Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 14, 2016

Wisata Vancouver, Kota Cantik di Provinsi British Columbia, Kanada

Salam Traveling!

Setelah Amerika Serikat, sekarang kita menuju ke Kanada, dan destinasi wisata pertama yang dituju adalah Vancouver.

Vancouver (City of Vancouver) merupakan kota terbesar di provinsi British Columbia (BC). Secara geografis, Vancouver terletak di Semenanjung Burrard, wilayah barat Kanada, di dekat perbatasan KanadaAmerika Serikat. Wilayah Vancouver dibatasi oleh Inlet Burrard di sebelah utara, Sungai Fraser di sebelah timur, dan Selat Georgia di sebelah barat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 603 ribu jiwa pada tahun 2011. Kota ini pada awalnya bernama Granville, tetapi pada tahun 1886 nama kota ini kemudian diubah menjadi Vancouver. Nama Granville sendiri masih tetap digunakan pada Granville Street, area di sepanjang inlet yang dikenal dengan nama False Creek. Bandara utama di kota ini adalah Vancouver International Airport (YVR) yang terletak di Sea Island, City of Richmond.

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Vancouver? Berikut 8 di antaranya:

1. Stanley Park

Stanley Park, Vancouver
Seawall di Stanley Park - foto oleh Andrew Raun
Stanley Park adalah taman kota yang sangat luas yang terletak di pusat kota Vancouver. Taman ini pertama kali dibuka pada tahun 1888 dengan luas 405 hektar, lebih luas dari Central Park di New York, serta merupakan taman kota terluas di wilayah Amerika Utara. Sebagian besar area taman ini dibatasai oleh wilayah perairan Vancouver Harbour dan English Bay. Berbeda dengan taman-taman kota lainnya di dunia yang areanya dibangun dengan perencanaan arsitek, area Stanley Park didominasi oleh hutan dan lahan terbuka yang telah berevolusi selama bertahun-tahun. Setidaknya terdapat sekitar 500 ribu pohon yang ada di taman ini, sebagian di antaranya mencapai tinggi 76 meter dan telah berusia ratusan tahun. Beberapa bagian taman yang sering dikunjungi antara lain Vancouver Seawall, Lost Langoon, Beaver Lake, Vancouver Aquarium, Forest Trails, dan sebuah jalur kereta miniatur bagi anak-anak. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

2. Capilano Suspension Bridge

Capilano Suspension Bridge, Vancouver
Capilano Suspension Bridge - foto oleh Leonard G.
Seperti namanya, Capilano Suspension Bridge adalah jembatan gantung sederhana yang membentang di atas Sungai Capilano, distrik North Vancouver. Jembatan ini memiliki panjang 140 meter dan terletak pada ketinggian 70 meter dari permukaan sungai. Jembatan ini pertama kali dibuka pada tahun 1889 dan hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki. Berbeda dengan jembatan pada umumnya yang bebas diakses oleh publik, Capilano Suspension Bridge dibangun khusus untuk tujuan wisata sehingga pengunjung yang datang ke tempat ini harus membayar biaya masuk. Jembatan ini juga dilengkapi dengan beberapa atraksi wisata seperti Cliff Walk, Rain Forest Ecotours, Award-Winning Gardens, Nature Trails, dan First Nations Totem Poles.


3. Granville Island

Granville Island, Vancouver
Granville Island
Granville Island merupakan area pusat perbelanjaan yang terletak di pusat kota Vancouver. Meski disebut Granville Island, tetapi area ini bukanlah sebuah pulau, melainkan hanya sebuah semenanjung yang terletak di sepanjang False Creek. Area seluas 14 hektar ini pada awalnya merupakan pusat industri dan manufaktur dan telah ada sejak kota Vancouver masih bernama Granville. Tetapi saat ini Granville Island telah berubah menjadi pusat perbelanjaan, hiburan, dan area wisata. Di area ini terdapat sekitar 275 pusat bisnis, perbelanjaan, dan hiburan. Beberapa di antaranya adalah Granville Island Public Market, Granville Island Marina, Emily Carr University of Art and Design, Arts Umbrella, False Creek Community Center, Ocean Concrete, dan Ron Basford Park.

4. Science World

Science World, Vancouver
Science World - foto oleh Differense
Science World, nama lengkapnya Science World at Telus World of Science, merupakan museum sains yang terletak di Quebec Street, Vancouver. Science World pertama kali didirikan pada tahun 1977. Pada saat itu, museum hanyalah sebuah pameran terbuka yang sering diadakan di wilayah Lower Mainland dengan nama Extended I. Pada tahun 1982, sebuah museum dengan nama Arts, Science & Technology Centre dibuka di pusat kota Vancouver. Pada tahun 1986, museum ini kemudian dipindahkan di sebuah bangunan dengan geodetic dome bekas Expo 86 (World’s Fair). Pada tahun 2005, perusahaan Telus memberikan donasi untuk kompleks museum ini dan namanya kemudian diubah menjadi Telus World of Science. Pada tahun 2010 dan 2014 museum ini menjadi salah satu tempat diadakannya Winter Olympics.


5. Museum Antropologi UBC

Museum Antropologi UBC, Vancouver
Museum Antropologi UBC - foto oleh Rr Parker
Museum Antropologi UBC adalah sebuah museum yang dikhususkan di bidang antropologi yang terletak di kompleks kampus University of British Columbia (UBC), Vancouver. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1947. Selain sebagai objek wisata, museum ini juga digunakan sebagai tempat perkuliahan dan penelitian di bidang seni, antropologi, arkeologi, dan konservasi. Jumlah koleksi yang ada di museum ini sekitar 38 ribu objek etnografi, serta 535 ribu objek arkeologi. Beberapa objek utama yang dipamerkan antara lain patung The Raven and The First Men yang dibuat dari kayu pohon cedar, patung Bear and Wasco, Haida Dugout Canoe, dan Haida Houses. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

6. Dr. Sun Yat-Sen Classical Chinese Garden

Sun Yat Sen Garden,Vancouver
Dr. Sun Yat-Sen Classical Chinese Garden
Dr. Sun Yat-Sen Classical Chinese Garden, atau juga dikenal dengan nama Vancouver Chinese Garden, adalah taman klasik bergaya khas Tiongkok yang terletak di Carall Street, Chinatown, Vancouver. Taman ini merupakan taman Classical Chinese pertama yang dibangun di luar negara Tiongkok. Taman seluas 0,12 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1986 saat diadakannya Expo 86 di Vancouver. Nama taman ini diambil dari nama Dr. Sun Yat-Sen, seorang pemimpin nasionalis yang dikenal sebagai “Bapak Tiongkok Modern”. Konsep taman ini menggunakan perpaduan Feng Shui dan Taoism, yang didominasi oleh bebatuan, air, dedaunan, dan unsureunsur alam lainnya. Di sebelah taman ini terdapat sebuah taman modern yang disebut dengan Dr. Sun Yat-Sen Park. Kedua bagian taman ini dihubungkan oleh sebuah kolam buatan.


7. English Bay

English Bay, Vancouver
English Bay - foto oleh Christina Chan
English Bay adalah sebuah teluk yang terletak di wilayah barat False Creek dan semenanjung Vancouver. Teluk ini merupakan area selatan Inlet Burrard yang membentang mulai dari Point Grey hingga ke Prospect Point. Di sekitar area ini terdapat beberapa pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan seperti English Bay Beach, Sunset Beach, Kitsilano Beach, Jericho Beach, Spanish Bank Beach, dan Locarno Beach. Di teluk ini juga terdapat Vancouver Seawall, sebuah jalur jalan bagi sepeda dan pejalan kaki yang membentang dari Stanley Park. Pada musim panas, di English Bay juga selalu diadakan kompetisi kembang api yang dikenal dengan nama Celebration of Light.

8. Queen Elizabeth Park

Queen Elizabeth Park, Vancouver
Queen Elizabeth Park - foto oleh Craig Nagy
Selain Stanley Park, di Vancouver juga terdapat taman kota lainnya, yaitu Queen Elizabeth Park, yang terletak di Cambie Street. Taman seluas 52 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1939 di atas bukit Little Mountain yang mmeiliki ketinggian 152 meter dari permukaan laut. Nam ataman ini diambil dari nama Queen Elizabeth, istri King George VI, pemimpin negara Kanada pada saat itu. Di taman ini terdapat sekitar 500 spesies bunga dan tanaman serta lebih dari 100 ekor burung tropis. Di taman ini juga terdapat beberapa atraksi wisata lainnya seperti arboretum, paviliun, konservasi bunga, air mancur, quarry garden, painters‘ corner, dan patung-patung. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 8 malam.

Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Vancouver, Kanada. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya !




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar