Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Februari 20, 2018

6 Destinasi wisata di Slowakia yang sering dikunjungi oleh para Traveler

Salam Traveling!

Masih di Eropa Tengah, setelah Austria, Ceko, dan Hongaria, sekarang kita menuju ke negara detinasi wisata selanjutnya, yaitu Slowakia.

Slowakia
Musim gugur di Slowakia
Slowakia (Republik Slowakia / Slovenská republika) merupakan negara Uni Eropa yang terletak di region Eropa Tengah. Serupa dengan Austria, Ceko, dan Hongaria, negara ini juga tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Slowakia berbatasan dengan Austria dan Ceko di sebelah barat, dengan Polandia di sebelah utara, dengan Ukrania di sebelah timur, serta dengan Hongaria di sebelah selatan. Sebagian besar wilayah negara ini didominasi oleh pegununungan, yang terkenal adalah Pegunungan Carpathian dengan puncak tertingginya, Pegunungan Tatra. Ibu kota Slowakia terletak di Bratislava. Secara administrasi, wilayah negara ini dibagi menjadi 9 kraj (region): Bratislava, Trnava, Nitra, Trenčin, Banská Bystrica, Žilina, Košice, dan Prešov. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Slowakia (slovenčina), dan mata uang resminya adalah Euro (EUR). Bandara internasional utama di negara ini adalah M.R. Štefánik Airport (BTS) yang terletak sekitar 9 km dari pusat kota Bratislava.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Slowakia:

1. Bratislava

Bratislava, Slowakia
Bratislava Castle, Bratislava
Destinasi wisata pertama adalah Bratislava, ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Slowakia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah barat-daya negara ini, di tepi Sungai Morava serta di sepanjang Sungai Danube. Dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 450 ribu jiwa di tahun 2017, menjadikan Bratislava sebagai ibu kota negara yang paling kecil di Benua Eropa. Kota ini juga merupakan satu-satunya ibu kota negara yang terletak di 2 perbatasan negara yaitu, Slowakia – Ceko serta Slowakia – Austria. Sebagai ibu kota negara, di Bratsilava terdapat istana presiden, gedung parlemen, serta kantor-kantor pemerintahan negara ini. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Old Town, Bratislava Castle, Devin Castle, Rusovce Mansion dan English Park, Bratislava’s Town Hall, Michael’s Gate, Grassalkovich Palace, Hviezdoslav Square, Horský park, serta Bratislavský lesný park. Di kota ini terdapat 2 stasiu kereta utama yaitu Bratislava-Petržalka dan Bratsilava hlavná stanica, yang menghubungkan Bratislava dengan kota-kota besar lain di Austria, Ceko, Hongaria, Polandia, serta Jerman.

2. Tatra National Park, Slowakia

Tatra National Park, Slowakia
Tatra National Park, Slowakia - foto oleh Aga Viburno
Destinasi wisata kedua adalah Tatra National Park (Tatranský národný park), taman nasional yang terletak di Pegunungan Tatra, wilayah utara Slowakia. Taman nasional ini pertama kali diresmikan pada tahun 1949 dengan luas area sekitar 738 km persegi. Area tersebut meliputi Pegunungan High Tatras, Eastern Tatras (Východné Tatry), dan Western Tatras (Západné Tatry). Wilayah barat taman nasional ini termasuk dalam region Žilina, sementara wilayah timurnya di region Prešov. Puncak tertinggi di Slowakia, Gerlachovský štit (2.655 m), terletak di taman nasional ini. Puncak tersebut juga merupakan yang tertinggi di Pegunungan Tatra dan seluruh Deretan Pegunungan Carpathian. Di Tatra National Park ini juga terdapat banyak danau, gua, dan air terjun. Beberapa yang utama antara lain Veľké Hincovo pleso, Belianska Cave, dan Studenovodské vodopády. Untuk mencapai destinasi ini, dari Bratsilava pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Poprad, setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan kereta kecil menuju ke Tatranská Lomnica, Starý Smokovec, atau Štrbské Pleso. Tatra National Park juga berlanjut ke wilayah Polandia, yang dikenal dengan nama Tatrzański Park Narodowy.

3. Poprad

Poprad, Slowakia
Poprad, Slowakia
Destinasi wisata ketiga adalah Poprad, sebuah kota yang terletak di region Prešov, tidak jauh dari perbatasan Slowakia – Polandia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah utara Slowakia, di kaki Pegunungan High Tatras serta di tepi Sungai Poprad. Poprad terkenal dengan keindahan arsitektur bangunan-bangunannya, serta merupakan pintu gerbang menuju ke Pegunungan High Tatras. Kota ini merupakan kota terbesar ke-10 di Slowakia dengan jumlah penduduk kota sekitar 55 ribu jiwa pada tahun 2016. Beberapa landmark utama di Poprad antara lain St. Egidius Square, Tatranská galéria, Tatra Museum, Spišská Sobota, dan AquaCity Poprad. Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi area Pegunungan Tatras, tersedia jalur kereta elektrik Tatra Electric Railway (Tatranská elektrická želenica) yang berangkat dari stasiun Poprad-Tatry menuju ke Starý Smokovec, Štrbské Pleso, dan Tatranská Lomnica. Untuk mencapai kota ini, dari Bratislava pengunjung bisa menggunakan kereta maupun bis.

4. Slovak Paradise National Park

Slovak Paradise National Park
Slovak Paradise National Park - foto oleh Zdenek Svoboda
Destinasi wisata keempat adalah Slovak Paradise National Park (Národný park Slovenský raj), sebuah taman nasional cantik yang terletak di wilayah timur Slowakia. Taman nasional ini meliputi seluruh area Pegunungan Slovak Paradise, sebuah pegunungan yang terletak di sebelah utara Pegunungan Slovenské rudohorie (Slovak Ore). Slovak Paradise National Park pertama kali diresmikan pada tahun 1988 dengan luas area sekitar 197 km persegi. Wilayah taman nasional ini membentang di 3 region: Banská Bystrica, Prešov, dan Košice. Di area ini terdapat banyak air terjun, ngarai, canyon, lembah, dan gua, yang terbentuk oleh aliran sungai. Yang paling terkenal, serta termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site, adalah Dobšinska Ice Cave. Objek wisata lainnya yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Suchá Belá Gorge, Prielom Hornádu Canyon, serta jalur hiking sepanjang 300 km. Pemukiman terdekat untuk mencapai taman nasional ini adalah Čingov, Podlesok, serta Dedinky.

5. Vysoké Tatry

Vysoké Tatry, Slowakia
Vysoké Tatry, Slowakia - foto oleh Laci30
Destinasi wisata kelima adalah Vysoké Tatry (High Tatras), sebuah kota kecil cantik yang terletak di kaki Pegunungan High Tatras, Slowakia. Kota inilah yang merupakan pintu gerbang untuk memasuki wilayah Tatra National Park. Vysoké Tatry terletak di wilayah utara negara ini, tidak jauh dari perbatasan Slowakia – Polandia. Kota ini berada pada ketinggian 1.010 m serta termasuk dalam wilayah distrik Poprad, region Prešov. Area Vysoké Tatry dibagi lagi menjadi 3 kota yakni Štrbské Pleso, Starý Smokoved, dan Tatranská Lomnica. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 4.700 jiwa pada tahun 2005. Beberapa objek wisata utama di Vysoké Tatry antara lain Pegunungan Rysy, Lomnický štít, Gerlachovský štít, Ski Museum, serta Tatra National Park Museum. Untuk mencapai destinasi ini, dari Bratislava, pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Poprad, kemudian dilanjutkan dengan kereta elektrik menuju ke kota area ini.

6. Košice

Košice, Slowakia
Košice, Slowakia
Destinasi terakhir kita kali ini adalah Košice, kota terbesar kedua di Slowakia setelah Bratislava. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Hornád, serta berbatasan dengan Pegunungan Slovak Ore di sebelah timur. Košice terletak di wilayah timur Slowakia, tidak jauh dari perbatasan negara ini dengan Hongaria. Jumlah penduduk kota ini sekitar 240 ribu jiwa pada tahun 2011. Kota ini juga sempat menjadi Europe Capital of Culture di tahun 2013 bersama dengan Marseille, Prancis. Košice merupakan pusat administrasi Region Košice serta pusat ekonomi dan kebudayaan di wilayah Slowakia Timur. Di kota ini terdapat berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur Gothic, Renaissance, Baroque, dan Noveau, yang masih dilestarikan hingga kini. Beberapa utama di kota ini antara lain Spiš Castle, East Slovak Museum, Slovak Technical Museum, Jakab Palace, St. Elisabeth Cathedral, serta Hlavná Street. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Bratislava, Prešov, dan Praha, melalui stasiun kereta Košice (Železničná stanica Košice).

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang beberapa destinasi wisata cantik di Slowakia yang sering dikunjungi oleh para traveler. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya !




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar