Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 15, 2018

Menelusuri Keindahan 5 Danau Cantik di Selandia Baru

Salam Traveling!

Masih di Selandia Baru, salah satu negara dengan pemandangan alam tercantik di dunia. Setelah mengunjungi destinasi dan wisata alam di negara ini, sekarang kita akan berkunjung ke beberapa danau cantik yang terkenal dengan panorama alam yang menakjubkan.

Selandia Baru, atau New Zealand (NZ), merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah barat-daya Samudra Pasifik. Negara ini terdiri atas 2 pulau utama, yaitu North Island (Te Ika-a-Maui) dan South Island (Te Waipounamu), serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dari Australia, Selandia Baru berjarak sekitar 1.500 km di sebelah tenggara. Letaknya yang terpencil menjadikan Selandia Baru menjadi salah satu negara yang paling akhir dihuni oleh penduduk. Ibu kota negara ini adalah Wellington, yang terletak di North Island. Dua kota utama lainnya adalah Auckland yang merupakan kota terbesar di North Island, serta Christchurch, kota terbesar di South Island. Di Selandia Baru, terdapat 2 bandara internasional utama yaitu Auckland International Airport (AKL) dan Christchurh International Airport (CHC).

Berikut beberapa danau cantik di Selandia Baru yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan:

1. Danau Tekapo

Danau Tekapo, Selandia Baru
Danau Tekapo
Danau pertama adalah Danau Tekapo (Lake Tekapo), sebuah danau cantik yang terletak di wilayah tengah South Island. Danau ini termasuk dalam wilayah Distrik Mackenzie, region Canterbury. Danau Tekapo merupakan danau terbesar kedua dari tiga danau yang membentang sejajar di tepi lembah Sungai Mackenzie. Dua danau lainnya adalah Danau Pukaki dan Danau Ohau. Danau ini berada pada elevasi 710 meter serta memiliki luas permukaan 83 km persegi.

Danau Tekapo, Selandia Baru
Bunga lupin di tepi Danau Tekapo
Ada 4 sungai yang mengalir mengisi perairan Danau Tekapo yaitu Sungai Godley, Sungai Macauley, Sungai Mistake, dan Sungai Cass. Dan dari danau ini hanya mengalir 1 sungai utama yaitu Sungai Tekapo. Selain air danau yang berwarna biru kehijauan, di sekeliling Danau Tekapo juga tumbuh banyak bunga lupin yang membuat pemandangan alamnya semakin cantik. Di salah satu tepi danau terdapat bangunan gereja tua yang telah ada sejak tahun 1935. Di ujung selatan Danau Tekapo terdapat kota kecil yang juga bernama Lake Tekapo, yang merupakan pintu masuk ke objek wisata ini.

2. Danau Wakatipu

Danau Wakatipu, Selandia Baru
Danau Wakatipu
Danau kedua adalah Danau Wakatipu (Lake Wakatipu), sebuah danau gletser yang terletak di wilayah selatan South Island. Danau ini termasuk dalam region Otago, serta terletak tidak jauh dari perbatasan dengan region Southland. Nama Wakatipu diambil dari Bahasa Maori, Whakatipu wai-māori. Danau Wakatipu berbentuk menyerupai huruf “N”, serta merupakan danau terpanjang di Selandia Baru, dengan panjang total sekitar 80 km. Meski demikian, danau ini bukan merupakan yang terluas, melainkan yang terluas ketiga, dengan luas total 291 km persegi. Danau Wakatipu berada pada elevasi 310 meter serta membentang hingga ke ujung selatan Pegunungan Southern Alps.

Danau Wakatipu dan Queenstown
Danau Wakatipu dan Queenstown
Ada 2 sungai yang mengalir mengisi perairan Danau Wakatipu yaitu Sungai Dart dan Sungai Reese. Sementara dari danau ini hanya mengalir 1 sungai, yaitu Sungai Kawarau. Di perairan Danau Wakatipu terdapat 4 pulau kecil : Pig Island, Pigeon Island, Tree Island, dan Hidden Island. Di tepi danau juga terdapat beberapa kota wisata seperti Queenstown, Kingston, dan Glenorchy. Danau Wakatipu merupakan salah satu danau dengan panorama alam yang cantik, karena dikelilingi oleh pegunungan. The Remarkables merupakan salah satu deretan pegunungan yang membentang di tepi tenggara danau. Selain sebagai objek wisata alam, area di sekitar Danau Wakatipu juga populer dengan aktivitas hiking, paragliding, bungee jumping, serta ski di musim dingin.

3. Danau Taupo

Danau Taupo, Selandia Baru
Danau Taupo
Danau ketiga adalah Danau Taupo (Lake Taupo), danau terbesar di Selandia Baru. Danau ini terletak di Distrik Taupo, region Waikato, North Island. Danau Taupo merupakan jenis danau kaldera yang terbentuk di area vulkanik Taupo. Danau ini berada pada elevasi 356 meter serta memiliki luas permukaan sekitar 616 km persegi. Danau Taupo juga merupakan danau air tawar terluas kedua di seluruh wilayah Oseania setelah Danau Murray di Papua Nugini.

Ukiran Maori di Danau Taupo
Ukiran Maori di Danau Taupo
Ada 3 sungai yang mengalir mengisi perairan Danau Taupo, yaitu Sungai Waitahanui, Sungai Tongariro, dan Sungai Tauranga Taupo. Dari danau ini selanjutnya mengalir Sungai Waikato, yang merupakan sungai terpanjang di Selandia Baru. Di Danau Taupo terdapat sebuah pulau, yaitu Motutaiko Island, yang terletak di area tenggara danau. Di sebelah barat-laut danau, tepatnya di area Mine Bay, terdapat ukiran Maori yang dipahat di bebatuan di sepanjang tebing. Ukiran tersebut dibuat pada tahun 1970, memiliki tinggi sekitar 10 meter, serta dipercaya dapat melindungi Danau Taupo dari aktivitas vulkanik. Tidak jauh dari danau ini, terdapat wisata alam lainnya yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Huka Falls.

4. Danau Pukaki

Danau Pukaki, Selandia Baru
Danau Pukaki dan Mount Cook
Danau keempat adalah Danau Pukaki (Lake Pukaki), danau cantik yang terletak tepat di sebelah Danau Tekapo. Danau ini juga terletak di lembah Sungai Mackenzie, region Canterbury, wilayah tengah South Island. Danau Pukaki merupakan yang terbesar di lembah tersebut, dengan luas area sekitar 178 km persegi. Letak danau ini juga berada di tengah, di antara Danau Tekapo dan Danau Ohau. Danau ini berada pada elevasi antara 518 meter hingga 532 meter di atas permukaan laut.

Jalan menuju ke Danau Pukaki
Jalan menuju ke Danau Pukaki
Hanya ada 1 sungai yang mengalir mengisi perairan Danau Pukaki, yaitu Sungai Tasman. Dari danau ini, juga hanya mengalir 1 sungai, yaitu Sungai Pukaki. Aliran Sungai Tasman sendiri berasal dari getser yang letaknya tidak jauh dari Mount Cook, yaitu Gletser Tasman dan Gletser Hooker. Kota terdekat untuk mencapai Danau Pukaki adalah Twizel, yang terletak sekitar 7 km di sebelah selatan danau. Sekitar 20 km di sebelah utara danau ini, terletak Aoraki Mount Cook Village, yang merupakan pintu gerbang menuju ke Mount Cook.

5. Danau Wanaka

Danau Wanaka, Selandia Baru
Danau Wanaka
Danau terakhir kita kali ini adalah Danau Wanaka (Lake Wanaka), sebuah danau yang terletak di wilayah selatan South Island. Danau ini termasuk dalam wilayah Distrik Queenstown-Lakes, region Otago. Dari Danau Wakatipu, Danau Wanaka hanya berjarak sekitar 60 km ke sebelah utara. Danau ini memiliki bentuk menyerupai huruf "U", memiliki luas area sekitar 192 km persegi, serta berada pada elevasi 300 meter di atas permukaan laut. Tepat di sebelah timur danau ini, terdapat Danau Hawea. Danau Wanaka juga merupakan pintu gerbang untuk memasuki area Mount Aspiring National Park.

Danau Wanaka, Selandia Baru
Danau Wanaka
Ada 2 sungai yang mengalir mengisi perairan Danau Wanaka, yaitu Sungai Matukituki dan Sungai Makarora. Dari danau ini mengalir Sungai Clutha. Di perairan danau juga terdapat 5 pulau kecil yaitu Harwich Island, Mou Tapu Island, Mou Waho Island, Ruby Island, dan Stevensons Island. Di sekitar Danau Wanaka terdapat beberapa kota kecil dan pemukiman penduduk, yang utama adalah Wanaka dan Albert Town, yang terletak di di hulu Sungai Clutha. Selain itu, danau ini juga mudah dicapai memalui jalur udara karena letaknya hanya sekitar 67 km dari Queenstown.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 danau cantik di Selandia Baru yang memiliki panorama alam yang menakjubkan. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar