Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

November 26, 2017

Menelusuri Keindahan 5 Gunung Cantik di Pegunungan Alpen Swiss

Salam Traveling!

Setelah mengunjung beberaoa destinasi wisata di Swiss, sekarang kita akan berwisata ke beberapa gunung dan pegunungan cantik di Swiss yang selalu ramai dikunjungi oleh para traveler. Semua gunung dan pegunungan ini merupakan bagian dari Pegunungan Alpen.

Swiss sendiri merupakan sebuah negara cantik yang terletak region Eropa Tengah. Negara ini tidak berbatasan dengan laut. Wilayah daratan Swiss dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu Pegunungan Alpen, Dataran Tinggi Swiss, dan Pegunungan Jura. Di sebelah utara negara ini berbatasan dengan Jerman; di sebelah timur dengan Austria dan Liechenstein; di sebelah selatan dengan Italia; dan di sebelah barat dengan Prancis. Secara administratif, negara Swiss dibagi ke dalam 26 wilayah yang disebut canton. Bandara internasional utama di negara ini adalah Zürich International Airport (ZRH) yang terletak di Kloten, sekitar 13 km dari pusat kota Zürich.

Berikut 5 gunung cantik di Pegunungan Alpen Swiss yang sering dikunjungi oleh wisatawan:

1. Titlis

Titlis, Swiss
Titlis, Swiss
Titlis, atau Mount Titlis, merupakan pegunungan yang terletak di wilayah tengah Swiss, tepatnya di perbatasan canton Obwalden dan Berne. Pegunungan ini merupakan bagian dari Uri Alps dengan puncak tertinggi 3.238 meter di atas permukaan laut. Titlis merupakan pegunungan tertinggi yang terletak di sebelah utara Susten Pass, di antara Bernese Oberland dan Central Switzerland. Titlis umumnya dicapai melalui Engelberg yang terletak di canton Obwalden.

Engelberg, Swiss
Engelberg, Swiss
Engelberg sendiri terletak di sebelah utara Titlis, serta memiliki sebuah jalur cable-car melingkar. Jalur tersebut menghubungkan Engelberg (996 m) dengan puncak Klein Titlis (3.028 m), serta melalui 3 area yaitu Gerschnialp (1.262 m), Trübsee (1.796 m), dan Stand (2.428 m). Bagian terakhir dari jalur cable-car tersebut akan membawa pengunjung menuju ke gua gletser. Di Klein Titlis, wisatawan bisa mengunjungi gua gletser dari pintu masuk di stasiun cable-car. Di pintu masuk tersebut juga terdapat beberapa restoran dan toko souvenir. Di puncak ini juga terdapat Titlis Cliff Walk, yang merupakan jembatan gantung tertinggi di dunia. Dari jembatan tersebut, pengunjung bisa menikmati panorama seluruh Pegunungan Alpen Swiss.

2. Jungfrau

Jungfrau, Swiss
Jungfrau, Swiss
Jungfrau merupakan salah satu puncak utama di deretan Pegunungan Bernese Alps. Gunung setinggi 4.158 meter ini terletak di wilayah selatan Swiss, tepatnya di antara canton Bern (Lauterbrunnen) dan Valais (Fieschertal). Puncak ini juga merupakan yang tertinggi ketiga di deretan Pegunungan Bernese Alps setelah Finsteraarhorn dan Aletschhorn. Bersama dengan Eiger (3.967 m) dan Mönch (4.107 m), Jungfrau membentuk tembok alam raksasa di deretan Pegunungan Alpen Swiss, tepatnya di antara wilayah Bernese Oberland dan Dataran Tinggi Swiss. Tembok alam sepanjang 10 km inilah yang membatasi lembah Lauterbrunnen dan Grindelwald.

Jungfraubahn, Swiss - foto oleh Salamanamanjaro at English Wikipedia
Jungfrau bisa dicapai dengan kereta Jungfraubahn, sebuah jalur kereta dengan roda penggerak yang menghubungkan Kleine Scheidegg dan Jungfraujoch. Stasiun kereta Jungfrau terletak pada ketinggian 3.454 m serta merupakan stasiun kereta tertinggi di Eropa. Jungfraujoch sendiri merupakan lembah yang terletak di antara Mönch dan Jungfrau. Karena keindahannya, area tersebut menjadi salah satu area wisata favorit di wilayah Pegunungan Alpen. Pada tahun 2001, bersama dengan Gletser Aletsch, wilayah Jungfrau dimasukkan ke dalam daftar UNESCO Wolrd Heritage Site dengan nama Jungfrau-Aletsch.

3. Matterhorn

Matterhorn, Swiss
Matterhorn, Swiss
Matterhorn (Cervino / Mont Cervin) merupakan salah satu puncak Pegunungan Alpen yang terletak di perbatasan Swiss dan Italia. Puncak ini merupakan bagian dari Monte Rosa, area Penine Alps. Matterhorn merupakan salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Alpen serta seluruh wilayah Eropa, dengan ketinggian 4.478 meter dari permukaan laut. Puncak ini sering dijuluki sebagai Mountain of Mountains (Berg der Berge) serta merupakan salah satu ikon negara Swiss serta Pegunungan Alpen.

Puncak Matterhorn memiliki bentuk yang unik yakni menyerupai piramida dengan empat sisi. Keempat sisi tersebut masing-masing memiliki nama yaitu Hörnli, Furggen, Leone, dan Zmutt. Meski memiliki bentuk puncak yang unik serta panorama sekitar yang sangat cantik, tetapi Matterhorn merupakan salah satu puncak yang paling mematikan di dunia. Sejak abad ke-19, tercatat setidaknya lebih dari 500 pendaki yang meninggal dalah usaha mereka untuk mencapai puncak ini.

Zermatt, Swisss
Zermatt, Swiss
Kota terdekat untuk mencapai Matterhorn adalah Zermatt, yang berbatasan dengan canton Valais di sebelah utara. Sementara di sebelah selatan, kota kecil ini berbatasan dengan Breuil-Cervinia, salah satu kota Italia yang terletak di Aosta Valley. Di sebelah Matterhorn terdapat Theodul Pass, jalur utama yang menghubungkan lembah utara dan lembah selatan puncak ini. Zermatt juga terhubung dengan Visp melalui jalur kereta Matterhorn Gotthard Bahn, serta dengan St. Moritz melalui jalur kereta Glacier Express.

4. Rigi

Rigi, Swiss - foto oleh Chin tin tin
Rigi, atau Mount Rigi, merupakan pegunungan yang terletak di wilayah tengah Swiss. Pegunungan ini merupakan bagian dari Schwyzer Alps, serta dikelilingi oleh 3 danau yaitu Danau Luzern, Danau Zug, dan Danau Laurez. Area Rigi terbagi ke dalam 2 wilayah canton yaitu Schwyz dan Luzern. Puncak tertinggi di pegunungan ini adalah Rigi Kulm (1.798 m) yang terletak canton Schwyz. Seluruh area pegunungan ini sangat populer di kalangan wisatawan baik di musim dingin maupun di musim panas.

Rigi Bahnen, Swiss
Rigi Bahnen, Swiss
Rigi Kulm serta beberapa area di sekitarnya, seperti resort Rigi Kaltbad, dilalui oleh salah satu jalur kereta pegunungan tertua di Eropa, yaitu Rigi Bahnen. Jalur tersebut terletak di antara dua sisi Danau Luzern, serta dimulai dari Arth-Goldau dan berakhir di Vitznau. Selain dengan kereta, area Rigi juga bisa dicapai dengan gondola dan cable-car.

5. Pilatus

Pilatus, Swiss
Pilatus, Swiss
Serupa dengan Rigi, Pilatus atau Mount Pilatus, juga merupakan deretan pegunungan yang terletak di tepi Danau Luzern, wilayah tengah Swiss. Area pegunungan ini terbagi ke dalam di 3 wilayah canton yaitu Obwalden, Nidwalden, dan Luzern. Pilatus tersusun oleh beberapa puncak, yang tertinggi adalah Tomlishorn (2.128 m), yang terletak sekitar 1,3 km di sebelah tenggara stasiun kereta Pilatusbahn (PB). Dua puncak utama lainnya adalah Esel (2.118 m) yang terletak tepat di sebelah timur stasiun, serta Oberhaupt (2.105 m) yang letaknya di sebelah barat stasiun.

Pilatus, Swiss
Pilatusbahn sendiri merupakan jalur kereta cogwheel yang lokasinya paling curam di seluruh dunia. Pada bulan Mei hingga November, jalur tersebut beroperasi mulai dari Alpnachstad. Sementara gondola dan cableway beroperasi sepanjang tahun mulai dari Kriens. Pada musim panas, pengunjung umumnya melalui jalur wisata yang dikenal dengan sebutan “Golden Round Trip”. Jalur tersebut dimulai dengan menyeberangi Danau Luzern dengan perahu menuju ke Alpnachstad, kemudian naik ke puncak dengan kereta cogwheel, lalu menuruni pegunungan dengan cableway atau gondola, dan diakhiri dengan menggunakan bis kembali ke Luzern.

Nah teman-teman, demikianlah 5 gunung cantik di Pegunungan Alpen Swiss yang sering dikunjungi oleh para traveler di Swiss. Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar