Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 17, 2016

8 Destinasi Wisata Cantik di Yunani yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Prancis, Swiss, dan Italia, sekarang kita menuju ke negara Eropa selanjutnya, yaitu Yunani.

Yunani (Greece / Hellenic Republic) adalah sebuah negara transcontinental yang terletak di wilayah Eropa Tenggara. Secara geografis, Yunani terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di persimpangan Eropa, Asia, dan Afrika. Negara ini terletak di sebelah timur Italia, di sebelah barat Turki, serta di tepi Laut Mediterania. Selain dataran utama di Semenanjung Balkan, wilayah Yunani juga meliputi ratusan pulau yang terletak di Laut Aegea, Laut Ionia, Laut Kreta, dan Laut Mediterania. Menurut sejarah, wilayah Yunani telah dihuni oleh manusia sejak 7000 tahun sebelum Masehi. Pada saat itu, wilayah ini dikenal dengan nama Hellas, dan kota-kotanya dikenal dengan nama polis. Saat ini, Yunani merupakan negara republik dengan ibu kota Athena. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Yunani (Greek), dan mata uang resminya adalah Euro (EUR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Athens International Airport yang terletak di Athena.

Berikut 8 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Yunani:

1. Santorini

Santorini, Yunani
Santorini
Santorini (Thera) adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Aegea, sekitar 200 km di sebelah tenggara daratan utama Yunani. Santorini merupakan bagian dari gugusan pulau Cyclades yang terbentuk dari sisa-sisa kaldera gunung berapi. Jumlah penduduk pulau ini sekitar 15 ribu jiwa pada tahun 2011, yang sebagian besar berdomisili di Oia, Fira (Phira), Emporio, dan Kamari. Santorini merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan di dunia. Yang menjadikan pulau ini memiliki panorama yang unik adalah arsitektur bangunan-bangunan tradisional khas Cyclades yang didominasi oleh warna putih, yang dibangun di tepi tebing dengan hamparan laut biru di bawahnya. Pada tahun 2015, Santorini dinobatkan sebagai salah satu pulau terindah di dunia. Untuk mencapai pulau ini bisa menggunakan ferry melalui Athinios Port, atau menggunakan pesawat udara melalui Santorini (Thira) Airport. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Santorini.

2. Athena

Athena, Yunani
Athena - foto oleh Christophe Meneboeuf
Athena (Athens) merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Yunani. Secara geografis, kota ini terletak di dataran Attica, wilayah pantai timur Yunani. Wilayah Athena dikelilingi oleh 4 pegunungan besar yaitu Mount Aigaleo di sebelah barat, Mount Parnitha di sebelah utara, Mount Pentelicus di sebelah timur laut, dan Mount Hymettus di sebelah timur. Di wilayah selatan, Athena langsung berbatasan dengan Laut Aegea. Jumlah penduduk kota ini sekitar 664 ribu jiwa pada tahun 2011. Sama seperti Roma, Athena juga merupakan salah satu kota tertua di dunia. Menurut sejarah, peradaban di kota ini telah ada sejak 7 abad sebelum masehi. Di Athena terdapat 2 landmark yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu Acropolis Athena dan Daphni Monastery. Landmark utama lainnya di kota ini antara lain Parthenon, Museum Acropolis, Zappeion, Monastiraki Square.

3. Rhodes

Rhodes, Yunani
Lindos, Rhodes - foto oleh Jebulon
Sama seperti Santorini, Rhodes juga merupakan sebuah pulau yang terletak di Laut Aegea, sekitar 300 km di sebelah timur Santorini. Rhodes merupakan pulau terbesar dari gugusan pulau Dodecanese. Pulau ini terletak di sebelah timur-laut Kreta, serta tepat di lepas pantai wilayah Anatolia Turki. Pusat administrasi pulau ini terletak di kota Rhodes, dengan jumlah penduduk sekitar 50 ribu jiwa pada tahun 2011. Menurut sejarah, dahulu pulau ini terkenal dengan sebuah patung Colossus Rhodes setinggi 33 meter yang menggambarkan wujud Dewa Matahari, Helios. Saat ini, patung tersebut merupakan salah satu 7 Wonders of Ancient World. Landmark utama di pulau ini antara lain reruntuhan Acropolis Rhodes, Benteng Rhodes, Ixia Beach, dan Lindos. Rhodes bisa dicapai dengan menggunakan ferry maupun pesawat udara melalui Diagoras Airport.

4.Kerkyra (Corfu)

Kerkyra, Yunani
Pontikonisi, Kerkyra - foto oleh StefanosKozanis
Jika Santorini dan Rhodes terletak di Laut Aegea, maka Kerkyra juga merupakan sebuah pulau, tetapi letaknya di Laut Ionia, wilayah barat-laut Yunani. Kerkyra merupakan pulau terbesar kedua di wilayah Laut Ionia setelah Kefalonia. Pulau ini terletak tidak jauh dari tepi pantai Sarandë, Albania. Keseluruhan wilayah pulau ini berserta beberapa pulau kecil di sekitarnya membentu suatu region yang juga bernama Kerkyra. Pusat administrasi di pulau ini juga terletak di Kerkyra, yang memiliki jumlah penduduk sekitar 102 ribu jiwa pada tahun 2011. Landmark dan objek wisata utama di pulau ini antara lain Pontikonisi Island, Palaio Frourio (Old Fortress), Kasiopi Village, Spianada Square, dan Canal d’Amour. Dari daratan utama Yunani, Kerkyra bisa dicapai dengan menggunakan ferry maupun pesawat udara melalui Ioannis Kapodistrias Airport.

5. Mikonos (Mykonos)

Mikonos, Yunani
Little Venice, Mikonos
Selanjutnya adalah Mikonos, sebuah pulau yang juga terletak di gugusan Cyclades, sama seperti Santorini. Pulau Mikonos terletak di Laut Aegea, sekitar 150 km di sebelah timur Athena. Pulau ini sering dijuluki sebagai “The Island of the winds”, serta merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. Jumlah penduduk pulau ini sekitar 10 ribu jiwa pada tahun 2011. Pusat administrasi pulau ini juga terletak di Mikonos, tetapi lebih dikenal dengan nama Chora (Town). Sama seperti Santorini, Mikonos juga terkenal dengan arsitektur bangunan-bangunan khas Cyclades, yang berbentuk kubik dan didominasi oleh warna putih. Landmark utama di pulau ini antara lain Municipal Library, Petros the Pelican, Mykonos Windmills, Little Venice, dan Elia Beach. Dari Athena, Mikonos bisa dicapai dengan menggunakan ferry maupun pewawat udara melalui Mykonos Island Airport.

6. Kos (Cos)

Kos, Yunani
Lambi Beach, Kos - foto oleh Robin
Selanjutnya adalah Kos, sebuah pulau yang juga terletak di gugusan Dodecanese, sama seperti Rhodes. Secara geografis, pulau ini terletak di wilayah timur laut Aegea, hanya sekitar 4 km dari tepi pantai Caria, Turki. Kos merupakan pulau terbesar ketiga di gugusan pulau Dodecanese setelah Rhodes dan Karpathos. Dari Santorini, Kos berjarak sekitar 175 km di sebelah timur, sedangkan dari Rhodes pulau ini berjarak sekitar 85 km di sebelah barat-laut. Wilayah pulau ini membentuk sebuah region yang juga bernama Kos, dengan pusat administrasi di Kos Town. Jumlah penduduk Kos Town sekitar 33 ribu jiwa pada tahun 2011. Landmark utama yang ada di pulau ini antara lain Lambi Beach, Kos Fortress, Antimachia Castle, Kos Cathedral, Kardamena, dan Ancient Agora. Dari dataran utama Yunani (Pireas), Kos bisa dicapai dengan menggunakan ferry.

7. Zakynthos

Zakynthos, Yunani
Navagio Beach, Zakynthos - foto oleh
Selain Kerkyra, destinasi wisata selanjutnya yang terletak di Laut Ionia adalah Zakynthos. Pulau ini terletak di ujung selatan gugusan pulau Ionia, serta merupakan puau terbesar ketiga setelah Kerkyra dan Kefalonia. Dari Kerkyra, Zakynthos berjarak sekitar 200 km di sebelah selatan, dan dari daratan utama Yunani (Kyllini), pulau ini hanya berjarak 20 km di sebelah barat. Pusat administrasi pulau ini teretak di Zakynthos Town (Chora), yang memiliki populasi penduduk sekitar 40 ribu jiwa pada tahun 2011. Zakynthos sering dijuluki sebagai "To fioro tou Levante" atau "The flower of the East". Objek wisata utama di pulau ini antara lain Navagio Beach, Cape Skinari, Keri Village, dan Laganas Beach. Dari daratan utama Yunani, pulau ini bisa dicapai dengan menggunakan ferry maupun pesawat udara melalui Zakynthos International Airport.

8. Thessaloniki

Thessaloniki, Yunani
Thessaloniki - foto oleh Zweifüssler
Destinasi wisata terakhir adalah Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani setelah Athena. Secara geografis, Thessaloniki terletak di wilayah utara Yunani, di tepi Teluk Thermaic, sebuah teluk yang menghadap ke Laut Aegea. Di sebelah tenggara, wilayah kota ini dibatasi oleh Mount Chortiatis. Wilayah Thessaloniki termasuk dalam region Macedonia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 385 ribu jiwa pada tahun 2007. Thessaloniki sering dijuluki sebagai "the co-capital" karena pada pasa Kekaisaran Byzantium, kota ini dijadikan sebagai ibu kota kedua setelah Konstantinople. Landmark utama di kota ini antara lain White Tower, Museum Arkeologi Thessaloniki, Monumen Paleochristian dan Byzantine, Sound garden, dan Ano Poli (Old Town). Dari Athena, Thessaloniki bisa dicapai dengan menggunakan kereta maupun pesawat udara melalui Macedonia International Airport.

Nah, itulah 8 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Yunani (Greece). Semoga bermnafaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar