Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 25, 2017

10 Destinasi Wisata di Inggris yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Maih di UK, setelah Skotlandia dan Irlandia Utara, sekarang kita menuju ke Inggris.

Inggris atau England merupakan satu dari 4 negara bagian yang membentuk negara United Kingdom. Negara bagian ini menempati sekitar 2/3 wilayah pulau Great Britain serta pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Isle of Wight dan Isle of Scilly. Wilayah Inggris berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara; dengan Laut Utara di sebelah timur; dengan English Channel di sebelah selatan; serta dengan dengan Wales, Laut Irlandia, dan Samudra Atlantik di sebelah barat. Di negara ini terdapat beberapa sungai dan danau, yang utama adalah Sungai Thames, Sungai Severn, serta Danau Windermere. Ibu kota Inggris terletak di London, yang sekaligus merupakan ibu kota negara United Kingdom. Beberapa area urban dengan jumlah penduduk terbanyak antara lain Greater London, Greater Manchester, West Midlands, dan West Yorkshire. Di Inggris terdapat banyak bandara internasional, yang terbesar adalah Heathrow Airport yang terletak di London, disusul oleh Manchester Airport, Stansted Airport, Luton Airport, dan Birmingham Airport.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Inggris:

1. London

London, Inggris
Palace of Westminster, London
Destinasi pertama adalah London, ibu kota sekaligus kota terbesar di Inggris. Secara geografis kota ini terletak di tepi Sungai Thames, wilayah tenggara Inggris. Jumlah penduduk kota ini sekitar 8,6 juta jiwa pada tahun 2016. Di London terdapat 4 landmark yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu: Tower of London; Kew Gardens; area yang meliputi Palace of Westminster, Westminster Abbey, dan St Margaret’s Church; serta Royal Observatory Greenwich yang merupakan penanda waktu Greenwich Meridian Time (GMT). Landmark lain yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Buckingham Palace, Tower Bridge, London Eye, Trafalgar Square, The Shard, British Museum, National Gallery, Tate Modern, British Library, dan London Underground. Di London terdapat 6 bandara internasional, tetapi yang paling utama adalah Heathrow Airport (LHR) yang terletak di Longford, sekitar 31 km dari pusat kota.

2. Lake District

Lake District, Inggris
Derwent Water, Lake District
Destinasi kedua adalah Lake District, area pegunungan yang terletak di county Cuimbra, South West England. Oleh warga lokal, area ini juga dikenal dengan nama The Lakes atau Lakeland. Lake District memiliki luas lebih dari 2.300 km persegi serta berada pada ketinggian di atas 910 meter dari permukaan laut. Pada tahun 1951, area ini dijadikan sebagai taman nasinal, dan pada tahun 2017 dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Wilayah Lake District didominasi oleh hutan hijau, danau, serta perbukitan yang dikenal dengan sebutan fell. Beberapa puncak tertinggi antara lain Scafell Pike (978 m), Scafell (965 m), Helvellyn (951 m), dan Skiddaw (931m). Sementara danau, beberapa yang utama adalah Derwent Water, Coniston Water, Bassenthwaite Lake, Wandermere, dan Wast Water. Dari London, untuk mencapaia Lake District, pengunjung bis menggunakan kereta menuju ke Windermere, lalu dilanjutkan dengan bis menuju ke Keswick.

3. Sungai Thames

Sungai Thames, Inggris
Sungai Thames, London
Destinasi ketiga adalah Sungai Thames, sebuah sungai yang mengalir di wilayah selatan Inggris, termasuk di antaranya wilayah kota London. Sungai sepanjang 346 km ini merupakan sungai terpanjang di Inggris, serta terpanjang kedua di UK setelah Sungai Severn. Selain London, Sungai Thames juga mengalir melalui Oxford (dikenal dengan sebutan Isis), Reading, Henley-on-Thames, dan Windsor. Hulu sungai ini terletak di Thames Head, Glouchestershire, sementara bagian hilir terletak di Thames Estuary, Essex, di tepi Laut Utara. Sungai Thames merupakan salah satu destinasi wisata favorit terutama di wilayah London. Beberapa landmark yang ada di sepanjang sungai ini antara lain Gedung Parlemen London, London Eye, Tower Bridge, dan Tower of London.

4. Bath

Bath, Inggris
Bath - foto oleh Arpingstone
Destinasi keempat adalah Bath, kota kecil di wilayah Somerset, South West England. Kota ini terletak di lembah Sungai Avon, sekitar 156 km di sebelah barat London. Jumlah penduduk kota ini sekitar 88 ribu jiwa pada tahun 2015. Sesuai dengan namanya, Bath merupakan kota yang terkenal dengan objek wisata air panas (natural hot springs). Saat menduduki kota ini, bangsa Romawi telah membangun banyak permandian umum. Yang paling terkenal dan tetap ada hingga saat ini adalah Roman Baths. Selain itu, Bath juga terkenal dengan bangunan-bangunan klasik berarsitektur Georgian yang telah dibangun sejak abad ke-18. Selain Roman Baths, objek wisata lain yang sering dikunjungi di Bath adalah Bath Abbey, Royal Crescent, Thermae Bath Spa, Holbourne Museum, Jane Austen Centre, dan Royal Victoria Park.

5. York

York, Inggris
York - foto oleh Lisa Jarvis
Destinasi kelima adalah York, kota kecil yang terletak di region Yorkshire and the Humber. Secara geografis, kota terletak di persimpangan Sungai Ouse dan Sungai Foss, wilayah tengah Inggris. York pertama kali dibangun oleh Bangsa Romawi pada tahun 71 AD dengan nama Eboracum sebagai ibu kota provinsi Britannia Inferior. Kota ini kemudian diubah menjadi Kerajaan Northumbria dan Jórvík. Pada abad pertengahan, York berkembang menjadi pusat perdagangan wool dan ibu kota utara Church of England. Pada tahun 2016 jumlah penduduk kota ini sekitar 208 ribu jiwa. Pada tahun 2010, York mendapat penghargaan sebagai City of Media Arts, yang merupakan bagian dari UNESCO Creative Cities Network. Landmark utama di kota ini antara lain York Minster, York Castle, Clifford’s Tower, York Castle Museum, City Walls, Yorkshire Museum, Jorvik Viking Centre, Theatre Royal, dan York Museum Gardens. Dari London, kota ini bisa dicapai dengan kereta dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

6. Brighton

Brighton, Inggris
Brighton Pier
Destinasi keenam adalah Brighton, kota resort yang terletak di tepi pantai selatan Inggris. Kota ini termasuk dalam wilayah county East Sussex, South East England. Dari London, Brighton dapat dicapai hanya dalam waktu 1 jam dengan menggunakan kereta. Jumlah penduduk kota ini sekitar 289 ribu jiwa pada tahun 2016. Karena letaknya di tepi pantai serta jaraknya yang tidak terlalu jauh dari ibu kota negara, Brighton menjadi salah satu destinasi favorit bagi warga kota London. Kota ini memiliki pantai sepanjang 8,7 km yang selalu ramai dikunjungi terutama pada musim panas. Selain pantai, landmark utama di kota ini antara lain Brighton Pier, Royal Pavilion, Clock Tower, i360, dan Brighton Marina.

7. Costwolds

Costwolds, Inggris
Bibury, Costwolds - foto oleh Saffron Blaze
Destinasi ketujuh adalah Costwolds, sebuah desa kecil cantik yang terletak di area perbukitan di wilayah selatan Inggris. Area desa ini dikelilingi oleh beberapa county yaitu Gloucestershire, Oxfordshire, Wiltshire, Somerset, Worcestershire, dan Warwickshire. Area Cotswold didominasi oleh perbukitan kapur yang dikenal dengan nama Cotswolds Hills. Karena keunikan dan keindahan alamnya, pada tahun 1966, area ini dimasukkan ke dalam Area of Outstanding Natural Beauty (AONB). Beberapa objek wisata di area ini antara lain Bibury Village, Sudeley Castle, Beverston Castle, Tetbury Market House, Chavanage House, Quarwood, Woodchester Mansion, Newark Park, Broadway Tower, dan Corsham Court. Cotswolds dapat dijangkau melalui jalur darat dari Bath, Oxford, Bristol, Birmingham, dan London.

8. Windsor

Windsor, Inggris
Windsor - foto oleh DAVID ILIFF
Destinasi kedelapan adalah Windsor, kota kecil yang terletak di Berksihre, England. Kota ini terkenal dengan objek wisata Windsor Castle, yang merupakan salah satu kediaman resmi keluarga Kerajaan Inggris. Secara geografis Windsor terletak di tepi Sungai Thames, sekitar 37 km di sebelah barat London. Kota Windsor yang dikenal saat ini dulunya bernama New Windsor. Sedangkan Old Windsor sendiri merupakan desa yang letaknya sekitar 3 km di sebelah selatan. Selain Windsor Castle, landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Sungai Thames, Alexandra Gardens, Legoland Windsor Resort, Windsor Great Park, Savill Garden, dan Windsor Racecourse. Untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari stasiun London Paddington menuju ke Windsor & Eton Riverside, serta hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

9. Peak District

Peak District, Inggris
Chatsworth House, Peak District, 
Destinasi kesembilan adalah Peak District, area pegunungan yang terletak di ujung selatan Pegunungan Pennines, wilayah tengah Inggris. Area ini sebagian termasuk dalam wilayah Derbyshire, tetapi beberapa bagian juga termasuk dalam wilayah Cheshire, Greater Manchester, Staffordshire, West Yorkshire, dan South Yorkshire. Wilayah Peak District dibagi menjadi 3 bagian yaitu: Dark Peak di sebelah utara, White Peak di sebelah selatan, serta South West Peak. Pada tahun 1951 area ini dijadikan sebagai taman nasional dengan nama Peak District National Park, sekaligus merupakan taman nasional pertama di UK. Selain bentang alam, di area ini juga terdapat beberapa museum dan bangunan bersejarah seperti Chatsworth House, Haddon Hall, Lyme Park, dan EyamMuseum. Untuk mencapai destinasi ini, dari Manchester dan Sheffield, pengunjung bisa menggunakan jalur kereta Hope Valley Line.

10. Exmoor

Exmoor, Inggris
East Lyn River, Exmoor - foto oleh Jamsta
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Exmoor, area perbukitan yang terletak di region South West England. Area ini termasuk dalam wilayah Somerset dan Devon. Nama Exmoor diambil dari nama Sungai Exe yang mengalir tepat di wilayah tengah area ini; serta “moorland”, area perbukitan yang tidak ditumbuhi pepohonan. Sama seperti Lake District dan Peak District, Exmoor juga dijadikan sebagai taman nasional, tepatnya di tahun 1954, dengan nama Exmoor National Park. Luas area ini sekitar 692 km persegi, dengan puncak tertinggi Dunkery Beacon (519 m). Beberapa bentang alam dan objek wisata utama antara lain Brendon Hills, East Lyn Valley, Vale of Porlock, tepi pantai Bristol Channel, serta jalur kereta Lynton and Lynmouth Cliff Railway. Untuk mencapai Exmoor, dari London pengunjung bisa menggunakan coach, kereta, maupun bis.

Nah teman-teman, demikianlah 10 destinasi wisata di Inggris, UK, yang sering dikunjungi oleh para travveler. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar