Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 10, 2017

Wisata Budapest, Kota Cantik di Tepi Sungai Danube, Hongaria

Salam Traveling!

Setelah Berlin, Wina, Praha, dan Moskow, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya yaitu Budapest, kota cantik yang terletak di tepi Sungai Danube, Hongaria.

Budapest merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Hongaria. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Danube (Duna), wilayah sentral Hongaria. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,8 juta jiwa pada tahun 2015. Budapest merupakan gabungan 3 kota; Buda, Óbuda, dan Pest; yang masing-masing terletak di tepi Sungai Danube. Dari ketiga kota tersebut, Buda merupakan yang terbesar serta merupakan ibu kota Kerajaan Hongaria pada masa lampau. Budapest merupakan salah satu kota dengan panorama terindah di dunia, serta termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Saking cantiknya, kota ini juga sering dijuluki dengan sebutan “Paris of the East”. Beberapa landmark utama di Budapest antara lain Gedung Parlemen Hongaria, Széchenyi Chain Bridge, Fisherman’s Bastion, Buda Castle, Sándor Palace, Andrássy Avenue, Heroes‘ Square, dan Margaret Island. Di kota ini terdapat bandara internasional utama Hongaria yaitu Budapest Liszt Ferenc International Airport (BUD).

Berikut ini beberapa objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Budapest:

1. Castle Hill

Castle Hill, Budapest
Castle Hill, Budapest - foto oleh Sztudva Gyöngyi
Objek wisata pertama adalah Castle Hill atau Bukit Kastil, yang terletak tepat di tepi Sungai Danube. Di bukit inilah terdapat Buda Castle (Budavári Palota), sebuah kastil bersejarah yang dibangun pada abad ke-14. Kastil ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan Hongaria sehingg juga dijuluki sebagai Royal Palace dan Royal Castle. Pada abad ke-18, beberapa bangunan berarsitektur Medieval Baroque ditambahkan di kompleks kastil ini. Selain Buda Castle, di Castle Hill juga terdapat Matthias Church dengan sebuah menara bergaya Neo-Romanesque, serta Fisherman’s Bastion yang dibangun pada sekitar abad ke-19. Area Castle Hill termasuk semua bangunan di dalamnya merupakan UNESCO World Heritage Site. Pada malam hari, bangunan-bangunan di area ini dihiasi dengan iluminasi berwarna keemasan sehingga menjadikan pemandangan kota Budapest dan Sungai Danube semakin mempesona.


2. Gellért Hill

Gellért Hill, Budapest
Gellért Hill, Budapest - foto oleh Jason Halsall
Selanjutnya adalah Gellért Hill (Gellért-hegy), sebuah bukit pasir setinggi 235 meter yang juga terletak di tepi Sungai Danube, Budapest. Sejak abad ke-13 hingga saat ini, Gellért Hill terkenal sebagai salah satu lokasi sumber pengobatan, karena di sini terdapat sumber mata air panas Rudas Bath dan Gellért Spa. Nama bukit ini sendiri diambil dari nama St Gellért, seorang saint yang wafat pada tahun 1046 di Budapest. Di bukit inilah sebuah monumen dibangun untuk mengenang jasa beliau, yaitu Gellért Monument. Selain itu, di Gellért Hill juga terdapat sebuah citadel yang dibangun pada tahun 1851, Liberation Monument, dan Jubile Park. Dari Gellért Hill, teman-teman juga bisa menikmati keindahan panorama kota Budapest dan Sungai Danube.


3. Gedung Parlemen Hongaria

Gedung Parlemen Hongaria, Budapest
Gedung Parlemen Hongaria, Budapest - foto oleh Andrew Shiva
Objek wisata berikutnya adalah Gedung Parlemen Hongaria (Országház), sebuah kompleks gedung pemerintahan berarsitektur Neo-Gothic yang juga terletak tepat di tepi Sungai Danube, pusat kota Budapest. Gedung yang diresmikan pada tahun 1886 ini merupakan gedung parlemen terbesar ketiga di dunia. Gedung parlemen ini memiliki sekitar 691 ruangan yang dilengkapi dengan koridor sepanjang hampir 19 km. Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke sini, pada waktu-waktu tertentu, tersedia guided tour selama 45 menit. Bagian-bagian gedung yang utama yang dikunjungi oleh wisatawan antara lain entrance hall, lobby, serta Crown Jewel Hongaria. Tepat di samping gedung parlemen ini juga terdapat Museum Etnography dan gedung Kementrian Pertanian Hongaria.


4. Danube Promenade

Shoes on the Danube Bank, Budapest
Shoes on the Danube Bank, Budapest - foto oleh Nikodem Nijaki
Berikutnya adalah Danube Promenade, area di tepi Sungai Danube yang terletak tidak jauh dari Gedung Parlemen. Di area ini, teman-teman akan melihat deretan 60 pasang sepatu yang dikenal dengan nama Shoes on the Danube Bank. Deretan tersebut membentang mulai dari Elisabeth hingga ke Széchenyi Chain Bridges. Tetapi, deretan sepatu tersebut bukanlah sepatu sunggunhan, melainkan patung memorial yang dipahat dari baja untuk mengenang tragedi penembakan warga Yahudi selama Perang Dunia II tepat di area tepi Sungai Danube ini. Di sepanjang Sungai Danube sendiri terdapat banyak tempat menarik, baik di tepian di wilayah Buda maupun Pest. Untuk menjelajahi sungai cantik ini, pengunjung bisa menggunakan jasa penyewaan perahu atau dengan mengikuti tourist excursion di beberapa area tertentu seperti Vigadó tér dan Bem József tér.


5. Heroes’ Square

Heroes' Square, Budapest
Heroes' Square, Budapest - foto oleh Andrew Shiva
Masih di sekitar tepi Sungai Danube, selanjutnya kita beranjak ke Heroes' Square (Hosök tere), sebuah lapangan terbuka yang juga merupakan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Budapest. Dinamakan Heroes’ Square karena di lapangan ini terdapat berbagai patung dan monumen yang dibuat untuk mengenang para pejuang dan pemimpin Hongaria. Yang pertama adalah Millenium Monument, sebuah monumen setinggi 36 meter yang terletak tepat di tengah lapangan. Monumen ini dihiasi oleh sebuah patung Archangel Gabriel pada bagian puncaknya, sementara pada bagian bawah dihiasi oleh patung pasukan berkuda yang merupakan simbol Pangeran Magyar Árpád dan keenam tentaranya. Di kedua sisi monumen terdapat colonnade yang berbentuk setengah lingkaran, dan di antara setiap tiang di colonnade tersebut terdapat patung-patung para pemimpin Hongaria. Pada bagian atas di keempat sudut colonnade juga terdapat patung-patung karya seniman Zala György. Tepat di depan Millenium Monument terdapat monumen untuk mengenang para pahlawan yang tak dikenal (Unknown Soldier). Tepat di sebelah Heroes’ Square terdapat Museum of Fine Arts, Kunsthalle Budapest, dan Vajdahunyad Castle.


6. Andrássy út

Andrássy út, Budapest
Salah satu cafe di Andrássy út - foto oleh Mstyslav Chernov
Selanjutnya kita menuju ke Andrássy út atau Andrássy Avenue, sebuah jalan besar yang selalu ramai dikunjungi oleh para traveler di Budapest. Jalan sepanjang 2,4 km ini membentang mulai dari Millenium Monument di Heroes’s Square hingga ke Erzébet Square. Jalan ini pertama kali dibangun pada tahun 1876 dan hingga saat ini telah dipenuhi oleh berbagai bangunan-bangunan penting yang sebagian besar merupakan museum dan galeri seni, seperti State Opera, Academy of Music, Ferenc Hopp Museum of East Asian Art, dan Zoltán Kodály Memorial Museum. Selain itu, di Andrássy út juga merupakan salah satu pusat shopping utama di Budapest. Di sepanjang jalan ini berderet berbagai macam pertokoan, butik, café, restoran, serta teater.


7. Városliget

Városliget (City Park), Budapest
Városliget, Budapest - foto oleh 
Objek wisata terakhir kita kali ini adalah Városliget atau City Park, sebuah taman kota yang terletak tepat di sebelah Heroes’ Square. Taman cantik seluas 122 hektar ini pertama kali dibangun pada abad ke-19 dan didesain oleh seorang gardener Prancis ternama, Nebbion. Selain pepohonan dan taman bunga, area taman ini juga meliputi sebuah danau kecil. Beberapa bangunan utama yang terletak di sekitar Városliget antara lain Municipal Zoological and Botanical Garden, Transport Museum of Budapest, Tivoli Pleasure Park yang dilengkapi denga area bermain anak-anak, Museum of Fine Arts, Palace of Art, Széchenyi Medicinal Bath, Vajdahunyad Castle, dan People Stadium.


Nah teman-teman, demikianlah sekilas informasi tentang wisata Budapest, kota cantik di tepi Sungai Danube serta ibu kota negara Hongaria. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!



Indeks Artikel







Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar