Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 08, 2018

8 Destinasi Wisata di Jerman favorit para Traveler - Bagian 2

Salam Traveling!

Masih di Jerman, setelah 8 destinasi sebelumnya, sekarang kita akan melanjutkan ke 8 destinasi wisata selanjutnya.

Jerman (Deutschland) merupakan salah satu negara Uni Eropa yang terletak di region Eropa Barat. Secara geografis, wilayah negara ini membentang mulai dari Pegunungan Alpen di sebelah selatan hingga ke North Sea (Nordsee) dan Baltic Sea (Ostsee) di sebelah utara. Di sebelah utara, Jerman berbatasan dengan Denmark; di sebelah timur dengan Polandia dan Republik Ceko; di sebelah selatan dengan Austria dan Swiss; serta di sebelah barat dengan Prancis, Luxembourg, Belgia dan Belanda. Bahasa Jerman merupakan satu-satunya bahasa resmi yang digunakan di negara ini. Karena merupakan anggota Uni Eropa, penduduk Jerman menggunakan Euro sebagai mata uang resmi, dan wisatawan mancanegara bisa menggunakan Visa Schengen jika berkunjung ke nagar ini. Bandara internasional utama di Jerman adalah Frankfurt International Airport (FRA), yang juga merupakan salah satu bantara internasional utama di wilayah Eropa.

Berikut ini 8 destinasi selanjutnya yang sering dikunjungi oleh para traveler di Jerman:

9. Füssen

Füssen, Jerman
Neuschwanstein Castle, Füssen
Destinasi wisata ke-9 adalah Füssen, kota kecil cantik yang terletak di state Bavaria, wilayah selatan Jerman. Kota ini termasuk dalam wilayah distrik Ostallgäu, dan hanya berjarak sekitar 1 km dari perbatasan Jerman – Austria. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 15 ribu jiwa pada tahun 2016. Füssen dikenal dengan industri pembuatan violin. Kota kecil ini juga merupakan pintu gerbang untuk menuju ke 2 objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Bavaria, yaitu Neuschwanstein Castle dan Hohenschwangau Castle. Selain kedua kastil tersebut, di Füssen juga masih terdapat beberapa landmark dan objek wisata lainnya seperti High Castle of Füssen, St Mang’s Basilica, Forggensee, Lech River, dan Lech Falls. Untuk mencapai destinasi ini, dari Munich, pengujung bisa menggunakan kereta, dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

10. Stuttgart

Stuttgart, Jerman
Schillerplatz, Stuttgart
Destinasi wisata ke-10 adalah Stuttgart, ibu kota sekaligus kota terbesar di state Baden-Württemberg. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Neckar, wilayah selatan Jerman. Wilayah Stuttgart terletak di sebuah lembah subur yang dikenal dengan nama „Stuttgart Cauldron“. Dari Black Forest dan Swabian Jura, kota metropolitan ini hanya berjarak sekitar 1 jam berkendara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 623 ribu jiwa pada tahun 2015. Stuttgart merupakan salah satu kota di Jerman dengan populasi imigran terbanyak. Beberapa produsen mobil ternama dunia juga memiliki kantor pusat di kota ini, seperti Porsche dan Mercedes-Benz. Beberapa landmark dan objek wisata utama di Stuttgart antara lain Schlossplatz, Solitude Palace, Altes Schloss (Old Castle), Wilhelma Zoo and Botanical Garden, Ludwigsburg Palace, Killesbergpark, Cannstatter Volksfest, Mercedes-Benz Museum, serta Porsche Museum.


11. Garmisch-Partenkirchen

Garmish-Partenkirchen, Jerman
Zugspitze, Garmish-Partenkirchen - foto oleh trolvag
Destinasi wisata ke-11 adalah Garmisch-Partenkirchen, kota resort yang terletak di state Bavaria, wilayah selatan Jerman. Kota ini terkenal dengan resort ski karena letaknya yang berdekatan dengan pegunungan tertinggi di Jerman, Zugspitze (2.962 m). Kota kecil ini juga berada pada elevasi 708 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki iklim yang lebih dingin daripada wilayah Bavaria yang lain, terutama di musim dingin. Garmish-Partenkirchen termasuk dalam wilayah region Oberbayern, serta merupakan pusat administrasi distrik Garmish-Partenkirchen (GAP). Sama seperti Füssen, kota ini juga terletak di dekat perbatasan Jerman – Austria. Jumlah penduduk Garmish-Partenkirchen hany sekitar 27 ribu jiwa pada tahun 2016. Objek wisata utama di kota ini adalah Puncak Zugspitze, yang selalu ramai dikunjungi oleh pecinta hiking serta penggemar olahraga ski. Objek wisata lainnya adalah Linderhof Palace, Danau Eibsee, dan Partnach Gorge. Untuk mencapai destinasi cantik ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Munich, maupun dari Innsbruck.

12. Würzburg

Würzburg, Jerman
Würzburg, Jerman
Destinasi wisata ke-12 adalah Würzburg, kota kecil cantik yang terletak di wilayah utara state Bavaria. Kota ini terletak di tepi Sungai Main, serta termasuk dalah region Franconia. Würzburg juga merupakan ibu kota Regierungsbezirk Lower Franconia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 126 ribu jiwa pada tahun 2016. Area kota Würzburg terkenal dengan bangunan-bangunan klasik Eropa dengan gaya arsitektur baroque dan rococo. Beberapa landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Würzburg Residence yang merupakan UNESCO World Heritage Site, Marienberg Fortress, Old Main Bridge, Würzburg Cathedral, Juliusspital, serta Würzburger Stein yang merupakan salah satu kebun anggur terbesar dan tertua di Jerman. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta InterCityExpress (ICE) dari Munich, Nuremberg, Hamburg, serta Wina.

13. Dusseldorf (Düsseldorf)

Dusseldorf, Jerman
Dusseldorf, Jerman
Destinasi wisata ke-13 adalah Dusseldorf (Düsseldorf), ibu kota state North-Rhine-Westphalia. Kota ini terletak di wilayah barat Jerman, sekitar 43 km di sebelah utara Cologne. Sama seperti Cologne, wilayah kota Dusseldorf juga dialiri oleh Sungai Rhine. Di tepi timur sungai merupakan area Old Town (Altstadt) dengan bangunan-bangunan klasik, dan di tepi barat sungai merupakan area komersial dengan berbagai bangunan modern. Jumlah penduduk kota ini sekitar 613 ribu jiwa pada tahun 2016. Setiap tahun Dusseldorf sering menjadi tuan rumah berbagai pameran fashion dan trade fair internasional. Dusseldorf juga terkenal dengan Academy of Fine Arts dan Japanese Community di Benua Eropa. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Rheinturm (TV Tower), Schloss Benrath, Kaiserswerth, Kunstsammlung Nordrhein-Westfalen (Art Collection Northrhine-Westphalia), Museum Kunst Palast, dan Botanischer Garten Düsseldorf.


14. Berchtesgaden

Berchtesgaden, Jerman
Berchtesgaden, Jerman
Destinasi wisata ke-14 adalah Berchtesgaden, kota kecil cantik yang terletak di Pegunungan Alpen Bavaria, wilayah ujung tenggara Jerman. Kota ini termasuk dalam wilayah distrik Berchtesgadener Land, state Bavaria, tidak jauh dari perbatasan Jerman – Austria. Dari Salzburg, Berchtesgaden berjarak sekitar 35 km ke sebelah selatan. Tepat di sebelah selatan kota, membentang Taman Nasional Berchtesagaden, yang merupakan UNESCO Biosphere Reserve. Wilayah Berchtesgaden berada pada elevasi 700 meter di atas permukaan laut. Kota ini merupakan pintu gerbang menuju ke pegunungan Watzmann (2.713 m), puncak tertinggi ketiga di Jerman. Puncak tersebut terkenal dengan tebing berbatu di bagian East Face (Ostwand), serta danau gletser Königsee. Jumlah penduduk Berchtesgaden hanya sekitar 7.800 jiwa pada tahun 2016. Selain Puncak Watzmann, landmark dan objek wisata lainnya di kota ini antara lain Puncak Kehlstein (1.835 m), Restoran Kehlsteinhaus (Eagle’s Nest), Museum Dokumentationszen Obersalzberg, serta jalur kereta Salzbergwerk Berchtesgaden. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Munich (melalui Rosenheim), serta dari Salzburg.

15. Freiburg im Breisgau

Freiburg im Breisgau, Jerman
Freiburg im Breisgau, Jerman
Destinasi wisata ke-15 adalah Freiburg im Breisgau, sebuah kota yang terletak di state Baden-Württemberg, wilayah barat-daya Jerman. Kota ini membentang di sepanjang Sungai Dreisam, di kaki perbukitan Schlossberg. Jumlah penduduk kota ini sekitar 226 ribu jiwa pada tahun 2015. Di masa lampau, Freiburg merupakan kota pusat di region Breisgau. Di kota ini terdapat universitas tertua di Jerman, Albert-Ludwigs-Universität, yang telah berdiri sejak tahun 1457. Freiburg juga merupakan pintu gerbang menuju ke area Pegunungan Black Forest. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Münsterplatz, Freiburg Münster, Altes Rathaus (Old City Hall), Historiches Kaufhaus, dan Siegesdenkmal. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Frankfurt, maupun dari Stuttgart.

16. Rothenburg ob der Tauber

Rothenburg ob der Tauber, Jerman
Rothenburg ob der Tauber, Jerman
Destinasi wisata ke-16 adalah Rothenburg ob der Tauber, kota kecil cantik yang terletak di region Franconia, state Bavaria. Kota ini terletak di lembah Sungai Tauber, di wilayah selatan Jerman, sekitar 255 km di sebelah utara Munich. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 11 ribu jiwa pada tahun 2014. Dalam Bahasa Jerman nama Rothenburg ob der Tauber berarti benteng merah (red fortress) di atas Sungai Tauber. Pada masa lampau Rothenberg termasuk dalam jalun Romantic Road (Romantische Straße), sebuah jalur sepanjang 350 km di wilayah selatan Jerman yang sering dilalui oleh para traveler. Sama seperti Hallstatt di Austria, Rothenberg juga memiliki pemandangan unik, yaitu rumah-rumah penduduk dengan arsitektur klasik yang telah dibangun sejak abad pertengahan. Rumah-rumah tersebut tetap dilestarikan hingga saat ini dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit para traveler di seluruh dunia.


Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 destinasi wisata di Jerman – bagian 2. Delapan destinasi wisata sebelumnya, bisa dibaca di 8 Destinasi Wisata di Jerman – bagian 1. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar