Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Februari 04, 2018

Wisata Cinque Terre, Destinasi Cantik di Region Liguaria, Italia

Salam Traveling !

Masih di Negeri Spaghetti, Italia, setelah mengunjungi Venezia serta beberapa kota di negara ini, sekarang kita akan berwisata ke destinasi cantik selanjutnya, yaitu Cinque Terre.

Cinque Terre, Italia
Cinque Terre, Italia
Cinque Terre merupakan area perbukitan di sepanjang tepi pantai Italian Riviera (Riviera ligure). Area ini terletak di provinsi La Spezia, region Liguria, wilayah timur-laut Italia. Dalam Bahasa Italia, Cinque Terre berarti “Five Lands“ atau “Lima Daratan”. Dinamakan demikian, karena area ini terdiri atas 5 desa (commune) yaitu Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola, dan Riomaggiore. Seluruh wilayah desa-desa tersebut, beserta area pantai dan perbukitan di sekitarnya, merupakan bagian dari Cinque Terre National Park. Pada tahun 1997, taman nasional ini beserta Portovenere dan tiga pulau di sekitarnya (Palmaria, Tino, dan Tinetto), dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

Bangunan di Cinque Terre
Salah satu bangunan di Cinque Terre
Serupa dengan Santorini dan Hallstatt, area Cinque Terre juga dibangun oleh masyarakat lokal. Selama berabad-abad, penduduk di area ini membangun pemukiman mereka secara tradisional di perbukitan yang langsung menghadap ke Laut Liguria. Antar desa hanya dihubungkan oleh jalan setapak, kereta lokal, dan perahu. Sedikitnya penggunaan kendaraan bermotor di area ini, menjadikan kebudayaan tradisional di Cinque Terre tetap terjaga kelestariannya hingga saat ini.

Berikut adalah 5 desa (commune) yang membentuk area Cinque Terre:

1. Monterosso al Mare

Monterosso al Mare, Cinque Terre
Monterosso al Mare
Desa pertama adalah Monterosso al Mare, yang letaknya paling utara di region Cinque Terre. Desa ini terletak di tepi pantai sebuah teluk kecil yang terlindungi batu karang. Di sebelah barat desa ini terletak desa Fegina, yang dibatasi oleh bukit Capuchins. Wilayah Monterosso al Mare dibagi menjadi 2 area: Old Town dan New Town. Kedua area tersebut dihubungkan oleh sebuah terowongan yang bisa dialui oleh pejalan kaki. Wilayah pesisir desa ini merupakan pantai berpasir yang selalu ramai dikunjungi wilatawan pada musim panas. Selain pantai, beberapa landmark lainnya di desa ini antara lain Monterosso Giant, The Castle, Chiesa di San Giovanni di Battista, dan Convent of Monterosso al Mare. Untuk mencapai Monterosso al Mare, pengunjung bisa menggunakan kereta lokal dari kota La Spezia atau Genoa.

2. Vernazza

Vernazza, Cinque Terre
Vernazza
Desa kedua adalah Vernazza, yang terletak di sebelah selatan Moterosso. Desa ini juga terletak di tepi pantai serta sering dijuluki sebagai “fishing village” karena mayoritas penduduknya yang bermata-pencaharian sebagai nelayan. Dari kelima desa yang ada di Cinque Terre, Vernazza merupakan desa dengan yang paling cantik. Rumah-rumah penduduk yang berwarna-warni, serta berderet rapi di sepanjang tebing yang menghadap ke laut, menjadikan pemandangan desa ini tak akan terlupakan. Beberapa landmark yang ada di desa ini antara lain Doria Castle, Church of Santa Margherita d’Antiochia, Sanctuary of Madonna di Reggio, dan tentu saja Vernazza’s Beach. Untuk mencapai Vernazza, pengunjung bisa menggunakan jalur setapak yang menghubungkan desa-desa lainnya di Cinque Terre.

3. Corniglia

Corniglia, Cenque Terre
Corniglia
Desa ketiga adalah Corniglia, yang terletak di sebelah selatan Vernazza, serta tepat di tengah wilayah Cinque Terre. Desa ini sebenarnya merupakan pecahan (frazione) dari commune Vernazza. Berbeda dengan keempat desa lainnya, Corniglia tidak terletak langsung di tepi pantai, melainkan di atas tebing setinggi kurang lebih 100 meter yang juga menghadap ke laut. Tiga sisi desa ini dikelilingi oleh kebun anggur dan teras-teras perbukitan. Sisi desa yang menghadap ke laut dihubungkan oleh jalur tangga setapak yang disebut Lardarina. Jalur tangga tersebut terdiri atas 33 tingkat dan 382 anak tangga. Wilayah Corniglia membentang di sepanjang jalan utama, Fieschi Road. Rumah-rumah penduduk di desa ini ada yang menghadap ke jalan, dan ada juga yang menghadap ke laut. Karena letaknya di tebing yang cukup tinggi, dari Corniglia, pengunjung bisa melihat pemandangan keempat desa lainnya di Cinque Terre.

4. Manarola

Manarola, Cinque Terre
Manarola
Desa keempat adalah Manarola, yang terletak di sebelah selatan Corniglia. Desa ini merupakan pecahan (frazione) dari commune Riomaggiore. Manarola merupakan desa terkecil sekaligus tertua di Cinque Terre. Dalam dialek lokal, nama desa ini adalah Manaea. Nama tersebut berasal dari kata “magna roea” atau “large wheel”, yang merujuk pada sebuah roda kincir besar yang ada di desa ini. Selain pariwisata, penduduk desa ini sebagian besar bekerja di industri pembuatan wine (anggur). Wine buatan penduduk lokal disebut dengan Sciacchetrá, serta merupakan salah satu wine berkualitas tinggi di Italia. Dengan desa di Rimaggiore, Manarola dihubungkan oleh jalur setapak yang dikenal dengan julukan Via dell’Amore atau Love’s Trail. Jalur tersebut merupakan objek wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke area ini, terutama di musim panas. Objek wisata lainnya di adalah areal perkebunan anggur yang terletak tepat di atas desa ini.

5. Riomaggiore

Riomaggiore, Cinque Terre
Riomaggiore
Desa terakhir dan yang letaknya paling selatan adalah Riomaggiore. Desa ini merupakan pintu gerbang pertama bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Cinque Terre. Di Riomaggiore terdapat stasiun kereta yang terhubung dengan stasiun La Spezia Centrale. Kota La Spezia sendiri hanya berjarak sekitar 15 km di sebelah timur desa ini. Sama seperti Manarola, Riomaggiore juga terkenal dengan industri pembuatan wine (anggur). Di desa ini juga terdapat pantai pantai kecil dan sebuah dermaga. Jalan utama di Riomaggiore adalah Via Colombo. Di jalan tersebut terdapat banyak restoran dan pertokoan. Dengan desa di sebelahnya, Manarola, Riomaggiore dihubungkan oleh jalur setapak yang dikenal dengan julukan Via dell’Amore atau Love’s Trail.

Cara mencapai Cinque Terre

Stasiun La Spezia Centrale
Stasiun La Spezia Centrale
Ada 2 rute yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk mencapai Cinque Terre : rute selatan dan rute utara. Rute selatan dimulai kota La Spezia yang terletak di sebelah selatan Cinque Terre. Desa pertama yang akan dicapai jika menggunakan rute ini adalah Riomaggiore. La Spezia dan Riomaggiore berjarak sekitar 15 km dan bisa ditempuh dengan kereta lokal. Setelah mencapai desa ini, pengujung selanjutnya bisa menjelajahi seluruh area Cinque Terre melalui jalur setapak yang dikenal dengan nama Sentiero Azzuro (Azure Trail). Untuk mencapai stasiun La Spezia Centrale sendiri, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Genoa, atau kereta antar kota (InterCity Train) dari Milan, Roma, Turin, dan Toscana.

Dermaga di Vernazza
Dermaga di Vernazza
Sementara rute utara dimulai dari kota Levanto yang terletak di sebelah utara Cinque Terre. Rute ini bisa dilalui dengan menggunakan kereta, maupun dengan hiking . Jika pengujung menggunakan jalur ini, maka desa pertama yang akan dicapai adalah Monterosso. Jarak antara Levanto dan Monterosso sekitar 13 km. Bagi pecinta hiking, jalur ini merupakan rute favorit karena para pendaki akan menikmati pemandangan alam yang sangat cantik di sepanjang tepi pantai Italian Riviera. Satu rute lagi untuk mencapai Cinque Terre adalah melalui jalur laut. Bagi pengunjung yang lebih menyukai moda trasportasi laut, tersedia ferry yang berangkat Porto Venere dan menuju ke dermaga di Vernazza.

Nah teman-teman, demikianlan informasi tentang wisata Cinque Terre, destinasi cantik di region Liguaria, Italia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar