Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 12, 2021

6 Destinasi Wisata Cantik di Provinsi Noord-Holland, Belanda

Salam Traveling! 


Sekarang kita menuju ke negara Belanda. Di negara-negara Eropa, untuk membagi wilayah secara administratif, ada beberapa istilah penamaan yang digunakan. Mislanya, di Jerman dan Austria menggunakan istilah state atau negara bagian, di Swiss menggunakan istilah canton/kanton, di Prancis menggunakan istilah region dan department, di UK dan Irlandia menggukan istilah region dan county, dan lain sebagainya. Nah, di Belanda sendiri, penamaan wilayah serupa dengan negara kita, yakni menggunakan istilah provinsi. 

Amsterdam, Noord-Holland
Amsterdam, Noord-Holland

Wilayah Belanda dibagi ke dalam 12 provinsi yaitu: Noord-Holland (Holland Utara), Zuid-Holland (Holland Selatan), Utrecht, Flevoland, Friesland, Groningen, Drenthe, Overijssel, Gelderland, Noord-Brabant, Limburg, dan Zeeland. Dari kedua belas provinsi tersebut, Zuid-Holland merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu sekitar 3,7 juta jiwa pada tahun 2019, dan Friesland sebagai provinsi dengan area terluas. Zeeland merupakan provinsi dengan jumlah penduduk paling sedikit yaitu hanya sekitar 383 ribu jiwa pada tahun 2019, dan Flevoland sebagai provinsi dengan luas wilayah terkecil. 


Sekarang kita akan mengunjungi provinsi pertama di Belanda yaitu Noord-Holland. Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Provinsi Noord-Holland


1. Amsterdam 

Stasiun kereta Amsterdam
Stasiun kereta Amsterdam

Destinasi wisata pertama adalah Amsterdam, ibu kota negara sekaligus kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Belanda. Berdasarkan data tahun 2019, kota ini memiliki penduduk sekitar 872 ribu jiwa, di area urban sekitar 1,5 juta jiwa, dan di area metropolitan mencapai 2,4 juta jiwa. Amsterdam terletak di bagian selatan provinsi Noord-Holland. Di wilayah pusat kota mengalir Sungai Amstel yang selanjutnya bermuara di Danau Ijmeer, sebuah danau yang terhubung dengan Laut Utara (North Sea).

Kanal Blauwburgwal, Amsterdam
Kanal Blauwburgwal, Amsterdam

Wilayah Amsterdam sebagian besar berupa polder, yaitu area laut yang dikeringkan untuk dijadikan sebagai daratan. Area polder tersebut umumnya memiliki dengan ketinggian 2 meter di bawah permukaan laut. Dengan kondisi yang seperti itu, sejak masa lampau para engineer kota di Amsterdam membangun banyak kanal untuk mencegah banjir. Total keseluruhan kanal di kota ini mencapai lebih dari 100 km. Tiga kanal utama yaitu Herengracht, Prinsengracht, dan Keizergracht termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Dengan banyaknya kanal, di Amsterdam terdapat setidaknya 90 pulau dan lebih dari 1.200 jembatan, sehingga kota ini sering dijuluki sebagai Venice of the North. Canal cruise atau pelayaran menyusuri kanal merupakan objek wisata utama di Amsterdam. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Rijksmuseum, Anne Frank House, Royal Palace, dan Vondelpark. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Amsterdam dan Wisata Kanal Amsterdam


2. Haarlem 

Kincir angin di Haarlem
Kincir angin di Haarlem

Destinasi kedua adalah Haarlem, sebuah gemeentee (kota) yang terletak di sebelah barat Amsterdam. Kota ini merupakan ibu kota provinsi Noord-Holland, serta masih merupakan area metropolitan Amsterdam. Haarlem juga terletak di wilayah selatan Provinsi Noord Holland, tepatnya di sepanjang Sungai Spaarne, sekitar 7 km dari Laut Utara (North Sea). Pusat kota Haarlem dan pusat kota Amsterdam hanya berjarak sekitar 20 km dari. Jumlah penduduk kota ini sekitar 161 ribu jiwa pada tahun 2019. 

Kleine Houtstraat, Haarlem
Kleine Houtstraat, Haarlem - foto oleh Marek Ślusarczyk

Di masa lampau, Haarlem merupakan salah satu kota pusat perdagangan di Laut Utara. Saat itu wilayah kota ini dikelilingi oleh tembok pertahanan. Saat ini, ciri khas abad pertengahan yang masih tersisa adalah jalan setapak yang tersusun dari batu-batuan, serta rumah-rumah tradisional khas Belanda. Objek wisata yang sering dikunjungi di Haarlem adalah Hofje, yaitu rumah tradisional yang berukuran besar serta memiliki pekarangan yang luas dengan taman-taman bunga. Objek wisata lainnya yang sering dikunjungi di kota ini adalah Teylers Museum, Frans Hals Museum, dan Harlem City Hall. Haarlem juga merupakan bagian dari region Dutch Flower Bulb, yang artinya di kota ini terdapat banyak taman bunga tulip yang akan bersemi indah di setiap musim semi. 


3. Zaanse Schans 

Zaanse Schans, Noord-Holland
Zaanse Schans

Destinasi wisata ketiga adalah Zaanse Schans, sebuah area wisata yang terletak di wilayah kota Zaandam, sekitar 20 km di sebelah barat-laut Amsterdam. Di area yang merupakan open-air museum ini terdapat sederetan kincir angin dan rumah-rumah kayu tradisional khas Belanda yang dibangun pada abad ke-19 dan abad ke-20. Di area ini juga terdapat Zaans Museum, yang dibuka sejak tahun 1994. Objek wisata lainnya di area ini adalah Catharina Hoeve cheese farm, De Zaanse Schans Clog Workshop, Kuiperij, Museumwinkel Albert Heijin, dan In de Gecroonde Duyvekater Bakery Museum. Untuk menikmati keindahan deretan kincir angin di Zaanse Schans tidak dipungut biaya sama sekali, tetapi untuk mengunjungi museum dan objek wisata lainnya, pengunjung akan dikenakan biaya. Untuk mencapai Zaanse Schans ini cukup mudah, karena letaknya yang cukup dekat dari Amsterdam. Dari stasiun Amsterdam Central, pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Koog-Zaandijk, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke area wisata ini. 


4. Texel 

Texel, Noord-Holland
Texel - foto oleh suju-foto - pixabay

Destinasi wisata keempat adalah Texel, satu dari lima pulau di gugusan Dutch Wadden, atau gugusan pulau yang terletak di wilayah West Frisian. Pulau ini terletak di Laut Wadden, sekitar 100 km di sebelah utara Amsterdam. Texel terkenal dengan area taman nasional Texel National Park yang kaya akan fauna terutama burung laut dan anjing laut. Di area taman nasional tersebut membentang pantai berpasir sepanjang hampir 30 km. Salah satu landmark yang paling mencolok di pulau ini adalah Eierland Lighthouse, sebuah mercusuar yang didominasi warna merah, yang telah dibangun sejak sekitar 150 tahun yang lalu. Mercusuar ini terletak di tepi pantai di wilayah utara Texel. Pusat administrasi di pulau ini terletak di kota Der Burg. Untuk mencapai Texel, dari Amsterdam wisatawan bisa menggunakan kereta menuju ke Den Helder, lalu dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan ferry hingga ke Texel. 


5. Alkmaar 

Alkmaar, Noord-Holland
Alkmaar - foto oleh Derks24 - pixabay

Destinasi wisata kelima adalah Alkmaar, sebuah gemeentee (kota) yang terkenal dengan cheese market atau pasar keju tradisional. Kota ini juga terletak di provinsi Noord-Holland, sekitar 40 km di sebelah utara Amsterdam. Selain terkenal dengan pasar keju tradisionalnya, wilayah kota Alkmaar juga memiliki pemandangan yang artistik serta memiliki banyak bangunan bersejarah. Jumlah penduduk kota ini sekitar 107 ribu jiwa pada tahun 2016. Atraksi wisata utama di Alkmaar adalah cheese market yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama di musim panas. Landmark lainnya di kota ini antara lain Menara Gereja Sint-Laurenskerk, Beatles Museum, Holland Cheese Museum, dan City Museum Alkmaar. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Amsterdam, serta hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit. 


6. Volendam 

Volendam, Noord-Holland
Volendam

Destinasi keenam adalah Volendam, sebuah fishing village atau desa nelayan yang juga terletak di Provinsi Noord-Holland. Desa ini termasuk dalam wilayah gementee (kota) Edam-Volendam. Volendam terletak di tepi Danau Markermeer dan berjarak sekitar hanya sekitar 20 km di sebelah timur-laut Amsterdam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 22 ribu jiwa pada tahun 2007. Volendam merupakan salah satu destinasi yang kebudayaannya masih dilestarikan oleh masyarakat lokal setempat. Rumah-rumah penduduk di kota ini sebagian besar masih memiliki arsitektur tradisional, yang dibangun dari kayu dan dicat berwarna-warni. Volendam juga terkenal dengan pakaian khas tradisional Belanda, yang akan dipakai oleh penduduk saat acara festival rakyat.


Rumah-rumah penduduk di Volendam
Rumah-rumah penduduk di Volendam

Beberapa objek wisata utama di Volendam antara lain Volendam Marken Express, Marina Volendam, Cheese Factory Volendam, Foto de Boer, Volendams Museum, De Simonehoeve, Marken, serta Alida Hoeve Cheese Farm & Wooden shoe factory. Karena jaraknya yang cukup dekat dari Amsterdam sehingga tidak sulit untuk mecapai destinasi ini. Wisatawan bisa menggunakan bis menuju ke Volendam dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. 


Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 6 destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Provinsi Noord-Holland, Belanda. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!





Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar