Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 12, 2017

Wisata Hallstatt, Desa Kecil Cantik di Wilayah Tengah Austria

Salam Traveling!

Setelah Wina dan Salzburg, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya di Austria, yaitu sebuah desa kecil nan cantik, Hallstatt.

Hallstatt merupakan sebuah desa wisata yang terletak di distrik Gmunden, state Upper Austria, wilayah tengah negara Austria. Desa ini terletak di tepi barat Danau Hallstatt (Hallstätter See), region Salzkammergut. Wilayah Hallstatt berada pada ketinggian 511 meter dia atas permukaan laut. Luas keseluruhan wilayah desa ini sekitar 60 km persegi, dengan jumlah penduduk hanya sekitar 758 jiwa. Sejak zaman dahulu, Hallstatt telah dikenal sebagai daerah penghasil garam, tepatnya di wilayah Salzwelten. Kebudayaan Hallstatt sendiri sangat berkaitan erat dengan kebudayaan bangsa Celtic, Proto-Celtic, dan Illyrian, yang mendiami wilayah Eropa pada Zaman Besi Awal (800-450 tahun sebelum Masehi).

Hallstatt, Austria
Hallstatt
Wilayah Hallstatt memiliki pemandangan yang cantik nan unik sehingga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di dunia. Pemandangan cantik tersebut merupakan panorama rumah-rumah tradisional penduduk di tepi Danau Hallstatt dengan latar belakang Pegunungan Alpen. Rumah-rumah penduduk ini masih berupa bangunan tradisional khas Alpen yang telah dibangun sejak abad ke-16. Pemandangan inilah yang menjadikan Halstatt menjadi salah satu desa tercantik di dunia. Selain memiliki pemandangan yang memukau, wilayah Hallstatt juga termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Hallstatt bisa diakses dari kota-kota terdekat seperti Salzburg dan Graz.

Berikut beberapa destinasi dan objek wisata yang ada di Hallstatt dan sekitarnya:

1. Danau Hallstatt

Danau Hallstatt
Danau Hallstatt - foto oleh chensiyuan
Danau Hallstatt atau Hallstätter See adalah sebuah danau air tawar yang terletak di region Salzkammergut, tepatnya di kaki Pegunungan Dachstein. Danau ini berbentuk memanjang dengan luas sekitar 8,5 km persegi dan kedalaman maksimum 125 meter. Selain Hallstatt, beberapa desa populer yang terletak di tepi danau ini adalah Steeg dan Obertraun. Karena dikelilingi deretan Pegunungan Alpen, Danau Hallstatt menjadi salah satu danau di dunia yang memiliki pemandangan menakjubkan. Beberapa aktivitas yang sering dilakukan oleh wisatawan di danau ini antara lain diving, memancing, atau cukup dengan mengelilingi danau dengan perahu tradisional.

2. Market Square

Hallstatt Market Square
Hallstatt Market Square
Selanjutnya adalah Market Square, salah satu tempat popular yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Hallstatt. Selain merupakan lapangan yang dikelilingi oleh cafe dan toko-toko kecil, di Market Square juga terdapat Gereja Hallstatt yang merupakan salah satu landmark utama di Hallstatt. Gereja ini terletak tepat di tepi Danau Hallstatt, dibangun sejak abad ke-15 dengan arsitektur Gothic. Bangunan gereja ini dilengkapi dengan sebuah menara yang disebut Romanesque Tower. Tidak jauh dari Market Square tepatnya di distrik Römisches, terdapat Photo Point. Dari tempat inilah para wisatawan sering mengambil foto dengan latar belakang pemandangan alam Hallstatt sebagai souvenir.

3. Hallstatt Salt World

Hallstatt Salt World
Hallstatt Salt World
Selanjutnya adalah Hallstatt Salt World, sebuah objek wisata yang terletak di puncak Salzberg (Salt Mountain), tepatnya pada ketinggian 1.030 meter, atau sekitar 350 meter di atas Hallstatt. Objek wisata ini bisa dicapai dengan menggunakan cable car dan hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit dari Hallstatt. Di objek wisata ini pengunjung bisa melihat area penambangan garam yang telah berumur lebih dari 7000 tahun. Di Hallstatt Salt World juga terdapat Rudolf’s Tower (Rudolsturm), yang dahulunya merupakan sebuah benteng pertahanan. Saat ini, benteng tersebut dijadikan sebagai objek wisata serta dilengkapi dengan Skywalk. Dari Skywalk inilah, pengunjung bisa melihat pemandangan seluruh wilayah desa Hallstatt serta Danau Hallstatt.

4. Dachstein Salzkammergut

Dachstein Salzkammergut
Dachstein Salzkammergut
Berikutnya adalah Dachstein Salzkammergut, deretan pegunungan dengan ketinggian antara di atas 2000 meter, dengan Hoher Dachstein sebagai puncak tertinggi (2.995 m). Area pegunungan yang selalu tertutup salju ini sangat populer sebagai lokasi ski pada musim dingin. Sementara pada musim panas, pegunungan ini menjadi lokasi favorit bagi pecinta hiking. Selain itu, di Dachstein juga terdapat gletser, yang terkenal adalah Grosse-Gosau dan Hallstätter. Di area pegunungan ini juga terdapat Dachstein Caves, sebuah jaringan gua sepanjang 1.174 meter. Di dalam gua ini terdapat Giant Ice Cave (Rieseneishöhle) dengan air terjunnya yang membeku, serta Mammoth Cave (Mammuthöhle) yang terbentuk akibat aliran sungai bawah tanah.

5. Hallstatt World Heritage Museum

Hallstatt World Heritage Museum
Hallstatt World Heritage Museum
Berikutnya adalah Hallstatt World Heritage Museum atau Welterbemuseum Hallstatt yang terletak di Seestraße 56. Sesuai dengan namanya, museum ini menampilkan pengetahuan tentang sejarah desa Hallstatt dan sekitarnya sejak ditemukannya penambangan garam di area ini 7000 tahun yang lalu. Hallstatt World Heritage Museum juga menyimpan berbagai artifak kebudayaan bangsa Celtic yang pernah mendiami wilayah ini. Museum ini juga memiliki Studio of Epoch yang menampilkan semua informasi dalam bentuk multi media.

6. Bad Aussee

Bad Aussee
Bad Aussee
Selanjutnya kita beranjak sekitar 17 kilometer di sebelah barat Hallstatt, yaitu di kota kecil klasik, Bad Aussee. Sama seperti Hallstatt, Bad Ausse juga merupakan kota penghasil garam. Bedanya, kota ini termasuk dalam wilayah state Styria. Bad Aussee terletak di persimpangan Sungai Traun. Kota ini dikenal sebagai salah satu area resort untuk kesehatan. Di Bad Ausskota ini terdapat berbagai spa air asin yang popular dengan perawatan “Kneipp Treatment”. Selain itu, Bad Aussee juga merupakan salah satu destinasi wisata yang popular saat musim dingin. Pada musim semi, di sebagian besar wilayah kota ini akan dipenuhi dengan bunga daffodil (narcissus) yang akan berbunga pada bulan Mei hingga Juni.

7. Altausseer See

Altausseer See
Altausseer See
Destinasi selanjutnya adalah Altausseer See, sebuah danau cantik yang terletak di sebelah utara kota Bad Aussee. Danau ini memiliki panjang sekitar 3 km dan lebar sekitar 1 km serta terletak di tepi jembatan Totes Bridge. Di tepi danau ini terletak kota kecil Altaussee yang terkenal dengan wisata spa dan olah raga musim dingin. Di kota kecil ini juga terdapat areal endapan garam terbesar di Austria yang dikenal dengan nama Altaussee Salt Mine. Areal tersebut saat ini dijadikan sebagai museum terbuka. Dari Altaussee, pengunjung bisa menikmati pemandangan cantik kota Augstsee di sebelah utara melalui jalan Loserhütte.

8. St Wolfgang

St Wolfgang
St Wolfgang
Destinasi terakhir kita kali ini adalah St Wolfgang, sebuah kota kecil yang terletak di tepi Danau Wolfgangsee, sekitar 36 km di sebelah barat laut Hallstatt. Di seluruh wilayah Eropa, St Wolfgang terkenal dengan salah satu penginapannya yang terkenal yaitu White Horse Inn. Penginapan tersebut dibangun oleh keluarga Weisses Rössl pada tahun 1712 dan saat ini digunakan sebagai judul opera oleh Ralph Benatzky. Landmark lainnya di kota ini adalah Gereja St Wolfgang (Pfarrkirche St Wolfgang) yang terletak tepat di tepi Wolfgangsee. Gereja berarsitektur Baroque tersebut telah dibangun sejak abad ke-15. Stasiun kereta utama di kota ini adalah Schafberg Railway (Schafbergbahn) dengan jalur kereta sepanjang 6 km yang menuju ke Pegunungan Schafberg.

Oke teman-teman, demikianlah sekilas informasi tentang Hallstatt, kota kecil cantik di wilayah tengah Austria. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar