Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 13, 2017

7 Wisata Alam Spektakuler di Australia

Salam Traveling!

Masih di Australia, setelah Sydney, Melbourne, Perth, dan Brisbane, sekarang kita akan mengujungi beberapa destinasi wisata alam spektakuler di negara ini.

Australia (Commonwealth of Australia) merupakan satu-satunya negara di dunia yang menempati seluruh wilayah di satu benua, yaitu Benua Australia. Benua Australia sendiri merupakan benua terkecil di dunia. Secara geografis, benua ini terletak di sebelah selatan khatulistiwa serta dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Wilayah Australia dibagi menjadi 6 state dan 2 teritorial. Hampir semua kota-kota utama di Australia seperti Sydney, Brisbane, Melbourne, Perth, Darwin, dan Adelaide, terletak di wilayah pantai, kecuali ibu kota negara, Canberra, yang terletak jauh dari pantai. Suku Aborigin merupakan penduduk asli Australia sebelum Bangsa Inggris datang dan mendiami wilayah ini pada abad ke-18. Bagi para traveler pecinta alam, Australia dikenal dengan padang savanna yang luas, dan spesies hewan-hewan unik seperti kanguru, koala, dan platypus.

Berikut beberapa destinasi wisata alam spektakuler yang ada di Australia:

1. Great Barrier Reef

Great Barrier Reef - foto oleh Toby Hudson
Wisata alam pertama adalah Great Barrier Reef, kompleks terumbu karang terbesar di dunia yang terletak di pantai timur Australia. Terumbu karang ini membentang sepanjang 2.300 km di Laut Coral, ujung timur Queensland. Dengan ukuran yang sangat besar, kompleks terumbu ini bahkan bisa terlihat dari satelit luar angkasa. Great Barrier Reef terbentuk dari milyaran organisme kecil yang disebut dengan polip karang. Setidaknya ada 4 jenis terumbu yang menyusun area ini yaitu fringing reef, langoonal reef, cresentic reef, dan planar reef. Di perairan ini juga terdapat berbagai macam hewan laut lain seperti paus, lumba-lumba, kura-kura, dugong, serta berbagai spesies ikan. Pada tahun 1981, Great Barrier Reef dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Kota terdekat untuk mencapai objek wisata ini adalah Cairns. Di kota ini, tersedia berbagai jasa tour maupun penyewaan perahu untuk menjelajahi seluruh area terumbu karang.

2. Great Ocean Road

Twelve Apostles, Great Ocean Road - foto oleh Michael J Fromholtz
Wisata alam kedua adalah Great Ocean Road, jalur jalan (highway) sepanjang 243 km yang membentang di sepanjang pantai tenggara Australia. Area jalan ini termasuk dalam wilayah state Victoria, dimulai dari kota Torquay dan berakhir di Allansford. Great Ocean Road pertama kali dibuka pada tahun 1932. Selain sebagai jalur highway, jalan ini juga merupakan war memorial untuk mengenang para pejuang yang gugur selama Perang Dunia I. Di sepanjang pantai terdapat berbagai landmark dan bentang alam, yang terkenal adalah Surf Coast, Shipwreck Coast, Apollo Bay, Port Campbell, Loch Ard Gorge, London Arch, dan Twelve Apostles. Karena keindahan panoramanya, Great Ocean Road juga sering dijadikan sebagai lokasi event olahraga seperti marathon maupun balap sepeda. Pada tahun 2004, jalur setapak Great Ocean Walk dibangun, membentang sepanjang 104 km dari Apollo Bay hingga ke Twelve Apostles.


3. Uluru/Ayers Rock

Uluru/Ayers Rock
Wisata alam ketiga adalah Uluru, atau yang juga dikenal dengan nama Ayers Rock, sebuah formasi batuan pasir yang terletak jauh di pedalaman Australia. Formasi batuan ini terletak di ujung selatan selatan Northern Territory. Uluru merupakan area yang dianggap suci oleh suku Pitjantjara Anangu, suku Aborigin yang hidup di wilayah ini. Tinggi batuan ini 348 meter dengan total keliling mencapai 9,4 km. Pada subuh dan senja hari, permukaan batuan ini akan berwarna kemerahan. Di sekeliling area ini terdapat banyak mata air, gua, serta lukisan-lukisan batu suku Aborigin. Sekitar 25 km dari Uluru, terdapat formasi batuan pasir lainnya yaitu Kata Tjuta. Kedua formasi ini, merupakan landmark utama di area Uluru-Kata Tjuta National Park, serta termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Untuk mencapai Uluru, kota besar terdekat adalah Alice Spring yang berjarak sekitar 463 km serta terhubung oleh jalur jalan Lasseter Highway.

4. Fraser Island

Fraser Island
Wisata alam keempat adalah Fraser Island, sebuah pulau yang teretak di pantai timur Australia. Pulau ini termasuk dalam wilayah state Queensland serta berjarak sekitar 350 km di sebelah utara Brisbane. Fraser Island merupakan pulau terbesar keenam di negara ini dengan luas sekitar 1.840 km persegi. Pada tahun 1992, pulau ini dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site karena merupakan pulau pasir terbesar di dunia. Ekosistem yang terdapat di pulau ini antara lain hutan hujan, hutan eucalyptus, hutan bakau, wallum (rawa-rawa), bukit pasir, serta tepi pantai. Keseluruhan area Fraser Island dilindungi dan termasuk dalam area Great Sandy National Park. Beberapa objek wisata yang sering dikunjungi antara lain Indian Head, Champagne Pools, Eil Creek, Lake McKenzie, Lake Wabby, serta jalur hiking Fraser Island Great Walk. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung bisa menggunakan ferry dari Hervey Bay ataupun Rainbow Beach.


5. Kakadu National Park

Twin Falls, Kakadu National Park - foto oleh Nigel Malone
Wisata alam kelima adalah Kakadu National Park, taman nasional terbesar di Australia. Taman nasional ini terletak di di ujung utara Australia, serta termasuk dalam wilayah Northern Terrritory. Kakadu National Park pertama kali diresmikan pada tahun 1979 dengan luas area lebih dari 19.800 km persegi. Luas wilayah tersebut hampir sama dengan separuh luas negara Swiss. Di sekeliling area taman nasional terdapat tambang uranium terkenal di dunia, Ranger Uranium Mine. Karena memiliki area yang sangat luas, taman nasional ini memiliki bentang alam yang sangat beragam, mulai dari tebing batu (escarpment), dataran rendah, area perbukitan, muara sungai, serta pedalaman hutan. Beberapa objek yang sering dikunjungi oleh wisatawan asalah Amhem Land, Nourlangie Rock, Nanguluwur, Ubirr, Jim Jim Falls, Twin Falls, Mamukala, serta Yellow Water Billabong. Pemukiman dan area camping terdekat adalah Jabiru, Cooinda, dan South Aligator. Dari Darwin, taman nasional ini berjarak sekitar 151 km serta terhubung oleh jalur jalan Arnhem Highway.

6. Nambung National Park

Nambung National Park
Wisata alam keenam adalah Nambung National Park, taman nasional yang terletak di tepi pantai barat Australia. Taman nasional ini termasuk dalam wilayah Western Australia, serta berjarak sekitar 188 km dari Perth. Taman nasional ini pertama kali diresmikan pada tahun 1994 dengan luas area sekitar 192 km persegi. Di Nambung National Park terdapat objek wisata alam yang sangat populer yaitu The Pinnacles, formasi batuan kapur yang terletak di area perbukitan pasir. Formasi tersebut tersusun atas ribuan pilar batu kapur yang terbentuk dari organisme laut seperti karang (coral) dan mollusca. Pilar pinnacle yang tertinggi ada yang mencapai 3,5 meter. Spesies hewan yang sering dijumpai di area ini antara lain kangguru abu-abu, kangguru merah, dingo, rubah merah, silver gull dan woodswallow. Di taman nasional ini juga terdapat beberapa pantai, yang utama adalah Kangaroo Point dan Hangover Bay. Di ujung utara pantai, terdapat Lake Thetis, area dimana pengunjung bisa melihat secara langsung fosil-fosil thromolite dan stromatolite yang terbentuk dari mikroorganisme cyanobacteria.


7. Kangaroo Island

Kangaroo Island - foto oleh Paul Asman and Jill Lenoble
Wisata alam terakhir kita kali ini adalah Kangaroo Island, pulau tempat tinggal berbagai hewan asli Australia. Secara geografis, pulau ini terletak di pantai selatan Australia serta termasuk dalam wilayah state South Australia. Kangaroo Island merupakan pulau terbesar ketiga di Australia Tasmania dan Melville Island. Di pulau ini terdapat 4 kota pemukiman penduduk yaitu Kingscote yang merupakan kota terbesar, Pennwshaw, Parndana, dan American River. Wilayah Kangaroo Island sebagian bersar meruapakn konservasi dan taman nasional di antaranya adalah Seal Bay Conservation Park, Flinders Chase National Park, Kangaroo Island Wildlife Park, Kelly Hill Caves, Little Sahara, serta Murray Langoon. Berbagai spesies hewan asli Australia bisa dijumpai di area pulau ini seperti kangguru, wallaby, koala, platypus, singa laut, penguin, serta burung emu. Untuk mencapai pulau ini dari daratan utama, pengunjung bisa menggunakan jasa penyeberangan ferry yang dioperasikan oleh Kangaroo Island SeaLink.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Alam spektakuler di Australia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar