Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 28, 2020

5 Gunung Cantik di region Bernese Oberland, Swiss - Bagian 2

Masih dengan bahasan gunung-gunung cantik di Bernese Oberland, sebuah region yang terletak di ujung selatan Canton Bern, Swiss. Setelah sebelumnya membahas 5 gunung cantik yang ada di region ini, sekarang kita akan membahas 5 gunung cantik berikutnya yang juga sering dikunjungi oleh para traveler di Bernese Oberland.

Bernese Oberland sendiri merupakan bagian dari canton Bern yang berupa dataran tinggi dan pegunungan. Area ini terletak di ujung selatan canton serta merupakan satu dari lima region administratif, yang lebih dikenal dengan sebutan Oberland. Region ini dibagi menjadi 4 distrik dan 80 kota. Keempat distrik tersebut adalah Frutigen-Niedersimmental, Intrelaken-Oberhasli, Obersimmental-Saanen, dan Thun. Destinasi utama di region ini antara lain Interlaken, Wengen, Mürren, Lauterbrunnen, Grindelwald, Haslital, Danau Thun, Kandersteg, Simmental, dan Saanenland. Sementara di Pegunungan Bernese Alps, puncak tertinggi adalah Finsteraarhorn (4.274 m), tetapi yang lebih terkenal adalah Eiger, Mönch, dan Jungfrau.

Berikut 5 gunung cantik selanjutnya yang sering dikunjungi oleh para traveler di region Bernese Oberland:

6. Männlichen

Männlichen, Bernese Oberland
Männlichen Station - foto oleh Yesuitus2001
Gunung cantik keenam adalah Männlichen, gunung setinggi 2.343 meter yang terletak di Lauterbrunnen, wilayah selatan Bernese Oberland. Gunung ini terletak di sebelah utara deretan pegunungan Jungfrau, Mönch, dan Eiger. Desa terdekat untuk mencapai Männlichen adalah Wengen, yang juga masih merupakan wilayah kota Lauterbrunnen. Dari puncak gunung ini, wisatawan bisa menikmati keindahan Lembah Lauterbrunnen (Lauterbrunnental) serta deretan tiga puncak utama di Bernese Oberland, yakni Jungfrau, Mönch, dan Eiger.

Gondelbahn Grindelwald Männlichen (GGM)
Gondelbahn Grindelwald Männlichen - foto oleh Chin tin tin
Untuk mencapai puncak Männlichen, setidaknya ada 3 rute yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Pertama melalui Desa Wengen, dimana pengunjung bisa menggunakan kereta cableway Wengen – Männlichen (Luftseilbahn Wengen - Männlichen). Wengen sendiri bisa dicapai dengan menggunakan kereta Wengernalpbahn dari pusat kota Lauterbrunnen. Pilihan kedua untuk mencapai puncak Männlichen adalah melalui Grindelwald, yakni dengan kereta gondola Gondelbahn Grindelwald – Männlichen (GGM). Sementara pilihan ketiga berupa jalur hiking dari Kleine Scheidegg, jadi tentu saja hanya dikhususkan bagi para pecinta hiking. Jalur hiking Kleine Scheidegg – Männlichen ini memiliki total panjang sekitar 4,7 km serta dikenal dengan nama Panoramaweg (Panorama Trail) karena keindahan panorama alam di sepanjang jalur tersebut.

7. Harder Kulm

Harder Kulm
Puncak Harder Kulm dan Bergrestaurant Harder Kulm
Gunung cantik ketujuh adalah Harder Kulm, atau Harderkulm, yang terletak di wilayah tengah Bernese Oberland. Gunung setinggi 1.321 meter yang terletak di sebelah utara kota Interlaken dan Unterseen. Gunung ini juga terletak di sebelah utara Sungai Aare yang mengalir di kedua kota tersebut, dan berasal dari Danau Brienz (Brienzersee) menuju ke Danau Thun (Thunersee). Danau Brienz sendiri terletak di sebelah timur gunung ini, sementara Danau Thun terletak di sebelah barat-daya. Dari Interlaken, Harder Kulm berjarak sekitar 3 km ke sebelah utara.

Panorama dari Harder Kulm
Panorama kota Interlaken dari Harder Kulm - foto oleh James Petts
Harder Kulm merupakan puncak paling barat dari deretan Pegunungan Harder yang membentang sepanjang 30 km di tepi utara Danau Brienz. Lokasi viewpoint di puncak ini termasuk dalam wilayah kota Unterseen, sementara bagian lereng gunung terbagi ke dalam 2 wilayah: Unterseen dan Interlaken. Dari viewpoint di puncak Harder Kulm, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Interlaken dan Unterseen, padang alluvial Bödelli, lembah Sungai Lütschine di sebelah selatan, hingga puncak-puncak Pegunungan Bernese Alps. Di puncak ini juga terdapat restoran bergaya kastil, Bergrestaurant Harder Kulm, yang juga dilengkapi dengan observation deck. Untuk mencapai Harder Kulm, wisatawan bisa menggunakan kereta funicular Harderbahn (HB) dari Interlaken dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke puncak.

8. Niesen

Niesen
Niesen dilihat dari Aeschi - foto oleh Adrian Michael
Gunung cantik kedelapan adalah Niesen, gunung setinggi 2.362 meter yang terletak di sebelah selatan Danau Thun, wilayah tengah Bernese Oberland. Gunung ini terletak di sebelah selatan kota Spiez, tetapi puncaknya terbagi ke dalam 2 wilayah administrasi: yang pertama Reichenbach im Kandertal di sebelah tenggara; kedua Wimmis di sebelah barat dan utara. Niesen merupakan puncak paling utara dari deretan pegunungan yang membentang mulai dari Albristhorn hingga ke Mannliflue. Deretan pegunungan tersebut yang selanjutnya memisahkan lembah Simmental dan Kandertal.

Panorama Niesen dan Danau Thun
Panorama Niesen dan Danau Thun - foto oleh Gabrielle Merk
Dari puncak Niesen, wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Thun, Lembah Simmental, serta Lembah Kandertal. Untuk mencapai puncak ini, tersedia kereta funicular Niesenbahn yang berangkat dari Mülenen, sebuah desa kecil yang terletak di dekat Reichenbach. Mülenen sendiri berjarak sekitar 7 km di sebelah selatan Spiez, dan dapat dicapai dengan menggunakan bis. Di bawah jalur kereta funicular yang menuju ke puncak Niesen, terdapat deretan tangga terpanjang di dunia, yang memiliki 11.674 anak tangga. Tetapi tangga tersebut hanya dibuka untuk umum sekali setahun saat diadakan event lari di puncak Niesen. Gunung ini juga sering dijuluki sebagai ‘The Swiss Pyramid’ karena bentuknya yang menyerupai piramida.

9. Wildstrubel

Wildstrubel
Wildstrubel - foto oleh Zacharie Grossen
Gunung cantik kesembilan adalah Wildstrubel, gunung setinggi 3.244 meter yang terletak di wilayah Lenk im Simmental, wilayah barat daya Bernese Oberland. Gunung ini terletak tepat di perbatasan Canton Bern dengan Canton Valais. Gunung ini merupakan bagian dari deretan pegunungan bergletser yang membentang sepanjang 15 km di antara jalur Rawil Pass dan Gemmi Pass. Bersama dengan puncak Muverans, Diablerets, dan Wildhorn, Wildstrubel merupakan satu dari empat puncak utama di wilayah Bernese Alps yang terletak di sebelah barat jalur Gemmi Pass.

Panorama Wildstrubel dari Lenk
Panorama Wildstrubel dari Lenk - foto oleh Björn S...
Wildstrubel terletak di pertengahan antara Lenk, Adelboden, dan Sierre (Canton Valais); sementara puncaknya termasuk dalam wilayah Lenk dan Leukebard. Pemukiman terdekan dengan puncak gunung ini adalah Oberried yang terletak di lembah Simmental, serta masih termasuk dalam wilayah Lenk. Beberapa desa dan kota kecil lainnya di sekitar puncak ini antara lain Crans-Montana, Aminona, Leukebard, dan Inden. Untuk mencapai puncak Wildstrubel, selain dengan hiking, juga tersedia jalur cableway dari Crans-Montana yang menuju ke Pointe de la Plaine Morte. Sementara untuk mencapai Crans-Montana, wisatawan bisa menggunakan mobil dari Lenk, dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit.

10. Brienzer Rothorn

Brienzer Rothorn
Brienzer Rothorn - foto oleh Martin Abegglen
Gunung cantik kesepuluh adalah Brienzer Rothorn, gunung setinggi 2.350 meter yang terletak di wilayah timur-laut Bernese Oberland. Gunung ini terletak di sebelah utara Danau Brienz (Brienzersee) serta tepat di perbatasan 3 canton: Bern, Luzern, dan Obwalden. Brienzer Rothorn merupakan bagian dari Pegunungan Alpen Emmental, serta merupakan puncak tertinggi di deretan pegunungan tersebut. Di sebelah barat gunung ini menjulang puncak Tannhorn, sementara di sebelah timur berderet puncak Arnihaaggen, Höch Gumme, dan Brünig Pass (1.008 m). Di sebelah selatan terdapat Danau Brienz, dan di sebelah utara membentang lembah Waldemme.

Brienzer Rothorn Bahn
Brienzer Rothorn Bahn dengan panorama Danau Brienz - foto oleh Andrew Bossi
Secara administratif, Brienzer Rothorn termasuk dalam 4 wilayah kota di 3 canton: Brienz di bagian barat-daya; Schwaden bei Brienz di bagian tenggara; Giswill di bagian timur-laut; dan Flühli di bagian barat-laut. Kota Brienz dan Schwaden bei Brienz merupakan wilayah canton Bern, Giswill merupakan wilayah canton Obwalden, sementara Flühli merupakan wilayah canton Luzern. Puncak Brienzer Rorthon dapat dicapai dengan menggunakan kereta steam train Brienzer Rothorn Bahn dari Brienz. Stasiun kereta di puncak terletak pada ketinggian 2.244 meter. Selain itu, juga tersedia cable car yang berangkat dari desa Sörenberg, wilayah kota Flühli.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 gunung cantik di region Bernese Oberland, Swiss - bagian 2 yang sering dikunjungi oleh para traveler. Bagian pertama dari tulisan ini, bisa dilihat di 5 gunung cantik di region Bernese Oberland, Swiss – bagian 1. Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar