Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 09, 2019

8 Wisata Klasik di Baden-Württemberg, Jerman

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi wisata alam dan wisata klasik di Bavaria, sekarang kita menuju ke state berikutnya, yang juga merupakan salah satu state terbesar di Jerman, yaitu Baden-Württemberg.

Baden-Württemberg merupakan sebuah state yang terletak di wilayah barat-daya Jerman. State ini terletak tepat di sebelah barat Bavaria, serta berbatasan langsung dengan wilayah Prancis di sebelah barat, dan dengan Swiss di sebelah selatan. Baden-Württemberg merupakan state terbesar ketiga di Jerman. Beberapa kota utama di state ini antara lain Stuttgart yang merupakan ibu kota, Karlsruhe, Mannheim, Freiburg in Breisgau, Heidelberg, Heilbronn, Pforzheim, Reutlingen, dan Ulm. Beberapa bentang alam utama di Baden-Württemberg antara lain Sungai Rhine yang membatasi state ini dengan Bavaria, hutan Black Forest (Schwarzwald) yang selalu hijau sepanjang tahun, dan Sungai Neckar.

Berikut beberapa objek wisata klasik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Baden-Württemberg:

1. Heidelberg Castle

Heidelberg Castle, Baden-Württemberg
Heidelberg Castle - foto oleh Reinhard Wolf
Objek wisata pertama adalah Heidelberg Castle (Heidelberger Schloss), reruntuhan kastil yang merupakan landmark utama di kota Heidelberg. Reruntuhan kastil ini terletak di ketinggian 80 meter di sebelah utara bukit Königstuhl, area Old Town. Struktur Heidelberg Castle pertama kali dibangun sebelum tahun 1214 dengan arsitektur Gothic-Renaissance. Selanjutnya, area kastil ini diperluas menjadi 2 bagian. Tetapi, pada abad ke-16, area kastil bagian atas terkena petir, pada abad ke-17 kastil ini terkena dampak perang, dan abad ke-18 kastil ini kembali terkena petir. Meski bukan merupakan kastil sempurna, tetapi Heidelberg Castle merupakan salah satu bangunan berarsitektur Rennaissance utama di wilayah utara Pegunungan Alpen. Saat ini, selain sebagai objek wisata, di area ini juga terdapat stasiun kereta gantung Heidelberg Bergbahn yang menghubungkan Heidelberg’s Kommarkt dan puncak bukit Königstuhl.

2. Old Bridge Heidelberg

Old Bridge Heidelberg, Baden-Württemberg
Old Bridge Heidelberg
Masih di Heidelberg, objek wisata selanjutnya adalah Old Bridge Heidelberg (Alte Brücke Heidelberg), sebuah jembatan klasik tipe arch yang membentang di atas Sungai Neckar. Jembatan ini hanya berjarak sekitar 1 km dari Heidelberg Castle. Old Bridge menghubungkan area Old City (Alt Stadt) di sebelah selatan dan distrik Neuenheim di sebelah utara. Nama resmi jembatan ini adalah Karl Theodor Bridge (Karl-Theodor-Brücke), tetapi lebih dikenal dengan nama Old Bridge. Jembatan ini dibangun pada tahun 1788, serta memiliki total panjang 200 meter dan tinggi 7 meter. Old Bridge dibangun dengan bahan utama batuan pasir dari Sungai Neckar. Jembatan yang ada saat ini merupakan yang ke-9 yang dibangun di tempat yang sama. Pintu gerbang jembatan (Brückentor), yang terletak di ujung selatan, telah dibangun sejak abad pertengahan.

3. Hohenzollern Castle

Hohenzollern Castle, Baden-Württemberg
Hohenzollern Castle - foto oleh Jim Trodel
Objek wisata ketiga adalah Hohenzollern Castle (Burg Hohenzollern), sebuah kastil cantik yang terletak di sebelah selatan kota Hechingen, wilayah tengah Baden-Württemberg. Kastil ini terletak di puncak Bukit Hohenzollern (Berg Hohenzollern) yang memiliki ketinggian 855 meter, serta merupakan bagian dari Pegunungan Swabian Jura. Dari ibu kota state, Stuttgart, kastil ini berjarak sekitar 50 km ke sebelah selatan. Hohenzollern Castle pertama kali dibangun pada abad ke-11 sebagai kediaman resmi keluarga Hohenzollern. Meski demikian, kastil yang ada saat ini merupakan kastil ketiga yang dibangun pada abad ke-19, setelah bangunan kastil pertama dan kedua dihancurkan. Hohenzollern Castle yang ada saat ini memiliki arsitektur Gothic Revival, serta terdiri atas 4 bagian utama yaitu: arsitektur militer, bangunan istana, tempat ibadah, dan taman-taman. Setiap tahun, setidaknya sekitar 350 ribu wisatawan yangberkunjungi ke kastil ini.

4. Ludwigsburg Palace

Ludwigsburg Palace, Baden-Württemberg
Ludwigsburg Palace
Objek wisata keempat adalah Ludwigsburg Palace (Residenzschloss Ludwigsburg), kompleks istana yang terletak di Ludwigsburg, wilayah tengah Baden-Württemberg, sekitar 15 km di sebelah utara Stuttgart. Kompleks istana ini pertama kali dibangun pada tahun 1704 di area seluas 32 hektar. Dengan luas tersebut, Ludwigsburg Palace menjadi salah satu kompleks istana dengan area terluas di Jerman. Kompleks istana ini memiliki arsitektur perpaduan Baroque, Rococo, Neoclassical, dan Empire style, serupa dengan Palace of Versailles di Prancis. Bangunan istana memiliki 4 sisi: sisi utara (Alter Hauptbau), sisi selatan (Neuer Hauptbau), sisi timur, dan sisi barat; serta terdiri atas 18 bangunan utama dengan 452 ruangan. Di sekeliling istana juga terdapat taman-taman yang dikenal dengan nama Blooming Baroque (Blühendes Barock). Tepat di sebelah kompleks Ludwigsburg Palace, terdapat bangunan Schloos Favorite, yang saat ini digunakan sebagai museum.


5. New Palace Stuttgart

New Palace Stuttgart
New Palace Stuttgart - foto oleh Julian Herzog
Objek wisata kelima adalah New Palace (Neues Schloss), istana bergaya Baroque yang terletak di pusat kota Stuttgart. Istana ini terletak di area Schlossplatz, tepat di depan menara Jubiläumssäule dan Konigsbau. New Palace pertama kali dibangun pada abad ke-18 sebagai kediaman keluarga Kerajaan Württemberg. Istana ini menggantikan Old Castle yang telah dibangun sejak abad ke-10, dan saat ini terletak di area Schillerplatz. Saat ini, New Palace Stuttgart digunakan sebagai kantor pemerintahan, sehingga bagi wisatawan yang akan berkunjung wajib membuat janji terlebih dahulu. Dari sini, pengunjung juga bias mengunjungi Old Castle yang berjarak hanya sekitar 200 meter.

6. Old Castle Stuttgart

Old Castle Stuttgart
Old Castle Stuttgart
Masih di Stuttgart, setelah New Palace, sekarang kita akan mengunjungi Old Castle (Altes Schloss) yang letaknya masih berdekatan, tepatnya di area Schillerplatz. Kastil ini pertama kali dibangun pada abad ke-10 hanya untuk melindungi kebun kuda. Pada saat itu, kastil ini merupakan sebuah water castle, yaitu kastil yang dikelilingi oleh parit. Sekitar abad ke-14, kastil ini selanjutnya digunakan sebagai kediaman keluarga Kerajaan Württemberg, hingga abad ke-18, saat New Palace selesai dibangun. Berbeda dengan New Palace yang tampak megah, Old Castle lebih menunjukkan sisi klasiknya. Saat ini, selain sebagai objek wisata, kastil ini juga berfungsi sebagai museum sejarah Kerajaan Württemberg (Landesmuseum Württemberg), yang juga merupakan bagian dari museum nasional Jerman.

7. Karlsruhe Palace

Karlsruhe Palace
Karlsruhe Palace - foto oleh DanGrothe
Selanjutnya kita menuju ke kota Karlsruhe, sekitar 75 km di sebelah barat Stuttgart. Di kota ini terdapat Karlsruhe Palace (Karlsruher Schloss), sebuah istana megah yang terletak di wilayah Schloβbezirk, pusat kota Karlsruhe. Istana ini pertama kali dibangun pada tahun 1715 atas perintah Pangeran Charles III William, seorang margrave dari Baden-Durlach. Istana ini dibangun karena adanya perselisihan antara Sang Pangeran dengan rakyatnya di Durlach, ibu kota kerajaan sebelumnya. Setelah istana ini dibangun, wilayah kota Karlsruhe selanjutnya berkembang pesat. Dari atas, pemandangan kompleks Karlsruhe Palace menyerupai sebuah kipas, dengan menara istana sebagai pusat, dan 32 jalan yang menghubungkan pusat istana dengan wilayah kota. Karena pemandangan tersebut, sehingga kota Karlsruhe juga sering dijuluki sebagai Fächerstadt atau Fan City. Saat ini, selain sebagai objek wisata, di istana ini juga merupakan terdapat Badisches Landesmuseum Karlsruhe.

8. Schwetzingen Palace

Schwetzingen Palace, Baden-Württemberg
Schwetzingen Palace
Objek wisata klasik terakhir kita kali ini adalah adalah Schwetzingen Palace (Schloss Schwetzingen), istana cantik yang terletak di Schwetzingen, sebuah kota kecil yang berjarak sekitar 100 km di sebelah utara Stuttgart. Istana ini dibangun pada abad ke-17 sebagai rumah musim panas bagi elector Palatine, Charles III Philip dan Charles IV Theodore (dari Kerajaan Wittelsbach). Area ini dipilih karena jaraknya yang sama jauh dari kantor kedua elector tersebut, yaitu di Heidelberg dan Mannheim. Area ini juga cukup luas dan dikelilingi dengan taman-taman bunga. Selain itu, di kompleks istana juga terdapat Schlosstheater Schwetzingen, tempat diadakannya Schwetzingen Festival setiap tahun; dan bagi umat Muslim, di salah satu kompleks taman istana terdapat sebuah masjid  (moschee) bergaya Turki yang telah dibangun sejak abad ke-18.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang objek wisata klasik di Baden-Württemberg, Jerman. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar