Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 28, 2016

7 Destinasi Wisata di Hongaria yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Jerman, Swiss, Austria, dan Republik Ceko, sekarang kita menuju ke negara tujuan wisata selanjutnya di Eropa Tengah, yaitu Hongaria.

Hongaria (Hungary / Magyarország) adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Eropa Tengah. Secara geografis, negara ini terletak di Lembah Pannonian (Carpathian) dan di sepanjang Sungai Danube, salah satu sungai utama di Eropa. Di negara ini terdapat Danau Balaton, yang merupakan danau terbesar di wilayah Eropa Tengah. Di sebelah utara, Hongaria berbatasan dengan Slowakia, di sebelah barat dengan Austria dan Slovenia, di selatan dengan Kroasia dan Serbia, serta di sebelah timur dengan Romania. Hongaria merupakan negara anggota Uni Eropa serta termasuk dalam Area Schengen. Ibu kota negara ini terletak di Budapest. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Hongaria (Magyar) dan mata uang resminya adalah Forint (HUF). Bandara internasional utama di negara ini adalah Budapest Liszt Ferenc International Airport (BUD).

Beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Hongaria antara lain:

1. Budapest

Budapest, Hongaria
Fisherman's Bastion, Budapest - foto oleh Andrés Nieto Porras
Budapest merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Hongaria. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Danube, wilayah sentral Hongaria. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,8 juta jiwa pada tahun 2015. Budapest merupakan gabungan 3 kota; Buda, Óbuda, dan Pest; yang masing-masing terletak di tepi Sungai Danube. Dari ketiga kota tersebut, Buda merupakan yang terbesar serta merupakan ibu kota Kerajaan Hongaria pada masa lampau. Budapest merupakan salah satu kota dengan panorama terindah di dunia, serta termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark utama di kota ini antara lain Gedung Parlemen Hongaria, Széchenyi Chain Bridge, Fisherman’s Bastion, Buda Castle, Sándor Palace, Andrássy Avenue, Heroes‘ Square, dan Margaret Island yang terletak di Sungai Danube.

2. Danau Balaton

Danau Balaton, Hongaria
Balaton Uplands National Park - foto oleh txd
Danau Balaton merupakan danau air tawar terbesar di Hongaria, sekaligus yang terbesar di seluruh wilayah Eropa Tengah. Danau ini terletak di region Transdanubian, wilayah barat Hongaria, tepatnya di antara county Veszprém dan Somogy. Danau Balaton memiliki bentuk memanjang, dengan luas keseluruhan 5.147 km persegi. Sumber air terbesar di danau ini berasal dari Sungai Zala, dan dari danau ini, mengair kanal Sió. Karena merupakan destinasi wisata, di sekeliling Danau Balaton terdapat berbagai kota resort, di antaranya adalah Balatonfüred dan Héviz, yang merupakan area resort tertua. Kota resort lainnya adalah Siófok, Keszthely, Zamárdi, Balatonalmádi, Balatonboglár, Balatonlelle, Fonyód, dan Vonyarcvashegy. Area di sebelah utara danau merupakan perbukitan yang dilindungi, dengan nama Balaton Uplands National Park. Dari Budapest, Danau Balaton bisa dicapai dengan bis maupun kereta.


3. Szentendre

Szentendre, Hongaria
Szentendre - foto oleh Mátyás Késmárki
Szentendre adalah sebuah kota wisata yang terletak di county Pest, wilayah utara Hongaria. Dari Budapest, kota ini hanya berjarak sekitar 22 km di sebelah utara. Szentendre merupakan kota kecil klasik yang terkenal dengan objek wisata museum dan galeri seni, termasuk di antaranya sebuah Open-Air Ethnographic Museum. Jumlah penduduk kota ini sekitar 26 ribu jiwa pada tahun 2012. Berbeda dengan Budapest yang merupakan kota modern, Szentendre masih didominasi oleh bangunan-bangunan kuno berarsitektur khas tradisional Magyar. Beberapa museum dan galeri yang ada di kota ini antara lain Margit Anna – Imre Ámos Collection, Jenõ Barcsay Collection, Béla Czóbel Museum, Károly Ferenczy Museum, dan Aktív Art Gallery. Wisatawan yang berkunjung ke Budapest umumnya juga akan berkunjung ke kota ini karena aksesnya yang cukup dekat dan mudah dijangkau, bisa menggunakan bis atau menggunakan perahu melalui Sungai Danube.

4. Debrecen

Debrecen, Hongaria
Ravatalozó, Debrecen - foto oleh Indafotó
Debrecen merupakan kota terbesar kedua di Hongaria setelah Budapest. Secara geografis kota ini terletak di Dataran Alföld (Great Plain), wilayah timur Hongaria, tidak jauh dari Hortobágy National Park. Debrecen termasuk dalam wilayah county Hajdú-Bihar, serta merupakan pusat administrasi di county ini. Jumlah penduduk kota ini sekitar 203 ribu jiwa pada tahun 2016. Debrecen sempat menjadi ibu kota negara pada saat terjadi Revolusi Hongaria antara tahun 1848 hingga 1849, dan menjelang akhir Perang Dunia II, yaitu antara tahun 1944 hingga 1945. Landmark dan objek wisata utama yang ada di kota ini antara lain Déri Museum, Protestant Great Church (Nagytemplom), City Park (Nagyerdõ), Nagyerdei Stadion, Ravatalozó, dan Festival Bunga Debrecen yang diadakan setiap tanggal 20 Agustus setiap tahun. Dari Budapest, kota ini berjarak sekitar 220 km di sebelah timur, serta dapat dicapai dengan menggunakan kereta maupun pesawat udara.


5.Pécs

Masjid Pasha Qasim, Pécs
Pécs merupakan kota terbesar kelima di Hongaria. Kota ini terletak di county Baranya, wilayah selatan Hongaria, tidak jauh dari perbatasan Hongaria – Kroasia. Secara geografis, Pécs terletak di Lembah Carpathian, dan dibatasi oleh Pegunungan Mecsek di sebelah utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 145 ribu jiwa pada tahun 2016. Pada tahun 1998, Pécs mendapat predikat sebagai UNESCO City for Peace, karena penduduk kota ini selalu memelihara toleransi bagi semua kaum minoritas yang berasal pegungsi Perang Yugoslavia. Pécs juga pernah dikuasai oleh Kekhalifahan Utsmani, yang terlihat dari beberapa masjid dan arsitektur Islami yang ada di kota ini. Yang terkenal adalah Masjid Pasha Qasim (Gázi Kásim) yang terletak di Széchenyi Square. Landmark utama lainnya di Pécs antara lain Barbakán, Jakovali Hassan Mosque, City Hall, Vasváry-House, dan Pécs Cathedral. Dari Budapest, Pécs berjarak sekitar 230 km di sebelah selatan, serta dapat dicapai dengan menggunakan kereta.

6. Héviz

Héviz, Hongaria
Danau Héviz
Héviz adalah sebuah kota resort yang terletak di tepi Danau Héviz, sebuah danau air panas yang terletak tidak jauh dari Danau Balaton. Hévis termasuk dalam wilayah county Zala, sebuah county yang terletak di ujung barat Hongaria. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 4 ribu jiwa pada tahun 2012. Karena terletak di tepi danau air panas, maka Héviz terkenal dengan objek wisata spa, sama seperti Karlovy Vary di Republik Ceko. Danau Héviz merupakan danau air panas alami terbesar di dunia, meski luasnya hanya sekitar 4,7 hektar. Sejak zaman dahulu, air danau ini telah digunakan untuk terapi kesehatan hingga saat ini. Dari Budapest, untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Keszthely, sebuah kota yang berjarak sekitar 8 km dari Héviz. Dari Keszthely, dilanjutkan dengan menggunakan bis menuju ke Héviz.


7. Hortobágy National Park

Hortobágy National Park, Hongaria
Hortobágy National Park - foto oleh Nyar94
Destinasi wisata terakhir adalah Hortobágy National Park (Puszta), taman nasional pertama dan utama di Hongaria. Secara geografis, Hortobágy terletak di Dataran Alföld (Great Plain), wilayah timur Hongaria. Area taman nasional ini didominasi oleh pada rumput, serta merupakan padang rumput alami terbesar di seluruh Eropa. Area Hortobágy pertama kali dijadikan sebagai taman nasional pada tahun 1923, dan dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada tahun 1999. Landmark utama di taman nasional ini adalah Kilenclyukú híd, sebuah jembatan tipe arch berarsitektur klasik yang dibangun sejak tahun 1827, serta sebuah sumur dengan penimba air tradisional yang berbentuk menyerupai huruf-T. Dari Budapest, untuk mencapai Hortóbagy, pengunjung harus menggunakan kereta menuju ke Debrecen, kemudian menggunakan bis menuju ke taman nasional ini.

Nah, itulah 7 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Hongaria. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar