Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 31, 2017

6 Destinasi Wisata Utama di Wales

Salam Traveling!

Setelah Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara, sekarang kita menuju ke negara bagian UK yang terakhir yaitu Wales.

Wales, United Kingdom
Wales, United Kingdom
Wales (Cymru) merupakan salah satu negara bagian yang membentuk negara United Kingdom. Secara geografis, negara bagian ini menempati ujung barat pulau Britania Raya (Great Britain). Wilayah Wales berbatasan dengan Inggris di sebelah timur, dengan Bristol Channel di sebelah selatan, serta dengan Laut Irlandia (Irish Sea) di sebelah barat dan utara. Ibu kota negara bagian ini terletak di Cardiff. Wilayah Wales dibagi menjadi 8 county yaitu Clwyd, Dyfed, Gwent, Gwynedd, Mid Glamorgan, Powys, South Glamorgan, dan West Glamorgan. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Wales (Welsh/Cymraeg) dan Bahasa Inggris (English), sementara mata uang resminya juga menggunakan Pound sterling (GBP). Di Wales hanya ada 1 bandara internasional yaitu Cardiff International Airport (CWL), yang terletak di Vale of Glamorgan, sekitar 19 km dari pusat kota Cardiff.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Wales:

1. Snowdonia

Snowdonia, Wales
Llyn Llydaw, Snowdonia - foto oleh Mike Peel
Destinasi wisata pertama adalah Snowdonia (Eryri), area pegunungan serta taman nasional yang terletak di wilayah barat-laut Wales. Wilayah taman nasional ini terletak di 2 county yaitu Gwynedd dan Conwy. Luas area wisata ini sekitar 2.130 km persegi serta diresmikan sebagai taman nasional pada tahun 1951. Nama Snowdonia diambil dari kata Snowdon (1.085 m), yang merupakan puncak tertinggi di Wales. Taman nasional ini merupakan yang ketiga dibentuk di Britania setelah Peak District dan Lake District di Inggris. Area Snowdonia dibagi menjadi 5 bagian tetapi hanya di bagian ujung utara yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Di area tersebut terdapat beberapa puncak tertinggi di Wales seperti Moel Hebog, Mynydd Mawr dan Nantile Ridge, Snowdon Massif, Glyderau, serta Carneddau. Di taman nasional ini juga terdapat beberapa danau di antaranya adalah Llyn Llydaw, Llyn Cowlyd, dan Llyn y Dywarchen. Sementara area di tepi pantai barat Wales hingga ke Llŷn Peninsula sebagian besar merupakan area konservasi. Bagi pecinta hiking, taman nasional ini juga dilengkapi dengan jalur setapak sepanjang 2.380 km. Untuk mencapai destinasi wisata ini, dari Cardiff pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Bangor atau Llandudno.

2. Cardiff

Cardiff, Wales
Cardiff Castle
Destinasi wisata kedua adalah Cardiff, ibu kota sekaligus kota terbesar di Wales. Secara geografis, kota ini terletak di ujung selatan Wales, di tepi pantai Bristol Channel. Wilayah kota ini dibatasi oleh South Wales Valley di sebelah utara, dengan Vale of Glamorgan di sebelah barat, dan dengan Newport di sebelah timur. Wilayah Wales termasuk dalam county South Glamorgan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 447 ribu jiwa pada tahun 2016. Cardiff pertama kali dijiadikan sebagai kota pada tahun 1905, dan pada tahun 1955 kota ini diresmikan sebagai ibu kota Wales. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Cardiff Castle, Cardiff City Hall, Cardiff Bay, Cathays Library, Bute Park, National Museum of Wales, Welsh National War Mmeorial, dan Queen Street. Di Cardiff, terdapat bandara internasional utama di Wales yaitu Cardiff International Airport. Kota ini juga bisa dicapai dengan kereta dari Bristol, Birmingham, London, Manchester, Edinburgh, serta Glasgow, melalu stasiun Cardiff Central.

3. Anglesey

Anglesey, Wales
South Stack Lighthouse, Anglesey - foto oleh Wehha
Destinasi wisata ketiga adalah Anglesey (Ynys Môn), sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat-laut Wales. Pulau ini termasuk dalam wilayah county Gwynedd serta merupakan pulau terbesar di Wales dengan luas sekitar 715 km persegi. Anglesey juga merupakan pulau terluas di Laut Irlandia serta merupakan pulau berpenduduk terbanyak kedua setelah Isle of Man. Jumlah penduduk pulau ini sekitar 69 ribu jiwa pada tahun 2016. Wilayah Anglesey sebagian besar berupa dataran rendah dengan puncak tertinggi Holyhead Mountain (220 m). Beberapa kota utama di pulau ini antara lain Holyhead, Llangefni, Benllech, Menal Bridge, dan Amlwch. Landmark yang ada di Anglesey adalah Beaumaris Castle, Plas Newydd, Menai Bridge, Anglesey Coast, Trwyn Du Lighthouse, dan Llyn Llywenan. Stasiun kereta utama di pulau ini adalah Holyhead Railway Station. Stasiun tersebut dilalui oleh kereta Arriva Train Wales yang menuju ke Cardiff, Birmingham, dan Manchester, serta Virgin Trains yang menuju ke London. Dari Dublin, Anlesey juga bisa dicapai dengan ferry Stena Line mellaui Holyhead Port.

4. Conwy

Conwy, Wales
Conwy Castle dan Conwy Bridge - foto oleh Dr. Volkmar Rudolf
Destinasi wisata keempat adalah Conwy, kota kecil yang terletak di tepi pantai utara Wales. Kota ini termasuk dalam wilayah county Clwyd. Di sebelah timur Conwy mengalir Sungai Conwy, dan tepat di seberang sungai, terletak kota Deganwy. Jumlah penduduk kota ini sekitar 14 ribu jiwa pada tahun 2011. Pada masa lampau, kota ini bernama Conway, serta merupakan salah satu kota pusat perdagangan (market town). Pada saat itu, wilayah Conwy dikelilingi oleh tembok yang dibangun pada sekitar abad ke-13, bersama dengan dibangunnya Conwy Castle. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Conwy Castle, Conwy Town Walls, Smallest House in Great Britain, Aberconwy House, Pals Mawr, Conwy Suspension Bridge, Conwy Railway Bridge, dan Bodysgallen Hall. Untuk mencapai Conwy, kota besar terdekat adalah Liverpool, Inggris. Dari stasiun Liverpool Central, pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Chester, dan selanjutnya ke Conwy.

5. Pembrokeshire

Pembrokeshire, Wales
Broad Haven South, Pembrokeshire - foto oleh JKMMX
Destinasi wisata kelima adalah Pembrokeshire (Sir Benfro), sebuah kota yang terletak di ujung barat-daya Wales. Kota ini termasuk dalam wilayah county Dyfed, serta terletak di tepi pantai Laut Irlandia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 122 ribu jiwa pada tahun 2011. Pembrokeshire terkenal dengan objek wisata Pembrokeshire Coast National Park, satu-satunya taman nasional yang terletak di tepi pantai di wilayah UK. Taman nasional seluas 629 km persegi tersebut pertama kali diresmikan pada tahun 1952 serta mencakup hampir seluruh wilayah pantai di kota ini. Selain taman nasional, landmark lainnya di Pembrokeshire adalah Pembroke Castle, Pentre Ifan, Barafundle Beach, Broad Haven South, Preseli Hills, dan Milford Haven Marina. Stasiun kereta utama di kota ini adalah Pembroke Dock dan Milford Haven. Dan untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Swansea, Cardiff, London, dan Manchester, atau dengan ferry dari Dublin dan wilayah Irlandia lainnya.

6. Swansea

Swansea, Wales
Red Fountain, Swansea
Destinasi wisata terkahir kita kali ini adalah Swansea (Abartawe), kota terbesar kedua di Wales setelah Cardiff. Secara geografis, kota ini terletak di selatan negara bagian ini, tepat di tepi pantai Swansea Bay dan Bristol Channel. Swansea termasuk dalam wilayah county West Glamorgan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 244 ribu jiwa. Bagi penggemar Liga Inggris, nama Swansea tentunya sudah tidak asing, karena kota ini merupakan asal klub sepak bola Swansea City AFC. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Swansea Castle, National Waterfront Museum, Swansea Museum, Mission Gallery, Oystermouth Castle, Plantasia, Clyne Gardens, Oxwich Bay, dan Liberty Stadium. Untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Cardiff, Newport, Reading, dan London, atau dengan ferry dari Dublin, Irlandia.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata di Wales, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar