Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

November 24, 2016

Wisata Sapporo, Kota Cantik di Prefektur Hokkaido, Jepang

Salam Traveling!

Masih di Negeri Sakura, Jepang, setelah Tokyo, Kyoto, dan Osaka, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Sapporo, Hokkaido.

Sapporo merupakan ibu kota Prefektur Hokkaido sekaligus kota terbesar di pulau ini. Secara geografis, kota ini terletak di Dataran Ishikari, di tepi Sungai Toyohira, wilayah barat Pulau Hokkaido. Sapporo merupakan kota terbesar keempat di Jepang setelah Tokyo, Osaka, dan Nagoya. Jumlah penduduk kota ini lebih dari 1,9 juta jiwa pada tahun 2013. Di dunia internasional, Sapporo terkenal dengan festival Yuki Matsuri atau Sapporo Snow Festival yang diadakan pada bulan Februari setiap tahun. Sapporo juga dikenal sepagai kota asal biskuit shiroi koibito (white sweetheart), mie ramen miso, dan mie ramen Sapporo. Dari kota-kota besar di Asia, Sapporo bisa dicapai dengan pesawat udara melalui bandara New Chitose Airport (CTS).

Berikut beberapa tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para traveler di Sapporo, Hokkaido:

1. Maruyama Park

Maruyama Park, Sapporo
Maruyama Park - foto oleh jpinfo.com
Maruyama Park (Maruyama Koen) merupakan taman kota yang terletak di Chuo-ku, Sapporo. Taman seluas 69 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1957. Nama taman ini sama persis dengan nama nama Maruyama Park di Kyoto. Selain memiliki nama yang sama, Maruyama Park Sapporo juga didesain dengan model yang sama persis dengan taman serupa di Kyoto. Taman ini terletak di kaki Pegunungan Maruyama, tepatnya di sebelah utara Hutan Maruyama, Di taman ini terdapat berbagai macam pohon seperti oak, katsura, magnolia, elm, cypress, dan tentu saja sakura yang selalu ramai dikunjungi pada saat festival Hanami di musim semi. Di kompleks taman ini juga terdapat Kuil Hokkaido, Maruyama Baseball Stadium, Sapporo Maruyama Zoo, dan Maruyama Kid’s Land.

2. Odori Park

Odori Park, Sapporo
Odori Park - foto oleh shirokazan
Odori Park merupakan taman kota yang terletak di pusat kota Sapporo, Hokkaido. Taman seluas 7,9 hektar ini membentang sepajang 15 km , mulai dari Nishi 1 chome, Odori to Nishi 12 chome, hingga ke Odori. Taman ini juga membagi wilayah kota Sapporo menjadi 2 bagian, utara dan selatan. Dalam Bahasa Jepang, Odori berarti “jalan besar”. Disebut demikian, karena Odori pada awalnya merupakan sebuah jalan utama tetapi kemudian diubah menjadi taman. Area taman ini dibagi menjadi 13 blok. Setiap bulan Februari di musim dingin, di Odori Park diadakan Sapporo Snow Festival, sebuah festival dimana para seniman membuat patung-patung salju di sepanjang area taman ini. Di Odori Park, tepatnya di blok Nishi 1 Chome, juga terdapat salah satu landmark Sapporo lainnya, yaitu Sapporo TV Tower.

3. Mount Moiwa Ropeway

Mount Moiwa Ropeway, Sapporo
Mount Moiwa Ropeway
Mount Moiwa Ropeway merupakan sebuah jalur lift kereta yang menuju ke puncak Mount Moiwa, Sapporo. Jalur ini pertama kali dibuka pada tahun 1958. Mount Moiwa Ropeway memilki total panjang 1,2 km, serta terdiri atas 2 jalur, 2 kabin, dan 2 stasiun. Di puncak Mount Moiwa terdapat sebuah observatorium dan ski-resort. Dari puncak gunung, pengunjung bisa mengamati panorama seluruh wilayah kota Sapporo. Total kapasitas penumpang yang dapat ditampung setiap kabin adalah 66 orang. Sedangkan waktu tempuh untuk mencapai puncak gunung dengan jalur kereta ini hanya sekitar 5 menit.

4. Okurayama Ski Jump Stadium

Okurayama Ski Jump Satdium, Sapporo
Okurayama Ski Jump Satdium - foto oleh Bmeg
Okurayama Ski Jump Stadium, atau Okurayama-Schanze, adalah sebuah stadion ski-jumping yang terletak di area Miyanomori, Chuo-ku, Sapporo. Stadion ski ini terletak tepat di lereng timur Gunung Okura. Okurayama Ski Jump Stadium pertama kali dibuka pada tahun 1931. Luas keseluruhan stadion sekitar 8,2 hektar, serta dapat menampung hingga 50.000 orang pada saat berlangsungnya kompestisi. Okurayama Ski Jump Stadium tergolong stadion ski untuk lompatan tinggi, dengan jarak ketinggian lompatan 133 meter. Lompatan ski tertinggi yang pernah tercatat di stadion ini adalah 143,5 meter yang dicapai oleh atlet Norwegia, Anders Fannemel.

5. Former Hokkaido Government Office

Former Hokkaido Government Office, Sapporo
Former Hokkaido Government Office - foto oleh 663highland
Sesuai dengan namanya, Former Hokkaido Government Office merupakan bangunan yang dulunya digunakan sebagai kantor pemerintahan Prefektur Hokkaido. Bangunan ini terletak di Chuo-ku, Sapporo. Bangunan kantor ini pertama kali dibangun pada tahun 1869, dengan ukuran panjang 61 meter, lebar 36 meter, dan tinggi puncak menara 33 meter. Bagian luar bangunan tersusun atas batu bata merah, dan di bagian depan terdapat taman dan kolam. Saat ini, Former Hokkaido Government Office dijadikan sebagai objek wisata. Di dalam bangunan terdapat sebuah ruang konferensi, museum shop, perpustakaan, ruang pameran, lukisan-lukisan yang menggambarkan sejarah Hokkaido, serta pusat informasi bagi wisatawan.

6. Sapporo TV Tower

Sapporo TV Tower
Sapporo TV Tower - foto oleh Keyaki
Jika di Osaka ada Tsutenkaku, maka di Sapporo ada Sapporo TV Tower (Sapporo Terebi-to), sebuah menara TV yang dilengkapi dengan observation deck yang terletak di Odori Park, Chuo-ku, Sapporo. Menara yang dibangun pada tahun 1957 ini memiliki tinggi 147 meter. Pada ketinggian 90 meter, terdapat sebuah dek observasi yang memungkinkan pengunjung untuk melihat panorama Odori Park, Gunung Okura, serta seluruh wilayah kota Sapporo. Menara ini didesain oleh Tachu Naito, seorang arsitek ternama Jepang yang juga mendesain Tokyo Tower. Sapporo TV Tower juga memiliki sebuah mascot yang dikenal dengan nama Tawakkie.

7. Moerenuma Park

Moerenuma Park, Sapporo
Moerenuma Park - foto oleh Route275
Moerenuma Park (Moerenuma Koen) merupakan taman kota yang terletak di Higashi-ku, Sapporo. Taman seluas 188 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1988, tetapi baru dibuka secara resmi pada tahun 2005. Dalam Bahasa Jepang, “Moerenuma” berarti “rawa Moere”. Nama tersebut diambil dari salah satu kata pada sebuah puisi yang ditulis dalam Bahasa Ainu, “Moyre”, yang berarti “sungai yang mengalir perlahan-lahan”. Salah satu simbol Moerenuma Park adalah sebuah piramida kaca yang disebut Hidamari, yang terletak di dekat pintu masuk sebelah timur. Selain taman, di area Moerenuma Park juga terdapat playground, dan lapangan olahraga.

8. Kuil Hokkaido

Kuil Hokkaido, Sapporo
Kuil Hokkaido - foto oleh Daigaku2051
Kuil Hokkaido (Hokkaido Jingu) merupakan sebuah kuil Shinto yang terletak di Miyagaoka, Chuo-ku, Sapporo. Kuil yang terletak di dalam kompleks Maruyama Park ini pertama kali dibangun pada tahun 1871. Kuil Hokkaido dibangun untuk menhormati arwah 4 kami yaitu Okunitama, Okuninushi, Sukunanikona, dan Kaisar Meiji sendiri. Luas keseluruhan kompleks kuil ini sekitar 18 hektar. Di sekitar kuil terdapat banyak pohon bungan sakura yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat festival Hanami di musim semi. Selain itu, setiap tahunnya, pada tanggal 14 hingga 16 Juni, di Kuil Hokkaido juga diadakan Festival Kuil Hokkaido, atau yang lebih dikenal dengan nama Sapporo Matsuri. Pada saat itu, ratusan orang akan berbaris mengikuti parade Mikoshi di jalan yang akan menuju ke kuil ini.

Nah teman-teman, demikianlah infromasi tentang wisata Sapporo, kota cantik di Prefektur Hokkaido, Jepang. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar