Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Januari 12, 2018

Menelusuri Keindahan Gunung-Gunung Cantik di Jepang

Salam Traveling!

Masih di Negeri Sakura, Jepang, setelah mengunjungi beberapa destinasi cantik di negara ini, sekarang kita akan mengunjungi beberapa gunung yang juga merupakan destinasi favorit para wisatawan.

Jepang sendiri merupakan sebuah negara maju yang berbentuk kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Negara ini juga dikenal dengan nama Nippon atau Nihon. Wilayah Jepang membentang mulai dari Laut Okhotsk di sebelah utara hingga ke Laut China Timur di sebelah selatan. Dengan Korea, Jepang dipisahkan oleh Laut Jepang. Kepulauan Jepang tersusun atas 6.852 pulau yang sebagian besar merupakan daratan vulkanik. Di semua pulau tersebut terdapat 4 pulau utama yaitu Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku. Untuk berkunjung ke Jepang, setidaknya terdapat 4 bandara internasional yang merupakan pintu gerbang bagi para traveler yaitu Narita Airport (NRT) dan Haneda Airport (HND) yang terletak di Tokyo, Kansai Airport (KIX) yang terletak di Osaka, serta New Chitose Airport (CTS) yang terletak di Hokkaido.

Berikut adalah 5 gunung dengan pemandangan alam yang cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Jepang:

1. Gunung Fuji (Fujisan/Fujiyama)

Gunung Fuji
Gunung Fuji dilihat dari Kita-dake
Yang pertama adalah Gunung Fuji atau Fujisan/Fujiayama, gunung vulkanik aktif sekaligus gunung tertinggi di Jepang. Gunung setinggi 3.776 meter ini terletak di pulau Honshu, sekitar 100 km di sebelah barat-daya Tokyo. Pada hari cerah, Gunung Fuji bisa terlihat jelas dari kota tersebut. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung vulkanik aktif dengan letusan terakhir yang terjadi pada tahun 1707 hingga 1708. Puncak Gunung Fuji berbentuk menyerupai kerucut serta selalu tertutup salju selama 5 bulan setiap tahunnya.

Gunung Fuji
Gunung Fuji
Gunung Fuji bersama dengan Gunung Tate dan Gunung Haku merupakan Tiga Gunung Suci di Jepang, atau yang lebih dikenal dengan istilah Sanreizan. Gunung ini juga merupakan salah satu situs bersejarah di Jepang serta termasuk dalam daftar Special Place of Scenic Beauty. Oleh UNESCO, Gunung Fuji juga dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site.

Aktivitas yang umum dilakukan di Gunung Fuji adalah hiking serta olah raga ski pada musim dingin. Di sekitar gunung terdapat 4 stasiun kereta yang bisa diakses dari Tokyo. Keempat stasiun tersebut adalah Subashiri, Fuji Subaru Line, Gotemba, Fujinomiya. Di sekitar Gunung Fuji juga terdapat beberapa destinasi wisata cantik lainnya seperti Danau Kawaguchi (Kawaguchiko), Hakone, dan Fujinomiya.

2. Gunung Tate (Tateyama)

Gunung Tate / Tateyama
Tateyama
Kedua adalah Gunung Tate, atau Tateyama, yang terletak di wilayah tenggara Prefektur Toyama. Tateyama merupakan satu dari tiga gunung suci di Jepang (Sanreizan). Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di deretan Pegunungan Hida, dengan tinggi 3.015 meter. Berbeda dengan Gunung Fuji yang hanya memiliki satu puncak, Tateyama memiliki 3 puncak yaitu Onanjiyama, Oyama, dan Fuji-no-Oritateyama. Area sekitar gunung ini dilestarikan sebagai taman nasional dengan nama Chubu-Sangaku National Park.

Pintu gerbang untuk memasuki area Gunung Tate adalah sebuah kota kecil yang juga bernama Tateyama. Kota tersebut bisa diakses dari ibu kota prefektur, Toyama, melalui stasiun kereta Murodo. Stasiun kereta tersebut berada pada ketinggian 2.450 meter. Di dekat stasiun tersebut juga terdapat onsen atau mata air panas yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Tateyama Kurobe Alpine Route
Tateyama Kurobe Alpine Route
Di dekat Gunung Tate terdapat sebuah objek wisata terkenal di Jepang yaitu Tateyama Kurobe Alpine Route. Rute yang dikenal dengan julukan "Roof of Japan" tersebut terletak pada ketinggian 2.400 meter. Rute tersebut memiliki panjang sekitar 90 km, melintasi Gunung Tate mulai dari Prefektur Toyama hingga ke Prefektur Nagano. Tersedia beberapa kendaraan yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melintasi rute Tateyama Kurobe seperti Trolley Bus, Highland Bus, Cable Car, dan Ropeway.

3. Gunung Haku (Hakusan)

Gunung Haku / Hakusan
Gunung Haku / Hakusan
Selanjutnya adalah Gunung Haku, atau yang lebih dikenal dengan nama Hakusan, sebuah gunung vulkanik yang terletak di perbatasan tiga prefektur, yaitu Gifu, Fukui, dan Ishikawa. Gunung ini memiliki tinggi 2.702 meter dari permukaan laut dengan puncak yang selalu tertutup salju pada musim dingin. Sama seperti Gunung Fuji dan Tateyama, Hakusan juga terletak di pulau Honshu serta merupakan salah satu dari 3 gunung suci di Jepang (Sanreizan). Gunung ini juga memiliki 3 puncak; puncak tertinggi adalah Gozengamine, disusul oleh Kengamine dan Onanjimine.

Jalur hiking di Gunung Haku
Salah satu jalur hiking di Hakusan
Area di sekitar Gunung Haku dilindungi dan merupakan taman nasional, Hakusan National Park. Untuk mendaki gunung ini, setidaknya terdapat 3 jalur hiking yang sering digunakan yaitu Kanko Trail (Kanko Shindo), Sabo Trail (Sabo Shindo), dan Hirase Trail (Hirase-do). Jalur Kanko dan Sabo dimulai dari Bettodeai yang terletak di Hakusan City, Prefektur Ishikawa; sedangkan Jalur Hirase dimulai dari Oshirakawa Dam yang terketak di Prefektur Gifu. Pengunjung umumnya melakukan pendakian pada bulan Juni hingga Oktober. Untuk mencapai puncak gunung kemudian kembali ke lembah, pengunjung umumnya membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam. Untuk mencapai Gunung Haku, tersedia bis dari stasiun Kanazawa dan Tsurugi menuju ke Bettodeai.

4. Gunung Takao (Takaosan)

Gunung Takao, Tokyo
Jalur trekking di Gunung Takao, Tokyo
Keempat adalah Gunung Takao, atau Takaosan, yang terletak di wilayah Hichioji, Tokyo. Berbeda dengan 3 gunung sebelumnya yang menjulang tinggi, gunung ini hanya memiliki tinggi 599 meter. Karena letaknya yang cukup strategis menjadikan Takaosan sebagai salah satu spot hiking favorit bagi wisatawan yang berada di Tokyo, terutama pada musim semi saat bunga sakuran bermekaran, serta di musim gugur saat pepohonan berwarna kemerah-merahan.

Kereta gantung di Gunung Takao
Jalur kereta gantung di Gunung Takao
Puncak Gunung Takao tidak terlalu tinggi sehingga mudah dicapai dengan sedikit trekking. Tetapi bagi pengunjung yang tidak suka trekking, tersedia kereta gantung Takaotozan Railway dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai puncak gunung. Untuk mencapai Takaosan, wisatawan bisa menggunakan kereta Keio Railways dari stasiun Keio Shinjuku menuju ke stasiun Takaosanguchi yang terletak di kaki gunung ini.

5. Gunung Hakodate (Hakodateyama)

Gunung Hakodate, Hokkaido
Gunung Hakodate, Hokkaido
Kelima adalah Gunung Hakodate, atau Hakodateyama, yang terletak di wilayah Hakodate, Hokkaido. Serupa dengan Takaosan, puncak gunung ini juga tidak terlalu tinggi, hanya 334 meter. Meski demikian, Hakodateyama merupakan salah satu objek wisata favorit para wisatawan. Dari puncak gunung ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan teluk dan seluruh wilayah kota Hakodate.

Gunung Hakodate, Hokkaido
Pemandangan teluk Hokkaido dari Gunung Hakodate
Untuk mencapai puncak Hakodateyama, pengunjung bisa menggunakan bis (Hakodate Bus) atau kereta gantung (Hakodateyama Ropeway). Bis beroperasi dari bulan April hingga November, serta berangkat dari stasiun Hakodate hingga ke puncak gunung ini. Sedangkan kereta gantung beroperasi mulai dari pertengahan Oktober hingga akhir April, serta berangkat dari stasiun ropeway di Distrik Motomachi.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 gunung di Jepang yang sering dikunjungi oleh para traveler karena memiliki pemandangan alam yang cantik. Dari kelima gunung tersebut, 4 gunung terletak di Pulau Honshu, dan 1 gunung terletak di Pulau Hokkaido. Semoga informasi ini bermanfaat. Samai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar