Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 28, 2018

7 Destinasi Wisata di Negeri Bollywood, India, yang wajib Kalian Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Maladewa dan Pakistan, negara Asia Selatan yang akan kita kunjungi adalah Negeri Bollywood, India.

India (Republik India / Bhārat Gaņarājya) merupakan sebuah negara besar yang terletak di region Asia Selatan. Negara ini berbatasan dengan Pakistan di sebelah barat; dengan Tiongkok, Nepal, dan Bhutan di sebelah timur-laut; dengan Myanmar dan Bangladesh di sebeah timur; dengan Teluk Bengal di sebelah tenggara; dengan Samudra Hindia di sebelah selatan; serta dengan Laut Arab di sebelah barat-daya. India merupakan negara dengan populasi penduduk terbanyak kedua di dunia, yaitu sekitar 1,3 milyar jiwa pada tahun 2016. Secara administratif, wilayah India dibagi ke dalam 29 state dan 7 teritorial. Ibu kota negara ini terletak di New Delhi, dan kota terbesarnya adalah Mumbai. Mayoritas penduduk India beragama Hindu, disusul oleh Islam, Kristen, Sikh, Budha, dan Jainism. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Hindi, Bahasa Inggris, serta bahasa lokal di setiap state. Mata uang resmi yang digunakan adalah rupee India (INR). Karena memiliki wilayah yang sangat luas, di India terdapat beberapa bandara internasional utama, di antaranya adalah Chhatrapati Shivaji International Airport (BOM) di Mumbai, Indira Gandhi International Airport (DEL) di New Delhi, Kempegowda International Airport (BLR) di Bangalore, dan Chennai International Airport (MAA) di Chennai.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di India:

1. Agra

Agra, India
Taj Mahal, Agra
Destinasi wisata pertama adalah Agra, kota metropolitan yang terletak di state Uttar Pradesh. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Yamuna, wilayah utara India. Dari ibu kota negara, New Delhi, Agra berjarak sekitar 206 km ke sebelah selatan. Kota ini bersama dengan Delhi dan Jaipur termasuk dalam area Golden Triangle. Agra merupakan kota terbesar di state Uttar Pradesh dengan jumlah penduduk sekitar 1,58 juta jiwa pada tahun 2011. Landmark utama di kota ini adalah Taj Mahal, beserta Agra Fort dan Fatehpūr Sikrī, yang kesemuanya termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark dan objek wisata lainnya di Antara antara lain I’timād-Ud-Daulah, Akbar’s Tomb, Jamā Masjid, Chīnī kā Rauza, Rām Bāgh, Mughal Heitage Walk, Paliwal Park (Hewitt Park), dan Chaat Gali Sadar Bazar. Untuk mencapai destinasi ini, dari New Delhi, pengunjung bisa menggunakan kereta maupun bis.

2. Delhi

Delhi, India
Humayun's Tomb, Delhi - foto oleh Dennis Jarvis
Destinasi wisata kedua adalah Delhi, kota sekaligus wilayah teritorial utama di India. Nama resmi teritorial ini adalah National Capital Territory of Delhi atau sering disingkat dengan NCT. Di kota inilah terletak distrik New Delhi, yang merupakan ibu kota negara India. Secara geografis, Delhi terletak di sepanjang Sungai Yamuna, wilayah utara negara ini. Wilayah teritorial ini berbatasan dengan state Haryana di sebelah utara, barat, dan selatan; serta dengan state Uttar Pradesh di sebelah timur. Jumlah penduduk seluruh wilayah Delhi mencapai lebih dari 16,7 juta jiwa pada tahun 2011. Di kota ini terdapat 3 landmark yang termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site yaitu Qutb Complex, Red Fort, dan Humayun’s Tomb. Landmark lainnya di Delhi antara lain India Gate, Jama Masjid, Lotus Temple, Akshardham Temple, dan Connaught Place. Di wilayah barat-daya kota ini terdapat salah satu bandara internasional utama India yaitu Indira Gandhi International Airport (DEL).

3. Jaipur

Jaipur, India
Jantar Mantar, Jaipur
Destinasi wisata ketiga adalah Jaipur, ibu kota sekaligus kota terbesar di state Rajashtan. Sama seperti Agra dan Delhi, Jaipur juga terletak di wilayah utara India, tepatnya di sepanjang Sungai Dravyavati. Kota ini juga termasuk dalam area Golden Triangle Agra – Delhi – Jaipur. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3 juta jiwa pada tahun 2011. Jaipur dikenal dengan julukan The Pink City. Nama tersebut digunakan karena dahulu bangunan-bangunan di wilayah ini dicat dengan warna pink, dan sebagian besar bangunan tersebut masih ada hingga saat ini. Di Jaipur terdapat 2 bangunan yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu Jantar Mantar dn Amer Fort. Landmark dan objek wisata lainnya di kota ini antara lain Hawa Mahal, Jal Mahal, City Palace, Birla Mandir, dan Albert Hall Museum. Di Jaipur terdapat bandara internasional Jaipur International Airport (JAI), tepatnya di wilayah Sanganer, sekitar 13 km dari pusat kota. Dari Delhi, kota ini juga bisa dicapai dengan kereta maupun bis.

4. Kashmir

Kashmir, India
Munnar, Kashmir
Destinasi wisata keempat adalah Kashmir, destinasi tercantik di negeri ini. Nama resmi state ini adalah Jammu and Kashmir, dan sering disingkat dengan sebutan J&K. Secara geografis, Kashmir terletak di Pegunungan Himalaya, di ujung utara India. State ini berbatasan dengan Himachal Pradesh dan Punjab di sebelah selatan; dengan Azad Kashmir dan Gilgit Balistan (Pakistan) di sebelah barat dan utara; serta dengan Aksai Chin (China) di sebelah timur. Kashmir memiliki 2 ibu kota: Srinagar di musim panas, dan Jammu di musim dingin. Wilayah Kashmir dibagi ke dalam 3 bagian yaitu Jammu, Kashmir Valley, dan Ladakh. Jumlah total penduduk di state ini sekitar 12,5 juta jiwa pada tahun 2011. Kashmir merupakan satu-satunya state di India yang mayoritas penduduknya adalah Muslim, serta menggunakan Bahasa Urdu sebagai bahasa resmi. Beberapa objek wisata di wilayah ini antara lain Gulmarg ski resort, Indus River, Lake Tso Moriri, Nageen Lake, dan Lake Pangong Tso. Untuk mencapai destinasi ini, dari Delhi pengunjung umumnya menggunakan jalur udara melalui bandara Sheikh ul-Alam International Airport (SXR) yang terletak di Srinagar.

5. Mumbai

Mumbai, India
Chhatrapati Shivaji Terminus, Mumbai - foto oleh Anoop Ravi
Destinasi wisata kelima adalah Mumbai, kota metropolitan yang terkenal dengan industri film Bollywood. Mumbai merupakan ibu kota state Maharastra sekaligus kota terbesar di negara India. Hingga tahun 1995, kota ini bernama Bombay, dan saat ini nama tersebut masih sering digunakan. Secara geografis, Mumbai terletak di region Konkan, sebuah region yang membentang di sepanjang pantai barat India. Kota ini terletak di muara Sungai Ulhas serta dibatasi oleh Laut Arab di sebelah barat. Wilayah Mumbai dibagi menjadi 2 bagian: Mumbai City dan Mumbai Suburban District. Jumlah penduduk kota ini sekitar 12,4 juta jiwa pada tahun 2011. Selain terkenal dengan industri film Bollywood, Mumbai juga dikenal sebagai kota terkaya di negara ini. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Gateway of India, Chhatrapati Shivaji Terminus, Taj Mahal Palace Hotel, Chhatrapati Shivaji Maharaj Vastu Sangrahalaya, dan Kanheri Caves. Di Mumbai terdapat salah satu bandara internasional utama India yaitu Chhatrapati Shivaji International Airport (BOM).

6. Goa

Goa, India
Palolem Beach, Goa - foto oleh Satyajit Nayak
Destinasi wisata keenam adalah Goa, sebuah state yang juga terletak di region Konkan, wilayah pantai barat India. State ini berbatasan dengan Maharastra di sebelah utara, dengan Karnataka di sebelah timur dan selatan, serta dengan Laut Arab di sebelah barat. Goa merupakan state dengan luas wilayah yang paling kecil di negara ini. Wilayah state ini dibagi 2 bagian, North Goa dan South Goa. Ibu kota state terletak di Panaji, dan kota terbesarnya adalah Vasco da Gama. Jumlah total penduduk wilayah ini sekitar 1,8 juta jiwa pada tahun 2017. Sejak abad ke-16 hingga tahun 1961, Goa merupakan wilayah teritorial Portuguese India. Salah satu kota yang masih melestarikan kebudayaan Portugis hingga saat ini adalah Margao. Karena letaknya di tepi laut, Goa terkenal dengan objek wisata pantai, salah satunya adalah Palolem Beach. Landmark lainnya di wilayah ini antara lain Dudhsagar Falls, Fort Aguada, Fontainhas Quarter, dan Bonda Wildlife Sanctuary.

7. Manali

Manali, India
Solang Valley, Manali
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Manali, kota kecil cantik di state Himachal Pradesh, wilayah utara India. Kota ini terletak di wilayah Pegunungan Himalaya, tepatnya di lembah Sungai Beas, tidak jauh dari Kullu Valley. Manali berada pada ketinggian 1.800 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Dari ibu kota state, Shimla, kota kecil ini berjarak sekitar 270 km ke sebelah utara. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 8 ribu jiwa pada tahun 2011. Di masa lampau, wilayah Manali merupakan jalur perdagangan menuju ke Ladakh, Yarkand dan Khotan. Saat ini, kota kecil ini merupakan destinasi wisata utama di India terutama bagi pecinta ski. Beberapa objek wisata utama di Manali antara lain Rohtang Pass, Solang Valley, Bhrigu Lake, Pandoh Dam, Manali Sanctuary, Hamta Pass, dan Great Himalayan National Park. Kota ini juga merupakan pintu gerbang menuju ke destinasi wisata cantik lainnya yaitu Lahaul, Spiti, dan Leh. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis, kereta, maupun pesawat udara.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata di Negeri Bollywood, India, yang wajb kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar