Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Februari 10, 2018

Wisata South Tyrol, Provinsi Cantik di Lembah Pegunungan Alpen Italia

Salam Traveling!

Masih di Italia, setelah Venezia dan Cinque Terre, sekarang kita akan mengunjungi destinasi cantik selanjutnya yaitu South Tyrol, atau yang dalam Bahasa Italia dikenal dengan nama Alto Adige.

South Tyrol (Alto Adige), Italia
South Tyrol (Alto Adige), Italia
South Tyrol (Südtirol), atau Alto Adige, merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung utara Italia. Provinsi ini merupakan satu dari dua provinsi yang membentuk region Trentino-Alto Adige/Südtirol. Provinsi lainnya yang membentuk region tersebut adalah Trentino, yang terletak tepat di sebelah selatan provinsi ini. Seluruh wilayah South Tyrol terletak di Pegunungan Alpen, tepatnya Eastern Alps dan Dolomites. Pegunungan Dolomites sendiri merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Puncak tertinggi di South Tyrol adalah Ortler (3.905 m) yang juga merupakan puncak tertinggi Pegunungan Eastern Alps.

Dolomites, South Tyrol
Dolomites, South Tyrol
Wilayah South Tyrol berbatasan state Tirol dan Salzburg (Austria) di sebelah utara, dengan canton Graubünden (Swiss) di sebelah barat, serta dengan provinsi Belluno, Trentino, dan Sondrio (Italia) di sebelah selatan. Luas provinsi ini sekitar 7.400 km persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 511 ribu jiwa pada tahun 2011. Ibu kota provinsi terletak di Bolzano (Bozen). Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk di wilayah ini adalah Bahasa Jerman dan Bahasa Italia, serta Bahasa Ladin di beberapa wilayah di bagian timur. Karena letaknya di Pegunungan Alpen, sehingga arsitektur rumah-rumah penduduk di provinsi ini serupa dengan rumah-rumah di Pegunungan Alpen Swiss dan Austria.

Berikut beberapa objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di South Tyrol:

1. Seiser Alm (Alpe di Siusi)

Seiser Alm, South Tyrol
Seiser Alm, South Tyrol
Seiser Alm (Alpe di Siusi) merupakan area dataran tinggi yang terletak di Pegunungan Dolomites, South Tyrol. Area ini berada pada ketinggian 970 meter dan memiliki luas 57 km persegi. Seiser Alm merupakan dataran tinggi Alpen dengan wilayah terluas di Eropa. Area ini sangat populer dikunjungi oleh para wisatawan terutama bagi pecinta hiking dan ski. Wilayah Seiser Alm dikelilingi puncak-puncak pegunungan Dolomites, beberapa di antaranya memiliki ketinggian lebih dari 1.500 meter. Beberapa puncak yang sering dikunjungi oleh para hikers antara lain Langkofel, Plattkofel, Rosszähne, Schlern, dan Puflatsch. Di sekitar Seiser Alm juga terdapat beberapa kota kecil seperti Compatsch, Saltria, Kastelruth, dan Sankt Ulrich. Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung bisa menggunakan bis Linie 10 “Alpe di Siusi Express” dengan rute Seis Bushof – Kastelruth – Spitzbühl – Compatsch.

2. Pragser Wildsee (Lago di Braies)

Pragser Wildsee, South Tyrol
Pragser Wildsee, South Tyrol
Pragser Wildsee (Lago di Braies) adalah sebuah danau cantik berwarna biru kehijauan yang terletak di Valle di Braies, sebuah lembah yang terletak di antara Villabassa dan Monguelfo. Danau ini memiliki lokasi yang unik, tepat di ujung utara Fanes-Sennes-Braies Nature Park. Panorama Pragser Wildsee yang sangat cantik menjadikan danau ini digunakan sebagai setting sebuah drama TV Italia, “Un passo del cielo”. Danau ini berada pada ketinggian 1.496 meter dan memiliki luas permukaan 31 hektar. Di tepi selatan danau menjulang Gunung Croda del Becco (2.810 m), yang juga merupakan pintu masuk ke Fanes-Sennes-Braies Nature Park. Pragser Wildsee juga sering dijadikan sebagai starting point bagi sejumlah jalur hiking di Pegunungan Dolomites. Selain itu, pengunjung juga bisa menjelajahi seluruh area danau dengan jasa boat trip.

3. Karersee

Karersee, South Tyrol
Karersee, South Tyrol
Karersee (Lago di Carezza) adalah sebuah danau kecil cantik yang terletak di Val d’Ega, sekitar 6 km dari Nova Levante, South Tyrol. Val d’Ega sendiri merupakan sebuah lembah yang terletak di wilayah barat Pegunungan Dolomites. Dari permukaan air danau ini, pengunjung bisa melihat pantulan Gunung Catinaccio serta deretan Pegunungan Latemar yang membentang di perbatasan provinsi South Tyrol dan Trentino. Karena warna airnya yang menyerupai zamrud, sehingga dalam Bahasa Ladin, danau ini diberi julukan Lec de Ergobando, yang berarti Rainbow Lake. Karersee berada pada elevasi 1.520 meter dengan luas permukaan maksimum bisa mencapai 12,25 hektar. Pada musim panas, danau ini akan dialiri oleh salju yang mencair, sementara di musim dingin, danau ini akan membeku dan akan membuat pemandangan alam yang semakin cantik.

4. Reschensee

Reschensee, South Tyrol
Reschensee, South Tyrol
Danau selanjutnya adalah Reschensee (Lago di Resia), danau biru jernih yang juga merupakan danau terbesar di South Tyrol. Danau ini terletak di Val Venosta, sekitar 2 km dari Reschen Pass, sebuah jalur jalan yang membentuk perbatasan Italia – Austria. Reschensee merupakan danau buatan yang juga berfungsi sebagai reservoir. Danau ini berada pada elevasi 1.498 meter dan memiliki luas permukaan 660 hektar. Sumber air danau ini berasal dari 3 sungai: Adige, Rojenbach, dan Karlinbach. Selanjutnya air danau ini mengalir mengisi perairan Adige, yang akan bermuara di Laut Adriatik. Sungai Adige sendiri merupakan sungai terpanjang kedua di Italia dengan panjang 410 km. Reschensee terkenal dengan sebuah menara yang dibangun pada abad ke-14. Di musim dingin, air danau ini akan membeku sehingga pengunjung bisa mencapai menara tersebut hanya dengan berjalan kaki.

5. Gardens of Trauttmansdorff Castle

Gardens of Trautmansdorff Castle - foto oleh Böhringer Friedrich
Seperti namanya, Gardens of Trautmansdorff Castle (Die Gärten von Schloss Trauttmansdorff) merupakan taman dan kebun botani yang terletak di halaman Trauttmansdorff Castle. Taman dan kastil ini terletak di Merano, South Tyrol. Taman seluas 12 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1850. Taman ini dibuka setiap hari kecuali di musim dingin, dan untuk mengunjunginya wisatawan dikenakan biaya masuk. Area Gardens of Trauttmansdorff Castle dibagi menjadi lebih dari 80 bagian, beberapa yang utama antara lain Forest of the world, Oleander Steps, Sun Gardens, Water and Terrace, Wollemia nobilis specimen, Aviary, Japanese Alluvial Forest, Rive Terraces, dan Tea Plantations. Di dalam bangunan Trauttmansdorff Castle juga terdapat South Tyrol Museum of Tourism atau yang lebih dikenal dengan nama Touriseum. Untuk mencapai Merano, pengunjung bisa menggunakan kereta Trenitalia maupun ItaloTreno dari Bolzano.

Cara Mencapai South Tyrol

Brennerbahn, South Tyrol
Brennerbahn (Ferrovia del Brennero)
Provinsi South Tyrol dilalui oleh jalur Brenner Pass, sebuah jalur jalan utama yang melintasi perbatasan Italia - Austria. Jalur ini dilalui oleh kereta Brennerbahn (Ferrovia del Brennero), yang dimulai dari Innsbruck (Austria), Bolzano yang terletak di provinsi ini, dan berakhir di Verona (Italia). Operator kereta utama di Brennerbahn adalah Trenitalia dan DB/ÖDB Italia. Jalur kereta lainnya adalah Pustertal Line yang menghubungkan Franzenfeste dan Bruneck, dan berlanjut ke wilayah East Tyrol (Austria). Kereta di jalur ini dijalankan oleh operator Südtirol Bahn dan ÖBB Regional & S-Bahn. Stasiun Brenner, yang merupakan stasiun utama di South Tyrol, terletak di ujung utara provinsi ini, tepat di perbatasan Italia – Austria.

Bolzano, South Tyrol
Bolzano, South Tyrol
Cara lainnya adalah dengan menggunakan bis, yang relatif lebih murah serta bisa menjangkau area-area yang tidak bisa dicapai oleh kereta. Jika menggunakan bis, pengunjung umumnya akan berhenti di Bolzano, ibu kota provinsi South Tyrol. Beberapa agen bis utama yang menuju ke provinsi ini antara lain: Gross yang berangkat dari Munich (Jerman); Wikel yang berangkat dari Polandia; CentroTrans yang berangkat dari Romania; Eurolines Agency dari Slowakia dan Bratislavia; Tourbus yang berangkat dari Praha dan Brno (Republik Ceko); serta Südtirol Tours dan Südtirol Express yang berangkat dari Swiss, Austria, dan wilayah selatan Jerman.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata South Tyrol atau Alto Adige, provinsi cantik di lembah Pegunungan Alpen Italia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar