Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 15, 2017

Wisata Cornwall, Destinasi Cantik di Ujung Barat-Daya Inggris

Salam Traveling!

Setelah London, Birmingham, dan Bristol, sekarang kita akan berkunjung ke sebuah wilayah yang terletak di ujung barat daya pulau Great Britain, yaitu Cornwall.

Mungkin teman-teman masih sedikit asing dengan nama wilayah ini. Cornwall (Kernow) merupakan sebuah county yang terletak di region South West England, Inggris. County sendiri merupakan satuan administrasi wilayah di negara UK yang setara dengan wilayah provinsi di negara kita. Wilayah Cornwall berbatasan langsung dengan Laut Celtic di sebelah barat dan utara, dengan Selat Inggris (English Channel) di sebelah selatan, dan dengan County Devon di sebelah timur.

Cornwall, Inggris
Pemandangan salah satu desa di Cornwall
Karena letaknya di ujung selatan serta langsung berbatasan dengan laut, Corwall memiliki iklim yang lebih hangat dibanding dengan wilayah-wilayah lain di Inggris. Sungai Tamar yang mengalir di ujung timur county ini, membatasi wilayah Cornwall dengan Devon. Jumlah penduduk county ini sekitar 551 ribu jiwa pada tahun 2015. Beberapa kota utama di Cornwall antara lain Truro, Falmouth, Newquay, Camborne, Pool, dan Redruth. Kota-kota tersebut bisa dijangkau dengan bis maupun kereta dari berbagai kota di Inggris. Di Cornwall juga terdapat sebuah bandara yaitu Newquay Cornwall International Airport.
Beberapa destinasi wisata utama di Cornwall antara lain:

1. Newquay

Newquay, Cornwall
Newquay, Cornwall - foto oleh Kicior99
Newquay (Tewynblustri) merupakan sebuah kota yang terletak di wilayah pantai utara Cornwall. Kota ini berbatasan dengan Laut Celtic di sebelah utara, dengan Sungai Gannel di sebelah barat, dan dengan Port Valley di sebelah timur. Karena letaknya di tepi lautan, Newquay terkenal dengan wisata pantai serta seaside resort yang sellau ramai dikunjugi oleh wisatawan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 20 ribu jiwa pada tahun 2011. Beberapa objek wisata yang ada di Newquay antara lain Tolcarne Beach, Trenance Leisure Gardens, Newquay Zoo, dan Fistral Beach.

2. Falmouth

Falmouth, Cornwall
Falmouth, Cornwall - foto oleh EvaK
Destinasi wisata kedua adalah Falmouth (Aberfal or Peny-cwm-cuic), sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Fal, wilayah pantai selatan Cornwall. Sama dengan Newquay, Falmouth juga terletak di tepi laut. Bedanya, kota ini terletak di tepi pantai Selat Inggris (English Channel). Falmouth merupakan kota terbesar di Cornwall dengan jumlah penduduk sekitar 27 ribu jiwa pada tahun 2011. Kota ini merupakan pelabuhan terbesar di county ini karena letaknya di tepi Selat Inggris. Beberapa landmark utama di Falmouth antara lain Falmouth Harbour, Admiralty House, Passmore Edwards Free Library, Old Drill Hall, dan Falmouth Art Gallery.

3. Pool

Pool, Cornwall
Pool, Cornwall - foto oleh Tony Atkin
Destinasi wisata ketiga adalah Pool (Poll), sebuah desa kecil yang terletak di wilayah barat Cornwall. Desa ini terletak di antara Camborne dan Redruth serta dilalui oleh 2 jalur highway, yaitu A30 dan A3047. Di Pool terdapat beberapa toko dan pabrik tekstil terkenal seperti Tesco Extra, Healthcoat’s, Morrisons, B&Q DIY Store, dan Pool Market. Di desa ini juga terdapat Heartlands, sebuah kawasan wisata seluas 7,7 hektar yang merupakan salah satu World Heritage Site. Untuk mencapai kota ini, teman-teman bisa menggunakan bis FirstBus atau kereta Cornish Main Line.

4. Truro

Truro, Cornwall
Truro, Cornwall - foto oleh Chris Downer
Destinasi wisata keempat adalah Truro (Truru), sebuah kota yang terletak di wilayah tengah Cornwall. Di wilayah kota ini mengalir Sungai Truro, yang merupakan gabungan dari Sungai Kenwyn dan Sungai Allen. Truro merupakan pusat administrasi County Cornwall, kalau di negara kita setingkat dengan ibu kota provinsi. Jumlah penduduk kota ini sekitar 18 ribu jiwa pada tahun 2011. Sejak dahulu, Truro telah berkembang sebagai kota pusat pedagangan serta industry tambang. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Truro Cathedral, Lemon Quay, Celtic Cross, dan Walsingham Place. Di kota ini terdapat Truro Railway Station yang dilalui oleh jalur kereta Cornish Main Line. Jalur tersebut menghubungkan Truro dengan stasiun London Paddington, serta wilayah Midlands, North England, serta Skotlandia.

5. St Ives

St Ives, Cornwall
St Ives, Cornwall
Destinasi wisata kelima adalah St Ives (Porth Ia), sebuah kota yang terletak di tepi Teluk St Ives, wilayah pantai barat Cornwall. Kota ini terletak di sebelah utara Penzance serta di sebelah barat Camborne. Sama seperti Newquay, St Ives juga berbatasan langsung dengan Laut Celtic. Jumlah penduduk kota ini sekitar 11 ribu jiwa pada tahun 2011. Karena letaknya di tepi pantai, St Ives juga terkenal dengan wisata pantai dan seaside resort. Beberapa objek wisata di kota ini antara lain Porthminster Beach, Porthgwidden Beach, Tate St Ives, Knill’s Monument, dan St Ives Harbour.

Selain 5 destinasi di atas, di Cornwall juga terdapat beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya:

1. Eden Project

Eden Project, Cornwall
Eden Project, Cornwall
Eden Project (Edenva) adalah sebuah kebun botani yang terletak di St Blazey, wilayah selatan Cornwall. Kebun seluas 1,5 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 2001. Berbeda dengan kebun botani lainnya di dunia, dimana tanaman tumbuh di area terbuka, di Eden Project sebagia besar tanaman diletakkan dalam 2 rumah kaca yang bebentuk kubah yang sangat besar. Kedua rumah kaca tersebut masing-masing mewakili 2 ekosistem tumbuhan yaitu Rainforest dan Mediterranean.

2. Land’s End

Land's End, Cornwall
Land's End, Cornwall - foto oleh Jakemete
Land’s End (Penn an Wlas) merupakan sebuah kawasan wisata pantai yang terletak di ujung barat Cornwall. Area ini terletak di wilayah Semenanjung Penwith, sekitar 13 km di sebelah barat Penzance. Yang unik dari Land’s End adalah area pantainya yang tersusun atas bebatuan granit dan tebing-tebing yang curam. Di area ini terdapat sebuah kompleks wisata dan hotel yang bernama Carn Kez. Wilayah selatan Land’s End berupa lembah. Di sini terdapat sebuah pertanian sekaligus pusat kerajinan tangan, yang dikenal dengan nama Greeb Farm.

3. Lost Gardens of Heligan

Lost Gardens of Heligan, Cornwall
Lost Gardens of Heligan, Cornwall - foto oleh Carcharoth (Commons)
Lost Gardens of Heligan (Lowarth Helygen) adalah sebuah taman seklaigus kebun botani yang terletak di Mevagissey, wilayah selatan Cornwall. Taman ini merupakan salah satu kebun botani yang terkenal di UK karena arsitektur penataan tamannya yang menggunakan gaya Gardensque khas abad 19. Lost Gardens of Heligan pertama kali dibangun oleh keluarga Cornish Tremayne sejak pertengahan abad ke-18 hingga abad ke-20. Beberapa bagian taman yang utama antara lain The Jungle, The Italian Garden, Vegetable Garden, Flora’s Green, The Lost Valley, dan The Walled Garden.

4. The Lizard

The Lizard, Cornwall
The Lizard, Cornwall - foto oleh 2micha
Objek wisata terakhir adalah The Lizard (An Lysardh) sebuah semenanjung di wilayah pantai selatan Cornwall. Wilayah semenanjung ini dibatasi oleh perairan Selat Inggris di sebelah selatan dan dengan lembah Sungai Helford dan Danau Loe Pool di sebelah utara. The Lizard menjadi salah satu objek wisata utama karena di area ini terdapat Lizard Point yang merupakan ujung selatan pulau Great Britain. Di semenanjung ini juga terdapat Lizard Village yang merupakan desa paling selatan di daratan utama Inggris.

Nah teman-teman, itulah sekilas informasi tentang Cornwall, sebuah destinasi wisata cantik di ujung barat-daya Inggris, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar