Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 03, 2017

Wisata Stockholm, Kota Cantik di Tepi Laut Baltik, Swedia

Salam Traveling!

Setelah Kopenhagen dan Oslo, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya di Skandinavia, yaitu Stockholm, Swedia.

Stockholm merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Swedia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah selatan Swedia, di sepanjang 14 pulau di Danau Mälaren, sebuah danau yang bermuara di Laut Baltik. Tepat di tepi kota ini, di sepanjang pantai terdapat deretan pulau yang dinamakan Kepulauan Stockholm. Area tersebut telah dihuni oleh manusia sejak zaman batu, sekitar 6000 tahun sebelum masehi. Selanjutnya dijadikan sebagai kota pada tahun 1252 oleh Birger Jarl. Jumlah penduduk Stockholm sekitar 942 ribu jiwa yang menjadikan kota ini sebagai kota metropolitan terpadat di negara-negara Nordic. Bandara internasional utama di Swedia, Stockholm Arlanda Airport (ARN), terletak di kota ini, tepatnya di Sigtuna, sekitar 37 km dari pusat kota.

Beberapa landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh traveler di Stockholm antara lain:

1. Gamla Stan

Gamla Stan, Stockholm
Kornhamnstorg, Gamla Stan - foto oleh Holger Ellgaard
Objek wisata pertama adalah Gamla Stan atau Old Town, area pusat kota Stockholm di masa lampau. Area ini terletak di pulau Stadsholmen, serta beberapa pulau di sekitarnya; Riddarholmen, Helgeandsholmen, dan Strömsborg. Hingga tahun 1980, area ini masih dikenal dengan nama Staden mellan broarna yang artinya Kota di antara Dua Jembatan. Gamla Stan pertama kali dibangun sekitar abad ke-13. Bangunan-bangunan di area ini umumnya memiliki arsitektur Brick Gothic, yang dibangun dengan batu bata merah di sepanjang gang-gang kecil. Beberapa landmark utama yang ada di area ini antara lain Stortorget, Royal Palace, Stockholm Cathedral, Slottsbacken, Kornhamnstorg Square, serta Prāstgatan.

2. Skansen

Skansen, Stockholm
Skansen - foto oleh Holger Ellgaard
Objek wisata pertama adalah Skansen (Sconce), open-air museum sekaligus kebun binatang tertua di Swedia yang terletak di pulau Djurgården, Stockholm. Museum berkonsep terbuka ini telah dibuka sejak tahun 1891. Nama Skansen sendiri sebenarnya umum digunakan di seluruh wilayah Eropa, terutama di Eropa Tengah dan Eropa Timur. Skansen Stockholm ini memiliki luas sekitar 30 hektar. Di museum terbuka ini pengunjung bisa melihat berbagai hal tentang kebudayaan Swedia di masa lampau seperti rumah-rumah tradisional khas abad ke-19 serta para pengrajin dengan pakaian tradisional mereka. Di bagian kebun binatang, yang juga berkonsep terbuka, terdapat berbagai jenis satwa yang hidup di wilayah Skandinavia seperti bison, beruang coklat, rusa, singa laut, lynx, serigala, dan rubah. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan sebuah jalur kereta gantung Skansens Bergbana sepanjang 196 meter.

3. Vasa Museum

Vasa Museum, Stockholm
Vasa Museum - foto oleh Peter Isotalo.jpg
Objek wisata ketiga adalah Vasa Museum (Vasamuseet), museum maritim yang juga terletak di pulau Djurgården, Stockholm. Museum yang dibuka pada tahun 1990 ini dibangun untuk menampilkan bangkai kapal perang Vasa, yang tenggelam dalam pelayaran perdananya di tahun 1628. Kapal tersebut dibuat pada abad ke-17 dan dilengkapi dengan 64 meriam. Selain kapal utama, museum ini juga menampilkan artifak-artifak arkeologis yang ditemukan bersama kapal tersebut. Di bagian luar museum terdapat 4 kapal yang juga telah menjadi museum yaitu: Sankt Erik (kapal pemecah es), Finngrundet (kapal ringan), Spica (kapal torpedo), dan Bernhard Ingelson (kapal penyelamat).

4. Stockholm Palace

Stockholm Palace
Stockholm Palace - foto oleh Holger Ellgaard
Objek wisata keempat adalah Stockholm Palace atau Royal Palace (Kungliga slottet), istana kediaman resmi keluarga Kerajaan Swedia yang terletak di Gamla Stan, Stockholm. Istana yang dibangun pada abad ke-18 ini memiliki arsitektur Baroque-Rococo dengan 4 façade; barat, utara, timur serta selatan. Hingga kini, istana ini masih digunakan sebagai kantor pemerintahan serta tempat tinggal keluarga kerajaan. Sementara raja dan ratu Swedia, King Carl XVI Gustaf dan Queen Silvia, mendiami istana terpisah yaitu Drottningholm Palace. Selain kediaman kerajaan, di istana ini juga terdapat Pengadilan Kerajaan (Royal Court), museum, serta perpustakaan. Tepat di samping istana, terdapat Gedung Parlemen Swedia. Bagi wisatawan, Stockholm Palace bisa dikunjungi setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore.

5. Drottningholm Palace

Drottningholm Palace, Stockholm
Drottningholm Palace
Objek wisata selanjutnya adalah Drottnigholm Palace (Drottningholms slott), istana kediaman pribadi keluarga Kerajaan Swedia. Berbeda dengan Stockholm Palace yang terletak di pusat kota, Drottningholm terletak di wilayah pinggiran, tepatnya di pulau Lovön. Istana berarsitektur Baroque ini pertama kali dibangun pada akhir abad ke-16 sebagai kediaman keluarga kerajaan hanya pada musim panas. Tetapi sejak tahun 1981, istana ini kemudian dijadikan sebagai kediaman pribadi. Karena letaknya yang jauh dari pusat kota, di kompleks istana ini terdapat taman hijau yang luas seperti Baroque Garden dan English Garden, serta Chinese Pavilion dan Palace Theatre. Untuk mengunjungi Drottningholm secara gratis, wisatawan harus memiliki Stockholm Pass. Tempat wisata ini hanya dibuka pada hari Jumat hingga Minggu mulai pukul 11 siang hingga 3 sore.

6. Gröna Lund

Gröna Lund, Stockholm
Gröna Lund
Objek wisata keenam adalah Gröna Lund, taman hiburan dan bermain yang terletak di tepi pantai pulau Djurgården, Stockholm. Taman hiburan yang telah dibuka sejak tahun 1883 ini hanya memiliki luas 6 hektar, ukuran yang cukup kecil jika dibandingkan dengan taman hiburan lainnya di dunia. Lokasinya yang tepat di tengah kota, menyebabkan area taman ini tidak bisa diperluas. Meski demikian, Gröna Lund selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena selain atraksi, di sini juga sering diadakan konser musik. Beberapa atraksi utama antara lain Jetline, Vilda Musen, Tunnel of Love, Eclipse, Blue Train, dan Circus Carousel.

7. Kungsträdgården

Kungstrādgården - foto oleh I99pema
Objek wisata ketujuh adalah Kungstrādgården (King’s Garden), taman kota yang terletak di wilayah Normalm, Stockholm. Oleh warga lokal, taman ini lebih sering disebut dengan nama Kungsan. Letak taman di pusat kota serta banyaknya café di sekitar, menjadikan Kungstrāgården sebagai tempat favorit untuk hangout bahkan berwisata. Taman yang dibangun sejak abad ke-19 ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu Charles XII’s Square, Molin’s Fountain, Charles XIII’s Square, dan Wolodarski’s Fountain. Di taman ini terdapat sekitar 63 pohon sakura yang selalu bermekaran di musim semi. Pada musim dingin, sebuah kolam utama di taman ini akan menjadi lapangan es sehingga sangat cocok untuk melakukan ice skating. Karena statusnya sebagai taman kota, Kungstrāgården bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam secara gratis.

8. Djurgården

Djurgården - foto oleh Javier Martin
Objek wisata terkahir kita di Stockholm adalah Djurgården, sebuah pulau kecil yang terletak di wilayah tengah kota Stockholm. Di pulau inilah letak Skansen, Vasa Museum dan Gröna Lund. Objek wisata lainnya di pulau ini adalah ABBA: The Museum, Biological Museum, Beckholmen, Nordic Museum, Rosendall Palace, Rosendalls Trädgård, Junibacken, Djurgården line, dan masih banyak lagi. Dengan daratan utama Stockholm, Djurgården dihubungkan oleh beberapa jembatan, yang utama adalah Djurgårdsbron. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung bisa mengunakan tram dari Sergels torg, atau menggunakan ferry dari Nybroplan, atau cukup dengan berjalan kaki.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Stockholm, kota cantik di tepi Laut Baltik sekaligus ibu kota negara Swedia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar