Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2019-06-26

8 Kota Cantik sebagai Destinasi Wisata di North Rhine-Westphalia, Jerman

Salam Traveling!

Setelah Bavaria dan Baden-Württemberg, sekarang kita akan menuju ke state terbesar selanjutnya di Jerman, yaitu North-Rhine-Westphalia.

North-Rhine-Westphalia (Nordrhein-Westfalen), atau sering disingkat dengan NRW, merupakan satu dari 16 state yang membentuk negara Jerman. State ini terletak di wilayah barat negara ini, serta langsung berbatasan dengan wilayah Belanda di sebelah barat, dan Belgia di sebelah barat-daya. Sementara di sebelah utara dan timur, state ini berbatasan dengan Lower Saxony; di sebelah tenggara dengan Hesse; dan di sebelah selatan dengan Rhineland-Palatine. Meski memiliki luas area yang lebih kecil dari Bavaria dan Baden-Württemberg, tetapi North Rhine-Westphalia memiliki populasi penduduk terbanyak di Jerman, yaitu mencapai 17,9 juta jiwa. Wilayah state ini dibagi ke dalam 5 region administrasi yaitu Köln, Düsseldorf, Münster, Arnsberg, dan Detmold. Beberapa kota utama di state ini antara lain Düsseldorf yang merupakan ibu kota, Köln (Cologne) yang merupakan kota terbesar, Dortmund, dan Essen. Beberapa sungai utama di Jerman juga mengalir di wilayah state ini, seperti Rhine, Ruhr, Ems, Lippe, dan Weser.

Berikut ini 8 kota cantik di North Rhine-Westphalia (Nordrein-Westfalen) yang sering dijadikan destinai wisata oleh para traveler:

1. Bonn

Bonn, North Rhine-Westphalia
Schloss Drachenburg, Bonn - foto oleh Dmitry Tonkonog and Ksenia Fedosova
Kota cantik pertama adalah Bonn, kota kelahiran Ludwig van Beethoven, seorang tokoh musik ternama dunia. Kota ini terletak di tepi Sungai Rhine, region Köln, di ujung selatan state North Rhine-Westphalia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 325 ribu jiwa pada tahun 2017. Dari Köln, Bonn berjarak sekitar 25 km ke sebelah selatan. Menurut sejarah, wilayah Bonn merupakan salah satu kota tertua di Jerman dan telah dihuni oleh bangsa Romawi sejak satu abad sebelum Masehi. Antara tahun 1949 hingga 1990, kota ini juga berperan sebagai ibu kota Jerman Barat (West Germany). Saat Jerman bersatu pada tahun 1990, Bonn tidak lagi menjadi ibu kota, tetapi tetap kantor-kantor pemerintahan tetap berada di kota ini. beberapa landmark utama di Bonn antara lain Schloss Drachenburg, Drachenfels, House of the History of the Federal Republic of Germany, Bonn Minster, Rheinaue, Kunstmusem Bonn, dan Botanical Garden Bonn.

2. Aachen

Aachen, North Rhine-Westphalia
Aachen Dom, Aachen - foto oleh Dietmar Rabich
Kota cantik kedua adalah Aachen, juga dikenal dengan nama Bad Aachen, kota spa yang terletak tepat di perbatasan Jerman РBelanda РBelgia. Dalam bahasa Prancis dan Inggris tradisional, nama kota ini adalah Aix-la-Chapelle. Aachen termasuk dalam wilayah region K̦ln, dan berjarak sekitar 65 km di sebelah barat kota K̦ln. Jumlah penduduk kota ini sekitar 246 ribu jiwa pada tahun 2017. Bagi mahasiswa Indonesia, Aachen bukanlah merupakan kota yang asing, karena di kota inilah Bapak B.J. Habibie pernah berkuliah, tepatnya di RWTH Aachen University, yang juga merupakan salah satu kampus teknologi ternama di Jerman. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Aachen Dom, Aachen Town Hall, Elisenbrunnen, Carolus Thermen, Aachen Theatre, dan Neues Kurhaus.

3. Münster

Münster, North Rhine-Westphalia
Altstadt, Münster
Kota cantik ketiga adalah Münster, pusat region Münster (Münsterland). Kota ini terletak di wilayah utara state, serta dialiri oleh 2 sungai: Münstersche Aa dan Ems. Populasi penduduk kota ini berjumlah 313 ribu jiwa pada tahun 2017, dan sekitar 61 ribu merupakan mahasiswa. Münster memiliki peran penting di masa lampau, karena di kota inilah ditandatanganinya Perjanjian Damai Westphalia (Peace of Westphalia) pada tahun 1948, untuk mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun (Thirty Years’ War) di Eropa. Saat ini Münster sering dirujuk sebagai pusat budaya region Westphalia, serta kota sepeda (bicycle capital) di Jerman. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Westphalian State Museum of Art and Cultural History, Münster Cathedral, Prinzipalmarkt, St Lambert’s Church, Schloss Münster, Botanischer Garten Munster, Erbdrostenhof, Westphalian Horse Museum, Westphalian Museum for Natural History, dan Allwetter Zoo Münster.

4. Köln (Cologne)

Köln, North Rhine-Westphalia
Kölner Dom dan Hohenzollern Bridge, Köln
Kota cantik keempat adalah Köln (Cologne), kota terbesar di state North Rhine-Westphalia. Kota ini terletak di wilayah barat-daya state, serta merupakan pusat region Köln. Sungai Rhine mengalir tepat melalui wilayah tengah kota serta membagi Köln menjadi 2 wilayah: timur dan barat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1 juta jiwa pada tahun 2017. Menurut sejarah, Köln pertama kali dibangun oleh Bangsa Romawi sekitar 2000 tahun yang lalu. Salah satu perguruan tinggi terbesar dan tertua di Eropa, Universität zu Köln (University of Cologne), terletak di kota ini. Landmark utama di Köln antara lain Kölner Dom (Cologne Cathedral), Kölner Rathaus (Cologne City Hall), Museum Ludwid, Imhoff-Schokoladenmuseum (Chocolate Museum), Römisch-Germanisches Museum, Farina Fragrance Museum (tempat asal parfum Eau de Cologne), dan Hohenzollern Bridge.

5. Düsseldorf

Düsseldorf, North Rhine-Westphalia
Sungai Rhine, Düsseldorf
Kota cantik kelima adalah Düsseldorf, ibu kota state North-Rhine-Westphalia. Kota ini terletak di wilayah barat state, serta merupakan pusat region Düsseldorf. Dari Köln, kota ini berjarak sekitar 40 km ke sebelah utara. Sama seperti Köln, wilayah Düsseldorf juga dialiri oleh Sungai Rhine. Di tepi timur sungai merupakan area Altstadt dengan bangunan-bangunan klasik, dan di tepi barat sungai merupakan area komersial dengan berbagai bangunan modern. Jumlah penduduk kota ini sekitar 613 ribu jiwa pada tahun 2016. Setiap tahun Dusseldorf sering menjadi tuan rumah berbagai pameran fashion dan trade fair internasional. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Rheinturm (TV Tower), Schloss Benrath, Kaiserswerth, Kunstsammlung Nordrhein-Westfalen (Art Collection Northrhine-Westphalia), Museum Kunst Palast, dan Botanischer Garten Düsseldorf.

6. Dortmund

Dortmund, North Rhine-Westphalia
Altes Stadthaus, Dortmund
Kota cantik keenam adalah Dortmund, kota terbesar ketiga di North Rhine-Westphalia setelah Köln dan Düsseldorf. Kota ini terletak di wilayah tengah state, serta termasuk dalam region Arnsberg. Jumlah penduduk kota ini sekitar 586 ribu jiwa pada tahun 2017. Dortmund merupakan bagian dari Region Metropolitan Rhine-Ruhr, yang terletak di sepanjang Sungai Emscher dan Ruhr. Bagi pecinta sepak bola, nama Dortmund tidaklah asing, karena di sinilah asal salah satu klub sepak bola utama Eropa, Borussia Dortmund. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Signal Iduna Park yang merupakan stadion klub Borussia Dortmund, Westfalenpark, Altes Stadthaus, Dortmund Zoo, Botanischer Garten Rombergpark, Museum am Ostwall, German Football Museum, Dortmund U-Tower, dan Theater Dortmund.

7. Essen

Essen, North Rhine-Westphalia
City Center, Essen - foto oleh João Pimentel Ferreira
Kota cantik berikutnya adalah Essen, kota terbesar keempat di North Rhine-Westphalia. Kota ini terletak di wilayah barat state, serta termasuk dalam region Düsseldorf. Dari kota Düsseldorf sendiri, Essen berjarak sekitar 34 km ke sebelah timur-laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 583 ribu jiwa pada tahun 2017. Sama seperti Dortmund, Essen juga terletak di sepanjang aliran Sungai Ruhr dan Emscher, serta merupakan bagian dari Region Metropolitan Rhine-Ruhr. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Zollverein Coal Mine Industrial Complex yang merupakan UNESCO World Heritage Site, Botanischer Garten Grugapark, Villa Hügel, Schloss Borbeck, Aalto Theatre, Grillo-Theater, Saalbau Essen, Museum Folkwang, dan Gartenstadt Margarethenhöhe.

8. Duisburg

Duisburg, North Rhine-Westphalia
Innenhafen, Duisburg
Kota cantik terakhir kita kali ini adalah Duisburg, kota metropolitan yang juga terletak di region Düsseldorf. Kota ini terletak di wilayah barat state, dan berjarak sekitar 25 km di sebelah utara Düsseldorf. Di wilayah kota inilah Sungai Rhine bercabang ke timur membentuk Sungai Ruhr, tepatnya di distrik Ruhrort. Jumlah penduduk kota ini sekitar 498 ribu jiwa pada tahun 2017. Sama seperti Dortmund dan Essen, Duiburg juga merupakan bagian dari area metropolitan Ruhr. Karena letaknya di persimpangan Sungai Rhine dan Ruhr, kota ini memiliki pelabuhan darat terbesar di dunia, yaitu Duisburg Inner Harbour (Innenhafen). Meski letaknya jauh di daratan, tetapi pelabuhan ini merupakan pelabuhan laut, karena terhubung dengan Laut Utara (North Sea) melalui Sungai Rhine. Beberapa landmark utama di Duisburg antara lain Landschaftpark Duisburg-Nord, Tiger & Turtle, Duisburg Zoo, Duisburg Inner Harbour, dan Theater Duisburg.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 kota cantik sebagai destinasi wisata di North Rhine-Westphalia (Nordrein-Westfalen), Jerman. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar