Perang Sipil Amerika, lapangan ini digunakan sebagai tempat berkumpul para pendukung Union Army. Saat ini, selain sebagai area terbuka, Union Square juga didominasi oleh pusat perbelanjaan, hotel, teater, galeri, dan gift shop.

6. Cable Car San Francisco

Cable Car San Francisco
Cable Car San Francisco - foto oleh Dllu
Seperti namanya, Cable Car San Francisco merupakan alat transportasi dengan menggunakan cable car yang digunakan di wilayah kota San Francisco. Sistem cable car ini merupakan salah satu sistem transportasi manual yang masih digunakan di dunia. Sistem cable car San Fransisco pertama kali digunakan pada tahun 1873 hingga 1890. Pada saat itu, di kota terdapat 23 jalur cable car. Tetapi saat ini yang masih berfungsi hanya tinggal 3 jalur, yaitu Powell – Mason (Line 59), Powell – Hyde (Line 60), dan California Street (Line 61). Sistem cable car ini, bersama dengan streetcar, dikelola oleh San Francisco Municipal Railway (Muni). Beberapa area utama yang dialui oleh jalur cable car ini antara lain Chinatown, Financial District, Fisherman’s Wharf, Nob Hill, Russian Hill, dan Union Square.


7. Golden Gate Park

Golden Gate Park, San Francisco
Golden Gate Park - foto oleh WolfmanSF
Golden Gate Park merupakan taman kota yang luas yang terletak di San Francisco. Taman ini berbentuk segi empat dengan luas sekitar 412 hektar, lebih luas dari Central Park di New York. Golden Gate Park pertama kali dibuka pada tahun 1871 dan dikelola oleh San Francisco Recreation & Parks Department. Karena memiliki area yang sangat luas, taman ini dibangi menjadi banyak bagian, yaitu Music Concourse Area, De Young Museum, Academy of Science California, Japanese Tea Garden, Conservatory of Flowers, Beach Chalet, Windmills, Statues, Carousel, San Francisco Botanical Garden, Stow Lake / Strawberry Hill, Spreckels Lake, Chain of Lakes, Bison Paddock, Hippie Hill, National AIDS Memorial Grove, Shakespeare Garden, Rose Garden, Kezar Stadium, Polo Field, Archery Range, dan Park Nursery. Tempat wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam sepanjang tahun.

8. Chinatown, San Francisco

Chinatown, San Francisco
Chinatown, San Francisco - foto oleh Chensiyuan
Seperti namanya, Chinatown merupakan area komunitas penduduk keturunan Tionghoa yang terletak di wilayah North Beach, San Francisco. Area ini membentang sepanjang Grant Avenue dan Stockton Street, tidak jauh dari Union Square. Chinatown San Francisco merupakan komunitas Tionghoa tertua di Amerika Serikat, dan terbesar di luar Asia. Area ini pertama kali didirikan pada tahun 1848 untuk melestarikan sejarah dan budaya para imigran Tionghoa di wilayah Amerika Utara. Selain pemukiman dan pertokoan, di area ini juga terdapat tempat ibadah, rumah sakit, kantor pos, lapangan, taman-taman, serta bangunan dan fasilitas penunjang lainnya.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata San Francisco, kota metropolitan di pantai barat California, Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar