Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 20, 2017

7 Wisata Alam Spektakuler di Alaska, Amerika Serikat

Salam Traveling!

Masih di Amerika Serikat, setelah mengunjungi kota-kota tujuan wisata di wilayah daratan utama, sekarang kita menuju ke destinasi yang letaknya jauh di dekat kutub utara, yaitu Alaska.

Alaska merupakan negara bagian Amerika Serikat yang terletak ujung barat laut wilayah Amerika Utara. Di sebelah timur, negara bagian ini berbatasan dengan provinsi British Columbia dan Yukon, yang merupakan wilayah negara Kanada. Di sebelah barat terletak Selat Bering yang membatasi dengan Rusia. Di sebelah utara terletak Laut Chukchi dan Laut Beaufort yang merupakan ujung selatan Samudra Arktik. Dan di sebelah selatan terletak Samudra Pasifik. Alaska merupakan negara bagian dengan wilayah terluas di Amerika Serikat. Meski demikian, negara bagian ini memiliki kepadatan penduduk yang sangat sedikit, yaitu sekitar 1 orang/2 km persegi. Wilayah Alaska dibagi menjadi 6 region; Far North, Interior, Southcentral, Inside Passage, Southwest, dan Aleutian Islands. Ibu kota negara bagian ini terletak di Juneau, dengan Anchorage sebagai kota terbesar. Bandara internasional utama di Alaska adalah Ted Stevens Anchorage International Airport (ANC) yang terletak sekitar 8 km di sebelah barat-laut Anchorage.

Dengan wilayah yang sangat luas, Alaska tentunya memiliki banyak destinasi dan objek wisata alam yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Berikut 8 di antaranya:

1. Denali National Park

Denali National Park, Alaska
Denali National Park, Alaska - foto oleh Nic McPhee
Denali National Park atau Taman Nasional Denali merupakan taman nasional yang terletak di wilayah utara pegunungan Alaska Range, tepatnya di antara Anchorage dan Fairbanks. Taman nasional ini merupakan yang terbesar di Amerika Serikat, dengan luas sekitar 2,4 juta hektar. Di sinilah terletak puncak tertinggi di Amerika Utara yaitu Puncak Denali atau yang lebih dikenal dengan nama Mount McKinley (6.190 m). Puncak tersebut merupakan pusat taman nasional ini. Wilayah Denali sebagian besar berupa lembah sungai serta pegunungan yang selalu tertutup salju dan gletser. Ekosistem di wilayah ini didominasi oleh tundra dan high-alpine. Beberapa spesies utama yang sering dijumpai antara lain beruang grizzly, serigala, elk, kijang, serta berbagai spesies burung. Taman Nasional Denali dilalui oleh sebuah jalan besar utama yaitu Denali Park Road. Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi Sled Dog Kennels yang diperagakan oleh anjing-anjing Eskimo (husky).

2. Tracy Arm

Tracy Arm, Alaska
Tracy Arm, Alaska - foto oleh Jack Borno
Wisata alam selanjutnya adalah Tracy Arm, sebuah fyord yang terletak di sebelah selatan Juneau. Berbeda dengan fyord pada umumnya, Tracy Arm memiliki pemandangan yang unik karena sebagian besar wilayahnya ditutupi oleh gletser, yang terkenal adalah Sawyer Glaciers. Gletser-gletser tersebut umumnya membentuk dinding es, gunung es, gua es, bahkan air terjun yang mengalir di atas es. Meski didominasi oleh es, di fyord ini juga sering terlihat beberapa spesies hewan seperti beruang coklat, rusa, ikan paus dan anjing laut. Karena letaknya di fyord, pengunjung yang datang ke sini umumnya menggunakan jasa cruise ship. Tidak jauh dari Tracy Arm, terdapat objek wisata alam Tongass National Forest. Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata gletser lainnya di Alaska, terdapat Glacier Bay National Park di sebelah barat-laut Juneau, serta Prince William Sound di dekat Anchorage.

3. Kenai Fjords National Park

Kenai Fjords National Park, Alaska - foto oleh Russell Lovrin
Wisata alam selanjutnya adalah Kenai Fjords National Park, sebuah taman nasional yang terletak di Semenanjung Kenai, sebelah selatan Anchorage. Sesuai dengan namanya, Kenai Fjords, taman nasional ini juga terletak di beberapa fyord yang cukup berliku. Selain memiliki panorama alam yang cantik, di taman nasional ini juga terdapat beberapa aliran gletser, yang terkenal adalah Harding Icefield. Beberapa spesies hewan yang sering dijumpai antara lain beruang coklat dan ikan salmon. Sam seperti Tracy Arm, pengunjung yang datang ke Kenai Fjords umumnya menggunakan cruise ship. Meski demikian, taman nasional ini juga bisa diakses dari jalur darat yaitu melalui Alaska Railroad yang terletak di Seward, kemudian menuju ke Exit Glacier.

4. Alaska Highway

Alaska Highway
Alaska Highway
Wisata Alam selanjutnya adalah Alaska Highway, sebuah jalan utama yang membentang mulai dari Dawson Creek di British Columbia (Kanada), kemudian melalui Yukon Territory, dan berakhir di Fairbanks, wilayah tengah Alaska. Jalan poros ini pertama kali dibangun pada tahun 1942 pada masa Perang Dunia II. Saat perang berakhir, jalan ini menjadi satu-satunya jalan utama yang menghubungkan wilayah Yukon dan Alaska. Karena memiliki panorama yang cantik, banyak traveler yang sengaja melalui Alaska HIghway untuk tujuan rekreasi. Dari Kanada, jalan ini melalui wilayah Whitehorse sebelum memasuki batas internasional menuju Alaska. Pada interval 30-50 km di sepanjang jalan ini, bisa ditemui pertokoan, penginapan, serta gas station.

5. Aurora Borealis

Aurora Borealis, Alaska
Aurora Borealis, Alaska
Wisata alam selanjutnya merupakan salah satu fenomena alam yang paling menakjubkan, yaitu Aurora Borealis atau yang lebih dikenal dengan nama Northern Lights. Karena letaknya berdekatan dengan kutub utara, Alaska menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para traveler yang ingin menyaksikan keindahan aurora pada malam di musim dingin. Aurora sendiri merupakan spektrum cahaya berwarna-warni yang terbentuk akibat partikel-partikel matahari yang menabrak medan magnet di kutub. Dari sekian banyak wilayah di Alaska, lokasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Fairbanks. Untuk mengantisipasi dinginnya malam di musim dingin, pengunjung biasanya menggunakan jasa tour khusus untuk menyaksikan keindahan panorama aurora.

6. Wrangell-St. Elias National Park

Wrangell-St.Elias National Park, Alaska
Wrangell-St.Elias National Park, Alaska
Selanjutnya kita kembali menuju ke taman nasional, tepatnya di Wrangell-St. Elias National Park, taman nasional terluas di Alaska. Taman nasional dengan luas sekitar 5,3 juta hektar ini terletak di region Southcentral, meliputi sebagian wilayah pegunungan St. Elias serta seluruh wilayah pegunungan Wrangell, dan membentang hingga perairan Gulf of Alaska. Wilayah taman nasional ini didominasi oleh pegunungan, danau, dan gletser, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi pecinta hiking, walking, water sport. Di salah satu area taman nasional juga terdapat Kennecott Mines National Historic Landmark, sebuah kompleks bangunan yang dulunya digunakan sebagai area pertambangan. Area tersebut saat ini dilestarikan sebagai bangunan bersejarah dan objek wisata. Wrangell-St. Elias National Park bisa diakses melalui highway dari Anchorage.

7. Arctic Circle

Arctic Circle, Alaska
Arctic Circle Sign, Alaska
Wisata alam terakhir kita di Alaska adalah Arctic Cirlce, atau Lingkaran Kutub Utara, sebuah garis imajiner yang terletak pada lintang utara 66 derajat 33 menit. Garis ini juga sering dikenal sebagai titik balik matahari (solstice). Di wilayah ini hingga ke kutub utara, kita bisa menyaksikan matahari bersinar selama 24 jam penuh jika musim panas, serta malam gelap tanpa matahari selama 24 jam jika musim dingin. Tour ke Arctic Circle sendiri umumnya dimulai dari Fairbanks, kemudian melalui Dalton Highway, menuju ke kawasan tundra alpine. Kadang-kadang pengunjung juga melanjutkan tour melalui Trans-Alaska Pipeline, hingga menuju ke Prudhoe Bay di tepi Laut Beaufort, Samudra Arktik.

Nah teman-teman, demikianlah sekitas tentang beberapa wisata alam spektakuler di Alaska, Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar