Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 20, 2017

7 Destinasi Wisata di Denmark yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa Selatan, dan Eropa Timur, sekarang kita akan menuju ke region Eropa selanjutnya yaitu Eropa Utara, atau yang lebih dikenal dengan nama Skandinavia. Dan negara pertama yang akan kita tuju adalah Denmark.

Denmark (Danmark / Kerajaan Denmark) merupakan sebuah negara kerajaan yang terletak di ujung selatan region Skandinavia. Denmark bersama dengan negara-negara Skandinavia lainnya mendapat julukan sebagai Nordic Country yang artinya negara yang terletak di utara (north). Negara ini berbatasan Jerman di sebelah selatan, dengan Swedia di sebelah timur, dan dengan Norwegia di sebelah utara. Secara geografis, wilayah Denmark meliputi seluruh area Semenanjung Jutla serta 443 pulau di sekitarnya, yang terbesar adalah Zealand, Funen dan North Jutlandic Island. Hampir semua pulau-pulau besar di negara ini telah terhubung oleh jembatan satu sama lain. Wilayah Kerajaan Denmark juga meliputi 2 negara otonom di Samudra Atlantik Utara yaitu Greenland dan Faroe Island. Ibu kota Denmark terletak di Kopenhagen, yang terletak di Pulau Zealand. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Denmark (Dansk) dan mata uang resminya Krone Denmark (DKK). Bandara internasional utama di negara ini adalah Copenhagen International Airport (CPH) yang terletak di Kastrup, Kopenhagen.

Beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Denmark antara lain:

1. Kopenhagen

Kopenhagen, Denmark
Nyhavn, Kopenhagen - foto oleh GuoJunjun
Destinasi wisata pertama adalah Kopenhagen (København), ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Denmark. Secara geografis, kota ini terletak di tepi pantai timur pulau Zealand, wilayah timur Denmark. Sebagian kecil wilayah kota ini juga terletak di pulau Amager. Dengan Malmö, Swedia, Amager dipisahkan oleh Selat Øresund serta dihubungkan oleh jembatan Øresund Bridge. Jumlah penduduk kota ini sekitar 764 ribu jiwa pada tahun 2017. Menurut sejarah, Kopenhagen dulunya merupakan sebuah desa nelayan bangsa Viking yang dibangun sekitar abad ke-10. Pada awal abad ke-15, kota ini kemudian menjadi ibu kota Kerajaan Denmark. Beberapa landmark utama di Kopenhagen antara lain Tivoli Gardens, The Little Mermaid, Rosenborg Castle, Amelienborg, Christiansborg Palace, dan Nyhavn. Kopenhagen juga merupakan salah satu kota di dunia yang ramah bagi pengendara sepeda. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Kopenhagen.

2. Aarhus

Aarhus, Denmark
Rumah tradisional di Aarhus
Destinasi wisata kedua adalah Aarhus, kota terbesar kedua di negara ini. Secara geografis, kota ini terletak di pantai timur Semenanjung Jutla, wilayah tengah Denmark. Dari Kopenhagen, Aarhus berjarak sekitar 187 km ke sebelah barat-laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 335 ribu jiwa pada tahun 2017. Menurut sejarah, Aarhus pertama kali didiami oleh bangsa Viking pada abad ke-8. Kota ini memiliki posisi yang cukup strategis yaitu di tepi pantai sebuah fyord serta pelabuhan alam. Sama seperti Kopenhagen, Aarhus juga merupakan kota yang ramah bagi pengguna sepeda. Di sini terdapat sistem free bike sharing, Aarhus Bycykler, yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi sepeda secara gratis. Landmark utama di kota ini antara lain Aarhus City Hall, Isbjerget, Park Allé, Bellevue Beach, dan Mindeparken. Dari Kopenhagen, Aarhus bisa dicapai dengan kereta DSB atau dengan menggunakan ferry Mols-Linien.


3. Billund

Billund, Denmark
Billund Kro - foto oleh Hubertus
Destinasi wisata ketiga adalah Billund, sebuah kota kecil yang terletak di wilayah tengah Semenanjung Jutland. Sama seperti Johor Bahru di Malaysia, Billund juga terkenal dengan wisata taman bermain Legoland, yaitu Legoland Billund yang telah dibuka sejak tahun 1986. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 6 ribu jiwa pada tahun 2014. Selain Legoland, tempat wisata terkenal lainnya di kota ini adalah waterpark Lalandia Billund, Givskud Zoo, Kongernes Jelling, dan Vandel Museum. Billund termasuk dalam region Southern Denmark. Dari Grindsted, kota ini berjarak sekitar 13 km. Di kota ini juga terdapat Billund Airport (BLL) yang merupakan bandara terbesar kedua di Demark serta kantor pusat maskapai Sun Air of Scandinavia.

4. Bornholm

Bornholm, Denmark
Bornholm - foto oleh Małgorzata Miłaszewska
Selanjutnya kita menuju ke Bornholm, sebuah pulau kecil cantik di Laut Baltik. Secara geografis, pulau ini terletak di ujung timur Denmark, di sebelah selatan daratan Swedia, serta di timur laut daratan Jerman. Jumlah penduduk Bornholm sekitar 39 ribu jiwa pada tahun 2017. Kota terbesar di pulai ini adalah Rønne. Pada musim panas, Bornholm selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini sering dijuluki sebagai solskinsøen atau The Sunsine Island karena selalu cerah saat musim panas, serta klippeøen karena struktur daratan pulau yang sebagian besar tersusun atas batuan granit. Dari Kopenhagen, Bornholm (Rønne) bisa dicapai dalam waktu 3 jam; 1 jam dengan mobil, kemudian 2 jam dengan ferry melalui Ystad, Swedia.


5. Helsingør

Helsingør, Denmark
Helsingør - foto oleh Grega.nered
Selanjutnya adalah Helsingør, sebuah kota yang terletak di wilayah timur Denmark, di dekat perbatasan Denmark-Swedia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah timur laut pulau Zealand. Dengan Helsingborg, Swedia, kota ini dihubungkan oleh jalur ferry HH. Jalur tersebut merupakan slah satu jalur ferry tersibuk di dunia, dengan lebih dari 70 keberangkatan setiap harinya. Jumlah penduduk Helsingør sekitar 61 ribu jiwa pada tahun 2015. Di kota ini terdapat kastil Kronborg, tempat dimana William Shakespeare memainkan opera Hamlet. Dengan Kopenhagen, Helsingør dihubungkan oleh jalur kereta yang berangkat setiap 20 menit. Stasiun kereta utama di kota ini adalah Helsingør Station. Stasiun kereta lainnya antara lain Ferry Terminal, Snekkersten, Espergærde, dan Mordrup.

6. Odense

Odense, Denmark
City Hall, Odense
Destinasi selanjutnya adalah Odense, kota terbesar ketiga di Denmark. Secara geografis, kota ini terletak di pulau Funen, sebuah pulau besar yang terletak di antara Semenanjung Jutla dan pulau Zealand. Dari Kopenhagen, Odense berjarak sekitar 167 km ke sebelah barat-daya, sedangkan dari Aarhus, kota ini berjarak sekitar 144 km ke sebelah selatan. Odense merupakan kota utama di pulau Funen. Kota ini merupakan tempat kelahiran Hans Christian Andersen, seorang pengarang cerita dongeng anak-anak yang terkenal di dunia. Beberapa landmark utama di Odense antara lain Hans Christian Andersen’s House, Odense Domkirke, Odense Zoo, Danish Railway Museum, The Funen Village, dan Nonnebakken.


7. Aalborg

Aalborg, Denmark
Aalborg - foto oleh Tomasz Sienicki
Destinasi terakhir kita kali ini adalah Aalborg, kota terbesar keempat di Denmark. Secara geografis, kota ini terletak di ujung utara Semenanjung Jutland, tepat di tepi Limfjord, sebuah inlet yang memisahkah wilayah semenanjung dengan North Jutlandic Island (Vendsyssel-Thy). Dari Aarhus, Aalborg berjarak sekitar 118 km ke sebelah utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 136 ribu jiwa pada tahun 2016. Sejak Abad Prtengahan, Aalborg telah menjadi salah satu kota pelabuhan penting karena letaknya di tepi inlet. Dari segi arsitektur, kota ini didominasi oleh mansion-mansion berarsitektur Renaissance yang dibangun oleh para saudagar. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Aalborghus Castle, Aalborg Zoo, KUNSTEN Museum of Modern Art, Østre Anlæg, dan Lindholm Fjordpark.

Nah teman-teman, demikianlah 7 destinasi wisata utama di Denmark yang wajb kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar