Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

November 05, 2016

8 Destinasi Wisata Utama di Rusia yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Austria, Republik Ceko, Hongaria, dan Polandia, sekarang kita menuju ke negara tujuan wisata di Eropa yang paling timur, yaitu Rusia.

Rusia (Federasi Rusia / Росси́йская Федера́ция) merupakan sebuah negara transcontinental serta negara dengan wilayah paling luas di dunia. Wilayah negara ini meliputi seluruh bagian utara Benua Asia serta bagian timur Benua Eropa, dengan 11 zona waktu. Meski demikian, sebagian besar kota-kota yang didiami oleh penduduk terletak di Benua Eropa bagian timur, seperti Moskow, Saint Petersburg, Novosibirsk, Nizhny Novgorod, dan Samara. Beberapa bentang alam utama yang ada di wilayah Rusia antara lain Pegunungan Kaukasus dengan puncak tertingginya Gunung Elbrus, Pegunungan Ural, Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Kaspia, dan Selat Bering yang membatasi negara ini dengan Alaska. Sebelum tahun 1991, negara ini dikenal dengan nama Uni Soviet. Saat ini, ibu kota Rusia terletak di Moskow. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Rusia (русский) dan mata uang resminya adalah Ruble (RUB).

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Rusia:

1. Moskow

Moskow, Rusia
Red Square, Moskow - foto oleh Christophe Meneboeuf
Moskow (Моskwa) merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Rusia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Moskva, wilayah Eropa Rusia. Secara administratif, kota ini termasuk dalam wilayah distrik federal Central. Jumlah penduduk kota ini sekitar 12 juta jiwa pada tahun 2015. Menurut sejarah, area Moskow telah menjadi kota sejak sebelum tahun 1147. Sebagai ibu kota negara, di kota ini terdapat Istana Kremlin Moskow, yang merupakan tempat kerja dan kediaman resmi Presiden Rusia. Di Moskow terdapat beberapa landmark yang merupakan UNESCO World Heritage Site, termasuk di antaranya Istana Kremlin, Red Square, Novodevichy Convent, dan Ascension Church Kolomenskoye. Landmark utama lainnya di kota ini antara lain Saint Basil’s Cathedral, Ostankino Tower, Gorky Park, dan Tsaritsyno Park. Di Moskow terdapat 5 bandara internasional, tetapi yang yang paling umum digunakan adalah Sheremetyevo International Airport (SVO). Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Moskow.

2. Saint Petersburg

Saint Petersburg, Rusia
White Night, Saint Petersburg - foto oleh Victorgrigas
Saint Petersburg, atau St. Petersburg, merupakan kota terbesar kedua di Rusia setelah Moskow. Kota ini juga merupakan salah satu tujuan wisata favorit wisatawan terutama pada musim panas saat terjadi fenomena alam matahari tengah malam atau white night. Secara geografis, Saint Petersburg ini terletak di wilayah barat-laut Rusia, di muara Sungai Neva serta di tepi Teluk Finlandia, sebuah teluk yang menghadap ke Laut Baltik. Jumlah penduduk kota ini sekitar 5 juta jiwa pada tahun 2012. Nama kota ini sempat diubah menjadi Petrograd, kemudian menjadi Leningrad, dan pada akhirnya kembali menjadi Saint Petersburg. Landmark utama di kota ini antara lain Hermitage Museum, Peter & Paul Fortress, Senate Square, Winter Palace, St. Isaac’s Cathedral, dan Church of the Savior on Blood. Dari Moskow, Saint Petersburg bisa dicapai dengan kereta maupun pesawat udara melalui bandara Pulkovo International Airport (LED).


3. Siberia

Siberia, Rusia
Koryaksky Volcano, Siberia
Siberia adalah sebuah region geografis yang sangat luas, yang meliputi hampir seluruh wilayah Asia bagian utara. Region ini membentang mulai dari Pegunungan Ural di sebelah barat hingga ke Samudra Pasifik di sebelah timur, serta dari Samudra Arktik di sebelah utara hingga ke perbatasan Mongolia - Tiongkok. Sekitar 77% dari wilayah Rusia termasuk dalam region Siberia, dan dihuni oleh sekitar 40 juta jiwa penduduk. Puncak tertinggi di region ini adalah Klyuchevskaya Sopka, sebuah gunung berapi setinggi 4.750 meter yang terletak di Semenajung Kamchatka. Salah satu objek wisata utama di region ini adalah Danau Baikal, yang merupakan danau terdalam di dunia. Beberapa kota utama yang terletak di region ini antara lain Novosibirsk, Irkutsk, Tomsk, Vladivostok, dan Yekaterinburg. Dari Moskow, area Siberia bisa dicapai dengan menggunakan kereta Trans-Siberia dengan tujuan akhir Vladivostok.

4. Danau Baikal

Danau Baikal, Rusia
Danau Baikal - foto oleh Aleksandr Zykov
Danau Baikal (Ozero Baykal) adalah sebuah danau yang terletak di wilayah selatan Siberia, tepatnya di antara Irkutsk Oblast dan Buryatia. Danau ini merupakan danau terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 1.642 meter. Danau Baikal juga merupakan danau air tawar dengan volume air terbesar di dunia. Sekitar 20% dari seluruh air tawar di dunia berada di danau ini. Danau ini berbentuk memanjang dan dikelilingi Pegunungan Baikal. Di danau ini juga terdapat 27 pulau; yang terbesar adalah Pulau Olkhon. Pada tahun 1996, Danau Baikal dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Kota yang terletak dekat dengan danau ini adalah Irkutsk dan Ulan-Ude. Danau Baikal juga terletak di jalur Trans-Siberia, sehingga bisa dicapai dengan menggunakan kereta tersebut.


5. Vladivostok

Vladivostok, Rusia
Zolotoy Bridge, Vladivostok - foto oleh Даниил Рыжков
Vladivostok merupakan kota dan pusat administrasi Primorsky Krai (Provinsi Maritim), sebuah provinsi yang terletak di ujung tenggara Rusia (Russian Far East). Secara geografis, kota ini terletak di tepi Teluk Golden Horn, tidak jauh dari perbatasan Rusia – Tiongkok – Korea Utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 606 ribu jiwa pada tahun 2016. Vladivostok juga merupakan kota pelabuhan terbesar di Rusia yang terletak di Samudra Pasifik. Puncak tertinggi di wilayah kota ini terletak di Gunung Kholidilnik (257 m). Landmark utama di kota ini antara lain Zolotoy Rog Bay, Russky Bridge, Maxim Gorky Theatre, Pokrovskiy Park, dan Admiralsky Skver. Dari Moskow, Vladivostok bisa dicapai dengan kereta melalui jalur Trans-Siberia, atau dengan pesawat udara melalui Vladivostok International Airport (VVO).

6. Sochi

Sochi, Rusia
Sochi - foto oleh Ганощенко Роман
Sochi adalah sebuah kota wisata yang terletak di tepi Laut Hitam, di ujung barat-laut Rusia. Kota ini termasuk dalam wilayah administratif Krasnodar Krai, dan terletak tidak jauh dari perbatasan Rusia – Georgia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 343 ribu jiwa pada tahun 2010. Area Greater Sochi membentang sepanjang 145 km di tepi Laut Hitam. Wilayah timur-laut kota ini termasuk dalam area Caucasian Biosphere Reserve yang merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site. Landmark utama di kota ini antara lain Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Winter Theatre, dan Sochi’s Quay. Dari Moskow, Sochi bisa dicapai dengan kereta maupun pesawat udara melalui bandara Alder-Sochi International Airport.


7. Kaliningrad

Kaliningrad, Rusia
Kaliningrad - foto oleh Aleksander Kaasik
Kaliningrad merupakan kota pelabuhan yang terletak di exclave Kaliningrad Oblast, di antara Polandia dan Lithuania. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Laut Baltik, serta di muara Sungai Pregolya. Jumlah penduduk kota ini sekitar 449 ribu jiwa pada tahun 2015. Pada zaman dahulu, kota ini dikenal dengan nama Königsberg dalam Bahasa Jerman. Landmark utama di kota ini antara lain Köningsberg Cathedral, Fishermen’s Village, Brandenburg Gate, Kalingingrad Zoo, dan Kings Gate. Kaliningrad terhubung dengan Gdańsk, Polandia, melalui Teluk Gdańsk, yang bisa dilayari oleh kapal. Dari Moskow, Kaliningrad bisa dicapai dengan kereta maupun pesawat udara melalui Khrabrovo Airport.

8. Kazan

Kazan, Rusia
Qolşärif Mosque, Kazan - foto oleh Ilya Tsvetkov
Kazan merupakan sebuah kota yang terletak di Republik Tatarstan, wilayah barat-laut Rusia. Secara geografis, kota ini terletak di persimpangan Sungai Volga dan Sungai Kazanka, wilayah Eropa negara ini. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,2 juta jiwa pada tahun 2016. Tatarstan, termasuk Kazan, merupakan wilayah di Rusia yang memiliki populasi muslim terbanyak. Di kota ini terdapat masjid terbesar dan termegah di negara ini, yaitu Qolşärif Mosque. Di Kazan juga terdapat Istana Kremlin Kazan yang merupakan UNESCO World Heritage Site. Landmark utama lainnya di kota ini antara lain Spasskaya Tower, Söyembikä Tower, Farmer’s Palace, Epiphany Cathedral, dan Tatar. Dari Moskow, Kazan bisa dicapai dengan kereta maupun pesawat udara melalui Kazan International Airport (KZA).

Nah, itulah 8 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Rusia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar