Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Desember 07, 2017

Wisata Tirol, Surga Cantik di Lembah Pegunungan Alpen Austria

Salam Traveling!

Masih di Austria, setelah Wina, Salzburg, dan Hallstatt, sekarang kita menuju ke state yang paling cantik di negara ini, yaitu Tirol (Tyrol).

Tirol (Tyrol) merupakan sebuah state (Bundesland) yang terletak di wilayah barat Austria. Wilayah ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Austria karena letaknya di Pegunungan Alpen sehingga memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Selain itu, Tirol juga terkenal dengan resort wisata ski pada musim dingin, seperti yang terdapat di Kitzbühel, Ischgl, dan St. Anton. Ibu kota state ini terletak di Innsbruck. Sama seperti state laininya di Austria, wilayah Tirol juga terbagi menjadi beberapa distrik (Bezirk). Untuk mencapai Tirol cukup mudah, pengunjung bisa menggunakan kereta maupun bis dari kota-kota besar, seperti Wina, Salzburg, Munich, dan Berlin. Selain itu, di Innsbruck, juga terdapat bandara internasional Innsbruck Airport (INN) yang melayani penerbangan ke berbagai kota besar di Eropa seperti Frankfurt, London, Moskow, Amsterdam, dan Kopenhagen.

Berikut beberapa destinasi wisata cantik di Tirol yang sering dikunjungi oleh para traveler:

1. Mayrhofen

Mayrhofen, Tirol
Mayrhofen, Tirol - foto oleh Werudolf
Destinasi pertama adalah Mayrhofen, sebuah kota kecil yang terletak di Lembah Zillertal, distrik Schwaz. Dari ibu kota state, Innsbruck, kota ini dapat ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 1 jam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3.800 jiwa pada tahun 2016. Di dekat Mayrhofen terdapat gletser Hintertux, aliran gletser yang berada pada ketinggian 3.250 meter serta di atas garis salju (snowline). Selain itu, kota ini juga terletak di antara dua pegunungan yang sangat populer untuk olahraga ski, yaitu Penken dan Ahorn. Pada musim dingin, kota ini sangat populer bagi pecinta ski, dan di musim panas selalu ramai bagi pencinta hiking, paragliding, dan bersepeda gunung. Di Mayrhofen terdapat sebuah stasiun kereta yang terletak di dekat Zillertaler Bundestrasse. Stasiun tersebut merupakan stasiun akhir dari jalur kereta Zillertalbahn, yang berangkat dari Jenbach.

2. Innsbruck

Innsbruck, Tirol
Innsbruck, Tirol - foto oleh Mathias Bigge
Destinasi kedua adalah Innsbruck, ibu kota sekaligus kota terbesar di state Tirol. Secara geografis, kota ini terletak di persimpangan Sungai Sill, di Lembah Inn Pegunungan Alpen. Jumlah penduduk kota ini sekitar 130 ribu jiwa pada tahun 2016. Innsbruck dikenal sebagai pusat olah raga musim dingin (winter sports) seperti ski dan hiking. Olimpiade musim dingin beberapa kali diadakan di kota ini. Selain itu, Innsbruck juga terkenal dengan bangunan-bangunan imperial berarsitektur klasik dan modern. Beberapa landmark yang sering dikunjungi oleh wisatawan di kota ini antara lain Goldenes Dachl (Golden Roof), Ambras Castle, Hofkirche (Court Church), Tyrolean Folk Art Museum, dan Imperial Palace Hofburg. Untuk mencapai Innsbruck, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Wina, Salzburg, Munich, dan Berlin.

3. Kufstein

Kufstein, Tirol
Kufstein, Tirol
Destinasi ketiga adalah Kufstein, kota terbesar kedua di state Tirol setelah Innsbruck. Secara geografis, kota ini terletak region Tyrolean Unterland, tepatnya di persimpangan Sungai Inn dan dua anak sungainya yaitu Weißache dan Kaiserbach. Letak kota ini tidak jauh dari perbatasan Austria dan Jerman. Kufstein juga merupakan pusat administrasi distrik Kufstein. Jumlah penduduk kota ini sekitar 18 ribu jiwa pada tahun 2016. Landmark utama di kota ini adalah Kufstein Fortress (Festung), sebuah benteng yang dibangun pada abad ke-13 di atas batu setinggi 90 meter. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Old Town (Altstadt), Town Hall (Rathaus), Saint Vitus Church, serta festival sapi Almabtrieb. Kufstein cukup mudah dicapai dari dengan kereta dari Innsbruck, Salzburg, Wina, Munich, dan Berlin.

4. Ellmau

Ellmau, Tirol
Ellmau, Tirol - foto oleh Michielverbeek
Destinasi keempat adalah Ellmau, kota kecil yang terletak di distrik Kufstein, region Sölllandl. Dari pusat kota Kufstein, kota ini berjarak sekitar 12 km ke sebelah tenggara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2.700 jiwa pada tahun 2016. Ellmau berada pada ketinggian 820 meter dari permukaan laut ini. Letaknya kota ini yang cukup dekat dengan Pegunungan Wilder Kaiser menjadikan Ellmau memiliki panorama alam khas Pegunungan Alpen yang sangat cantik. Di wilayah selatan terdapat perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan padang rumput. Beberapa desa di sekitar kota ini yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Scheffau am Wilden Kaiser, Going, Sankt Johann in Tirol, Reith bei Kitzbühel, Kirchberg in Tirol, dan Söll. Untuk mencapai Ellmau, pengunjung bisa menggunakan bis dari Kufstein.

5. Kitzbühel

Kitzbühel, Tirol
Kitzbühel, Tirol - foto oleh Ainars Brūvelis
Destinasi kelima adalah Kitzbühel, kota klasik yang yang juga merupakan pusat administrasi distrik Kitzbühel. Secara geografis, kota ini terletak tepi Sungai Kitzbuhler Ache, di area Pegunungan Kitzbühel Alps. Jumlah penduduk kota ini sekitar 8.300 jiwa pada tahun 2016. Dari Innsbruck, Kitzbühel berjarak sekitar 100 km ke sebelah timur. Di pusat kota ini terdapat area bebas kendaraan (car-free) yang dihiasi dengan berbagai cafe dan toko-toko kecil. Bersama dengan Kirchberg in Tirol, Jochberg, dan Thurn Pass yang terletak di sekitarnya, Kitzbühel merupakan salah satu region ski terbesar di Austria. Untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Linz, atau dengan kereta dari Innsbruck, Graz, dan Salzburg.

6. Sankt Johann in Tirol

Sankt Johann in Tirol
Sankt Johann in Tirol - foto oleh Leukentaler
Destinasi keenam adalah Sankt Johann in Tirol, kota pasar yang juga terletak di distrik Kitzbühel. Secara geografis, kota ini terletak di di lembah antara Pegunungan Wilder Kaiser dan Kitzbüheler Horn. Sungai Kitzbühler Ache, Fieberbrunner Ache dan Reither Ache mengalir menyatu di wilayah kota ini sebelum akhirnya mengalir ke wilayah Bavaria, Jerman. Area pusat kota ini berada pada ketinggian 660 meter dari permukaan laut. Jumlah penduduk Sankt Johann sekitar 9.200 jiwa pada tahun 2016. Untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan bis atau kereta dari Salzburg Innsbruck, dan Munich (via Wörgl).

7. Pertisau

Pertisau, Tirol
Pertisau, Tirol - foto oleh Böhringer Friedrich
Destinasi ketujuh adalah Pertisau, sebuah desa kecil yang terletak di tepi Danau Achensee. Desa ini termasuk dalam wilayah distrik Schwaz, serta terletak di area Karwendel Alpine Park, salah satu cagar alam tertua di Pegunungan Eastern Alps. Pertisau terkenal dengan produksi minyak mineral khas Tirol, Tiroler Steinöl, yang telah dilakukan sejak lebih dari 100 tahun silam. Destinasi ini juga merupakan pusat perdagangan dan pelayaran di sekitar Danau Achensee. Di Pertisau terdapat dua area olahraga ski yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Planberg Wiesenlifte dan Karwendel Bergbahn. Selain ski, kota ini juga populer untuk wisata paragliding, hiking, rafting, dan bersepeda gunung. Untu mencapai Pertisau, dari Innsbruck pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Jenbach, lalu dilanjutnkan dengan kereta lokal menuju ke desa ini.

8. Seefeld in Tirol

Seefeld in Tirol
Seefeld in Tirol - foto oleh Paolo da Reggio
Destinasi terakhir kita di Tirol kali ini adalah Seefeld in Tirol, sebuah desa pertanian yang terletak di distrik Innsbruck-Land. Secara geografis, kota ini terletak di Dataran Tinggi Seefeld, di antara Pegunungan Wetterstein dan Karwendel. Selain kota Seefeld, di dataran tinggi tersebut juga terdapat beberapa desa kecil lain yaitu Leutasch, Reith, Scharnitz, dan Mösern. Dari Innsbruck, Seefeld berjarak sekitar 17 km ke sebelah barat laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3.400 jiwa pada tahun 2016. Untuk mencapai Seefeld, pengunjung bisa menggunakan bis maupun kereta dari Innsbruck dan Munich (via Garmisch-Partenkirchen).

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Tirol, Surga Cantik di Lembah Pegunungan Alpen Austria. Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di trip berikutnya.




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar