Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 26, 2019

8 Wisata Alam Cantik di Baden-Württemberg, Jerman

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi objek wisata klasik, sekarang kita akan melanjutkan untuk mengunjungi objek wisata alam yang ada di state Baden-Württemberg, Jerman.

Baden-Württemberg sendiri merupakan sebuah state yang terletak di wilayah barat-daya Jerman. State ini terletak tepat di sebelah barat Bavaria, serta berbatasan langsung dengan wilayah Prancis di sebelah barat, dan dengan Swiss di sebelah selatan. Baden-Württemberg merupakan state terbesar ketiga di Jerman. Beberapa kota utama di state ini antara lain Stuttgart yang merupakan ibu kota, Karlsruhe, Mannheim, Freiburg in Breisgau, Heidelberg, Heilbronn, Pforzheim, Reutlingen, dan Ulm. Beberapa bentang alam utama di Baden-Württemberg antara lain Sungai Rhine yang membatasi state ini dengan Bavaria, hutan Black Forest (Schwarzwald) yang selalu hijau sepanjang tahun, dan Sungai Neckar.

Berikut beberapa wisata alam cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Baden-Württemberg:

1. Black Forest National Park

Black Forest National Park, Baden-Württemberg
Black Forest National Park, Baden-Württemberg
Wisata alam pertama adalah Black Forest National Park (Nationalpark Schwarzwald), taman nasional yang terletak di puncak utama Northern Black Forest (Nordschwarzwald), wilayah barat Baden-Württemberg. Sebagian besar di antara Black Forest High Road (Schwarzwaldhochstraβe) dan Lembah Sungai Murg. Taman nasional ini pertama kali diresmikan pada tahun 2014 dengan area seluas 10 ribu hektar. Area tersebut terbagi menjadi 2 bagian yang terpisah jarak 3,5 km; area pertama di bagian selatan, di dekat Ruhestein dengan luas 7.600 hektar; dan area kedua di bagian utara, di sekitar Hoher Ochsenkopf dengan luas 2.400 hektar. Meski menggunakan nama Black Forest National Park, tetapi taman nasional ini hanya merupakan 1/60 dari seluruh wilayah hutan Black Forest, yang membentang seluas 6.000 km persegi di ujung barat daya Jerman. Selain hutan, di area taman nasional ini juga terdapat beberapa danau kecil seperti Wildsee, Huzenbacher See, Buhlbachsee, serta air terjun Allerheiligen-Wasserfälle. Untuk mencapai objek wisata ini, kota terdekat yang bisa dijadikan pintu gerbang oleh wisatawan adalah Baden-Baden dan Freudenstadt.

2. Titisee

Titisee, Baden-Württemberg
Titisee, Baden-Württemberg
Wisata alam kedua adalah Titisee, sebuah danau cantik yang terletak di wilayah Southern Black Forest (Südschwarzwald), wilayah selatan Baden-Württemberg. Danau ini berada pada ketinggian 845 meter, berbentuk oval dengan luas area 1,3 km persegi, membentang sepanjang 1,87 km dan lebar 750 meter. Secara geologi, Titisee terbentuk dari formasi gletser Pegunungan Feldberg yang saat ini membentu area tepi danau. Hanya satu aliran sungai yang mengisi perairan danau ini yaitu Seebach; dan hanya satu sungai pula yang mengalir dari danau ini, yaitu Gutach. Di tepi utara danau terdapat pemukiman yang juga bernama Titisee, yang merupakan bagian dari wilayah kota Titisee-Neustadt, distrik Breisgau-Hochschwarzwald. Di pemukiman tersebut terdapat penyewaan perahu yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berkeliling dan menikmati keindahan danau.

3. Wutach Gorge

Wutach Gorge, Baden-Württemberg
Wutach Gorge, Baden-Württemberg
Wisata alam ketiga adalah Wutach Gorge (Wutachschlucht), ngarai (gorge) yang terletak di wilayah selatan Baden-Württemberg. Ngarai (gorge) sendiri merupakan bentang alam yang berbentuk lembah curam, yang diapit tebing, dan dialiri oleh sungai. Di bagian atas ngarai ini mengalir Sungai Wutach, dan ngarai ini terbagi menjadi 3 bagian, yang paling rendah adalah Wutachflühen. Ngarai ini memotong wilayah selatan region Baar dari tepi timur hutan High Black Forest, membentang ke timur ke tebing Trauf, sisi barat-laut Swabian Jura, dan berakhir di Pegunungan Randen. Wutach Gorge memiliki total panjang sekitar 33 km, dengan kedalaman 60 – 170 meter, dan luas area 968 hektar. Seluruh ngarai tersebut membentang di 3 wilayah: Breisgau-Hochshwarzwald, Schwarzwald-Baar-Kreis, dan Waldshut. Wutach Gorge merupakan bagian dari Southern Black Forest Nature Park dan merupakan salah satu objek wisata favorit para wisatawan di Baden-Württemberg.

4. Triberg Waterfalls

Triberg Waterfalls, Baden-Württemberg
Triberg Waterfalls, Baden-Württemberg
Wisata alam berikutnya adalah Triberg Waterfalls (Triberg Wasserfall), air terjun cantik yang terletak di tengah hutan Black Forest. Air terjun ini terletak di wilayah Triberg, sebuah kota kecil di distrik Schwarzwald-Baar, wilayah barat-daya Baden-Württemberg. Air terjun ini berada pada ketinggian 711 hingga 872 meter di atas permukaan laut, serta berasal dari air Sungai Gutach. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Triberg Waterfalls berbentuk deretan air terjun dengan 7 tingkatan utama, dan memiliki tinggi total 163 meter. Dengan ketinggian tersebut menjadikan air terjun ini sebagai yang tertinggi di Jerman yang mudah diakses, meskipun sebenarnya air terjun tertinggi di negara ini adalah Röthbach Waterfall (470 m) yang terletak di Berchtesgaden, Bavaria. Di bagian puncak air terjun ini, tepatnya di wilayah Schonach, mengalir bagian air terjun yang lebih kecil, yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.


5. Schluchsee

Schluchsee, Baden-Württemberg
Schluchsee, Baden-Württemberg
Wisata alam selanjutnya adalah Schluchsee, danau terbesar di wilayah hutan Black Forest. Danau ini terletak di sebelah selatan Titisee, tepatnya di wilayah distrik Breisgau-Hochschwarzwald, di dekat kota Freiburg im Breisgau. Schlusee berada pada ketinggian 930 meter di atas permukaan laut serta merupakan danau reservoir, yaitu danau alami sekaligus danau yang dibentuk oleh bendungan. Danau ini berbentuk memanjang dengan sisi terpanjang 250 meter serta luas area 5,14 km persegi. Meski merupakan danau reservoir, tetapi Schlusee merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan air danau ini memiliki temperatur yang sejuk di musim panas, serta di sekeliling danau juga tersedia jalur hiking. Di tepi danau ini ini juga terdapat banyak pemukiman penduduk seperti kota Schluchsee, Seebrugg, dan Aha.

6. Schauinsland

Schauinsland, Baden-Württemberg
Padang bunga di Schauinsland, Baden-Württemberg
Wisata alam selanjutnya adalah Schauinsland, sebuah pegunungan yang juga terletak di wilayah hutan Black Forest, ujung barat-daya Baden-Württemberg. Dari kota Freiburg, pegunungan ini berjarak sekitar 10 km ke sebelah selatan. Dalam Bahasa Jerman ‘Schauinsland’ berarti ‘look into the country’ atau ‘lihatlah ke negara ini’. Pegunungan ini memiliki ketinggian 1.284 meter di atas permukaan laut, serta merupakan salah satu destinasi favorit karena letaknya yang cukup dekat dari kota. Selain Freiburg, pegunungan ini juga dikelilingi oleh beberapa kota kecil seperti Oberried, Munstertal, Bollschweil, Horben, serta desa Hofsgrund yang letaknya paling dekat dengan puncak. Pada hari cerah, dari puncak pegunungan ini, pengunjung bisa melihat Pegunungan Vosges bahkan Pegunungan Alpen Swiss. Seperti halnya wilayah pegunungan lain di Jerman, puncak Schauinsland juga bisa dicapai dengan cable car, yaitu Schauinslandbahn, dari kota Freiburg.

7. Blautopf

Blautopf, Baden-Württemberg
Blautopf, Baden-Württemberg
Dari hutan Black Forest, sekarang kita menuju ke Pegunungan Swabian Jura. Di tepi selatan pegunungan ini, tepatnya di wilayah kota Blaubeuren, terdapat Blautopf, sebuah danau kecil cantik berwarna biru kehijauan. Dari kota Ulm, danau ini berjarak sekitar 16 km ke sebelah barat. Blautopf sebenarnya merupakan mata air yang terletak di area kapur (karst). Air danau ini tidak mengalir ke sungai melainkan mengisi lorong-lorong di deretan gua Blau yang membentang sepanjang 14,5 km. Dari lorong-lorong gua tersebut, air danau ini selanjutnya mengalir ke Sungai Danbe di kota Ulm. Berbeda dengan danau-danau lain, Blautopf mmeiliki warna air yang khas. Warna tersebut disebabkan oleh partikel-partikel kapur yang berukuran sangat kecil yang terdisitribusi di air. Efek serupa juga ditemukan di danau Blue Lagoon di Reykjavik, Islandia.

8. Mainau

Mainau, Baden-Württemberg
Mainau, Baden-Württemberg
Wisata alam terakhir kita kali ini adalah Mainau, sebuah pulau kecil cantik yang terletak di Danau Constance (Bodensee), di ujung selatan Baden-Würtemberg. Danau Constance sendiri merupakan danau yang membatasi wilayah Jerman dan Swiss. Mainau terletak di ujung pantai selatan Selatan Überlinger See, salah satu bagian dari area Danau Constance, serta termasuk dalam wilayah kota Konstanz. Pulau ini memiliki luas sekitar 44 hektar dan merupakan sebuah pulau taman (garden island). Di pulau ini terdapat berbagai taman bunga, kebun botani, serta sebuah greenhouse (rumah kaca) bagi tumbuhan tropis dan kupu-kupu. Meski merupakan sebuah pulau, tetapi Mainau sudah terhubung dengan daratan utama melalui jalur highway, sehingga untuk mencapai pulau cantik ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Konztanz.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang beberapa objek wisata alam yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Baden-Württemeberg, Jerman. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar