Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 16, 2017

8 Destinasi Wisata Cantik di Skotlandia yang wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Masih di Skotlandia, UK, setelah Edinburgh, sekarang kita akan beberapa destinasi wisata cantik lainnya di negara bagian ini.

Skotlandia (Scotland) merupakan negara bagian United Kingdom yang terletak di ujung utara pulau Britania Raya (Great Britain). Negara bagian ini berbatasan dengan berbatasan dengan Inggris (England) di sebelah selatan, dengan Samudra Atlantik di sebelah utara dan barat, dan dengan Laut Utara (North Sea) di sebelah timur. Selain daratan utama, wilayah Skotlandia juga meliputi 790 pulau di sekitarnya, termasuk diantaranya Northern Isles, dan Hebrides. Ibu kota Skotlandia terletak di Edinburgh, dengan Glasgow sebagai kota terbesar. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Inggris, serta bahasa regional: Skotlandia dan Gaelic Skotlandia. Skotlandia memiliki 5 bandara internasional, dua yang terbesar adalah Glasgow Airport dan Edinburgh Airport. Jalur kereta Virgin Trains menghubungkan menghubungkan beberapa kota besar di Skotlandia seperti Glasgow, Edinburgh, Aberdeen, dan Inverness, dengan London di Inggris.

Berikut beberapa destinasi wisata cantik yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Skotlandia:

1. Skye

Skye, Skotlandia
Skye
Destinasi wisata pertama adalah Skye (Isle of Skye), pulau cantik yang terletak di ujung utara gugusan pulau Inner Hebrides, Skotlandia. Pulau ini termasuk dalam wilayah administrasi Highland Council. Skye juga merupakan pulau terbesar di gugusan Inner Hebrides. Wilayah semenanjung pulau ini didominasi oleh rangkaian pegunungan Cuillins, dengan tebing-tebing berbatu yang memiliki pemandangan menakjubkan. Karena letaknya jauh di wilayah utara bumi, Skye memiliki iklim lembab, basah, dan berangin. Pemukiman penduduk terbesar di pulau ini terletak di Portree. Dengan daratan utama Skotlandia, Skye bisa dicapai dengan ferry maupun road bridge. Karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan, pulau ini sering dijadikan sebagai lokasi setting dalam novel maupun film.

2. Edinburgh

Edinburgh, Skotlandia
Princes Street, Edinburgh - foto oleh Ad Meskens
Destinasi wisata kedua adalah Edinburgh, ibu kota negara bagian Skotlandia. Secara geografis kota ini terletak di region Lothian, di pesisir selatan muara Sungai Forth (Firth of Forth). Edinburgh merupakan kota terbesar kedua di Skotlandia setelah Glasgow. Jumlah penduduk kota ini sekitar 464 ribu jiwa pada tahun 2014. Landmark utama di kota ini adalah area Old Town (Auld Toun) dengan berbagai bangunan bersejarahnya seperti Edinburgh Castle, Holyrood Palace, dan St. Giles Cathedral. Selain itu, ada juga area New Town yang terdiri dari bangunan-bangunan klasik berarsitektur Georgian khas abad ke-18. Kedua area kota tersebut, dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada tahun 1999. Selain pariwisata, Edinburgh juga terkenal sebagai kota pendidikan. Salah satu universitas tertua di UK, Univeristy of Edinburgh, terletak di kota ini. Universitas tersebut juga merupakan salah satu perguruan tinggi dengan peringkat terbaik di dunia. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Edinburgh.

3. Glasgow

Glasgow, Skotlandia
Clyde Arc, Glasgow - foto oleh Sceptre
Destinasi wisata ketiga adalah Glasgow, kota terbesar di Skotlandia. Secara geografis, kota ini terletak di di tepi Sungai Clyde, di wilayah barat dataran rendah Skotlandia. Dahulu Glasgow hanyalah sebuah kota kecil di tepi Sungai Clyde. Kota ini kemudian berkembang pesat setelah Revolusi Industri pada abad ke-18 dan menjadi kota pelabuhan utama di Skotlandia. Jumlah penduduk Glasgow sekitar 599 ribu jiwa pada tahun 2015. Penduduk kota ini menamakan diri mereka dengan sebutan dengan Glaswegians. Pada tahun 2008, Glasgow terpilih sebagai UNESCO City of Music. Landmark utama yang ada di kota ini antara lain Provand’s Lordship, St. Mungo’s Cathedral, Kelvingrove Art Galley and Museum, Riverside Museum, Glasgow Science Centre, Burrel Collection, Glasgow Botanic Gardens, dan Mitchell Library.

4. Loch Ness

Loch Ness, Skotlandia
Loch Ness dan Urquhart Castle - foto oleh Sam Fentress
Destinasi wisata keempat adalah Loch Ness, danau air tawar yang terletak di wilayah Dataran Tinggi Skotlandia (Scottish Highland). Danau ini berbentuk mrmamnjang, dan membentang sepanjang 37 km di sebelah barat-daya Inverness. Loch Ness merupakan danau terbesar kedua di Skotlandia setelah Loch Lomond. Luas danau ini sekitar 56 km persegi serta berada pada ketinggian 16 meter dari permukaan laut. Menurut cerita rakyat lokal, di danau ini hidup seeekor hewan besar yang dikenal dengan nama "Nessie" atau Loch Ness Monster. Meski demikian, Loch Ness tetap memiliki pemandangan yang cantik, apalagi di ujung selatan danau terdapat sebuah pulau kecil yaitu Cherry Island. Beberapa desa dan pemukiman di sekitar danau ini antara lain Lochend, Abriachan, Drumnadrochit, Dores, dan Fort Augustus. Di tepi danau ini terdapat reruntuhan Urquhart Castle yang juga sering dikunjungi wisatawan.

5. Inverness

Iverness, Skotlandia
Inverness Castle - foto oleh giggel
Destinasi wisata kelima adalah Inverness, kota cantik yang juga terletak di wilayah Dataran Tinggi Skotlandia. Dalam bahasa lokal, nama kota ini berarti “Muara Sungai Ness”. Dinamakan demikian karena kota ini terletak di muara Sungai Ness, sebuah sungai yang mengalir dari Loch Ness hingga ke Moray Firth. Inverness terletak di dekat 2 area pertempuran di masa lampau yaitu The Aird dan Culloden Moor. Saat ini, kota ini merupakan pusat administrasi area Highland dengan jumlah penduduk sekitar 46 ribu jiwa pada tahun 2015. Inverness merupakan kota modern yang letaknya paling utara di wilayah United Kingdom. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Inverness Castle, Inverness Cathedral, dan River Ness. Dari Edinburgh, Glasgow, dan London, kota ini bisa dicapai dengan kereta melalui stasiun yang terletak di Black Isle.

6. Loch Lomond

Loch Lomond, Skotlandia
Loch Lomond - foto oleh Colin
Destinasi wisata keenam adalah Loch Lomond, danau air tawar terbesar di Skotlandia sekaligus terbesar di seluruh wilayah Great Britain. Danau ini terletak di wilayah antara Central Scotland dan Scottish Highland. Sama seperti Loch Ness, Loch Lomond juga berbentuk memanjang, dan membentang sepanjang 39 km dengan luas permukaan 70 km persegi. Area danau ini terbagi ke dalam 3 area kota yaitu Stirling, Argyll and Bute, dan West Dunbartonshire. Ujung selatan danau ini berjarak sekitar 23 km dari Glasgow. Saat ini, area Loch Lomond merupakan bagian dari Loch Lomond and the Trossachs National Park. Di danau ini terdapat banyak pulau-pulau kecil, yang terkenal adalah Inchmurrin yang merupakan pulau terbesar, serta Inchconnachan yang dihuni oleh koloni wallaby. Untuk mencapai objek wisata ini, wisatawan umumnya menggunakan kereta atau bis. Stasiun kereta terdekat terletak di Balloch, yang terhubung dengan Queen Street Station di Glasgow.

7. Stirling

Stirling, Skotlandia
Stirling - foto oleh Utkarsh dell
Destinasi wisata ketujuh adalah Stirling (Stirlin), kota klasik yang terletak wilayah tengah Skotlandia. Kota ini terletak di tepi Sungai Forth (River Forth) serta dikelilingi oleh areal pertanian. Letak kota ini di antara wilayah Scottish Lowlands dan Scottish Highland menjadikan Stirling sering dijuluki sebagai Gateway to the Highlands. Jumlah penduduk kota ini sekitar 45 ribu jiwa pada tahun 2011. Pada abad pertengahan, Stirling berkembang sebagai market town dengan dibangunnya pusat kota (old town), benteng, jembatan, pelabuhan, serta areal pertanian. Kota ini bahkan pernah menjadi ibu kota Kerajaan Skotlandia. Saat ini Stirling merupakan pusat administrasi Stirling Council Area. Landmark utama di kota ini antara lain Stirling Castle, Wallace Monument, Argyll’s Lodging, dan Blair Drummond Safari Park. Stasiun kereta utama di kota ini, Stirling Railway Station, terhubung dengan jalur kereta dengan beberapa kota besar seperti Glasgow, Edinburgh, dan London.

8. Aberdeen

Aberdeen, Skotlandia
Aberdeen Coast - foto oleh Mkonikkara
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Aberdeen (Aiberdeen), kota pelabuhan yang terletak di pantai timur Skotlandia. Kota yang terletak di tepi North Sea ini merupakan kota terbesar ketiga di Skotlandia setelah Glasgow dan Edinburgh. Aberdeen dikenal dengan julukan Granite City atau Grey City, karena di kota ini terdapat banyak bangunan klasik yang dibangun dengan batuan granit abu-abu. Bangunan-bangunan tersebut dibangun antara abad ke-18 dan abad ke-20. Pada saat ditemukannya tambang minyak di North Sea pada tahun 1970, Aberdeen juga mendapat julukan sebagai Oil Capital of Europe. Jumlah penduduk kota ini sekitar 196 ribu jiwa pada tahun 2016. Karena letaknya di sepanjang pantai, Aberdeen memiliki iklim yang lebih sejuk pada musim panas serta lebih hangat pada musim dingin. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Aberdeen Beach, Marischal College, Town House, Old Aberdeen High Street, dan Tollohill Woods. Dari Glasgow, Edinburgh, Inverness, dan London, kota ini bisa dicapai dengan kereta melalui stasiun Aberdeen Railway Station.

Nah teman-teman, demikianlah 8 destinasi wisata cantik di Skotlandia, UK, yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar