Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 23, 2017

7 Destinasi Wisata Cantik di Norwegia yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Denmark, Swedia, dan Finlandia, sekarang kita menuju ke negara ke-4 di region Skandinavia yaitu Norwegia, negara yang terkenal dengan pemandangan fyord-fyord yang cantik.

Norwegia (Norge/ Kerajaan Norwegia) merupakan negara monarki yang terletak di wilayah barat Semenanjung Skandinavia. Negara ini berbatasan dengan Swedia di sebelah timur; dengan Finlandia dan Rusia di sebelah utara; dengan Selat Skagerrak di sebelah selatan; serta dengan Samudra Atlantik Utara dan Laut Barents di sebelah barat. Wilayah Norwegia juga meliputi beberapa pulau yang letaknya di Samudra Aktik yaitu Pulau Jan Mayen dan Kepulauan Svalbard. Ibu kota sekaligus kota terbesar di negara ini terletak di Oslo. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Norwegia (Norsk) dan Sami. Mata uang resminya adalah Krone Norwegia (NOK). Bandara internasional utama di negara ini adalah Oslo International Airport (OSL) yang terletak di Gardermoen, sekitar 35 km dari pusat kota Oslo.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Norwegia antara lain:

1. Geiragerfjord

Geirangerfjord, Norwegia
Geirangerfjord
Destinasi wisata pertama adalah Geirangerfjord atau Geirangerfjorden, sebuah fyord cantik yang terletak di wilayah Møre og Romsdal, region Sunnmøre, wilayah barat Norwegia. Fyord sepanjang 15 km ini merupakan cabang dari Sunnylvsfjorden dan Storfjorden (Great Fjord). Di ujung Geirangerfjord ini terdapat sebuah desa kecil, Geiranger, yang merupakan pintu masuk ke fyord ini. Di desa itu pula terletak ujung aliran Geirangelva, satu-satunya sungai yang mengalir di sepanjang Geirangerfjord. Fyord ini merupakan destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan di Norwegia. Pada tahun 2005, Geirangerfjord bersama dengan Nærøfjorden dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Di sekitar fyord juga terdapat beberapa air terjun, yang terkenal adalah Seve Sisters Falls dan Suitor (The Friar). Untuk menjelajahi objek wisata ini, wsiatawan bisa menggunakan jasa ferry Fjord1 Nordvestlandske yang berlayar mulai dari Geiranger hingga ke Hellesylt.

2. Oslo

Oslo, Norwegia
Oslo, Norwegia
Destinasi wisata kedua adalah Oslo, ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Norwegia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Oslofjord, wilayah selatan Norwegia. Fyord tersebut membagi wilayah kota ke dalam 3 area: area utara, area timur, dan area selatan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 669 ribu jiwa pada tahun 2017. Menurut sejarah, Oslo pertama kali dibangun pada tahun 1040. Kota ini sempat mengalami pergantian nama menjadi Christiana dan Kristiana, sebelum akhirnya kembali ke nama Oslo pada tahun 1925. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Vigeland Sculpture Park, Frogner Park, Viking Ship Museum, Akershus Fortress, dan Norsk Folkemuseum. Cara terbaik untuk mencapai Oslo adalah melalui jalur udara karena bandara internasional utama Norwegia, Oslo International Airport (OSL), terletak di kota ini. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Oslo, Norwegia.

3. Bergen

Bergen, Norwegia
Bergen - foto oleh Aqwis
Destinasi wisata ketiga adalah Bergen (Bjørgvin), kota cantik yang terletak di sepanjang fyord di wilayah Hordaland. Secara geografis, kota ini terletak di Semenanjung Bergenshalvøyen, wilayah pantai barat Norwegia. Wilayah Bergen dikelilingi oleh 9 pegunungan yang dikenal dengan nama Seven Mountains (De syv fjell). Deretan pegunungan tersebut antara lain Ulriken yang merupakan pegunungan tertinggi, Fløyen, Løvstakken, Damsgårdsfjellet, Lyderhorn, Sandviksfjellet, Blåmanen, Rundemanen, dan Askøyfjellet. Wilayah utara dan pusat kota dikenal dengan nama Byfjorden atau “The City of Fjord” karena letaknya tepat di tepi fyord. Bergen merupakan kota terbesar kedua di Norwegia dengan jumlah penduduk sekitar 278 ribu jiwa pada tahun 2016. Untuk mencapai kota ini, wisatawan bisa menggunakan kereta, ferry, maupun pesawat udara. Di Bergen terdapat bandara internasional yaitu Bergen Airport (BGO) yang terletak di Flesland, sekitar 20 km dari pusat kota ini.

4. Lofoten

Lofoten, Norwegia
Lofoten
Destinasi wisata keempat adalah Lofoten, kepulauan cantik yang terletak di wilayah utara Norwegia. Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Nordland serta terletak di dalam Lingkaran Arktik. Lofoten terkenal dengan panorama alam yang menakjubkan, dengan berbagai deretan gunung, lautan, pantai, serta daratan yang masih alami. Meski letaknya dekat dengan kutub, tetapi sebagian besar area ini memiliki iklim yang lebih hangat. Beberapa pulau utama di Lofoten antara lain Austvågøy, Vestvågøy, Flakstadøy, Moskenesøy, Værøy, dan Røst. Dengan daratan utama Norwegia, pulau-pulau utama tersebut terhubung oleh jalur jalan E10, dengan beberapa jembatan dan terowongan bawah laut. Di kepulauan ini juga terdapat beberapa bandara seperti Leknes Airport dan Svolvær Airport, Helle. Karena keindahan alamnya yang mempesona, Lofoten sering digunakan sebagai setting dalam novel, film, lukisan, dan video game.

5. Stavanger

Stavanger, Norwegia
Vågen, Stavanger - foto oleh Odd Inge Worsøe
Destinasi wisata kelima adalah Stavanger, kota terbesar keempat di Norwegia. Secara geografis, kota ini terletak di Semenanjung Stavanger, wilayah pantai selatan negara ini. Stavanger merupakan pusat administrasi county Rogaland. Jumlah penduduk kota ini sekitar 130 ribu jiwa pada tahun 2011. Menurut sejarah, Stavanger pertama kali dibangun sebagai kota pada tahun 1125. Di pusat kota ini, tepatnya area Vågen, terdapat banyak rumah kayu tradisional khas Norwegia yang telah dibangun sejak abad 18 dan 19. Rumah-rumah tradisional tersebut dilestarikan dan saat ini dijadikan sebagai objek wisata. Untuk mencapai Stavanger, dari Oslo wisatawan bisa menggunakan kereta ataupun bis. Jika menggunakan kereta, jalur yang digunakan adalah Sørlandsbanen; dan jika menggunakan bis, operator bis yang digunakan adalah NOR-WAY Bussekspress.

6. Tromsø

Tromsø, Norwegia
Aurora, Tromsø
Destinasi wisata keenam adalah Tromsø, kota cantik yang terkenal dengan wisata aurora, sama seperti Rovaniemi di Finlandia. Secara geografis, Tromsø ini terletak di wilayah utara Norwegia, serta berada di dalam Lingkaran Arktik. Pusat kota ini terletak di Pulau Tromsøya, begitu pula bandara utamanya, Tromsø Airport (TOS). Dengan daratan utama (Tromsdales), pulau tersebut dihubungkan oleh Tromsø Bridge dan Tromsøysund Tunnel. Jumlah penduduk kota ini sekitar 74 ribu jiwa pada tahun 2017. Tromsø merupakan kota terbesar ketiga yang terletak di dalam Lingkaran Arktik, setelah Murmansk dan Norilsk. Akibat pengaruh Arus Teluk (Gulf Stream), kota ini memiliki iklim yang lebih hangat dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Wisatawan yang berkunjung ke Tromsø umunya ingin menikmati panorama aurora dan midninght sun. Aurora akan muncul sekitar bulan September hingga Maret, sedangkan midnight sun akan terjadi sekitar tanggal 21 Mei hingga 21 Juli setiap tahunnya.

7. Flåm

Flåm, Norwegia
Flåm, Aurland - foto oleh Aconcagua
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Flåm, sebuah desa kecil cantik yang terletak di wilayah barat Norwegia. Secara geografis, desa ini terletak di lembah Flåmsdalen serta di ujung Aurlandsfjorden. Fyord tersebut merupakan cabang dari Sognefjorden, salah satu fyord terbesar dan terdalam di negara ini. Flåm termasuk wilayah kota Aurland, serta county Sogn og Fjordane. Jumlah penduduk desa ini hanya sekitar 350 jiwa pada tahun 2014. Selain Flåm, di lembah Flåmsdalen juga terdapat desa kecil cantik lainnya, yaitu Myrdal. Jarak kedua desa tersebut sekitar 20 km, serta dilalui oleh jalur kereta dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, yaitu Flåm Line (Flåmsbana). Dari kereta tersebut, wisatawan bisa menikmati keindahan desa Flåm, Myrdal, lembah Flåmsdale, sungai Flåmselvi, serta air terjun Kjosfoss. Untuk mencapai Flåm, wisatawan umumnya menggunakan jasa fjord cruise dari Bergen, melalui Sognefjord, hingga tiba di Flåm.

Nah teman-teman, demikianlah 7 destinasi wisata cantik di Norwegia yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar