Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 07, 2017

8 Destinasi wisata di Taiwan yang wajib kamu kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Jepang, Korea, dan Cina, sekarang kita menuju ke negara tujuan wisata selanjutnya di Asia Timur, yaitu Taiwan.

Taiwan, nama resminya Republic of China (ROC), adalah sebuah negara kecil yang terletak di sebuah pulau di Samudra Pasifik, wilayah Asia Timur. Negara ini berbatasan dengan Cina di sebelah barat, dengan Jepang di sebelah timur-laut, dan dengan Filipina di sebelah selatan. Dengan daratan utama Cina, pulau utama Taiwan dipisahkan oleh Selat Taiwan (Taiwan Strait). Ibukota negara ini terletak di Taipei, dengan New Taipei City (Xinbei) sebagai kota terbesar. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Mandarin (Taiwan) dan mata uang resminya adalah New Taiwan Dollar (TWD). Untuk mencapai Taiwan melalui jalur udara tersedia beberapa bandara internasional di negara ini, yang terbesar adalah Taoyuan International Airport (TPE) yang terletak di Taipei.

Apa saja destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Taiwan? Berikut 8 di antaranya:

1. Taipei

Taipei, Taiwan
Lantern Festival, Taipei - foto oleh PhiloVivero
Taipei, nama resminya Taipei City, merupakan ibukota negara Taiwan. Secara geografis, kota ini terletak di ujung utara pulau utama Taiwan. Taipei City merupakan sebuah enclave dari wilayah New Taipei City. Sekitar 25 km di sebelah timur laut Taipei, terletak kota Keelung, yang merupakan salah satu pelabuhan utama di Taiwan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,7 juta jiwa pada tahun 2016. Di Taipei terdapat 2 bandar udara yaitu Taipei Songshan Airport dan Taioyuan International Airport yang merupakan bandara utama di Taiwan. Beberapa landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Taipei 101, Chiang Kai-shek Memorial Hall, Dalongdong Baoan Temple, Hsing Tian Kong, National Palace Museum, dan Maokong.

2. Taichung

Taichung, Taiwan
Luce Memorial Chapel, Taichung - foto oleh Daderot
Taichung, nama resminya Taichung City, merupakan sebuah kota metropolitan yang terletak di wilayah barat Taiwan. Taichung merupakan kota terbesar ketiga di negara ini setelah New Taipei City dan Kaohsiung. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,7 juta jiwa pada tahun 2016. Taichung memiliki motto “kota ekonomi, budaya, dan internasional”. Di kota ini terdapat 2 jalur kereta utama yaitu Mountain Line dan Coast Line, dengan stasiun utama Taichung Station. Di Taichung juga terdapat pelabuhan Taichung Port yang merupakan pelabuhan kargo terbesar kedua di Taiwan. Beberapa landmark dan objek wisata utama di Taichung antara lain National Taiwan Museum of Fine Arts, National Museum of Natural Science, Confucius Temple, Lin Family Shrine, dan Pao Hueh Temple.

3. Kinmen

Kinmen, Taiwan
National Quemoy University, Kinmen - foto oleh BreakdownDiode
Kinmen, atau Quemoy, merupakan deretan beberapa pulau kecil yang terletak di tepi pantai tenggara daratan utama Cina. Deretan pulau-pulau tersebut meliputi Great Kinmen (Kinmen Besar), Lesser Kinmen (Kinmen Kecil), Wuqiu, dan beberapa islet (pulau yang sangat kecil) di sekitarnya. Dari tepi pantai Xiamen, Kinmen hanya berjarak sekitar 2 km. Jumlah penduduk pulau ini sekitar 128 ribu jiwa pada tahun 2015. Di pulau utama, terdapat sebuah bandara domestik, Kinmen Airport, yang menghubungkan pulau ini dengan kota-kota utama di daratan Taiwan, seperti Taipei, Taichung, dan Kaohsiung. Beberapa landmark dan objek wisata utama di Kinmen antara lain Juguang Tower, National Quemoy University, Maoshan Pagoda, Gugang Lake, dan Wuqiu Lighthouse.

4. Hsinchu

Hsinchu, Taiwan
Hsinchu Station - foto oleh SElefant
Hsinchu, nama resminya Hsinchu City, adalah sebuah kota yang terletak di wilayah utara Taiwan, tepat di pesisir pantai Selat Taiwan. Selain sebgai kota, Hsinchu juga merupakan sebuah provinsi. Kota ini dikenal dengan julukan “The Windy City” karena cuacanya yang selalu berangin. Jumlah penduduk provinsi Hsinchu sekitar 434 ribu jiwa pada tahun 2016. Di kota ini terdapat 2 stasiun kereta utama yaitu TRA Hsinchu Station dan North Hsinchu Station. Landmark dan objek wisata utama di Hsinchu antara lain Eighteen Peaks Mountain Park, Leofoo Village Theme Park, Hsinchu Zoo, Glass Museum of Hsinchu, dan Hsinchu City Yinxi Door.

5. Green Island

Green Island, Taiwan
Green Island - foto oleh vegafish
Green Island, merupakan nama sebuah pulau vulkanik kecil yang terletak di Samudra Pasifik, sekitar 33 km dari tepi pantai tenggara Taiwan. Berbeda dengan Kinmen yang letaknya lebih dekat dengan daratan Cina, letak Green Island relatif dekat dengan pulau utama Taiwan. Luas pulau ini hanya sekitar 15 km persegi dengan jumlah penduduk 2.634 jiwa pada tahun 1995. Keseluruhan wilayah Green Island termasuk dalam wilayah administrasi L├╝dao Township, Taitung County. Di pulau ini terdapat sebuah bandara Lyudao Airport. Selain itu, Green Island juga bisa dicapai dengan ferry yang berlabuh di Nanilao Harbor. Landmark dan objek wisata utama di Green Island antara lain Green Island Prison, Oasis Village, Lu Tao Lighthouse, dan sebuah pulau karang yang dijuluki “Sleeping Beauty”.

6. Sun Moon Lake

Sun Moon Lake, Taiwan
Sun Moon Lake - foto oleh Justin Hwang
Sun Moon Lake, atau Danau Matahari Bulan, merupakan danau air tawar yang terletak di Yuchi Township, Nantou County. Danau seluas 7,9 km persegi ini merupakan yang terluas di Taiwan. Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Lalu. Bagian timur danau menyerupai bentuk matahari, sedangkan bagian barat menyerupai bentuk bulan. Karena bentuk geografis tersebut sehingga danau ini diberi nama Danau Matahari Bulan atau Sun Moon Lake. Area di sekitar Sun Moon Lake merupakan tempat tinggal suku Thao, salah satu suku aborigin Taiwan. Danau ini terletak pada ketinggian 748 m dari permukaan laut. Satu-satunya sungai yang mengalir dari danau ini adalah Sungai Shuili.

7. Hualien City

Hualien City, Taiwan
Hualien City - foto oleh Aude
Hualien City adalah sebuah kota yang terletak di wilayah pantai timur Taiwan. Kota ini berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik. Sesuai dengan namanya, Hualien City merupakan pusat pemerintahan Hualien County. Jumlah penduduk kota ini sekitar 106 jiwa pada tahun 2014. Dengan kota-kota lain di Taiwan, Hualien City terhubung dengan jalur kereta (railway) melalui Hualien Station. Di kota ini juga terdapat bandara Hualien Airport dan pelabuhan Port of Hualien yang menghubungkan Hualien dengan Jepang, Korea, dan Asia Tenggara. Beberapa landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Toroko National Park, Farglory Ocean Park, Liyu Lake, Hehuanshan, dan Pine Garden.

8. Keelung

Keelung, Taiwan
Keelung - foto oleh Harrison Kuo
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Keelung, atau yang lebih dikenal dengan Keelung City. Keelung merupakan sebuah kota pelabuhan yang terletak di wilayah pantai utara Taiwan. Kota ini merupakan kota pelabuhan terbesar kedua di negara ini setelah Kaohsiung. Keelung berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik di sebelah utara, serta dengan New Taipei di sebelah selatan yang membentuk wilayah Taipei-Keelung Metropolitan Area. Kota ini sering dijuluki sebagai The Rainy Port memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Jumlah penduduk Keelung sekitar 371 ribu jiwa pada tahun 2016. Dengan kota-kota utama di Taiwan, Keelung terhubung dengan jalur kereta (railway).Di kota ini terdapat beberapa stasiun utama seperti Badu Station, Baifu Station, Keelung Station, Nuannuan Station, Qidu Station, dan Sankeng Station. Landmark dan objek wisata terkenal di Keelung antara lain National Museum of Marine Science and Technology, Port of Keelung, Chaojing Park, Lovers Lake Park, dan Chung Cheng Park.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 destinasi wisata di Taiwan yang wajib kalian junjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar