Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Februari 28, 2018

6 Destinasi Wisata Cantik di Kroasia Favorit para Traveler

Salam Traveling!

Setelah Eropa Tengah, Eropa Timur, dan Eropa Selatan, sekarang kita menuju ke region selanjutnya yaitu Semenanjung Balkan. Dan negara pertama yang akan kita kunjungi adalah Kroasia.

Plitvice Lakes, Kroasia
Plitvice Lakes, Kroasia
Kroasia (Republik Kroasia / Republika Hrvatska) merupakan negara Uni Eropa yang terletak di ujung barat-laut Semenanjung Balkan. Negara ini berbatasan dengan Laut Adriatik di sebelah barat, dengan Slovenia dan Hongaria di sebelah utara, dengan Serbia di sebelah timur, serta dengan Bosnia-Herzegovina dan Montenegro di sebelah selatan. Sama seperti Slovenia, Kroasia sebelumnya merupakan bagian dari negara Yugoslavia. Negara ini baru mendapatkan memisahkan diri pada tahun 1991, serta bergabung menjadi anggota Uni Eropa di tahun 2013. Ibu kota Kroasia terletak di Zagreb. Wilayah negara ini dibagi menjadi 4 region utama yaitu Croatia proper, Dalmatia, Slavonia, dan Istria. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Kroasia (Hrvatski) dan mata uang resminya adalah Kuna (HRK). Bandara internasional utama di negara ini adalah Franjo Tuđman Airport (ZAG) yang terletak di Zagreb.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Kroasia:

1. Plitvice Lakes National Park

Plitvice Lakes National Park, Kroasia
Plitvice Lakes National Park, Kroasia
Destinasi pertama adalah Plitvice Lakes National Park (Nacionalni park Plitvička jezera), taman nasional cantik yang terletak di wilayah tengah Kroasia. Taman nasional ini merupakan yang tertua dan terbesar di negara ini, diresmikan pada tahun 1949 dengan luas area mencapai 297 km persegi. Plitivice Lakes National Park terletak di area pegunungan kapur (karst), tepat di perbatasan Slowakia dan Bosnia-Herzegovina. Area taman nasional ini terletak di 2 county; Lika-Senj dan Karlovac. Plitvice Lakes National Park merupakan salah satu taman nasional di dunia yang terkenal dengan air terjun cascade yang bertingkat-tingkat. Di area ini juga terdapat terdapat 16 danau cantik berwarna turquoise yang terbentuk dari sungai-sungai kecil yang mengalir di antara bebatuan kapur. Danau-danau tersebut terbagi menjadi 2 bagian: 12 Upper Lakes (Gornja jezera) dan 4 Lower Lakes (Donja jezera); dan di antara keduanya terdapat jalur jalan yang bisa dilalui oleh pengunjung. Pada tahun 1979, Plitvice Lakes National Park dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Untuk menacapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Zagreb, Karlovac, Zadar, dan Split.

2. Dubrovnik.

Dubrovnik, Kroasia
Dubrovnik, Kroasia
Destinasi wisata kedua adalah Dubrovnik, kota artistik yang terletak di tepi Laut Mediterania, di ujung selatan Kroasia. Kota pelabuhan ini merupakan pusat county Dubrovnik-Nerevta dengan jumlah penduduk sekitar 42 ribu jiwa pada tahun 2011. Di masa lampau, Dubrovnik telah menjadi pusat perdagangan laut serta ibu kota Republik Ragusa, dan mencapai kejayaannya selama abad ke-15 dan 16. Pada saat Kroasia merdeka dari Yugoslavia di tahun 1991, kota ini sempat diserang oleh Tentara Serbia dan Montenegro. Setelah mengalami perbaikan dan restorasi sepanjang tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an, Dubrovnik kemudian menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Laut Mediterania. Area Old City kota ini, juga termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark lainnya di kota ini antara lain Walls of Dubrovnik, Lovrijenac, Rector’s Palace, Dubrovnik Cathedral, Trsteno Arboretum, Korčula, serta Mljet. Untuk mencapai destinasi ini, dari Zagreb dan kota-kota lainnya di Eropa, pengunjung bisa menggunakan pesawat udara melalui Dubrovnik International Airport (DBV).

3. Krka National Park

Krka National Park, Kroasia
Krka National Park, Kroasia
Destinasi wisata ketiga adalah Krka National Park (Nacionalni park Krka), taman nasional yang terletak di wilayah selatan Kroasia, tidak jauh dari kota Šibenik. Taman nasional ini terletak di sepanjang aliran Sungai Krka (Kyrikos), di wilayah tengah region Dalmatia. Taman nasional ini pertama kali dibentuk pada tahun 1985 dengan luas area 109 km persegi. Objek wisata utama di Krka National Park adalah Skradinski buk, kumpulan beberapa air terjun yang jatuh ke dalam sebuah kolam alami yang sangat besar. Di satu sisi kolam, terdapat air terjung yang cukup tinggi, sementara di sisi kolam yang lain, mengalir air terjun bertingkat-tingkat. Ditinjau dari struktur geomorfologi dan vegetasi di sekitarnya, Skradinski buk sering dianggap sebagai air terjun kalsium karbonat tercantik di seluruh Eropa. Objek wisata lainnya di taman nasional ini adalah air terjun Roški Slap, serta sebuah pulau kecil, Visovac Island. Untuk mencapai destinasi ini, dari Zagreb, pengunjung bisa menggunakan bis menuju ke Skradin, sebuah kota kecil yang merupakan pintu gerbang menuju ke taman nasional ini.

4. Split

Split, Kroasia
Split. Kroasia
Destinasi wisata keempat adalah Split, kota terbesar kedua di Kroasia setelah Zagreb. Secara geografis, kota ini terletak di sebuah semenanjung di tepi Laut Adriatik, wilayah selatan negara ini. Split juga merupakan kota terbesar di region Dalmatia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 178 ribu jiwa pada tahun 2011. Split terkenal dengan bangunan Diocletian’s Palace, yang dibangun untuk Kaisar Romawi pada tahun 305 Masehi. Kota ini juga pernah menjadi ibu kota provinsi Dalmatia Romawi di tahun 605 Masehi. Pada tahun 1979, wilayah Old City bersama dengan Istana Diocletian dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Di Split juga terdapat banyak museum dan galeri seni, di antaranya adalah Archaeological Museum, Museum of Croatian Archaeological Monuments, Split City Museum, Split Science Museum & Zoo, dan Gallery of Fine Arts Split. Untuk mencapai kota ini, dari Zagreb pengunjung bisa menggunakan bis maupun pesawat udara melalui Split International Airport (SPU).

5. Zadar

Zadar, Kroasia
Zadar, Kroasia
Destinasi wisata kelima adalah Zadar, kota tertua di Kroasia. Secara gografis, kota ini juga terletak di tepi pantai Laut Adriatik, wilayah tengah negara ini. Zadar termasuk dalam wilayah region Ravni Kotari, Dalmatia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 75 ribu jiwa pada tahun 2011. Menurut sejarah, wilayah Zadar telah dihuni oleh suku Illyrian sekitar 9 abad sebelum masehi. Selanjutnya wilayah ini dihuni oleh bangsa Romawi yang ditandai dengan adanya jalan-jalan, lapangan kota (forum), serta kuil Capitolium. Di lepas pantai Zadar terdapat pulau Ugljan dan Pašman. Dengan kedua pulau tersebut, kota ini dipisahkan oleh Selah Zadar. beberapa landmark utama di kota ini antara lain Roman Forum, Town Hall, People’s Square, Church of St. Donatus, St. Anastasia’s Cathedral, serta tembok kota sepanjang 3 km yang situs warisan dunia UNESCO. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakna bis dari Zagreb, Split, serta Dubrovnik.

6. Hvar

Hvar, Kroasia
Hvar, Kroasia
Destinasi wisata keenam adalah Hvar, sebuah pulau cantik yang terletak di pantai barat Kroasia. Pulau kecil ini terletak di Laut Adriatik serta termasuk dalam wilayah region Dalmatia. Hvar dikelilingi oleh 3 pulau kecil lainnya: Brač yang terletak di sebelah utara, Vis yang terletak di sebelah barat, serta Korčula yang terletak di sebelah selatan. Luas pulau ini 297 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 11 ribu jiwa pada tahun 2001. Di pulau ini terdapat 4 kota utama yaitu Hvar, Jelsa, Stari Grad, dan Sućuraj. Di Hvar terdapat situs warisan dunia UNESCO, Stari Grad Plain (Starogradsko polje), area dataran rendah yang merupakan koloni bangsa Yunani saat pertama kali datang ke pulau ini sekitar 4 abad sebelum masehi. Pada saat itu, bangsa Yunani membangun sebuah pemukiman bernama Pharos, dan saat ini dipercaya sebagai kota tertua di seluruh Eropa. Objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan di pulau ini antara lain pantai, kebun lavender, kebun anggur, serta area pusat kota Hvar. Untuk mencapai destinasi ini,pengunjung bisa menggunakan ferry dari kota Split.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Kroasia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar