Senin, 14 November 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Moskow, Rusia

Salam Traveling!

Setelah Paris, Berlin, Wina, dan Zurich, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Moskow, Rusia.

Moskow (Моskwa) merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Rusia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Moskva, wilayah Eropa Rusia. Secara administratif, kota ini termasuk dalam wilayah distrik federal Central. Jumlah penduduk kota ini sekitar 12 juta jiwa pada tahun 2015. Menurut sejarah, area Moskow telah menjadi kota sejak sebelum tahun 1147. Sebagai ibu kota negara, di kota ini terdapat Istana Kremlin Moskow, yang merupakan tempat kerja dan kediaman resmi Presiden Rusia. Di Moskow terdapat 5 bandara internasional, tetapi yang yang paling umum digunakan adalah Sheremetyevo International Airport (SVO).

Berikut beberapa landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Moskow:

1. Kremlin Moskow

Kremlin Moskow
Kremlin Moskow - foto oleh Andrey Korzun
Kremlin Moskow (Moskovskiy Kreml) adalah sebuah kompleks benteng dan istana yang terletak di pusat kota Moskow, tepat di tepi Sungai Moskva. Kompleks ini berbatasan dengan Gereja Katedral Saint Basil dan Red Square di sebelah timur, dan dengan Alexander Garden di sebelah barat. Kompleks bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1482 hingga 1495 di area seluas 28 hektar. Dalam Bahasa Rusia, kremlim berarti “benteng di dalam kota”. Selain bangunan benteng pertahanan, di kompleks Kremlin Moskow juga terdapat 5 bangunan istana, 4 gereja katedral, sebuah menara (Kremlin Tower), dan dinding yang mengelilingi keseluruhan kompleks (Kremlin Wall). Pada tahun 1990, kompleks ini dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Saat ini Istana Kremlin digunakan sebagai kediaman resmi kepala negara / presiden Rusia.


2. Red Square

Red Square, Moskow
Red Square, Moskow - foto oleh Christophe Meneboeuf
Red Square (Krásnaya plóshchaď) adalah lapangan kota (plaza) yang juga terletak di pusat kota Moskow, tepat di samping Istana Kremlin Moskow. Lapangan ini membatasi Istana Kremlin dengan Kitai-gorod, sebuah area yang dulunya terkenal sebagai pusat perdagangan. Red Square pertama kali dikenal sejak abad ke-18. Pada saat itu, area ini merupakan pasar dan pusat perdagangan utama di Moskow. Selain itu, di area ini juga sering diadakan upacara dan proklamasi beberapa peristiwa bersejarah di Rusia. Pada saat ini, selain sebagai lapangan publik (plaza), Red Square juga merupakan pusat transportasi yang menghubungkan hampir semua jalan utama di Moskow.


3. Katedral Saint Basil

Katedral Saint Basil, Moskow
Katedral Saint Basil - foto oleh Christophe Meneboeuf
Katedral Saint Basil (Saint Basil’s Cathedral) merupakan gereja katedral yang terletak di Red Square, pusat kota Moskow. Meski bernama katedral, tetapi sejak tahun 1928 hingga saat ini Saint Basil merupakan museum. Gereja ini pertama kali dibangun pada tahun 1555 atas perintah Putra Kerajaan Moskow, Ivan Vasilyevich, atau yang lebih dikenal dengan nama Ivan the Terrible. Kompleks Katedral Saint Basil terdiri atas 10 gereja bersegi-8 (oktagon); 1 gereja di bagian tengah, 8 gereja yang mengelilingi, serta 1 gereja yang dibangun di dekat makam para saint. Pada awal dibangun, gereja ini hanya berwarna putih polos, seperti bangunan lain pada umumnya. Kemudian pada abad ke-17, atas perintah pemerintah Rusia, para seniman mulai mewarnai dan melukis seluruh kubah, menara, dan dinding eksterior Katedral Saint Basil sehingga menjadi berwarna-warni seperti yang ada saat ini.


4. Teater Bolshoi

Teater Bolshoi, Moskow
Teater Bolshoi - foto oleh A. Savin
Teater Bolshoi (Bolshoi Theatre) merupakan teater bersejarah yang terletak di Moskow. Teater ini terletak di Teatralnaya Square, Distrik Tverskoy, pusat kota Moskow. Teater Bolshoi pertama kali dibangun pada tahun 1825 dengan nama Imperial Bolshoi Theatre of Moscow. Pada saat itu, di Saint Petersburg juga dibangun teater serupa dengan nama Imperial Bolshoi Kamenny Theatre, tetapi diruntuhkan pada tahun 1886. Nama Teater Bolshoi berarti Big Theatre atau Teater Besar. Di teater ini telah diadakan berbagai pertunjukan balet dan opera sejak abad ke-19. Saat ini, Opera Bolshoi dan Balet Bolshoi merupakan salah satu pertunjukan opera dan balet tertua dan terkenal di seluruh dunia.

5. Gorky Park

Gorky Park, Moskow
Gorky Park - foto oleh A. Savin
Gorky Park, atau Gorky Central Park, merupakan taman kota utama yang terletak di pusat kota Moskow. Taman hiburanini terletak di Krymsky Val, tepat di tepi Sungai Moskva, dan di seberang Stasiun Metro Park Kultury. Taman seuas 120 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1928, atas prakarsa Konstantin Melnikov, seorang arsitek ternama Soviet pada masa itu. Sebelumnya, di Gorky Park terdapat berbagai macam wahana bermain, termasuk di antaranya sebuah roller coaster. Tetapi pada tahun 2011, semua wahana tersebut diruntuhkan dan diganti dengan area hijau dan taman bunga untuk memberikan suasan yang eco-friendly di taman ini. Selain area terbuka, di Gorky Park juga terdapat playground, lapangan hockey, dan lapangan ice-skating.


6. Galeri Tretyakov

Galeri Tretyakov, Moskow
Galeri Tretyakov - foto oleh A. Savin
Galeri Tretyakov (State Tretyakov Gallery) merupakan galeri seni yang terletak di Lavrushinsky Ln, Moskow. Galeri ini pertama kali dibangun pada tahun 1856 oleh Pavel Tretyakov, seorang saudagar di Moskow, untuk menyimpan koleksi-koleksi seninya. Galeri ini terus berkembang, dan pada tahun 1892, Tretyakov menyumbangkan galeri ini, dan seluruh isinya, kepada pemerintah Rusia. Pada saat disumbangkan, jumlah koleksi seni yang ada di Galeri Tretyakov sekitar 2.000 item. Dan saat ini, jumlah koleksi yang ada di galeri ini mencapa lebih dari 130.000 item, yang terdiri lukisan, gambar, dan patung.


7. Kolomenskoye

Kolomenskoye, Moskow
Kolomenskoye - foto oleh Marina Lystseva
Kolomenskoye merupakan kompleks istana yang terletak di wilayah tenggara Moskow. Kompleks ini terletak di sebuah kota kecil yang bernama Kolomna, sekitar beberapa km dari pusat kota Moskow. Kolomenskoye dulunya merupakan kediaman para pangeran Kerajaan Muscony, termasuk di antaranya Iva the Terrible dan Tsar Alexis I. Kompleks ini dibangun pada tahun 1532 di area seluas 390 hektar, tidak jauh dari tepi Sungai Moskva. Beberapa bangunan utama di kompleks ini antara lain Gereja Dyakovo, Gereja St. George, sebuah belltower, sebuah pavliun, gerbang depan, gerbang belakang, dan taman. Pada tahun 1994, Kolomenskoye dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site.


8. Masjid Katedral Moskow

Masjid Katedral Moskow
Masjid Katedral Moskow - foto oleh A. Savin
Tempat wisata terakhir adalah Masjid Katedral Moskow, atau Moscow Cathedral Mosque, yang terletak di Olimpiysky Avenue, tidak jauh dari Olympic Stadium di pusat kota Moskow. Meski menggunakan nama "katedral", tetapi Masjid Katedral Moskow murni merupakan masjid, berbeda dengan Mosque Cathedral di Cordoba, Spanyol. Bangunan masjid ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1904. Pada saat itu, masjid ini masih dikenal dengan nama Masjid Tatar, karena dibangun oleh kaum Tatar, salah satu etnis asli Rusia yang mayoritas beragama Islam. Tetapi pada tahun 2011, masjid ini diruntuhkan. Kemudian pada tahun 2015, masjid dibangun kembali dengan arsitektur seperti yang tampak pada saat ini. Masjid Katedral Moskow merupakan salah satu masjid utama di kota ini serta dapat menamoung hingga 10.000 jamaah.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama di Moskow, Rusia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel



Baca Juga:


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar