Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 19, 2017

7 Destinasi Wisata Utama di Irlandia Utara

Salam Traveling!

Masih di UK, setelah Inggris (England) dan Skotlandia, sekarang kita menuju ke negara bagian selanjutnya yaitu Irlandia Utara.

Irlandia Utara, atau Northern Ireland (Tuaisceart √Čireann), merupakan negara bagian United Kingdom yang terletak di wilayah utara pulau Irlandia. Negara bagian ini berbatasan dengan Republik Irlandia di sebelah selatan dan barat, serta dengan North Channel di sebelah timur dan utara. Ibu kota negara bagian ini terletak di Belfast. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Inggris, serta bahasa regional: Irlandia dan Ulster Skotlandia. Wilayah Irlandia Utara dibagi menjadi 6 county yaitu Antrim, Derry/Londonderry, Tyrone, Fermanangh, Armagh, dan Down. Di bagian tengah wilayah negara bagian ini terdapat Lough Neagh, danau air tawar terluas di seluruh wilayah Kepulauan Britania (British Isles). Bandara internasional utama di negara bagian ini adalah Belfast International Airport (BFS) yang terletak di County Antrim, sekitar 21 km di sebelah barat-laut kota Belfast.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Irlandia Utara:

1. Belfast

City Hall, Belfast - foto oleh Macnolete
Destinasi wisata pertama adalah Belfast, ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Irlandia Utara. Secara geografis, kota ini terletak di lembah Sungai Lagan, wilayah pantai timur negara ini. Berbeda dengan kota-kota lain pada umumnya yang terletak dalam satu region atau county, wilayah Belfast terbagi ke dalam 2 county. Wilayah pusat kota ini terletak di County Antrim; sedangkan wilayah timur dan selatan kota terletak di County Down. Jumlah penduduk kota ini sekitar 333 ribu jiwa pada tahun 2015. Belfast merupakan tempat asal kapal terkenal dunia RMS Titanic yang diproduksi oleh perusahaan konstruksi kapal Harland and Wolff. Landmark utama di kota ini antara lain Titanic Belfast, Ulster Museum, Botanic Gardens, Grand Opera House, Belfast Castle, dan SSE Arena. Untuk mencapai Belfast, dari kota-kota besar di UK pengunjung umumnya menggunakan pesawat udara melalui Belfast International Airport. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Belfast.

2. Glens of Antrim

Glens of Antrim, Irlandia Utara
Glens of Antrim
Destinasi wisata kedua adalah Glens of Antrim, sebuah region yang terletak di County Antrim, wilayah timur-laut Irlandia Utara. Region ini tersusun atas 9 lembah (glen) yang membentang dari Dataran Tinggi Antrim hingga ke tepi pantai. Oleh masyarakat lokal, region ini lebih dikenal dengan nama The Glens. Kesembilan lembah tersebut adalah Glentaisie, Glenshesk, Glendun, Glencorp, Glenaan, Glenballyeamon, Glenariff, Glencloy, dan Glenarm. Area lembah-lembah ini memiliki panorama alam yang sangat cantik dan menakjubkan, sehingga menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Beberapa kota dan desa utama yang terletak di region ini antara lain Ballycastle, Cushendun, Cushendall,Waterfoot, Carnlough, dan Glenarm.

3. Derry

Derry - foto oleh Ardfern
Destinasi wisata ketiga adalah Derry (Doire), kota terbesar kedua di Irlandia Utara. Nama resmi kota ini adalah Londonderry. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Foyle, wilayah timur-laut negara ini. Derry termasuk dalam wilayah County Londonderry, serta terletak tidak jauh dari perbatasan County Donegal (Irlandia). Jumlah penduduk kota ini sekitar 85 ribu jiwa pada tahun 2008. Nama Derry berasal dari Bahasa Irlandia Lama ‘Daire’ yang berarti ‘hutan oak’. Pada masa lampau, wilayah pusat kota ini terletak di tepi barat Sungai Foyle, serta dikelilingi oleh tembok. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Derry’s Walls, Austin’s Department Store, Free Derry Corner, Peace Bridge, dan Diamond War Memorial. Untuk mencapai Derry, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Belfast, atau menggunakan bis dari Dublin dan Galway di Irlandia. Antara Belfast dan Derry, terdapat jalur scenic, Causeway Coastal Route, yang membentang di sepanjang 212 km di tepi pantai North Channel.

4. Ballycastle

Ballycastle, Irlandia Utara
Carrick-a-Rede, Ballycastle
Destinasi wisata keempat adalah Ballycastle (Baile an Chaistil), kota kecil yang terletak di lembah Glentaisie, salah satu lembah di region Glens of Antrim. Kota ini terletak di tepi pantai timur-laut Irlandia Utara, serta termasuk dalam wilayah County Antrim. Dari pantai kota ini, wisatawan bisa melihat Rathlin Island dan Mull of Kintrye di wilayah Skotlandia. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 5 ribu jiwa pada tahun 2001. Dalam Bahasa Irlandia, nama kota ini berarti “Town of the Castle” atau “Kota Kastil”. Beberapa landmark di Ballycastle antara lain Fair Head, Knocklayde, Lembah Glentaisie, Strand’s Ballycastle Beach, Pans Rocks, Devils Churn, dan Clare Park. Sekitar 10 km dari Ballycastle, tepatnya di kota Ballintoy, terdapat objek wisata alam yang sangat terkenal yaitu Carrick-a-Rede Rope Bridge. Dari Belfast, Ballycastle berjarak sekitar 90 km ke sebelah utara serta bisa dicapai dnegan menggunakan bis. Dan dari Skotlandia, kota ini juga bisa dicapai dengan menggunakan ferry.

5. Bushmills

Giant's Causeway, Bushmills - foto oleh Code Poet
Destinasi wisata kelima adalah Bushmills, sebuah desa yang juga terletak di County Antrim. Secara geografis, desa ini terletak di tepi pantai utara Irlandia Utara. Dari Ballycastle, desa ini berjarak sekitar 18 km, dan dari Belfast berjarak sekitar 97 km. Jumlah penduduk desa ini sekitar 1.300 jiwa pada tahun 2001. Nama desa ini diambil dari nama Sungai Bush (River Bush) dan sebuah kincir air besar (windmill) yang dibangun pada awal abad ke-17. Bushmills terkenal sebagai lokasi Old Bushmills Distillery, sebuah pabrik penyulingan anggur yang telah ada sejak tahun 1608. Selain itu, sekitar 3 km dari desa ini terdapat wisata alam UNESCO World Heritage Site yaitu Giant’s Causeway. Landmark lainnya di kota ini adalah Dunluce Castle, serta sebuah jalur scenic yang dikenal dengan nama Causeway Coastal Route. Untuk mencapai Bushmills, dari Belfast pengunjung bisa menggunakan bis maupun kereta.

6. Newcastle

Newcastle, Irlandia Utara
Slieve Donard, Newcastle - foto oleh Arrospide
Destinasi wisata keenam adalah Newcastle, kota resort yang terletak di County Down. Secara geografis, kota ini terletak di tepi pantai Laut Irlandia (Irish Sea), wilayah tenggara Irlandia Utara. Di wilayah Newcastle terletak puncak Slieve Donard, yang merupakan puncak tertingggi di Pegunungan Mourne serta di seluruh Irlandia Utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 7 ribu jiwa pada tahun 2001. Karena letaknya di tepi laut, di Newcastle terdapat beberapa pantai serta seaside resort yang sering dikunjungi oleh wisatawan, yang terkenal adalah Sandy Beach and Dunes yang membentang sepanjang 2 mil. Objek wisata lainnya di kota ini antara lain Slidderyford Dolmen, Widows Row, Tollymore Forest Park, Murlough National Reserve, dan Newcastle Harbour. Untuk mencapai Newcastle,dari Belfast pengunjung bisa menggunakan bis Ulsterbus.

7. Bangor

Bangor, Irlandia Utara
Bangor
Destinasi wisata ketujuh adalah Bangor (Beannchar), kota terbesar di County Down. Secara geografis, kota ini terletak di pantai timur Irlandia Utara. Bangor merupakan kota resort karena letaknya di tepi pantai. Kota ini juga termasuk dalam Area Metropolitan Belfast (Greater Belfast). Jumlah penduduk kota ini sekitar 61 ribu jiwa pada tahun 2011. Beberapa landmark utama di Bangor antara lain Bangor Old Custom House, Bangor Abbey, Bangor Castle, Castle Park, Clandeboye Estate, Clandeboye Park, Bangor Marina, Ward Park, Bangor Carnegie Library, Somme Heritage Centre, Bangor Market House, McKee Clock, dan Walled Garden. Untuk mencapai Bangor, dari Belfast pengunjung bisa menggunakan bis Ulsterbus.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata di Irlandia Utara. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar