Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

November 03, 2016

8 Destinasi wisata cantik di Polandia yang sering dikunjungi oleh para Traveler

Salam Traveling!

Setelah Jerman, Austria, Republik Ceko, dan Hongaria, sekarang kita menuju ke negara tujuan wisata selanjutnya, yaitu Polandia.

Polandia (Republik Polandia / Rzeczpospolita Polska) adalah sebuah negara Uni Eropa yang terletak di wilayah Eropa Tengah. Secara geografis, negara ini terletak di antara Laut Baltik di sebelah utara, dan deretan Pegunungan Carpathian dan Sudetes di sebelah selatan. Wilayah Polandia berbatasan dengan Jerman di sebelah barat, dengan Republik Ceko dan Slowakia di sebelah selatan, dengan Ukraina dan Belarus di sebelah timur, dan dengan Lithuania dan Kaliningrad Oblast (exclave Rusia) di sebelah utara. Ibu kota negara ini terletak di Warszawa (Warsaw). Secara administratif, wilayah Polandia dibagi ke dalam 16 voivodeship (provinsi). Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Polandia (Polish), dan mata uang resminya adalah Złoty (PLN). Bandara internasional utama di negara ini adalah Warsaw Chopin Airport (WAW).

Beberapa destinasi wisata utama yang sering sering dikunjungi oleh para traveler di Polandia antara lain:

1. Kraków

Kraków, Polandia
Wawel Castle, Kraków
Kraków (Krakow) merupakan ibu kota Kerajaan Polandia pertama kali sekaligus kota tertua di negara ini. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Wisła (Vistula), wilayah selatan negara ini, tidak jauh dari perbatasan Polandia – Republik Ceko. Secara administratif, Kraków termasuk dalam wilayah voivodeship Lesser Poland (Małopolskie). Kraków merupakan kota terbesar kedua di Polandia setelah Warszawa, dengan umlah penduduk sekitar 763 ribu jiwa pada tahun 2015. Kraków pertama kali menjadi ibu kota Kerajaan Polandia pada tahun 1038 hingga 1596. Pada tahun 1978, area Old Town kota ini dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark utama di kota ini antara lain Wawel Castle, Main Square, St Mary’s Basilica, Planty Park, dan Basztowa Street. Dari Warsawa, Kraków bisa dicapai dengan kereta maupun pesawat udara melalui bandara John Paul II International Airport Kraków-Balice (KRK).

2. Warszawa

Warszawa, Polandia
Warszawa, Polandia - © Marek and Ewa Wojciechowscy
Warszawa (Warsaw) merupakan ibu kota negara seklaigus kota terbesar di Polandia. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Wisła (Vistula), wilayah sentral Polandia. Warszawa termasuk dalam Voivodeship Masovia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,75 juta jiwa pada tahun 2016. Warszawa pertama kali menjadi ibu kota Kerajaan Polandia pada tahun 1596, saat dipindahkan dari Kraków. Kota ini mendapat julukan sebagai “Phoenix City” karena tetap survive meskipun telah mengalami berbagai perang, konflik, dan invasi sepanjang sejarah. Pada tahun 1980, area Old Town Warszawa dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site. Landmark utama di kota ini antara lain Castle Square, Royal Castle, Market Square, St. John’s Cathedral, Ujazdów Castle, Krasiński Palace, dan Łazienki Park.

3. Gdańsk

Gdańsk, Polandia
Gdańsk
Gdańsk (Danzig) merupakan kota pelabuhan utama di Polandia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah utara Polandia, di tepi Teluk Gdańsk, sebuah teluk yang menghadap ke Laut Baltik. Kota ini juga terletak di muara Sungai Motława, yang terhubung dengan Sungai Leniwka, sebuah cabang dari Sungai Vistula. Secara administratif, Gdańsk merupakan ibu kota Voivodeship Pomeranian. Jumlah penduduk kota ini sekitar 461 ribu jiwa pada tahun 2014. Pada tahun 1980, di Gdańsk lahir gerakan Solisarity, gerakan yang nantinya berhasil mengakhirkan rezim komunis di Polandia. Landmark utama di kota ini antara lain Westerplatte, Oliwa Cathedral, Abbot’s Palace, Long Street, Long Market, dan Green Gate. Dari Warszawa, Gdańsk bisa dicapai dengan menggunakan kereta atau pesawat udara melalui bandara Gdańsk Lech Wałęsa Airport (GDN).

4. Zakopane

Zakopane, Polandia
Zakopane
Zakopane adalah sebuah kota resort yang terletak di kaki Pegunungan Tatra. Kota ini terletak di region Podhale, ujung selatan Polandia, tepat di perbatasan Polandia – Slowakia. Secara administratif, Zakopane termasuk dalam wilayah Voivodeship Lesser Poland, sama seperti Kraków. Jumlah penduduk kota ini sekitar 28 ribu jiwa pada tahun 2006. Zakopane merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan karena letaknya di sebuah lembah di antara 2 pegunungan, yaitu Pegunungan Tatra dan Bukit Gubałowka, serta berada pada ketinggian 800 - 1.000 meter dari permukaan laut. Rumah-rumah penduduk di kota ini masih dibangun dengan arsitektur tradisional khas Podhale. Sama seperti Zermatt di Swiss, Zakopane juga sangat populer untuk wisata dan olahraga ski pada musim dingin. Dari Kraków, kota ini berjarak sekitar 100 km, serta bisa dicapai dengan bis maupun kereta.

5. Poznań

Poznań, Polandia
Adam Mickiewicz University, Poznań - foto oleh A.Savin
Poznań (Posen) adalah sebuah kota yang terkenal dengan perguruan tinggi dan destinasi wisata sejarah. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Warta, wilayah sentral Polandia. Poznań termasuk dalam wilayah Voivodeship Greater Poland (Wielkopolska). Jumlah penduduk kota ini sekitar 552 ribu jiwa pada tahun 2012. Sama seperti Kraków, Poznań juga merupakan salah satu kota tertua di negara ini serta memiliki peranan penting di masa Kerajaan Polandia pertama kali pada abad ke-13. Pusat kota ini pertama kali terletak di Ostrów Tumski, sebuah pulau kecil yang terletak di Sungai Warta, mirip dengan île de la Cité di Paris. Landmark utama di Poznań antara lain Old Town, Royal Castle, Imperial Castle, Adam Mickiewicz Park, dan Danau Malta. Dari Warszama, Poznań bisa dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta.

6. Wrocław

Wrocław, Polandia
Wrocław - foto oleh Aw58
Wrocław (Breslau) merupakan kota terbesar di wilayah barat Polandia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Oder, dataran rendah Silesia. Secara administratif, Wrocław termasuk dalam Voivodeship Lower Silesian (Dolnośląskie). Jumlah penduduk kota ini sekitar 637 ribu jiwa pada tahun 2016. Pada zaman dahulu, Wrocław merupakan ibu kota region Silesia, sebuah region di Eropa tengah yang meliputi sebagian wilayah Polandia, Republik Ceko, dan Jerman. Sepanjang sejarah, kota ini pernah menjadi bagian dari Kerajaan Polandia, Bohemia, Hongaria, Austria, Prussia, dan Jerman. Landmark utama di kota ini antara lain Wrocław Town Hall, Cetennial Hall, Market Square, Panorama Racławicka, dan Szczytnicki Park. Dari Warszawa, Wrocław berjarak sekitar 340 km serta dapat dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta.

7. Lublin

Lublin, Polandia
Stare Miasto, Lublin
Lublin adalah merupakan kota terbesar di wilayah timur Polandia setelah Kraków. Secara geografis, kota ini terletak di tepi timur Sungai Vistula. Lublin juga merupakan pusat administrasi Voivodeship Lublin. Jumlah penduduk kota ini sekitar 349 ribu jiwa pada tahun 2011. Pada masa kekuasaan Kerajaan Polandia, Lublin merupakan salah satu kota utama (royal city) di kerajaan. Landmark utama di kota ini antara lain Old Town, Crown Tribunal (Pengadilan Kerajaan), Lublin Castle, Stare Miastro Street, dan Cracow Gate. Dari Warszawa, Lublin berjarak sekitar 170 km serta dapat dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta.

8. Ojców National Park

Ojców National Park - foto oleh Jan Jerszyński
Ojców National Park merupakan taman nasional yang terletak di wilayah selatan Polandia. Taman nasional ini termasuk dalam wilayah County Kraków, Voivodeship Lesser Poland (Małopolskie). Nama taman nasional ini diambil dari nama desa Ojwóc, yang merupakan pusat area taman nasional. Ojców pertama kali diresmikan sebagai taman nasional pada tahun 1956. Taman nasional ini juga merupakan yang terkecil di seluruh Polandia, dengan luas wilayah hanya sekitar 21,5 km persegi. Sebagian besar wilayah Ojców tersusun atas batuan kapur (karst) dengan landmark utamanya berupa susunan batu kapur yang disebut Skała Biała Ręka (White Hand Rock). Dari Kraków, taman nasional ini hanya berjarak sekitar 24 km dan dapat dicapai dengan menggunakan bis.

Nah teman-teman, itulah 8 destinasi wisata cantik di Polandia yang sering dikunjungi oleh para traveler. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar