Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Desember 30, 2016

7 Destinasi Wisata Favorit di Tiongkok

Salam Traveling!

Setelah Jepang dan Korea, sekarang kita menuju ke negara destinasi wisata selanjutnya di Asia Timur yaitu Cina, atau yang lebih dikenal dengan nama Tiongkok.

Tiongkok, nama resminya Republik Rakyat Cina (RRC) merupakan sebuah negara yang sangat luas yang terletak di wilayah Asia Timur. Negara ini berbatasan dengan Mongolia dan Rusia di sebelah utara; dengan Jepang dan Korea di sebelah timur; dengan Vietnam, Laos, dan Myanmar di sebelah selatan; serta dengan India, Bhutan, dan Nepal di sebelah barat. Selain memiliki wilayah yang sangat luas, Tiongkok juga merupakan negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, yaitu lebih dari 1,38 miliyar jiwa pada tahun 2016. Ibu kota negara ini terletak di Beijing, meskipun Shanghai merupakan kota terbesar. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Mandarin (Putonghua) dan mata uang resminya adalah Yuan (CNY). Bandara internasional utama adalah Beijing Capital International Airport (PEK) dan Shanghai Pudong International Airport (PVG).

Apa saja destinasi wisata favorit para wisatawan di Tiongkok? Berikut 7 di antaranya :

1. Beijing

Tembok Besar Cina, Beijing
Tembok Besar Cina di Beijing - foto oleh Severin Stalder
Beijing (dahulu dikenal dengan nama Peking) merupakan ibu kota negara Tiongkok. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah timur-laut Tiongkok, dan berbatasan dengan Provinsi Hebei. Tembok Besar Cina, yang merupakan salah satu objek wisata utama di negara ini, membentang di wilayah utara Beijing. Jumlah penduduk kota ini sekitar 21,7 juta jiwa pada tahun 2015. Dengan jumlah penduduk yang sangat besar tersebut, Beijing menjadi salah satu ibu kota negara dengan kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Selain Tembok Besar Cina, landmark dan objek wisata utama lainnya di Beijing antara lain Forbidden City, Tiananmen Square, Temple of Heaven, Summer Palace, Yonghe Temple, Badalig, dan Beihai Park. Dari kota-kota besar di dunia, kota ini bisa dicapai melalui jalur udara dengan bandara utamanya Beijing Capital International Airport (PEK).


2. Shanghai

Shanghai, Tiongkok
Shanghai
Jika Beijing merupakan ibu kota negara, maka Shanghai merupakan kota terbesar di negara Tiongkok. Secara georafis, kota ini terletak di delta Sungai Yangtze, wilayah timur Tiongkok. Wilayah Shanghai dibagi ke dalam 16 distrik, di antaranya adalah Jing’an, Hongkou, Yangpu, Putuo, dan Changning. Jumlah penduduk kota ini sekitar 24 juta jiwa pada tahun 2015. Selain merupakan kota terbesar di Tiongkok, Shanghai juga merupakan kota metropolitan terbesar di dunia. Beberapa landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain The Bund, Yu Garden, Oriental Pearl Tower, Nanjing Road, dan Xintiandi. Dari kota-kota besar di Asia, Shanghai bisa dicapai dengan pesawat udara melalu bandara Shanghai Pudong International Airport (PVG).


3. Guilin

Guilin, Tiongkok
Guilin - foto oleh chensiyuan
Guilin (Kweilin) merupakan sebuah kota (setingkat prefektur) yang terletak di region Guangxi, wilayah tenggara Tiongkok. Kota ini terletak di sebelah barat Sungai Li serta berbatasan dengan Provinsi Hunan di sebelah utara. Nama Guilin dalam Bahasa Mandarin berarti hutan osmanthus. Osmanthus sendiri merupakan sejenis pohon zaitun yang banyak tumbuh di daerah ini. Selain itu, Guilin juga memiliki topografi yang unik, yakni tersusun dari bebatuan kapur (karst) serupa dengan Halong Bay di Vietnam dan Krabi di Thailand, sehingga menjadikan kota ini merupakan destinasi wisata favorit di Tiongkok. Beberapa objek wisata utama di kota ini antara lain Sungai Li, Gua Reed Flute, Desa Xinping, Desa Cuiping, dan areal persawahan Longsheng. Untuk mencapai Guilin, pengunjung bisa menggunakan jalur kereta Hunan-Guangxi, maupun jalur udara melalu bandara Guilin Liangjiang International Airport.


4. Zhangjiajie

Zhangjiajie, Tiongkok
Zhangjiajie - foto oleh chensiyuan
Destinasi wisata selanjutnya adalah Zhangjiajie, sebuah kota yang terletak di Provinsi Hunan. Secara geografis, Zhangjiajie terletak di sebuah area pegunungan, di wilayah tenggara Tiongkok. Area kota ini terbagi menjadi 4 distrik yaitu Yongding, Wulingyuan, Cili dan Sangzhi. Di wilayah Zhangjiajie terdapat sebuah objek wisata alam yang sangant indah yaitu Wulingyuan Scenic Area. Objek wisata tersebut juga sangat populer di kalangan wisatawan serta telah dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada tahun 1992. Jumlah penduduk Zhangjiajie pada tahun 2010 sekitar 1,4 juta jiwa. Selain Wulingyuan, objek wisata lainnya di kota ini adalah Danau Baofeng, Tianzishan, dan Lembah Suoxi. Dari kota-kota utama di Tiongkok, Zhangjiajie bisa dicapai dengan pesawat udara melalui Zhangjiajie Airport.


5. Lijiang

Lijiang, Tiongkok
Lijiang
Selanjutnya adalah Lijiang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Yunnan, provinsi yang terletak di ujung selatan Cina. Secara geografis, Lijiang terletak di area dataran tinggi, di antara region Qinghai-Tibet dan Yunnan-Guizhou. Wilayah kota ini terbagi menjadi 5 distrik, yaitu Gucheng, Yulong, Yongsheng, Huaping, dan Ninglang. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,2 juta jiwa pada tahun 2010. Lijiang terkenal dengan objek wisata Old Town of Lijiang (Kota Tua Lijiang) yang juga merupakan UNESCO World Heritage Site. Di area kota tua tersebut, terdapat sebuah bangunan Lion Hill dengan puncaknya yang dikenal dengan nama Wangu Pavilion. Dari kota-kota lain di Cina, Lijian bisa dicapai dengan menggunakan bis maupun pesawat udara melalui Lijiang Airport.


6. Xi’an

Xi'an, Tiongkok
Xi'an City Wall - foto oleh Jamguo
Xi’an, juga dikenal dengan nama Chang’an, merupakan ibu kota Provinsi Shaanxi. Secara geografis, kota ini terletak di Dataran Guangzhou, wilayah barat laut Tiongkok. Xi’an merupakan salah satu kota tertua di negara ini. Sejak zaman dahulu, kota ini telah menjadi salah satu kota penting dalam sejarah dinasti-dinasti di Cina. Xi’an juga merupakan kota pertama dalam jalur perdagangan Silk Road (Jalan Sutera) pada masa lampau. Pada tahun 2015, populasi penduduk Xi’an berjumlah sekitar 8,7 juta jiwa. Wilayah kota ini terbagi menjadi 13 distrik, di antaranya adalah Xincheng, Beilin, dan Lianhu. Landmark utama di kota ini antara lain Xi’an Terracota Warriors Museum, Giant Wild Goose Pagoda, Drum Tower of Xi’an, Bell Tower of Xi’an, City Wall of Xi’an, Great Mosque of Xi’an, dan Tang Paradise. Dari kota-kota lain di Tiongkok, Xi’an bisa dicapai dengan menggunakan kereta maupun pesawat udara melalui Xi’an Xianyang International Airport (XIY).


7. Chengdu

Chengdu, Tiongkok
Jinli Street, Chengdu - foto oleh BenBen
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan. Secara geografis, kota ini terletak di Dataran Chengdu, wilayah tengah Tiongkok. Chengdu bersama dengan Xi’an dan Chongqing merupakan 3 kota besar dengan populasi penduduk terbanyak di area Tiongkok Barat (Western China). Jumlah penduduk kota ini sekitar 14,4 juta jiwa pada tahun 2015. Wilayah Chengdu dibagi kedalam 20 distrik, di antaranya adalah Jinjiang, Qingyang, Jinniu, Wuhou, dan Chenghua. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Anshun Bridge, Jinli Street, Chengdu Panda Base, Du Fu Thatched Cottage, dan Mount Qingcheng. Dari kota-kota lainnya di Tiongkok, Chengdu bisa dicapai dengan kereta maupun pesawat udara melalui Chengdu Shuangliu International Airport.


Nah, itulah 7 destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan di Tiongkok atau Cina. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel







Artikel Terkait:


Baca Juga;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar