Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 16, 2018

6 Destinasi Wisata Cantik di Pakistan Favorit para Traveler

Salam Traveling!

Setelah Iran, sekarang kita kembali ke region Asia Selatan, dan negara yang akan kita tuju kali ini adalah Pakistan.

Nanga Parbat, Pakistan
Nanga Parbat, Pakistan
Pakistan (Republik Islam Pakistan / Islami Jumhuriyah Pakistan) merupakan sebuah negara yang terletak di region Asia Selatan. Wilayah negara ini berbatsan dengan Iran di sebelah barat, dengan Afghanistan di sebelah barat-laut, dengan Tajikistan di sebelah utara, dengan Tiongkok di sebelah timur-laut, dengan India di sebelah timur, serta dengan Laut Arab dan Teluk Oman di sebelah selatan. Negara Pakistan dibentuk pada tahun 1947 untuk menyediakan tanah merdeka bagi penduduk Muslim India. Di tahun 1956, negara ini menjadi Republik Islam. Saat ini, ibu kota Pakistan terletak di Islamabad, tetapi Karachi merupakan kota terbesar. Wilayah negara ini dibagi terbagi ke dalam 4 provinsi dan 4 federal teritorial, salah satunya adalah Azad Kashmir, area yang masih dipersengketakan dengan India. Sesuai dengan nama negara, mayoritas penduduk Pakistan adalah Muslim. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Urdu dan Bahasa Inggris. Mata uang resminya menggunakan rupee Pakistan (PKR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Jinnah International Airport (KHI) yang terletak di Karachi.

Berikut beberapa destinasi wisata cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Pakistan:

1. Islamabad

Islamabad, Pakistan
Faisal Mosque, Islamabad
Destinasi wisata pertama adalah Islamabad, ibu kota negara Pakistan. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah timur-laut negara ini, tepatnya di Dataran Tinggi Pothohar, serta di antara Distrik Rawalpindi dan Margalla Hills National Park. Islamabad termasuk dalam wilayah federal Islamabad Capital Territory. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2 juta jiwa pada tahun 2017, sementara jumlah seluruh penduduk di area metropolitan Islamabad-Rawalpindi mencapai 4 juta jiwa. Islamabad pertama kali dibangun sebagai kota pada tahun 1960 untuk menggantikan Karachi sebagai ibu kota Pakistan. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Faisal Mosque yang merupakan masjid terbesar di region Asia Selatan, Pakistan Monument, Deemocracy Square, Lake View Park, Daman-e-Koh Park, dan Margalla Hills. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung umumnya menggunakan jalur udara melalui bandara New Islamabad International Airport (ISB) yang terletak di Provinsi Punjab, sekitar 20 km dari pusat kota Islamabad.

2. Lahore

Lahore, Pakistan
Badshahi Mosque, Lahore - foto oleh Ujphotos
Destinasi wisata kedua adalah Lahore, ibu kota Provinsi Punjab. Secara geografis, kota ini terletak wilayah timur Pakistan, tidak jauh dari perbatasan negara ini dengan India. Di wilayah utara kota ini, mengalir Sungai Ravi. Lahore merupakan kota terbesar kedua di Pakistan dengan jumlah penduduk sekitar 11 juta jiwa pada tahun 2017. Di masa lampau, wilayah kota ini telah menjadi pusat berbagai kerajaan, di antaranya adalah Hindu Shahi, Ghaznavid, Ghurid, dan Kesultanan Delhi. Lahore mencapai puncak kejayaannya pada masa Kekaisaran Mughal di abad ke-16 hingga abad ke-18. Saat ini, Lahore merupakan kota pusat sastra di negara ini, yang ditandai dengan event Festival Sastra Lahore yang diadakan setiap tahun. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Lahore Fort dan Shalimar Gardens yang merupakan UNESCO World Heritage Site, Badshahi Mosque, Lahore Museum, Quaid-e-Azam Library, dan Minar-e-Pakistan. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Islamabad serta dari kota Amritsar, India.

3. Karachi

Karachi, Pakistan
Mohatta Palace, Karachi
Destinasi wisata ketiga adalah Karachi, ibu kota Provinsi Sindh, sekaligus kota terbesar di Pakistan. Secara geografis, kota ini terletak tepi Laut Arab, di ujung selatan negara ini. Di wilayah Karachi terbentang 2 deretan perbukitan kecil yaitu Khasa dan Mulri. Perbukitan tandus tersebut memiliki elevasi tertinggi 528 meter, serta merupakan bagian dari Pegunungan Kirthar. Wilayah Karachi juga dikelilingi oleh 2 sungai yaitu Malir dan Lyari. Sekitar 35 km di sebelah timur kota ini, terletak muara Sungai Indus, yang merupakan sungai terpanjang di Pakistan. Saat ini, Karachi merupakan kota terbesar di negara ini dengan jumlah penduduk mencapai 14,9 juta jiwa pada tahun 2017. Kota ini juga merupakan pusat industri dan finansial. Di wilayah Karachi terdapat 2 pelabuhan laut terbesar di negara ini yaitu Port of Karachi dan Port Bin Qasi. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Mazar-e-Quaid, Mohatta Palace, Frere Hall, Tooba Mosque, Clifton Beach, dan Hawke’s Bay. Di Karachi terdapat bandara internasional utama Pakistan, yaitu Jinnah International Airport.

4. Peshawar

Peshawar, Pakistan
Islamia College, Peshawar - foto oleh Onaira Zahoor
Destinasi wisata keempat adalah Peshawar, ibu kota Provinsi Khyber Pakhtunkwa. Secara geografis, kota ini terletak di Dataran Gandhara, wilayah utara Pakistan. Wilayah Peshawar terletak di sebuah lembah yang sangat luas dan dikelilingi oleh 3 deretan pegunungan. Kota ini juga terletak di jalur Khyber Pass, tidak jauh dari perbatasan negara ini dengan Afghanistan. Selain sebagai ibu kota provinsi, Peshawar juga merupakan pusat administrasi dan ekonomi untuk wilayah Federally Administered Tribal Areas (FATA). Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,97 juta jiwa pada tahun 2017. Menurut sejarah, wilayah Peshawar telah dihuni oleh manusia sejak 500 tahun sebelum masehi, yang menjadikan kota ini sebagai salah satu kota tertua di Asia Selatan. Pada masa Kekaisaran Mughal, Peshawar telah menjadi salah satu kota pusat perdagangan, dan di masa Kekaisaran Durrani kota ini dijadikan sebagai ibu kota di musim dingin. Beberapa landmark utama di Peshawar antara lain Islamia College, Mahabat Khan Mosque, Cunningham Clock Tower, Sunehri Mosque, Bala Hissar Fortress, dan Bab-e-Khyber. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Islamabad, serta menggunakan kereta dari Karachi.

5. Distrik Swat

Distrik Swat, Pakistan
Distrik Swat
Destinasi wisata kelima adalah Distrik Swat, sebuah distrik dan lembah cantik yang juga terletak di Provinsi Khyber Pakhtunkwa. Lembah ini menempati bagian atas Sungai Swat, di wilayah utara Pakistan. Di masa lampau, Swat merupakan pusat penyebaran agama Budha, serta merupakan bagian dari Kerajaan Gandhara. Pada abad ke-11, Islam masuk ke wilayah ini dan hampir seluruh penduduknya menjadi Muslim. Ibu kota Distrik Swat terletak di Saidu Sharif, sementara kota terbesar dan pusat perdagangan terletak di Mingora. Jumlah penduduk distrik ini sekitar 2,3 juta jiwa pada tahun 2017. Swat merupakan salah satu area di Pakistan yang memiliki panorama alam yang masih alami, dengan pepohonan hijau, hutan, lembah, serta pegunungan yang selalu tertutup salju di musim dingin. Area ini sering dijuluki sebagai “Switzerland of the East” karena keindahan alamnya. Beberapa objek wisata utama di Swat antara lain Malam Jabba Ski Resort, Fizagat Park, Sufed Mahal Marghazar, Mahodand Lake, dan Kundol Lake. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan jasa tour dari Peshawar maupun Islamabad.

6. Azad Kashmir

Azad Kashmir, Pakistan
Neelum Valley, Azad Kashmir - foto oleh Asif Shimshalee
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Azad Kashmir, destinasi cantik yang terletak di ujung timur-laut Pakistan. Nama lengkap wilayah territorial ini adalah Azad Jammu and Kashmir (AJK) yang berarti “Free Jammu and Kashmir”. Di sebelah timur, wilayah Azad Kashmir tepat berbatasan dengan negara bagian Jammu & Kashmir (India), dan dipisahkan oleh Line of Control. Sementara di sebelah selatan, wilayah territorial ini berbatasan dengan Provinsi Punjab, dan di sebelah barat dengan Provinsi Khyber Pakhtunkwa. Ibu kota Azad Kashmir terletak di Muzzaffarabad, dan kota terbesar terletak di New Mirphur City. Jumlah penduduk wilayah ini sekitar 4 juta jiwa pada tahun 2017. Beberapa destinasi di Azad Kashmir antara lain Neelam Valley, Leepa Valley, Muzzaffarabad, Sudhanoti, Poonch District, Bagh District, dan New Mirpur City. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan jasa tour dari Islamabad.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata cantik di Pakistan yang sering dikunjungi oleh para traveler. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya !




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar