Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 26, 2016

7 Destinasi Wisata Cantik di Republik Ceko yang Wajib Kalian Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Jerman, Austria, Swiss, dan Italia, sekarang kita menuju ke negara destinasi wisata selanjutnya, yaitu Republik Ceko.

Republik Ceko (Czech Republic / Česká republika) adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Eropa Tengah. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah barat, dengan Austria di sebelah selatan, dengan Slowakia di sebelah timur, dan dengan Polandia di sebelah utara. Sama seperti Swiss, wilayah Ceko juga tidak berbatasan dengan laut. Pada zaman dahulu, negara ini merupakan wilayah Kerajaan Bohemia, Moravia, dan Silesia Ceko. Sebelum tahun 1993, Republik Ceko dan Slowakia tergabung sebagai satu negara, yang bernama Cekoslowakia. Saat ini, ibu kota Republik Ceko terletak di Praha (Prague). Mata uang resmi di negara ini adalah Czech koruna (CZK) dan bahasa resminya adalah Bahasa Ceko (čeština). Bandara internasional utama di negara ini adalah Václav Havel Airport Prague (PRG) yang terletak sekitar 12 km dari pusat kota Praha.

Beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Republik Ceko antara lain:

1. Praha (Prague)

Praha, Republik Ceko
Sungai Vltava, Praha - foto oleh che
Praha (Prague) merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Republik Ceko. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Vltava, wilayah tengah Ceko. Praha merupakan kota terbesar ke-15 di seluruh wilayah Uni Eropa. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,3 juta jiwa pada tahun 2016. Pada masa lampau, Praha telah menjadi ibu kota dan pusat Kerajaan Bohemia. Wilayah kota ini dihiasi dengan berbagai bangunan berarsitektur Gothic, Renaissance, dan Baroque, termasuk di antaranya istana Kerajaan Romawi Suci (Holy Roman Emperor). Pada tahun 1992, area Old Town kota ini dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site. Landmark utama di kota ini antara lain Charles Bridge, Prague Astronomical Clock, St. Vitus Cathedral, Vyšehrad, Prague Castle, dan Wenceslas Square. Praha terhubung dengan jalur kereta (railway) ke hampir semua kota-kota besar di Eropa, seperti Berlin, Munich, Wina, Warsawa, Budapest, Zurich, dan Moskow. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Praha.

2. Český Krumlov

Český Krumlov, Republik Ceko
Český Krumlov - foto oleh Asahiko
Český Krumlov (Czech Crumlaw) adalah sebuah kota kecil yang terletak di region Bohemia Selatan. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Vltava, wilayah selatan Ceko. Český Krumlov terkenal dengan landmark utamanya, yaitu Český Krumlov Castle, yang termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Jumlah penduduk kota ini 14 ribu jiwa pada tahun 2007. Penduduk lokal sering menjuluki kota ini sebagai Bohemian Crumlaw untuk membedakannya dengan kota Moravský Krumlov yang terletak di region Moravia Selatan. Selain Krumlov Castle, landmark utama lainnya di kota adalah Castle Theatre, Egon Schiele Art Centrum, Zlatá Koruna, dan Hluboka Castle. Untuk mecapai kota ini dari Praha, pengunjung terlebih dahulu harus menuju ke České Budéjovice, setelah itu bisa menggunakan kereta menuju ke Český Krumlov.


3. Brno

Brno, Republik Ceko
Brno
Brno merupakan kota terbesar kedua di Republik Ceko setelah Praha. Secara geografis, kota ini terletak di persimpangan Sungai Svitava dan Sungai Svratka, wilayah tenggara Ceko. Brno termasuk dalam region Moravia Selatan, serta merupakan pusat administrasi region ini. Jumlah penduduk kota ini sekitar 400 ribu jiwa pada tahun 2016. Pada zaman dahulu, Brno telah menjadi ibu kota Kerajaan Moravia, salah satu kerajaan besar yang berkuasa di wilayah Ceko. Saat ini, Brno juga merupakan pusat peradilan di negara ini. Semua badan peradilan, mulai dari Pengadilan Konstitusi, Pengadilan Tinggi, dan Pengadilan Administrasi Tertinggi, terletak di kota ini. Landmark utama yang ada di Brno antara lain Villa Tugendhat, Špilberk Castle, Katedral St Peter & Paul, Veveří Castle, Mahen Theatre, dan Mendel Museum. Dari Praha, Brno berjarak sekitar 200 km di sebelah tenggara dan bisa dicapai dengan menggunakan kereta.

4. Karlovy Vary

Karlovy Vary, Republik Ceko
Karlovy Vary - foto oleh Jialiang Gao
Karlovy Vary adalah sebuah kota kecil yang terletak di region Bohemia, wilayah barat Republik Ceko. Secara geografis, kota ini terletak pada ketinggian 447 meter, di persimpangan Sungai Ohře dan Sungai Teplá. Dari Praha, Karlov Vary berjarak sekitar 130 km di sebelah barat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 49 ribu jiwa pada tahun 2016. Karlovy Vary merupakan destinasi yang terkenal dengan wisata spa atau mata air panas sejak zaman dahulu. Di wilayah kota ini terdapat 13 sumber air panas utama, 300 mata air panas yang berukuran lebih kecil, dan Sungai Teplá dengan arus air yang hangat. Selain objek wisata spa, objek wisata lainnya yang ada di kota ini antara lain Mill Colonnade, Grandhotel Pupp, Chrám svatého Petra a Pavla, dan Vřídelno Street. Dari Praha, Karlovy Vary bisa dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta.


5. Bohemian Switzerland

Bohemian Switzerland, Republik Ceko
Pravčická brána, Bohemian Switzerland
Bohemian Switzerland (České Švýcarsko), atau juga dikenal dengan nama Czech Switzerland, merupakan sebuah region yang terletak di Jetřichovice, wilayah barat laut Republik Ceko, di dekat perbatasan Ceko - Jerman. Area ini terletak di sebelah timur Pegunungan Elbe Sandstone, di sebelah utara Dĕčín, serta di kedua tepi Sungai Elbe. Puncak tertinggi di area ini adalah Dĕčínský Snĕžník yang memiliki ketinggian 726 meter dari permukaan laut. Pada tahun 2000, area Bohemian Switzerland dijadikan sebagai taman nasional dengan nama České Švýcarsko National Park. Area taman nasional ini tepat bersebelahan dengan Taman Nasional Sächsische Schweiz (Saxon Switzerland) yang terletak di state saxony, Jerman. Lanmark utama yang terdapat di Bohemian Switzerland adalah sebuah lengkungan bukit pasir (sandstone arch) yang dikenal dengan nama Pravčická brána. Dari Praha, area wisata ini bisa dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta.

6. Ostrava

Ostrava, Republik Ceko
Masaryk Square, Ostrava - foto oleh MMO
Ostrava merupakan kota terbesar ketiga di Republik Ceko setelah Praha dan Brno. Secara geografis, kota ini terletak di persimpangan 4 sungai; Odra, Opava, Ostravice, dan Lučina; willayah timur Ceko, hanya beberapa km dari perbatasan Ceko – Polandia. Secara administratif, Ostrava merupakan ibu kota region Moravia-Silesia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 300 ribu jiwa pada tahun 2016. Landmark utama yang ada di kota ini antara lain Silesian Ostrava Castle, Masaryk Square, Lower Vitkovice, New Town Hall, Comenius Gardens, dan Landek Park. Dari Praha, Ostrava berjarak sekitar 310 km di sebeah timur, serta bisa dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta.


7. Moravia (Morava)

Moravia, Republik Ceko
Králický Sněžník, Moravia - foto oleh
Moravia (Morava) merupakan sebuah region di masa lampau yang terletak di wilayah timur negara Republik Ceko. Pada saat ini, wilayah Moravia meliputi 5 region, yaitu Moravskoslezský, Olomoucký, Jihomoravský, Vysočina, dan Zlínský. Beberapa kota utama yang terletak di region ini antara lain Brno, Ostrava, Olomouc, Zlín, dan Jihlava. Jumlah total penduduk di region ini sekitar 3,1 juta jiwa pada tahun 2016. Nama Moravia berasal dari nama Sungai Morava, sungai utama yang mengalir dari ujung utara region ini menuju ke wilayah selatan. Karena meliputi wilayah yang sangat luas, di Moravia terdapat berbagai landmark dan objek wisata, termasuk yang terletak di Brno dan Ostrava. Tetapi yang paling terlenal adalah objek wisata alam yaitu Pegunugan Pálava, area perbukitan Králický Sněžník, Stepa Mohelno, dan kota kecil Mikulov. Dari Praha, Moravia bisa dicapai dengan bis maupun kereta melalui Brno dan Ostrava.

Nah teman-teman, itulah 7 destinasi wisata cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Republik Ceko. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

1 komentar:

  1. Hi mates, how is everything, and what you want to say about this paragraph, in my view its really amazing designed for me. outlook sign in

    BalasHapus