Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 30, 2018

8 Destinasi Wisata Cantik di Negeri Kincir Angin, Belanda - Bagian 2

Salam Traveling!

Masih di Negeri Tulip dan Kincir Angin, Belanda, setelah 8 destinasi sebelumnya, sekarang kita akan melanjutkan kunjungan ke 8 destinasi selanjutnya di negara ini.

Belanda atau Nederland merupakan sebuah negara maju yang terletak di region Eropa Barat. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah timur, Belgia di sebelah selatan, dan Laut Utara (North Sea) di sebelah barat dan utara. Sebagian besar wilayah negara ini berada di daratan polder, yang memiliki ketinggian sangat rendah, bahkan hampir separuhnya lebih rendah dari permukaan laut. Bandara internasional utama di Belanda adalah Schipol Airport (AMS) yang terletak di wilayah Haarlemmermeer, sekitar 9 km dari pusat kota Amsterdam.

Setelah 8 destinasi sebelumnya, sekarang kita akan mengunjungi 8 destinasi wisata berikutnya yang sering dikunjungi oleh para traveler di Negeri Kincir Angin, Belanda:

9. Kinderdijk

Kinderdijk, Belanda
Kinderdijk, Belanda
Destinasi wisata ke-9 adalah Kinderdijk, desa kecil cantik yang terkenal dengan kincir angin klasik khas Belanda, serupa dengan Zaanse Schaans. Desa ini terletak di wilayah Moolenwaard, provinsi Zuid-Holland, wilayah barat Belanda. Dari Rotterdam, desa ini berjarak sekitar 15 km di sebelah timur. Kinderdijk terletak di wilayah polder Alblasserwaard, di persimpangan Sungai Lek dan Sungai Noord. Untuk mengeringkan polder tersebut, 19 kincir angin berukuran besar dibangun sejak tahun 1740. Kumpulan kincir angin tersebut merupakan yang tertua dan terbanyak dari seluruh wilayah Belanda. Pada tahun 1997, UNESCO memasukkan wilayah desa ini ke dalam World Heritage Site dengan nama Mill Network at Kinderdijk-Elshout. Untuk mencapai destinasi ini, dari Rotterdam, pengunjung bisa menggunakan bisa maupun waterbus (vervoer), dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

10. Giethoorn

Giethoorn, Belanda
Giethoorn, Belanda
Destinasi wisata ke-10 adalah Giethoorn, desa cantik dengan banyak kanal sama seperti Amsterdam. Giethoorn adalah desa tradisional yang terletak di wilayah Steenwijkerland, provinsi Overijssel, wilayah timur Belanda. Dari pusat kota Steenwijk, Giethoorn hanya berjarak sekitar 5 km di sebelah tenggara. Jumlah penduduk desa ini sekitar 2.620 jiwa. Yang unik dari Giethoorn adalah di desa ini tidak terdapat jalan besar bagi kendaraan bermotor, hanya jalan-jalan setapak yang bisa dilalui oleh sepeda dan pejalan kaki, sehingga bisa dipastikan desa ini bebas dari polusi udara. Transportasi utama di desa ini melalui kanal-kanal dengan menggunakan perahu, sehingga Giethoorn sering dijuluki sebagai Venice of the Netherlands. Selain kanal, di desa ini juga terdapat beberapa danau dan sekitar 180 jembatan. Setiap tahun, hampir 200 ribu wisatawan mengunjungi desa ini untuk menikmati pemandangan desa dan kanal-kanal yang masih alami, hijau, dan asri.

11. Leiden

Leiden, Belanda
Leiden, Belanda - foto oleh Michielverbeek
Destinasi wisata ke-11 adalah Leiden, kota cantik yang terletak di provinsi Zuid-Holland. Kota ini terkenal dengan bangunan-bangunan berarsitektur khas Belanda, serta Universitas Leiden, yang merupakan perguruan tinggi tertua di dunia, yang telah berdiri sejak tahun 1575. Di universitas tersebut terdapat Hortus Botanicus Leiden Botanical Garden, yang dibangun pada tahun 1590. Di kebun botani tersebutlah, bunga tulip pertama kali diperkenalkan ke seluruh wilayah Eropa Barat. Jumlah penduduk Leiden sekitar 123 ribu jiwa pada tahun 2017. Selain Hortus Botanicus, landmark lainnya di kota ini antara lain Naturalis Bodiversity Center, Rijksmuseum van Oudheden, Museum de Lakenhal, Dutch National Museum of Antiquities, serta Kagerplassen (Kaag Lakes). Leiden sering dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Amsterdam dan Den Haag. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari stasiun Amsterdam-Centraal menuju ke stasiun Leiden Centraal, dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 35 menit.

12. Alkmaar

Alkmaar, Belanda
Alkmaar, Belanda
Destinasi wisata ke-12 adalah Alkmaar, kota yang terkenal dengan cheese market atau pasar keju tradisional. Sama seperti Amsterdam, kota ini juga terletak di provinsi Noord-Holland. Selain terkenal dengan pasar keju tradisionalnya, wilayah kota Alkmaar juga memiliki pemandangan yang artistik serta memiliki banyak bangunan bersejarah. Jumlah penduduk kota ini sekitar 107 ribu jiwa pada tahun 2016. Atraksi wisata utama di Alkmaar adalah cheese market yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama di musim panas. Landmark lainnya di kota ini antara lain Menara Gereja Sint-Laurenskerk, Beatles Museum, Holland Cheese Museum, dan City Museum Alkmaar. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Amsterdam, serta hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit.

13. Arnhem

Arnhem, Belanda
Arnhem, Belanda - foto oleh T. Thielemans
Destinasi wisata ke-13 adalah Arnhem, ibu kota Provinsi Gelderland. Kota ini terletak di wilayah timur Belanda, tepatnya di tepi 2 sungai; Nederrijn dan Sint-Jansbeek. Arnhem juga terletak hanya beberapa kilometer dari perbatasan Belanda – Jerman. Jumlah penduduk kota ini sekitar 156 ribu jiwa pada tahun 2017. Arnhem merupakan bagian dari Area Metropolitan Arnhem-Nijmegen yang berpenduduk mencapai 736 ribu jiwa. Beberapa landmark dan objek wsiata utama di kota ini antara lain Hoge Veluwe National Park, Royal Burgers’ Zoo, Netherlands Open Air Museum, Airborne Museum ‘Hartenstein’, dan Museum Arnhem. Untuk mencapai destinasi ini, dari Amsterdam pengunjung bisa menggunakan bis maupun kereta dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

14. Groningen

Groningen, Belanda
Groningen, Belanda
Destinasi wisata ke-14 adalah Groningen, ibu kota Provinsi Groningen. Kota ini terletak di wilayah utara Belanda. Groningen juga merupakan kota terbesar di region Belanda Utara, dengan jumlah penduduk lebih dari 200 ribu jiwa pada tahun 2017. Selain penduduk lokal, Groningen juga dihuni oleh puluhan ribu pelajar. Di kota ini terdapat 2 perguruan tinggi utama di Belanda, yaitu University of Groningen dan Hanze University of Applied Science. Beberapa landmark dan objek wisata utama di Groningen antara lain Groninger Museum, Martinitoren (Martini Tower), Martinikerk, dan Grote Markt. Groningen juga mendapat julukan sebagai “World Cycling City” karena sebagian besar penduduk di kota ini menggunakan sepeda sebagai moda transportasi. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunaka kereta maupun bis dari Rotterdam, Den Haag, Leiden, dan Amsterdam.

15. Lisse

Lisse, Belanda
Keukenhof Garden, Lisse, Belanda
Destinasi wisata ke-15 adalah Lisse, kota kecil cantik yang terkenal dengan padang bunga tulip Keukenhof Garden. Lisse adalah sebuah kota di provinsi Zuid-Holland, wilayah barat Belanda. Luas kota ini hanya sekitar 16 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 22 ribu jiwa pada tahun 2014. Lisse terletak di pusat Duin en Bollenstreek (Dune and Bulb Region), sebuah wilayah di Belanda yang ditumbuhi berbagai macam bunga. Sejak abad ke-20, bisnis bunga tulip mulai berkembang di kota ini, dan saat ini Lisse merupakan salah satu kota pengekspor bunga tulip terbesar di dunia. Objek wisata utama di Lisse adalah Keukenhof Garden, yang hanya dibuka pada musim semi saat bunga-bunga tulip mekar. Pada saat itu juga diadakan parade bunga yang disebut Bollenstreek Bloemencorso. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Huys Dever, Castle Keukenhof, dan Museum De Zwarte Tulp (Black Tulip). Untuk mencapai destinasi cantik ini, dari Amsterdam, pengujung bisa menggunakan kereta maupun bis.

16. Eindhoven

Eindhoven, Belanda
The Blob, Eindhoven, Belanda
Destinasi wisata ke-16 adalah Eindhoven, kota terbesar di provinsi Noord-Brabant. Secara geografis, kota ini terletak di persimpangan aliran Sungai Dommel dan Sungai Gender, wilayah selatan Belanda. Eindhoven merupakan kota terbesar kelima di Belanda dengan jumlah penduduk sekitar 223 ribu jiwa pada tahun 2015. Eindhoven merupakan kota pusat teknologi dan industry hi-tech. Salah satu perusahaan elektronik terkenal di dunia, Philips, berpusat di kota ini, sehingga Eindhoven sering dijuluki sebagai City of Light. Selain itu, di kota ini juga terdapat Eindhoven University of Technology, yang merupakan perguruan tinggi dan pusat penelitian utama di Belanda. Landmark dan objek wisata utama di Eindhoven antara lain Van Abbe Museum, Eindhoven Museum, Evoluon, Genneper Parken, dan Stadswandelpark. Dari Amsterdam, destinasi ini berjarak sekitar 125 km, serta bisa dicapai dengan menggunakan kereta.

Nah teman-teman, demikianlah 8 destinasi wisata cantik di Negeri Kincir Angin Belanda – bagian 2. Destinasi wisata sebelumnya, bisa dibaca di 8 destinasi wisata di Belanda – bagian 1. Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar