Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 13, 2018

8 Destinasi Wisata Cantik di Prancis yang Wajib Kamu Kunjungi - Bagian 2

Salam Traveling!

Masih di Prancis, setelah 8 destinasi wisata sebelumnya, sekarang kita akan melanjutkan ke 8 destinasi lainnya yang juga sering dikunjungi oleh para traveler di negara ini.

Prancis sendiri merupakan sebuah negara maju yang terletak di region Eropa Barat. Wilayah negara ini membentang dari Laut Mediterrania di sebelah selatan, hingga ke English Channel dan (North Sea di sebelah utara ; serta dari Sungai Rhine di sebelah timur, hingga ke Samudra Atlantik di sebelah barat. Secara administratif, wilayah Prancis dibagi ke dalam 13 region, dan setiap region dibagi menjadi beberapa sub-wilayah yang lebih kecil yang disebut department. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Prancis (français). Sebagai anggota Uni Eropa, Prancis termasuk dalam area Schengen, serta menggunakan Euro sebagai mata uang resmi. Bandara internasional utama di negara ini adalah Charles de Gaulle Airport (CDG) yang terletak sekitar 25 km dari pusat kota Paris.

Berikut 8 destinasi wisata selanjutnya yang sering dikunjungi oleh para traveler di Prancis:

9. Strasbourg

Strasbourg, Prancis
Strasbourg
Destinasi wisata ke-9 adalah Strasbourg, ibu kota department Bas-Rhin, sekaligus ibu kota region Alsace-Champagne-Ardenne-Lorraine (ACAL). Secara geografis, kota ini terletak di wilayah timur Prancis, di tepi Sungai Rhine, di dekat perbatasan Prancis – Jerman. Berbeda dengan kota-kota lain di Prancis, nama Strasbourg berasal dari Bahasa Jerman. Ini disebabkan karena sejak zaman dahulu, wilayah kota ini telah didominasi oleh bangsa Jerman-Alemmanic. Jumlah penduduk Strasbourg sekitar 275 ribu jiwa pada tahun 2013. Di Strasbourg terdapat beberapa kantor pusat institusi penting di Eropa, seperti Council of Europe, Eurocorps, dan European Parliament. Salah satu universitas terbesar di Eropa, University of Strasbourg, juga terletak di kota ini. Pada tahun 1988, wilayah pusat kota Strasbourg, Grande Île (Grand Island), dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark dan objek wisata di kota ini antara lain Gare de Strasbourg, Strasboug Cathedral, Musée des Beaux-Arts, Grande Île, Ponts Couverts, Palais Rohan, Petite France, dan Palais du Rhin.

10. Cannes

Jardins de la Croisette, Cannes - foto oleh Henri Kerschbaumer
Destinasi wisata ke-10 adalah Cannes, kota cantik yang terkenal dengan Festival Film Cannes yang diadakan setiap tahun. Sama seperi Nice, kota ini juga terletak di area Côte d’Azur / French Riviera, di tepi Laut Mediterania, wilayah tenggara Prancis. Secara administratif, Cannes termasuk dalam wilayah department Alpes-Maritimes, region Provence-Alpes-Côte d’Azur. Jumlah penduduk kota ini sekitar 73 ribu jiwa pada tahun 2012. Selain festival film, Cannes juga merupakan tuan rumah 2 festival tahunan lainnya : Midem dan Cannes Lions International Festival of Creativity. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Promenade de la Croisette, Le Suquet, Musée de la Castre, Île Sainte-Marguerite, dan Île Saint-Honorat. Untuk mencapai destinasi ini, dari Paris, pengunjung bisa menggunakan pesawat menuju ke bandara Nice Côte d’Azur Airport (NCE), lalu dilanjutkan dengan bis ke pusat kota.

10. Bordeaux

Bordeaux, Prancis
Place de la Bourse, Bordeaux
Destinasi wisata ke-10 adalah Bordeaux, ibu kota department Gironde, sekaligus ibu kota region Aquitaine-Limousin-Poitou-Charentes. Kota perlabuhan ini terletak di tepi Sungai Garonne, wilayah barat-laut Prancis. Jumlah penduduk kota ini sekitar 243 ribu jiwa pada tahun 2012. Sama seperti Lyon, penduduk Bordeaux juga mempunyai julukan: “Bordelais” pagi penduduk laki-laki, dan “Bordelaises” pagi penduduk wanita. Bordeaux terkenal sebagai kota pusat produksi wine (anggur) di Prancis. Selain itu, salah satu universitas terbesar di Eropa, Univerisity of Bordeaux, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Bordeaux antara lain Esplanade des Quinconces, Grand Théâtre de Bordeaux, Place de la Bourse, Bordeaux Cathedral, Musée des Beaux Arts, Musée d'Aquitaine, Jardin botanique de Bordeaux, Pont Jacques Chaban-Delmas, dan Rue Sainte-Catherine.

12. Avignon

Avignon, Prancis
Avignon
Destinasi wisata ke-12 adalah Avignon, sebuah commune (kota) yang terletak di wilayah tenggara Prancis. Kota ini terletak di tepi Sungai Rhône, serta termasuk dalam wilayah department Vaucluse, region Provence-Alpes-Côte d’Azur. Jumlah penduduk Avignon sekitar 92 ribu jiwa pada tahun 2015. Area bersejarah kota ini dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada tahun 1995. Area tersebut meliputi Palais des Papes, Avignon Cathedral (Notre Dames des Doms), dan Pont d’Avignon (Pont Saint-Bénézet). Berbagai monumen abad pertengahn di kota ini serta Festival d’Avignon, telah membantu kota ini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Prancis. Selain area bersejarah tersebut, landmark lainnya di Avignon antara lain The Ramparts, Calvet Museum, Musée du Petit Palais, Hotel d’Europe, dan Jardin des doms. Untuk mencapai destinasi ini, dari Paris, pengunjung bisa menggunakan kereta TGV melalui stasiun Gare d’Avignon-Centre.

13. Carcassonne

Carcassonne, Prancis
Carcassonne
Destinasi wisata ke-13 adalah Carcassonne, kota kecil cantik yang terletak di wilayah selatan Prancis. Kota ini termasuk dalam wilayah department Aude, region Occitane. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 47 ribu jiwa pada tahun 2008. Landmark utama di Carcassonne adalah area pusat kota yang dikelilingi oleh tembok, yang dikenal dengan nama Cité de Carcassonne. Tembok kota yang juga berfungsi sebagai benteng pertahanan tersebut telah dibangun sejak periode Gallo-Roman pada abad ke-12, tetapi direstorasi kembali pada tahun 1853. Saat ini, area tersebut termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Selain tembok kota, landmark dan objek wisata lainnya di Carcassonne antara lain Canal du Midi, Pont Marengo, Lac de la Cavayére, Basilica of St.Nazaire and St.Celse, serta Carcassonne Cathedral. Untuk mencapai destinasi cantik ini, dari Paris dan Toulouse, pengunjung bisa menggunakan kereta melalui stasiun Gare de Carcassonne.

14. Colmar

Colmar, Prancis
Colmar
Destinasi wisata ke-14 adalah Colmar, kota kecil cantik yang terletak di region Alsace. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah timur-laut Prancis, tepatnya di sebelah timur Pegunungan Vosges, serta di tepi Sungai Lauch. Colmar merupakan pusat administrasi department Haut-Rhin serta arrondissement Colmar-Ribeauvillé. Jumlah penduduk kota ini sekitar 68 ribu jiwa pada tahun 2014. Colmar terletak di jalur Alsatian Wine Route (Route des Vins d’Alsace), jalur sepanjang 170 km yang melintasi berbagai area perkebunan anggur di region Alsace. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan arsitektur rumah-rumah tradisional penduduk yang masih dilestarikan. Objek wisata utama di Colmar adalah adalah area Little Venice (La Petite Venise), yang terletak di persimpangan Sungai Lauch. Landmark lainnya di kota ini antara lain Unterlinden Museum, Musée Bartholdi, Musée du jouet (Toy Museum), serta Municipal Library of Colmar.

15. Toulouse

Toulouse, Prancis
Arsitektur bangunan di Toulouse
Destinasi wisata ke-15 adalah Toulouse, ibu kota department Haute-Garonne, sekaligus ibu kota region Midi-Pyrénées. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Garonne, wilayah selatan Prancis. Jumlah penduduk kota ini sekitar 461 ribu jiwa pada tahun 2012. Toulouse dikenal sebagai La Ville Rose (The Pink City) karena di kota ini terdapat banyak bangunan yang terbuat dari batu bata terracotta yang berwarna pink. Dua landmark di kota ini dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site yaitu Basilica of St. Sernin dan Canal du Midi (kanal yang menghubungkan Sungai Garonne dan Mediterania). Salah satu universitas tertua di Eropa, Université de Toulouse yang telah dibuka sejak tahun 1229, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Toulouse antara lain Capitole de Toulouse, Théâtre du Capitole, Cité de I’espace, Toulouse Cathedral, Le Château d’Eau, Musée des Augustins, dan Jardin des Plantes. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Toulouse.

16. Annecy

Annecy, Prancis
Danau Annecy
Destinasi wisata ke-16 adalah Annecy, kota kecil cantik yang terletak di department Haute-Savoie, region Auvergne-Rhône-Alpes. Secara geografis, kota ini terletak di tepi utara Danau Annecy, wilayah timur Prancis, di dekat perbatasan Prancis – Swiss. Dari Jenewa (Swiss), Annecy hanya berjarak sekitar 35 km. Jumlah penduduk kota ini sekitar 52 ribu jiwa pada tahun 2013. Annecy sering dijuluki sebagai Pearl of French Alps karena letaknya di antara danau dan pegunungan. Selain itu para wisatawan juga sering menjuluki Annecy sebagai Venice of the Alps, karena di wilayah kota ini terdapat 2 kanal dan Sungai Thiou yang mengalir melalui Old Town. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Danau Annecy, Mont Semnoz, Château de Annecy, dan Palais de I’lslle.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 destinasi wisata cantik di Prancis yang wajib kalian kunjungi – bagian 2. Informasi tentang 8 destinasi wisata sebelumnya, bisa dibaca di 8 Destinasi Wisata di Prancis – Bagian 1. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya !




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar