Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 07, 2017

Wisata Helsinki, Kota Cantik di Tepi Laut Baltik, Finlandia

Salam Traveling!

Setelah Kopenhagen, Oslo, dan Stockholm, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya di Skandinavia yaitu Helsinki, Finlandia.

Helsinki merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Finlandia. Secara geografis, kota ini terletak di ujung selatan Finlandia, tepat di tepi Teluk Finlandia, yang merupakan bagian dari Laut Baltik. Helsinki termasuk dalam region Uusimaa. Jumlah penduduk kota ini sekitar 629 ribu jiwa pada tahun 2016. Jika dilihat dari sisi historis, Helsinki memiliki hubungan erat dengan tiga kota besar yaitu: Tallinn di Estonia; Stockholm di Swedia; dan St. Petersburg di Rusia. Saat ini area metropolitan Hesinki juga meliputi beberapa kota di sekitarnya yaitu Espoo, Vantaa, dan Kauniainen. Bandara internasional utama di Finlandia, Helsinki International Airport (HEL), terletak di kota ini, tepatnya di Vantaa, sekitar 17 km dari pusat kota. Selain itu, kota ini juga bisa dicapai Helsinki dengan ferry dari beberapa kota di sekitar Laut Baltik seperti Tallinn, Stockholm, Gdynia, Rostock, dan St. Petersburg.

Beberapa landmark dan objek wsiata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Helsinki antara lain:

1. Suomenlinna

Suomenlinna, Helsinki
Suomenlinna - foto oleh Ralf Roletschek
Objek wisata pertama adalah Suomenlinna, benteng laut yang dibangun di atas 6 pulau kecil di wilayah Helsinki. Benteng yang dibangun pada abad ke-18 ini dulunya bernama Sveaborg yang berarti Benteng Svea (Swedia). Setelah Finlandia merdeka, benteng ini kemudian diubah namanya menjadi Suomenlinna yang artinya Benteng Finlandia. Keenam pulau kecil yang membentuk kompleks benteng ini adalah Kustaanmiekka, Susisaari, Iso-Mustasaari, Pikku-Mustasaari, Lānsi-Mustasaari, dan Långören. Selain bangunan benteng dan peralatan perang, wisatawan yang berkunjung ke sini bisa menikmati keindahan Teluk Finlandia dan Laut Baltik. Pada tahun 1991, Suomenlinna dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site tipe Cultural. Untuk mencapai objek wsiata ini, tersedia ferry yang dioperasikan oleh HSL setiap harinya.

2. Market Square, Helsinki

Market Square, Helsinki
Market Square, Helsinki - foto oleh JGHowes
Objek wisata kedua adalah Market Square atau Kauppatori, lapangan sekaligus pasar terbuka yang terletak di dekat pusat kota Helsinki. Lapangan ini terletak tepat di ujung timur Esplanadi, dibatasi oleh Laut Baltik di sebelah selatan dan Katajanokka di sebelah timur. Seperti pasar terbuka pada umumnya, setiap harinya Market Square selalu penuh oleh para pedagang makanan, sayuran, buah, serta souvenir. Di area ini juga terdapat beberapa café dan restaurant yang menjual kue kering khas Finlandia, Lihapiirakka. Karena letaknya di tepi pantai, Market Square menjadi salah satu objek wisata favorit para wisatawan di Helsinki, terutama pada bulan Oktober. Dari area ini, terdapat pelabuhan ferry yang dapat mengantar wisatawan menuju ke Suomenlinnna.

3. Linnanmäki

Linnanmäki, Helsinki
Linnanmäki - foto oleh Timo Noko
Objek wisata ketiga adalah Linnanmäki, taman hiburan dan bermain yang terletak di wilayah utara kota Helsinki. Taman hiburan seluas 7,5 hektar ini terletak di atas bukit, sehingga dari sini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kota Helsinki. Linnamäki pertama kali dibuka pada tahun 1950 oleh sebuah organisasi nirlaba, Lasten Päivän Säätiö (Children’s Day Foundation). Jumlah atraksi yang disediakan tidak terlalu banyak, hanya sekitar 43. Meski demikian taman ini selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya. Beberapa atraksi utama antara lain Vuoristorata, Pikajuna, Autorata, Karuselli, dan KotKot. Sama seperti taman hiburan lainnya di Skandinavia, Linnamäki hanya dibuka pada musim semi, musim panas, dan musim gugur. Untuk mencapai tempat wisata ini, dari pusat kota pengunjung bisa menggunakan tram no. 3, 8, 9 serta bis no. 23.

4. Kiasma

Kiasma Art Museum, Helsinki
Kiasma, Helsinki - foto oleh Paasikiv
Objek wisata keempat adalah Kiasma, museum seni kontemporer yang terletak di wilayah Mannerheimintie, Helsinki. Museum seni ini telah dibuka sejak tahun 1990 tetapi baru dipindahkan ke bangunan Kiasma pada tahun 1998. Nama Kiasma sendiri diambil dari ide konsep bangunan ini, kiasma optik. Tujuan dibangunnya museum ini adalah untuk memberikan pendidikan bagi publik mengenai seni kontemprer di Finlandia. Di sini terdapat lebih dari 4.000 karya seni dari berbagai artist di antaranya Antonio Rotta, Bernard, Jan van, Anders Gustaf, dan masih banyak lagi. Kiasma bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

5. Sibelius Monument

Sibelius Monument, Helsinki
Sibelius Monument - foto oleh Dennis Jarvis
Objek wisata kelima adalah Sibelius Monument (Sibelius-monumentti), sebuah monumen yang terletak di Sibelius Park (Sibeliuspuisto), distrik Töölö, Helsinki. Monumen ini dibangun pada tahun 1967 untuk mengenang jasa Jean Sibelius, seorang komposer ternama Finlandia. Sibelius Monument didesain oleh seniman Eila Hiltunen dengan gaya seni abstrak menyerupai susunan pipa-pipa organ, dan diberi judul Passio Musicae. Selain monumen ini, di Sibelius Park juga terdapat monumen terkenal lainnya di Finlandia yaitu Kalevala Monument.

6. Helsinki Central Railway Station

Helsinki Central Railway Station
Helsinki Central Railway Station - foto oleh Revontuli
Objek wisata keenam adalah Helsinki Central Railway Station (Helsingin päärautatieasema), stasiun kereta yang terletak di Kluuvi, wilayah sentral Helsinki. Meski hanya merupakan stasiun kereta, tetapi Helsinki Central memiliki arsitektur bangunan yang unik. Stasiun yang mulai beroperasi pada tahun 1862 ini dibangun dengan struktur batuan granit Finlandia yang berwarna pink kemerahan, dan dilengkapi dengan sebuah menara serta 2 patung manusia yang memegang lampu di bagian pintu gerbang. Pada malam hari, kedua lampu yang berbentuk bola tersebut akan dinyalakan. Stasiun ini memiliki kode HEC, serta merupakan pusat transit utama di wilayah Greater Helsinki. Pada tahun 2013, oleh BBC, Helsinki Central Railway Station dianugerahi predikat sebagai stasiun kereta tercantik di dunia.

7. Seurasaari

Seurasaari, Helsinki
Seurasaari di musim gugur - foto oleh Matti Paavola
Objek wisata ketujuh adalah Seurasaari, sebuah pulau kecil yang terletak di Helsinki. Di pulau inilah letak Seurasaari Open-Air Museum, sebuah museum terbuka yang menampilkan berbagai macam rumah dan bangunan kayu tradisional dari berbagai area di Finlandia. Setiap musim panas, banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini untuk mengunjungi museum ataupun menikmati keindahan alam. Pada pertengahan musim panas, di Seurasaari juga diadakan festival Juhannuskoko, dimana sepasang pengantin baru akan menyalakan api unggun besar di tepi pantai pulau ini. Untuk mencapai objek wisata ini dari pusat kota Helsinki, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan bis no. 24 menuju ke pelabuhan Hernesaari, lalu menyewa kapal menuju ke pulau ini.

8. Kaivopuisto

Kaivopuisto, Helsinki
Kaivopuisto di musim dingin
Objek wisat terakhir kita kali ini adalah Kaivopuisto, sebuah taman dan area terbuka yang terletak di wilayah tengah Helsinki. Area seluas 45 hektar ini dibatasi oleh Teluk Finlandia di sebelah selatan. Sementara di sebelah utara merupakan area pemukiman tempat tinggal pribadi beberapa keluarga duta besar di Finlandia. Oleh warga lokal, taman ini sering disingkat dengan nama Kaivari. Selain dataran, area taman ini juga tersusun atas tebing dan bebatuan, termasuk di antaranya sebuah benteng batu yang dibangun pada abad ke-18. Pada musim panas, Kaivopuisto selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin melakukan sunbathing, piknik, atau hanya sekedar berolahraga.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Helsinki, Kota Cantik di Tepi Laut Baltik, Finlandia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar