Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 08, 2017

7 Wisata Alam Cantik di Alberta, Kanada

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi kota-kota tujuan wisata di Kanada, sekarang kita menuju ke salah satu destinasi cantik di negara ini, yaitu Provinsi Alberta.

Alberta merupakan sebuah provinsi yang terletak di wilayah barat Kanada. Provinsi ini berbatasan dengan British Columbia di sebelah barat, Northwest Territories di sebelah utara, Saskatchewan di sebelah timur, serta negara bagian Amerika Serikat, Montana, di sebelah selatan. Ibu kota provinsi ini terletak di Edmonton, tetapi Calgary merupakan kota terbesar. Beberapa wisata alam utama di Alberta antara lain Banff, Jasper, Canmore, Drumheller, dan Sylvan Lake. Di provinsi ini terdapat 2 bandara internasional yaitu Calgary International Airport (YYC) dan Edmonton International Airport (YEG).

Beberapa destinasi wisata alam yang sering dikunjungi oleh para traveler di Alberta antara lain:

1. Banff National Park

Banff National Park, Alberta
Banff National Park, Alberta - foto oleh Balachand
Destinasi pertama kita kali ini adalah Banff National Park, taman nasional spektakuler yang terletak di wilayah Pegunungan Rocky, Amerika Utara. Taman nasional dengan luas lebih dari 6.600 km persegi ini terletak di provinsi Alberta, sekitar 125 km di sebelah barat pusat kota Calgary. Banff pertama kali dijadikan sebagai taman nasional pada tahun 1885 serta merupakan taman nasional tertua di negara Kanada. Sebagian besar wilayah Banff didominasi oleh areal pegunungan, gletser, ice field, hutan conifer, serta danau dan sungai dengan air yang berwarna biru jernih. Dengan wilayah yang sangat luas, di Banff juga terdapat berbagai objek wisata alam lainnya yang brukuran lebih kecil seperi Lake Louise, Icefield Parkaway, Moraine Lake, Valley of the Ten Peaks, Bow River, Peyto Lake, Lake Minnewanka, dan masih banyak lagi. Banff dilalui oleh 2 jalur highway; Highway 1 (Trans-Canada Highway) yang menghubungkan Calgary dan Vancouver; serta Highway 93 yang menghubungkan Cranbrook dan Jasper. Selain itu, Banff juga bisa dicapai dengan menggunakan jalur kereta Canadian Pacific.

2. Jasper National Park

Jasper National Park, Alberta
Jasper National Park, Alberta - foto oleh Frank Kovalchek
Destinasi selanjutnya adalah Jasper National Park, taman nasional terebsar di wilayah Canadian Rocky, Alberta. Taman nasional seluas 10.800 km persegi ini terletak di sebelah utara Banff National Park, serta di sebelah barat Edmonton. Wilayah Jasper didominasi oleh areal pegunungan, danau, sungai, air terjun, mata air panas, serta gletser. Nama taman nasional ini berasal dari nama Jasper Hawes, seorang saudagar pemilik North West Company. Sebelum itu, taman nasional ini dikenal dengan nama Fitzhugh. Pada tahun 1930, Jasper mendapat status sebagai taman nasional, dan di tahun 1980 dideklarasikan sebagai UNESCO World Heritage Site. Beberapa objek wisata yang ada di taman nasional ini antara lain Mount Edith Cavell, Maligne Lake dan Maligne River, Athabasca Falls dan Athabasca River, Pyramid Lake dan Pyramid River, Tonquin Valley, Columbia Icefield, serta Jasper Skytram.


3. Moraine Lake

Moraine Lake, Alberta
Moraine Lake, Alberta - foto oleh Tobias Alt
Wisata alam berikutnya adalah Moraine Lake, sebuah danau cantik yang terletak di wilayah Banff National Park, tepatnya sekitar 14 km dari Desa Lake Louise, Alberta. Danau yang berwarna biru turquoise ini terbentuk dari aliran gletser Fay Glacier dan Larch Creek, kemudian mengalir ke Moraine Creek. Danau ini terletak di area Valley of the Ten Peaks, sebuah lembah sekaligus objek wisata yang terletak pada ketinggian 1885 meter. Di bulan Juni, pada musim panas, volume air danau ini akan mencapai maksimum, yakni sekitar 50 hektar. Pengunjung yang datang ke Moraine Lake umumnya menyewa kanoe/perahu untuk menyusuri danau. Di sekitar danau juga terdapat beberapa jalur hiking bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan danau dari ketinggian.

4. Lake Minnewanka

Lake Minnewankan, Alberta
Lake Minnewanka, Alberta
Selanjutnya kita menuju ke Lake Minnewanka, sebuah danau gletser yang juga terletak di Banff National Park, tepatnya di wilayah timur taman nasional ini. Dari pusat kota Banff, danau ini berjarak sekitar 21 km ke sebelah timur laut. Aliran sungai utama yang mengisi Lake Minnewanka berasal dari Cascade River, yang mengalir melalui Cascade Mountain dan Stewart Canyon. Selain itu beberapa aliran sungai kecil yang berasal dari Mount Inglismaldie, Mount Girouard, dan Mount Peechee, juga bermuara ke danau ini. Danau ini berada pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Bagian barat danau dilalui oleh jalur Trans-Canada Highway. Boat tour juga tersedia bagi pengunjung yang menjelajahi dan menikmati keindahan danau ini.


5. Lake Louise

Lake Louise, Alberta
Lake Louise, Alberta - Photo by WikiPedant at Wikimedia Commons
Masih di Banff National Park, sekarang kita menuju ke Lake Louise, sebuah danau gletser yang juga memiliki air berwarna biru turquoise jernih. Danau ini terletak sekitar 5 km di sebelah barat desa Lake Louise serta dilalui oleh jalur Trans-Canada Highway. Dalam bahasa lokal, nama danau ini disebut Lake of the Little Fishes atau Danau Ikan-Ikan Kecil. Nama Lake Louise sendiri diambil dari nama Princess Louise Caroline, putri Queen Victoria, Gubernur Kanada pada tahun 1887. Danau ini berada pada ketinggian 1.750 meter dari permukaan laut serta memiliki luas permukaan sekitar 0,8 km persegi. Sumber air utama danau berasal dari aliran Lefroy Glacier, yang selanjutnya akan mengalir ke Louise Creek. Di tepi timur Lake Louise terdapat sebuah hotel resort mewah, Fairmont’s Chateau Lake Louise, yang dibangun pada awal abad ke-20. Dari danau ini, pengunjung juga bisa mengakses Moraine Lake serta Lake Agnes.

6. Maligne Lake

Maligne Lake, Alberta
Spirit Islan, Maligne Lake, Alberta
Selanjutnya kita menuju ke Jasper National Park. Di sini juga terdapat sebuah danau cantik berwarna biru turquoise yang disebut Maligne Lake. Danau ini terletak sekitar 44 km di sebelah selatan kota Jasper. Di danau ini terdapat 3 gletser yang sering terlihat, serta sebuah islet (pulau kecil) Spirit Island yang sering dijadikan sebagai objek fotografi. Maligne Lake berada pada ketinggian 1.670 meter dari permukaan laut serta memiliki luas area sekitar 19,7 km persegi. Danau ini cukup mudah diakses dengan kendaraan bermotor karena letaknya tidak jauh dari jalan utama, termasuk jika menggunaka shuttle bus dari Jasper. Di danau ini juga terdapat jalur Skyline Trail sepanjang 44 km yang membentang hingga ke kota Jasper. Pada musim semi dan musim gugur, tersedia boat tour bagi pengunjung yang ingin menjelajahi danau termasuk ke Spirit Island.


7. Athabasca Falls

Athabasca Falls, Alberta
Athabasca Falls, Alberta
Wisata alam terakhir kita kali ini adalah Athabasca Falls, sebuah air terjun yang terletak di wilayah Jasper National Park. Air terjun ini terletak di hulu Athabasca River. Dari pusat kota Jasper, objek wisata ini berjarak sekitar 30 km ke sebelah selatan. Athabasca Falls memiliki ketinggian sekitar 23 meter. Air terjun ini sering dijadikan sebagai objek fotografi karena memiliki panorama yang menakjubkan, aliran air deras jatuh melalui sebuah tebing kecil sebelum mengalir ke Athabasca River. Untuk mencapai Athabasca Falls, pengunjung bisa menggunakan kendaraan melalui jalur Highway 93A. Untuk melihat aliran air terjun secara langsung, juga tersedia walking trail di sekitar area yang aman bagi pengunjung. Tidak jauh dari air terjun ini terdapat objek wisata Icefields Parkaway.

Nah teman-teman, demikianlah sekilas informasi tentang beberapa wsiata alam cantik di Provinsi Alberta, Kanada. Selain ketujuh objek wisata di atas, masih banyak objek wisata lainnya di provinsi ini serta di negara ini yang akan kita bahas di lain waktu. Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar