Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 31, 2018

10 Destinasi wisata cantik di United Kingdom favorit para Traveler - Bag. 2

Salam Traveling!

Masih di United Kingdom (UK), setelah mengujungi 10 destinasi sebelumnya, sekarang kita akan melanjutkan ke 10 destinasi wisata cantik selanjutnya di negara ini.

United Kingdom, juga dikenal dengan nama Britain, merupakan sebuah negara yang terletak di pantai barat-laut Benua Eropa. Wilayah negara ini meliputi keseluruhan Pulau Great Britain, wilayah utara Pulau Irlandia, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Negara United Kingdom dibatasi oleh Samudra Atalntik di sebelah barat dan utara, dengan Laut Celtic (Celtic Sea) di sebelah selatan, dan Laut Utara (North Sea) di sebelah timur. Berbeda dengan negara-negara lainnya di dunia, UK dibentuk oleh 4 negara (country) yaitu: England (Inggris) yang beribu kota di London; Wales dengan ibu kota Cardiff; Scotland (Skotlandia) dengan ibu kota Edinburgh; dan Northern Ireland (Irlandia Utara) dengan ibu kota Belfast. Dari keempat country tersebut, Inggris (England) merupakan yang utama, karena ibu kota dan pusat pemerintahan UK juga terletak di London, Inggris.

Berikut 10 destinasi wisata selanjutnya di United Kingdom yang sering dikunjungi oleh para traveler:

11. Windsor

Windsor, Inggris
Windsor, Inggris - foto oleh DAVID ILIFF
Destinasi wisata ke-11 adalah Windsor, kota kecil cantik yang terletak di wilayah Berksihre, Inggris. Kota ini terkenal dengan objek wisata Windsor Castle, yang merupakan salah satu kediaman resmi keluarga Kerajaan Inggris. Secara geografis Windsor terletak di tepi Sungai Thames, sekitar 37 km di sebelah barat London. Kota Windsor yang dikenal saat ini sebelumnya bernama New Windsor. Sedangkan Old Windsor sendiri merupakan sebuah desa yang letaknya sekitar 3 km di sebelah selatan. Selain Windsor Castle, landmark dan objek wisata lainnya yang sering dikunjungi oleh wisatawan di kota ini antara lain Sungai Thames, Alexandra Gardens, Legoland Windsor Resort, Windsor Great Park, Savill Garden, dan Windsor Racecourse. Untuk mencapai kota ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari stasiun London Paddington menuju ke Windsor Eton Riverside, serta hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

12. Iverness

Iverness, Skotlandia
Inverness Castle - foto oleh giggel
Destinasi wisata ke-12 adalah Inverness, kota cantik yang juga terletak di wilayah Dataran Tinggi Skotlandia. Dalam bahasa lokal, nama kota ini berarti “Muara Sungai Ness”. Dinamakan demikian karena kota ini terletak di muara Sungai Ness, sebuah sungai yang mengalir dari Loch Ness hingga ke Moray Firth. Inverness terletak di dekat 2 area pertempuran di masa lampau yaitu The Aird dan Culloden Moor. Saat ini, kota ini merupakan pusat administrasi area Highland dengan jumlah penduduk sekitar 46 ribu jiwa pada tahun 2015. Inverness merupakan kota modern yang letaknya paling utara di wilayah United Kingdom. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Inverness Castle, Inverness Cathedral, dan River Ness. Dari Edinburgh, Glasgow, dan London, kota ini bisa dicapai dengan kereta melalui stasiun yang terletak di Black Isle.

13. Cambridge

Cambridge, Inggris
King's College Chapel, Cambridge - foto oleh Andrew Dunn
Destinasi wisata ke-13 adalah Cambridge, kota universitas yang terletak di county Cambridgeshire, wilayah timur Inggris. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Cam (River Cam), sekitar 80 km di sebelah utara London. Jumlah penduduk kota ini sekitar 124 ribu jiwa pada tahun 2017. Seperti yang kita semua ketahui, Cambridge terkenal dengan Universitas Cambridge (University of Cambridge), salah satu perguruan tinggi ternama di dunia yang telah berdiri sejak tahun 1209. Di kompleks universitas tersebut, terdapat Cambridge University Library yang merupakan perpustakaan terbesar di dunia. Selain kampus dan perpustakaan, landmark lainnya di Cambridge antara lain Fitzwilliam Museum, Cambridge Arts Theatre, Cavendish Laboratory, King’s College Chapel, dan Mathematical Bridge. Untuk mencapai destinasi ini, dari London, pengunjung bisa menggunakan kereta dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

14. Cardiff

Cardiff, Wales
Cardiff Castle
Destinasi wisata ke-14 adalah Cardiff, ibu kota sekaligus kota terbesar di Wales. Secara geografis, kota ini terletak di ujung selatan Wales, di tepi pantai Bristol Channel. Wilayah kota ini dibatasi oleh South Wales Valley di sebelah utara, dengan Vale of Glamorgan di sebelah barat, dan dengan Newport di sebelah timur. Wilayah Wales termasuk dalam county South Glamorgan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 447 ribu jiwa pada tahun 2016. Cardiff pertama kali dijiadikan sebagai kota pada tahun 1905, dan pada tahun 1955 kota ini diresmikan sebagai ibu kota Wales. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Cardiff Castle, Cardiff City Hall, Cardiff Bay, Cathays Library, Bute Park, National Museum of Wales, Welsh National War Mmeorial, dan Queen Street. Di Cardiff, terdapat bandara internasional utama di Wales yaitu Cardiff International Airport. Kota ini juga bisa dicapai dengan kereta dari Bristol, Birmingham, London, Manchester, Edinburgh, serta Glasgow, melalu stasiun Cardiff Central.

15. Bristol

Bristol, Inggris
Clifton Suspension Bridge, Bristol
Destinasi wisata ke-15 adalah Bristol, sebuah kota sekaligus county yang terletak di region South West England. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang aliran Sungai Avon, wilayah barat-daya Inggris. Sebagian wilayah Bristol merupakan pegunungan kapur (limestone) yang membentang mulai dari Mendip Hills di sebelah selatan hingga ke Cotswolds di sebelah timur-laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 449 ribu jiwa pada tahun 2016. Di Bristol terdapat 2 perguruan tinggi utama UK yaitu University of Bristol dan University of West England. Bandara utama di kota ini adalah Bristol Airport, serta stasiun kereta utamanya adalah Bristol Temple Meads dan Bristol Parkway. Untuk mencapai destinasi ini, dari London, pengunjung umumnya menggunakan kereta dan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Informasi tentang landmark dan objek wisata di Bristol, bisa dibaca di Wisata Bristol.

16. Costwolds

Costwolds, Inggris
Bibury, Costwolds - foto oleh Saffron Blaze
Destinasi wisata ke-16 adalah Costwolds, desa kecil cantik yang terletak di area perbukitan di wilayah selatan Inggris. Area desa ini dikelilingi oleh beberapa county yaitu Gloucestershire, Oxfordshire, Wiltshire, Somerset, Worcestershire, dan Warwickshire. Area Cotswold didominasi oleh perbukitan kapur yang dikenal dengan nama Cotswolds Hills. Karena keunikan dan keindahan alamnya, pada tahun 1966, area ini dimasukkan ke dalam Area of Outstanding Natural Beauty (AONB). Beberapa objek wisata di area ini antara lain Bibury Village, Sudeley Castle, Beverston Castle, Tetbury Market House, Chavanage House, Quarwood, Woodchester Mansion, Newark Park, Broadway Tower, dan Corsham Court. Cotswolds dapat dijangkau melalui jalur darat dari Bath, Oxford, Bristol, Birmingham, dan London.

17. Birmingham

Birmingham, Inggris
New Street, Birmingham
Destinasi wisata ke-17 adalah Birmingham, kota metropolitan yang terletak di region West Midlands, Inggris. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah Dataran Tinggi Birmingham, wilayah tengah Inggris. Birmingham merupakan kota terbesar di Inggris dan UK, di luar London. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,1 juta jiwa pada tahun 2015. Sejak abad pertengahan, Birmingham telah menjadi salah satu kota pusat perdagangan. Pada abad ke-18, saat Revolusi Industri terjadi, kota ini semakin berkembang menjadi pusat ekonomi, ndustry, sains dan teknologi di dunia. Salah satu perguruan terbaik dunia, University of Birmingham, terletak di kota ini. Bandara internasional utama di kota ini adalah Birmingam Airport (BHX), dan stasiun kereta utamanya adalah Birmingham New Street. Informasi tentang landmark dan objek wisata di Birmingham, bisa dibaca di Wisata Birmingham.

18. Chester

Chester, Inggris
The Rows, Chester
Destinasi wisata ke-18 adalah Chester, sebuah kota kecil yang dikelilingi oleh tembok, yang terletak di county Cheshire, region North West, Inggris. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Dee (River Dee), tidak jauh dari perbatasan Inggris – Wales. Jumlah penduduk kota ini sekitar 118 ribu jiwa pada tahun 2013. Landmark utama di Chester adalah tembok kota, serta The Rows dengan bangunan-bangunan berarsitektur hitam-putih. Tembok kota tersebut mengelilingi bagian tengah kota dan merupapakn tembok kota yang paling utuh di seluruh wilayah Britain. Sementara The Rows merupakan landmark yang cukup unik. Landmark tersebut berupa bangunan-bangunan seperti toko atau rumah penduduk berlantai dua tetapi lantai dasarnya memiliki posisi yang lebih rendah daripada jalan. Selain kedua landmark tersebut, landmark lainnya di Chester antara lain Chester Cathedral, Eastgate dan Eastgate Clock, serta Grosvenor Museum. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Liverpool, Manchester, dan London.

19. Leeds

Leeds, Inggris
General Post Office, Leeds
Destinasi wisata ke-19 adalah Leeds, kota metropolitan yang terletak di county West Yorkshire, region Yorkshire and the Humber. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Aire (River Aire), wilayah utara Inggris. Jumlah penduduk kota ini sekitar 784 ribu jiwa pada tahun 2017. Di masa lampau, sekitar abad ke-13, Leeds hanyalah merupakan area tanah milik bangsawan. Pada abad 17 dan 18, kota ini kemudian berkembang menjadi pusat produksi dan perdagangan wool, serta salah satu kota utama di masa Revolusi Industri. Dan sejak pertengahan abad ke-20, kota ini menjadi salah satu area urban dengan penduduk terbanyak di wilayah UK. Beberapa landmark dan objek wsiata di Leeds antara lain Royal Armouries Museum, Harewood House, Roundhay Park, Temple Newsam, Leeds Town Hall, dan City Square. Untuk mencapai destinasi ini, dari London, pengunjung bisa menggunakan bis, kereta, maupun pesawat udara melalui bandara Leeds Bradford Airport (LBA).

20. Kent

Kent, Inggris
Oast house, Frittenden, Kent - foto oleh Val Vannet
Destinasi wisata ke-20 adalah Kent, sebuah county yang terletak di region South East England. Wilayah county ini dibatasi oleh Sungai Thames dan Laut Utara di sebelah utara, dengan Greater London di sebelah barat-laut, dengan Surrey di sebelah barat, dengan East Sussex di sebelah selatan, serta dengan English Channel di sebelah timur. Secara administratif, wilayah Kent dibagi ke dalam 13 distrik; beberapa yang utama adalah Dover, City of Canterbury, serta Maidstone yang merupakan county town. Jumlah keseluruhan penduduk di county ini sekitar 1,8 juta jiwa pada tahun 2017. Landmark dan objek wisata utama di Kent antara lain Leeds Castle, Dover Castle, Canterbury Cathedral, Hever Castle, Whitstable Castle, Turner Contemporary Art Gallery, White Cliffs of Dover, serta Dreamland. Karena letaknya yang cukup dekat dengan London, sehingga untuk mencapai destinasi ini, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam dengan menggunakan bis maupun kereta.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 10 destinasi wisata favorit para traveler di United Kingdom – bagian 2. Informasi tentang 10 destinasi wisata sebelumnya di negara ini bisa dibaca di 10 Destinasi Wisata di United Kingdom – Bagian 1. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar