Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 07, 2017

7 Destinasi Wisata Utama di Swedia yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Denmark, negara destinasi wisata selanjutnya yang akan kita kunjungi di region Skandinavia adalah Swedia.

Swedia (Sverige / Kerajaan Swedia) merupakan sebuah negara yang terletak di Semenanjung Skandinavia, Eropa Utara. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di sebelah barat; dengan Finlandia di sebelah timur-laut; serta dengan Teluk Bothnia dan Laut Baltik di sebelah timur. Di sebelah barat-daya, Swedia dipisahkan dengan Denmark oleh Selat Øresund. Di selat itu pula, terdapat jembatan Øresund Bridge yang menghubungkan Malmo (Swedia) dan Amager (Denmark). Swedia memiliki luas wilayah terbesar ketiga dari semua negara Uni Eropa. Ibu kota negara ini terletak di Stockholm. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Swedia (Svenska) dan mata uang resminya adalah Krona Swedia (SEK). Bandara internasional utama di negara ini adalah Stockholm Arlanda Airport (ARN) yang terletak di Sigtuna, sekitar 37 km dari pusat kota Stockholm.

Berikut beberapa destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh traveler di Swedia:

1. Stockholm

Stockholm, Swedia
Djurgardsbron, Stockhom - foto oleh Holger Ellgaard
Destinasi wisata pertama adalah Stockholm, ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Swedia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah selatan Swedia, di sepanjang 14 pulau di Danau Mälaren, sebuah danau yang bermuara di Laut Baltik. Tepat di tepi kota ini, di sepanjang pantai terdapat deretan pulau yang dinamakan Kepulauan Stockholm. Area tersebut telah dihuni oleh manusia sejak zaman batu, sekitar 6000 tahun sebelum masehi. Selanjutnya dijadikan sebagai kota pada tahun 1252 oleh Birger Jarl. Jumlah penduduk Stockholm sekitar 942 ribu jiwa yang menjadikan kota ini sebagai kota metropolitan terpadat di negara-negara Nordic. Sebagai ibu kota negara, di Stockholm terdapat Rosenbad Building yang merupakan kantor pemerintahan pusat, Parliament House yang merupakan kantor parlemen negara (Riksdag), dan Stockholm Palace yang merupakan kantor serta kediaman resmi Kerajaan Swedia. Drottningholm Palace yang merupakan kediaman pribadi keluarga kerajaan terletak di daerah pinggiran kota ini. Objek wisata utama di Stockholm antara lain Gamla Stan (Old Town), Riddarhuset, Bonde Palace, Tessin Palace, Vasa Museum, dan Gröna Lund.

2. Gothenburg

Gothenburg, Swedia
Haga District, Gothenburg
Destinasi wisata kedua adalah Gothenburg (Göteborg), kota terbesar kedua di Swedia sekaligus terbesar ke-5 di seluruh negara Nordic. Secara geografis, kota ini terletak di area Kattegat, wilayah pantai barat Swedia. Kattegat sendiri merupakan sebutan untuk area perairan di sebelah barat daratan Swedia yang dibatasi oleh Semenanjung Jutla serta pulau-pulau kecil di wilayah Denmark. Jumlah penduduk kota ini sekitar 580 ribu jiwa pada tahun 2017. Menurut sejarah, Gothenburg pertama kali dibangun oleh King Gustavus Adolphus pada tahun 1621. Sejak dahulu, kota ini memiliki posisi yang strategis dengan adanya Port of Gothenburg yang merupakan pelabuhan terbesar di seluruh wilayah Nordic. Beberapa landmark utama di Gothenburg antara lain Göta älv, Barken Viking, Göteborg Opera, Gunnebo House, Elfsborg Fortress, dan Feskekörka, Liseberg, dan Haga District.

3. Uppsala

Uppsala, Swedia
Botanical Garden, Uppsala
Destinasi wisata ketiga adalah Uppsala, ibu kota Uppsala County seklaigus kota terbesar keempat di Swedia. Secara geografis, kota ini terletak wilayah selatan Swedia, tepatnya di dataran Uppsala yang memiliki tanah subur serta dialiri oleh sebuah sungai kecil, Fyrisån. Dari Stockholm, Uppsala berjarak sekitar 71 km ke sebelah utara, serta dapat dicapai hanya dalam waktu 40 menit jika menggunakan kereta. Jumlah penduduk kota ini sekitar 149 ribu jiwa pada tahun 2015. Uppsala University yang terletak di kota ini merupakan perguruan tinggi tertua di seluruh negara-negara Skandinavia. Salah satu penemuan terkenal dari universitas ini adalah Skala Celcius. Beberapa landmark utama di Uppsala antara lain Uppsala Castle, Domkyrka, Gustavianum, University Hall, Botanical Garden, Linnaean Garden, dan Gamla Uppsala.

4. Gotland

Gotland, Swedia
Rauks, Gotland
Destinasi wisata keempat adalah Gotland, pulau terbesar di wilayah Swedia. Secara geografis, pulau ini terletak di Laut Baltik, wilayah tenggara Swedia. Selain sebagai pulau, Gotland juga merupakan sebuah provinsi, yang wilayahnya juga meliputi pulau-pulau kecil di sekitarnya, tremasuk di antaranya Fårö dan Gorska Sandön. Pada tahun 2016, jumlah penduduk pulau ini sekitar 58 ribu jiwa pada tahun 2016 yang sebagian besarnya berdomisili di Visby, kota utama di pulau ini. Gotland sering dijadikan sebagai destinasi wisata karena pulau ini mendapat sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di Swedia. Dari daratan utama Swedia maupun Laut Baltik, tersedia berbagai jalur pelayaran (cruise ship) yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk mencapai pulau ini.

5. Kiruna

Kiruna, Swedia
Ice Hotel, Kiruna - foto oleh Laplandish
Destinasi wisata kelima adalah Kiruna (Giron), kota kecil yang terletak di ujung utara Swedia, tidak jauh dari Kutub Utara. Kota ini termauk dalam wilayah provinsi Lapland. Jumlah penduduknya hanya sekitar 18 ribu jiwa pada tahun 2010. Karena letaknya dekat dengan area kutub, pada musim dingin di Kiruna pengunjung bisa melihat pemandangan aurora yang menkajubkan. Selain itu, pada musim panas, tepatnya di antara tanggal 28 Mei hingga 16 Juli, terjadi fenomena “white night” dimana matahari tidak terbenam meskipun di malam hari. Di Kiruna juga terdapat beberapa pusat penelitian sains seperti Esrange Space Center, Institute of Space Physics, serta Department of Space Science milik Luleå University of Technology. Untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan bis atau kereta dari beberapa kota besar terdekat seperti Luleå dan Gällivare.

6. Abisko National Park

Abisko National Park, Swedia
Abisko National Park
Destinasi wisata keenam adalah Abisko National Park, sebuah taman nasional yang juga terletak di provinsi Lapland, wilayah ujung utara Swedia. Dari Kiruna, taman nasional ini hanya berjarak sekitar 95 km, sedangkan dari perbatasan Swedia - Norwegia, jaraknya hanya sekitar 37 km. Abisko National Park pertama kali diresmikan pada tahun 1909 dengan luas area sekitar 77 km persegi. Taman nasional ini merupakan yang terbesar serta yang letaknya paling utara di seluruh wilayah Swedia. Di sini terdapat Danau Torneträsk, yang merupakan danau air tawar terbesar di Swedia. Di tepi danau inilah terletak desa Abisko, pintu masuk ke taman nasional ini. Untuk mencapai Abisko National Park, dari Stockholm terdapat jalur kereta SJ AB yang menuju ke kota Narvik, Norwegia. Sebelum mencapai Narvik, terdapat stasiun pemberhentian di desa Abisko yang disebut Abisko Östra. Karena letaknya di area kutub, pada waktu-waktu tertentu di taman nasional ini pengunjung juga bisa menyaksikan fenomena alam aurora borealis serta midnight sun.

7. Malmö

Malmö, Swedia
Stortorget, Malmö - foto oleh Christian Beiwinkel
Destinasi wisata terkahir kita kali ini adalah Malmö, kota metropolitan terbesar ketiga di Swedia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah ujung selatan Swedia, di dekat perbatasan Swedia – Denmark. Kota ini termasuk dalam wilayah provinsi Scania. Dengan Kopenhagen (Denmark), Malmö dihubungkan oleh Øresund Bridge, sebuah jembatan sepanjang 8 km yang membentang di atas Selat Öresund. Jumlah penduduk kota ini sekitar 342 ribu jiwa pada tahun 2012. Beberapa landmark utama di Malmö antara lain Old City Hall, Pildammsparken, Malmö Opera, Modrena Museet Malmö, Sankt Petri Church, Stortorget, dan Ribersborg. Untuk mencapai kota ini, dari Kopenhagen pengunjung bisa menggunakan kereta Oresund Line, dan dari Stockholm bisa menggunakan X 2000 maupun kereta lokal lainnya.

Nah teman-teman, demikianlah sekilas informasi tentang beberapa destinasi wisata utama di Swedia yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar