Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 12, 2018

6 Destinasi Wisata Utama di Negeri Persia, Iran

Salam Traveling!

Setelah negara-negara Transkaukasia, sekarang kita menuju ke negara Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan region tersebut, yaitu Iran.

Shiraz, Iran
Eram Garder, Shiraz, Iran
Iran (Republik Islam Iran / Jumhuriya Islami Iran) merupakan sebuah negara republik yang terletak di region Asia Barat atau Timur Tengah. Negara ini juga dikenal dengan nama Persia. Wilayah Iran berbatasan dengan Irak dan Turki di sebelah barat; dengan Armenia dan Azerbaijan di sebelah barat-laut; dengan Laut Kaspia di sebelah utara; dengan Turkmenistan di sebelah timur-laut; dengan Afghanistan dan Pakistan di sebelah timur; serta dengan Teluk Persia dan Teluk Oman di sebelah selatan. Di region Timur Tengah, Iran merupakan negara dengan wilayah terluas kedua setelah Arab Saudi. Ibu kota negara ini terletak di Tehran. Satu-satunya agama resmi di negara ini adalah Islam Syiah. Iran merupakan negara dengan populasi penduduk Muslim Syiah terbanyak di dunia. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Persia dan mata uang resminya menggunakan Rial (IRR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Tehran Imam Khomeini International Airport (IKA) yang terletak di Robat Karim, sekitar 50 km dari pusat kota Tehran.

Berikut beberapa destinasi yang sering dikunjungi oleh para traveler di Iran:

1. Tehran

Tehran, Iran
Tehran, Iran
Destinasi wisata pertama adalah Tehran, ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Iran. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah utara Iran, serta merupakan ibu kota Provinsi Tehran. Pada tahun 2016, jumlah penduduk kota ini sekitar 8,8 juta jiwa, sementara jumlah total penduduk untuk seluruh wilayah Greater Tehran mencapai 15 juta jiwa. Dengan jumlah tersebut, Tehran menjadi kota metropolitan dengan populasi terbanyak di region Timur Tengah. Tehran pertama kali menjadi ibu kota Iran pada tahun 1796 atas prakarsa Agha Mohammad Khan dari Dinasti Qajar. Di kota ini terdapat berbagai bangunan kompleks kerajaaan yang pernah berkuasa di wilayah ini yaitu Golestan, Sa’dabad, dan Niavran. Selain kompleks tersebut, beberapa landmark utama lainnya di Tehran antara lain Azadi Tower, Milad Tower, Carpet Museum of Iran, Tabiat Bridge, dan Jamshidieh Park. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan jalur udara melalui bandara Khomeini International Airport.

2. Isfahan

Isfahan, Iran
Shah Mosque, Isfahan
Destinasi wisata kedua adalah Isfahan (Esfahan), ibu kota Provinsi Isfahan. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah tengah Iran, tepatnya di lembah Sungai Zayanderud, serta di kaki Pegunungan Zagros. Di sebelah selatan wilayah kota ini terdapat Gunung Soffeh (Kuh-e Soffeh). Sejak masa lampau, Isfahan telah menjadi salah satu kota penting di wilayah Iran karena letaknya yang sangat strategis, tepat di persimpangan jalur utara-selatan serta timur-barat negara ini. Kota ini mencapai puncak kejayaannya sebagai ibu kota Kerajaan Persia pada abad ke-16 dan ke-17 di bawah kekuasaan Dinasti Safavid. Saat ini, Isfahan merupakan kota metropolitan terbesar ketiga di Iran dengan jumlah penduduk sekitar 2,1 juta jiwa (estimasi 2016). Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Naghsh-e Jahan Square yang merupakan situs warisan dunia UNESCO, Shah Mosque, Ali Qapu Palace, Grand Bazaar Isfahan, Khaju Bridge, dan Meydan Hohne. Dari Tehran, Isfahan berjarak sekitar 448 km ke sebelah selatan, dan untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis maupun pesawat udara.

3. Shiraz

Makam Hafez, Shiraz
Makam Hafez, Shiraz
Destinasi wisata ketiga adalah Shiraz, ibu kota Provinsi Fars (Pars). Secara geografis, kota ini terletak di wilayah barat-daya Iran, tepatnya di kaki Pegunungan Zagros serta di tepi sungai "Roodkhaneye Khosk" (Dry River) yang hanya mengalir pada musim hujan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,8 juta jiwa pada tahun 2016. Shiraz merupakan salah satu kota tertua di wilayah Persia. Menurut catatan sejarah, kota ini telah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi dengan nama Tiraziš. Di abad ke-13, Shiraz menjadi kota pusat seni dan bahasa dengan banyaknya jumlah pelajar dan seniman. Antara tahun 1750 hingga 1800, kota ini menjadi ibu kota Kerajaan Persia dibawah kekuasaan Dinati Zand. Dua penulis puisi terkenal di Iran, Hafez dan Saadi, berasal dari Shiraz, dan makam mereka terdapat di wilayah kota ini. Selain sebagai kota puisi, Shiraz juga terkenal sebagai kota sastra dan bunga. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Eram Garden, Delgosha Garden, Nasir ol Molk Mosque, Qavam House, Makam Hafez, MakamSaadi, Vakil Bazaar, dan Pars Museum. Tidak jauh dari wilayah kota ini juga terdapat reruntuhan Persepolis, Tomb of Cyrus, Naqsh-e Rustam, Bishapur, Margoon Waterfall, dan Shapur Cave. Dari Tehran, Shiraz berjarak sekitar 932 km ke sebelah selatan, serta bisa dicapai dengan menggunakan kereta maupun pesawat udara.

4. Yazd

Kompleks Amir Chakhmaq, Yazd
Destinasi wisata keempat adalah Yazd (Yezd), ibu kota Provinsi Yazd. Secara geografis, kota ini terletak di tengah gurun, di wilayah tengah Iran. Letak geografis tersebut menjadikan Yazd sebagai kota terpanas di seluruh wilayah negara ini, dengan suhu udara diatas 40°C pada musim panas. Jumlah penduduk kota ini sekitar 529 ribu jiwa pada tahun 2016. Yazd merupakan salah satu kota di wilayah Persia yang memiliki arsitektur bangunan tradisonal yang unik, dan dijuluki sebagai City of Windcatchers (Shahr-e Badgirha). Sebagian besar bangunan di kota ini dilengkapi dengan windtower atau windcatcher (badgir) sebagai ventilasi alami. Beberapa bangunan di kota ini juga dilengkapi dengan sistem saluran air minum (ab anbar), terowongan bawah tanah (qanats), serta sistem pendingin alami (yakchals). Beberapa landmark utama di Yazd antara lain Komplkes Amir Chakhmaq, Jameh Mosque, Fire Temple, Dowlat Abat Garden, dan Lari House. Pada tahun 2017, area Old Town kota ini dimasukkan ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Dari Isfahan, Yazd berjarak sekitar 311 km ke sebelah timur, dan untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis.

5. Kashan

Kashan, Iran
Fin Garden, Kashan - foto oleh Diego Delso
Destinasi wisata kelima adalah Kashan, sebuah kota yang terletak di Provinsi Isfahan. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah tengah Iran, di area pegunungan dan gurun. Di sebelah barat , wilayah Kashan dibatasi oleh dua puncak tertinggi deretan Pegunungan Karkas, yaitu Gunung Gargash dan Gunung Ardehaal. Sementara di sebelah timur, wilayah kota ini dibatasai oleh Gurun Maranjab. Jumlah penduduk Kashan sekitar 304 ribu jiwa pada tahun 2016. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Fin Garden (Bagh-e Fin), Borujerdis House, Tabatabaeis House, Aminoddole carvansarai, Agha Bozorg Madrasa, Kashan Bazaar, dan Sultan Amir Ahmad Mosque. Dari Tehran, Kashan berjarak sekitar 244 km ke sebelah selatan, dan untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis.

6. Mashhad

Mashhad, Iran
Kompleks Makam Imam Reza, Mashhad
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Mashhad, ibu kota Provinsi Khorasan Razavi. Secara geografis, kota ini terletak di ujung timur laut Iran, tepatnya di lembah Sungai Kashafrud, serta di antara Pegunungan Binalood dan Hezar Masjed. Letak geografis tersebut menjadikan Mashhad memiliki pemandangan yang indah terutama di musim gugur. Kota ini juga terletak tidak jauh dari perbatasan Iran – Turkmenistan. Mashhad merupakan kota terbesar kedua di Iran dengan jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa pada tahun 2016. Nama kota ini diambil dari nama Imam Reza, salah satu dari delapan Imam Syiah, yang wafat di kota ini. Kata “mashhad” yang berarti “kesyahidan” kemudian digunakan sebagai nama kota. Setiap tahunnya, jutaan orang selalu berziarah ke Makam Imam Reza yang terletak di Mashhad. Di kompleks makam tersebut juga terdapat makam Khalifah Abbasiyah, Harun ar-Rasyid. Selain komleks Makam Imam Reza, landmark utama lainnya di kota ini antara lain Makam Nader Shah, Makam Ferdowsi, Goharshad Mosque, Astan Quds Razavi Central Museum, dan Hedayat Little Bazzar. Dari Tehran, Mashhad berjarak sekitar 900 km ke sebelah timur, dan untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta maupun pesawat udara melalui bandara Mashhad International Airport (MHD).

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata di Negeri Persia, Iran, yang sering dikunjungi oleh para traveler. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar