Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

November 26, 2019

Wisata Bernese Oberland, region cantik di ujung selatan Canton Bern, Swiss – Bagian 3

Salam Traveling!

Masih di Bernese Oberland, region cantik yang terletak di ujung selatan Canton Bern, Swiss, setelah sebelumnya mengunjungi 6 kota kecil dan desa yang ada di region ini, sekarang kita akan melanjutkan ke 8 kota kecil dan desa berikutnya.

Kandersteg, Bernese Oberland
Danau Oeschinensee, Kandersteg, Bernese Oberland - foto oleh Sofia Lucas
Bernese Oberland sendiri merupakan bagian dari canton Bern yang berupa dataran tinggi dan pegunungan. Area ini terletak di ujung selatan canton serta merupakan satu dari lima region administratif, yang lebih dikenal dengan sebutan Oberland. Region ini dibagi menjadi 4 distrik dan 80 kota. Keempat distrik tersebut adalah Frutigen-Niedersimmental, Intrelaken-Oberhasli, Obersimmental-Saanen, dan Thun. Destinasi utama di region ini antara lain Interlaken, Wengen, Mürren, Lauterbrunnen, Grindelwald, Haslital, Danau Thun, Kandersteg, Simmental, dan Saanenland. Sementara di Pegunungan Bernese Alps, puncak tertinggi adalah Finsteraarhorn (4.274 m), tetapi yang lebih terkenal adalah Eiger, Mönch, dan Jungfrau.

Berikut 6 kota kecil dan desa cantik selanjutnya yang sering dikunjungi oleh para traveler di Bernese Oberland:

13. Frutigen

Frutigen, Bernese Oberland
Frutigen, Bernese Oberland - foto oleh Roland Zumbuehl
Kota cantik ke-13 adalah Frutigen, pusat administrasi distrik Frutigen-Niedersimmental. Kota ini terletak di wilayah barat Bernese Oberland, serta berada pada ketinggian sekitar 800 meter. Jumlah penduduk kota ini sekitar 6.900 jiwa pada tahun 2018. Wilayah Frutigen mencakup sebagian lembah Kander dan Engstligen antara Niesenkette dan Gehrihorn. Selain pusat kota, wilayah Frutigen juga meliputi beberapa desa kecil di sekitarnya yaitu Kanderbrück, Hasli, Innerschwandi, Ladholz, Oberfeld-Prasten, Reinisch dan Winklen mit Weilern, serta area pertanian di lembah tersebut yang membentang hingga ke lereng pegunungan pada ketinggian 1.600 meter. Area wisata utama di kota ini adalah Kanderbrück dan Rybrügg/Hasli yang merupakan bagian dari Inventory of Swiss Heritage Sites. Stasiun kereta Frutigen dilalui oleh jalur kereta Lötschberg Line yang terhubung dengan Bern, Thun, dan Brig. Dari stasiun tersebut juga terdapat layanan bis PostAuto yang menuju ke Wengi, Reudlen dan Reichenbach im Kandertal; menuju ke Kanderground, Blausee, Mitholz dan Kandersteg; serta menuju ke Achseten dan Adelboden.

14. Kandersteg

Kandersteg, Bernese Oberland
Kandersteg, Bernese Oberland
Desa cantik selanjutnya adalah Kandersteg, sebuah desa yang terletak sekitar 12 km di sebelah selatan Frutigen. Desa ini juga termasuk dalam wilayah distrik Frutigen-Niedersimmental. Kandersteg terletak di sepanjang lembah Sungai Kander, di sebelah barat deretan Pegunungan Jungfrau. Jumlah penduduk desa ini sekitar 1.200 jiwa pada tahun 2018. Kandersteg berada pada ketinggian 1.200 meter serta terletak tepat di kaki Gunung Lötschberg dan jalur Gemmi Pass. Wilayah desa membentang di sepanjang Lembah Gastern (Lembah Kander yang lebih tinggi) dan Danau Oeschinensee. Selain desa utama, wilayah Kandersteg juga meliputi wilayah desa Gastern. Wilayah Kandersteg dikelilingi oleh beberapa pegunungan tinggi yaitu Balmhorn (3.698) yang berbatasan dengan canton Valais di sebelah selatan, Blüemisalp (3.663 m) yang terletak di sebelah timur, serta Gross Lohner (3.049 m) yang terletak di sebelah barat dan berbatasan dengan Adelboden. Untuk mencapai desa ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Frutigen, Bern, dan Brig.

15. Adelboden

Adelboden, Bernese Oberland
Adelboden, Bernese Oberland
Desa cantik selanjutnya adalah Adelboden, yang terletak sekitar 15 km di sebelah barat daya Frutigen. Desa ini terletak di sebelah barat Kandersteg, serta masih termasuk dalam wilayah distrik Frutigen-Niedersimmental. Jumlah penduduk desa ini sekitar 3.300 jiwa pada tahun 2018. Adelboden merupakan desa pegunungan yang terletak di ujung lembah Sungai Entschlige, yang mengalir di wilayah Frutigen hingga ke Kander. Di sebelah selatan terdapat air terjun Engstligen Falls. Sementara itu, beberapa gunung penting di wilayah desa ini antara lain Lohner (3.049 m), Steghorn (3.146 m), Wildstrubel (3.243 m), dan Gsür (2.708 m). Selain desa utama, wilayah Adelboden juga meliputi wilayah Gilbach, Stigelschwand, Boden, Hirzboden, dan Ausserschwand. Untuk mencapai desa ini, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan bis dari Frutigen. Di Frutigen, tersedia jalur kereta Lötschberg Line yang menuju ke Bern dan Brig.

16. Zweisimmen

Zweisimmen, Bernese Oberland
Zweisimmen, Bernese Oberland
Kota cantik selanjutnya adalah Zweisimmen, sebuah kota yang terletak di distrik Obersimmental-Saanen, wilayah barat Bernese Oberland. Dari Frutigen, kota ini berjarak sekitar 25 km ke sebelah barat. Zweisimmen terletak pada persimpangan Sungai Gross dan Sungai Klein Simme, serta sangat populer sebagai pintu gerbang untuk menuju ke kota resort, Gstaad. Kota ini berada pada elevasi 880 m hingga 2.476 m di atas permukaan laut. Wilayah Zweisimmen dibentuk oleh 3 area yaitu Blankenburg yang merupakan pusat kota, Mannried, dam Oeschseite. Jumlah total penduduk kota ini sekitar 3.000 jiwa pada tahun 2018. Landmark utama di Zweisimmen antara lain Bankenburg Castle, reruntuhan Oberer Mannenburg Castle, dan reruntuhan Unterer Mannenburg Castle. Di sebelah timur kota terdapat Pegunungan Seehorn dan Danau Seeberg (Seebergsee). Untuk mencapai Zweisimmen, pengunjung bisa menggunakan jalur kereta Spiez – Zweisimmen yang berangkat dari Spiez dan melalui wilayah Lembah Simmental. Kereta tersebut dioperasikan oleh BLS AG serta dikenal dengan nama Simmentalbahn. Di Spiez, jalur tersebut terhubung dengan BLS Line dari stasiun Interlaken Ost dan Lötschberg Railway dari Brig; sementara di Zweisimmen jalur ini akan dilanjutkan oleh MOB Line menuju ke Lenk dan MOB Line menuju ke Montreux.

17. Lenk im Simmental

Lenk im Simmental, Bernese Oberland
Lenk im Simmental, Bernese Oberland - foto oleh Patrick Nouhailler
Desa cantik selanjutnya adalah Lenk im Simmental (juga dikenal dengan nama singkat Lenk), sebuah desa yang terletak sekitar 13 km di sebelah Zweisimmen. Desa ini terletak di lembah Simmental, salah satu lembah utama di Bernese Oberland. Dari Adelboden, desa ini juga berjarak sekitar 13 km tetapi ke sebelah barat daya. Sama seperti Zweisimmen, Lenk juga termasuk dalam wilayah distrik Obersimmental-Saanen. Jumlah penduduk desa ini sekitar 2.300 jiwa pada tahun 2018. Lenk merupakan desa dengan elevasi tertinggi di wilayah Simmental. Di wilayah desa ini terdapat banyak pegunungan tinggi, yang tertinggi adalah Wildstrubel (3.243 m). Di bawah pegunungan tersebut mengalir air terjun Sieberbrunnen dan Sungai Simme, yang selanjutnya digunakan untuk menamai wilayah lembah ini, Simmental. Selain desa utama, wilayah Lenk juga meliputi Aegerten, Brand, Gutenbrunnen, Ober dan Pöschenried. Untuk mencapai desa ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari kota Zweisimmen.

18. Gstaad

Gstaad, Bernese Oberland
Gstaad, Bernese Oberland - foto oleh Patrick Nouhailler
Desa cantik terakhir kita di Bernese Oberland adalah Gstaad, desa resort yang populer dengan objek wisata ski dan olahraga musim dingin. Dari Zweisimmen, desa ini berjarak sekitar 13 km ke sebelah barat laut, dan dari Lenk juga berjarak sekitar 12 km tetapi ke sebelah barat. Gstaad juga termasuk dalam wilayah distrik Obersimmental – Saanen, serta merupakan bagian dari wilayah kota Saanen. Jumlah penduduk desa ini cukup banyak, yaitu mencapai 9.200 jiwa pada tahun 2018. Gstaad terletak pada elevasi di atas 1.050 meter serta memiliki area ski terbesar di Pegunungan Alpen, yakni mencapai 220 km di sepanjang lereng pegunungan.

Gstaad, Bernese Oberland
Promenade, Gstaad - foto oleh GstaadTourismus
Karena merupakan destinasi yang sangat populer, di wilayah Gstaad terdapat berbagai macam toko, restoran, hotel, serta galeri seni, yang berderet di sepanjang promenade. Bahkan berbagai brand ternama dunia memiliki toko serta butik di desa ini, seperti Louis Vuitton, Hermes, Prada, Ralph Lauren, Dolce & Gabbana, Dior, serta masih banyak lagi. Untuk mencapai Gstaad juga cukup mudah, pengunjung bisa menggunakan kereta SBB Bern-Spiez dari Bern menuju ke Spiez, lalu dilanjutkan dengan kereta BLS menuju ke Zweisimmen, dan dilanjutkan dengan kereta MOB menuju ke Gstaad-Saanen. Sementara untuk mengunjungi area-area di sekitar Gstaad, tersedia Post bus dan ski bus yang menuju ke berbagai area seperti Saanen, Rougemot, Lauenen, Turbach, Schönried, Glacier 3000, dan Les Diablerets.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata Bernese Oberland, region cantik di ujung selatan Canton Bern, Swiss – bagian 3. Informasi sebelumnya tentang destinasi ini bisa dibaca di Wisata Bernese Oberland, Swiss - Bag. 1 dan Wisata Bernese Oberland, Swiss - Bag. 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar