Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 22, 2017

8 Tempat Wisata Favorit di Hong Kong

Salam Traveling!

Masih di Asia Timur, setelah Jepang, Korea, Tiongkok dan Taiwan, sekarang kita menuju ke negara destinasi wisata selanjutnya, yaitu Hong Kong.

Hong Kong merupakan sebuah negara otonom dan Region Administratif Khusus dari negara Republik Rakyat Cina (RRC). Secara geografis, negara ini terletak sebuah pulau di Delta Sungai Pearl (Pearl River Delta), wilayah selatan daratan Tiongkok. Di sebelah barat delta, terletak Macau, sebuah negara otonom yang juga merupakan bagian dari RRC. Luas wilayah Hong Kong cukup kecil, hanya sekitar 1.106 km persegi. Karena memiliki wilayah yang cukup kecil, sehingga ibu kota negara ini juga terletak di Hong Kong, seperti halnya Singapura. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Mandarin Kanton. Mata uang resminya adalah Hong Kong dollar (HKD). Bandara internasional utama di negara ini adalah Hong Kong International Airport (HKG) yang terletak di pulau Chek Lap Kok.

Apa saja objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Hong Kong? Berikut 8 di antaranya:

1. Victoria Peak

Victoria Peak, Hong Kong
Pemandangan dari Victoria Peak di malam hari
Objek wisata pertama adalah Victoria Peak, sebuah pegunungan yang terletak di wilayah barat pulau utama Hong Kong. Area pegunungan ini juga dikenal dengan nama Mount Austin atau The Peak oleh warga lokal. Dengan ketinggian 552 m, Victoria Peak menjadi puncak tertinggi di pulau ini. Bagian puncak pegunungan sendiri digunakan untuk fasilitas radio telekomunikasi serta ditutup bagi publik. Tetapi di sekeliling area pegunungan terdapat banyak taman-taman publik serta pemukiman penduduk. Dari puncak Victoria Peak, pengunjung bisa melihat pemandangan kota Hong Kong, Victoria Harbour dan Kowloon, dari ketinggian 500 meter. Untuk mencapai puncak tersebut, tersedia kereta Peak Tram yang beroperasi dari Hong Kong Central District.


2. Hong Kong Disneyland

Hong Kong Disneyland
Hong Kong Disneyland
Selanjutnya ada Hong Kong Disneyland, taman hiburan bertema Disney yang terletak di Penny’s Bay, Lantau Island. Taman hiburan seluas 27,5 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 2005. Taman ini terletak dalam wilayah Hong Kong Disneyland Resort serta dikelola oleh Hong Kong Disneyland International Theme Parks. Hong Kong Disneyland memiliki 7 area tema yaitu Main Street USA, Fantasyland, Adventureland, Tomorrowland, Grizzly Gulch, Mystic Point, dan Toy Story Land. Untuk mencapai seluruh area taman hiburan wisatawan bisa menggunakan jalur kereta Disneyland Resort Line maupun jalur bis Long Win Bus.


3. Ocean Park Hong Kong

Ocean Park Hong Kong
Ocean Park Hong Kong - foto oleh Anniewongw
Ocean Park Hong Kong, atau yang lebih dikenal dengan nama Ocean Park, merupakan sebuah taman hiburan bertema laut yang terletak di Wong Chuk Hang dan Nam Long Shan, South District. Taman hiburan ini pertama kali dibuka pada tahun 1977 oleh Sir Murray MacLehose, Gubernur Hong Kong pada saat itu. Luas taman ini sekitar 91,5 hektar serta terbagi menjadi 2 bagian yaitu The Summit (Headland) dan The Waterfront (Lowland). Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh pegunungan. Untuk mencapai seluruh wilayah Ocean Park, tersedia jalur kereta gantung sepanjang 1,5 km yang bisa digunakan oleh pengunjung. Beberapa atraksi utama di taman hiburan ini antara lain Marine World, The Rainforest, Thrill Mountain, Adventure Land, dan Ocean Theatre. Bersama dengan Hong Kong Disneyland, Ocean Park juga terletak di dalam wilayah Hong Kong Disneyland Resort.


4. Lantau Island

Lantau Island, Hong Kong
Lantau Island
Lantau Island, juga dikenal dengan nama Lantao Island, merupakan pulau terbesar di negara Hong Kong. Pulau ini terletak di muara Sungai Pearl, wilayah barat-laut negara ini. Di pulau inilah terdapat Hong Kong Disneyland Resort. Lantau Island memiliki luas keseluruhan sekitar 147 km persegi dan terbagi menjadi 2 distrik, Islands District dan Tsuen Wan District. Puncak tertinggi di pulau ini adalah Lantau Peak yang memiliki ketinggian 934 meter. Selain Hong Kong Disneyland Resort, di Lantau Island juga terdapat Lantau Ink, Hong Kong International Airport, Ngong Ping 360, Tai O, dan Tung Chung. Hampir setengah wilayah pulau ini juga merupakan taman nasional yang dilengkapi dengan jalur setapak Lantau Trail sepanjang 70 km.


5. Ngong Ping 360

Ngong Ping 360, Hong Kong
Ngong Ping 360 - foto oleh deror_avi
Ngong Ping 360 merupakan sebuah jalur kereta gantung (gondola) yang juga terletak di Lantau Island. Jalur kereta ini sebelumnya bernama Tung Chung Cable Car Project dan baru diubah namanya pada April 2005. Ngong Ping 360 memiliki panjang jalur sekitar 5,7 km dan 19 kabin gondola. Setiap kabin mampu mengangkut 17 orang. Terdapat 2 stasiun yaitu Tung Chung yang terletak di tepi pantai dan Ngong Ping yang terletak di atas bukit. Satu kali trip dari pantai ke puncak membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Di puncak bukit terdapat Ngong Ping Village, sebuah area wisata yang menampilkan desain arsitektur tradisional khas Cina.


6. Tian Tan Budha

Tian Tan Budha, Hong Kong
Tian Tan Budha - foto oleh Mimihitam
Tian Tan Budha, juga dikenal dengan nama Big Budha, merupakan patung Budha Shakyamuni yang terletak di atas puncak bukit Ngong Ping, Lantau Island. Patung ini terbuat dari perunggu dan pertama kali diresmikan pada tahun 1993. Tian Tan Budha terletak di dekat Po Lin Monastery yang melambangkan keharmonisan antara manusia dan alam, masyarakat dan keyakinan. Selain sebagai pusat ibadah umat Budha di Hong Kong, patung ini juga menjadi salah satu objek wisata utama di negara ini. Tian Tan Budha dan Po Lin Monastery dibuka untuk publik dan bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5.30 sore. Jika mengunjungi area di sekitar patung tidak dipungut biaya sama sekali. Tepai jika pengunjung ingin masuk ke dalam area patung, terdapat biaya tambahan yang harus dibayar.


7. Po Lin Monastery

Po Lin Monastery, Hong Kong
Po Lin Monastery - foto oleh Enochlau
Selanjutnya ada Po Lin Monastery, sebuah biara Budha yang terletak tepat di samping Tian Tan Budha, tepatnya di puncak bukit Ngong Ping, Lantau Island. Biara ini pertama kali dibangun pada tahun 1906 oleh tiga orang biksu yang mengunjungi daerah ini. Ketiga biksu tersebut berasal dari Provinsi Jiangsu, daratan utama Cina. Pada saat pertama kali dibangun, biara ini bernama Tai Mao Pung (The Big Hut), kemudian pada tahun 1924 namanya diubah menjadi Po Lin Monastery. Di dalam bangunan utama biara, terdapat 3 patung Budha yang terbuat dari perunggu serta berbagai kitab Budha. Bahkan, patung Tian Tan Budha juga merupakan bagian dari kompleks biara ini. Untuk mencapai Po Lin Monastery, pengunjung bisa menggunakan bis, taksi, maupun gondola menuju ke puncak bukit Ngong Ping.


8. Tai O

Tai O, Hong Kong
Tai O - foto oleh chensiyuan
Tempat wisata terkahir kali ini adalah Tai O, sebuah desa nelayan yang terletak di ujung barat Lantau Island. Nama desa ini diambil dari nama Sungai Tai O yang mengalir ke Laut Cina Selatan dan membentuk sebuah inlet. Desa Tai O sendiri sebagian besar terletak di tepi sungai. Pada tahun 2000, desa ini sempat mengalami kebakaran yang menghancurkan hampir semua rumah penduduk. Meski demikian, hingga saat ini Tai O masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit para traveler di Hong Kong. Desa nelayan ini bahkan dijuluki sebagai "Venice of Hong Kong" karena keindahan panoramanya. Untuk mencapai desa ini, pengunjung bisa menggunakan bis maupun ferry.


Nah, itulah 8 tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Hong Kong. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya !


Indeks Artikel







Artikel Terkait:


Baca Juga;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar